Membuat Worksheet Untuk Kegiatan Anak Dengan printer rumahan

 


Sebagai keluarga homeschooling mandiri salah satu media pembelajaran yang sangat membantu belajarnya anak-anak saya di rumah adalah worksheet. Worksheet ini biasanya sebagai lembar belajar harian. Temanya bagaimana? Biasanya menyesuaikan kelas anak. Untuk anak-anak seusia PAUD-TK wokrsheetnya biasanya lebih banyak dan berwarna-warni. Untuk kelas diatasnya biasanya tugasnya mulai belajar menulis di buku tulis. Mengerjakan tugas juga di buku tulis.



Bagaimana sih membuat worksheet yang baik untuk anak usia PAUD-TK dan SD kelas  Berikut saya beri panduan sederhana ya. Agar pembelajarannya lebih menyenangkan dan juga tugas lebih mudah dipahami oleh anak.
1.     Sebaiknya tentukan tema worksheet per-tiga bulan sekali. Ini lebih mudah untuk dievaluasi sebenarnya. Mudah juga disusun. Karena jangkanya tidak terlalu pendek dan tidak terlalu panjang juga.
2.     Pemberian worksheet disesuaikan dengan tingkatan pendidikan anak. Untuk anak usia PAUD-TK tentu saja hampir semua tugas dalam bentuk worksheet. Sedangkan untuk anak yang lebih tua bisa mulai dipindahkan ke buku tulis. Jadwalnya bisa disesuaikan. Misalnya diberikan dua tema perhari Senin-Jumat saja. Sisanya boleh hore-hore. Atau untuk anak usia PAUD-TK diberika tiga kali sepekan Senin-Rabu-Jumat, misalnya. Untuk anak kelas 1 SD bisa satu lembar perhari.
3.     Layout worksheet menyesuaikan usia juga. Tentu saja untuk anak usia PAUD-TK lebih banyak gambarnya. Petunjuk tugas dijelaskan dengan gambar bisa juga berwarna. Meskipun sebenarnya hitam-putih juga tidak masalah. Saya sendiri menyesuaikan kondisi. Karena ngeprint lembar worksheet berwarna tentu saja lebih mahal.



4. Darimana kita bisa mendapatkan worksheet?. Ada banyak website yang menyediakan worksheet gratis. Kita tinggal pilih dan mengeprint sendiri di rumah. Salah satu yang bisa digunakan oleh teman-teman adalah worksheet yang disediakan oleh twinkle. Di sana banyak banget lembar kerja untuk anak-anak yang tingkat kesulitannya juga disesuaikan dengan usia anak. Bisa dalam bahasa Indonesia maupun dalam bahasa Inggris.
5. Sebaiknya sih worksheet disusun dan diprint sendiri di rumah. Selain menyesuaikan dengan kebutuhan anak juga lebih hemat. Hitunglah untuk kebutuhan worksheet anak usia PAUD perhari minimal 2-3 lembar dikali 3-4 hari perpekan dikali sebulan dikali setahun. Kalau harus beli yang sudah jadi harganya jauh banget.

Yuk kenalan Dengan Printer HP Ink Tank415 Wireless



Untuk para orangtua salah satu investasi yang bagus untuk proses homeschooling adalah printer wireless. Saat ini ada banyak printer berwarna yang sudah wireless. Sehingga mudah juga dioperasikan dengan menggunakan handphone saja. Salah satu yang bisa dipilih adalah Printer HP Ink Tank 415 Wireless. Seri ini sudah bisadigunakan untuk print, scan and copy. Wireless bisa dioperasikan langsung dari handphone. Selain itu bisa mengeprint worksheet dengan tinta berwarna juga. Hasilnya lebih detail dan warnanya mendekati aslinya.  Sudah bisa untuk scan file format JPEG, TIFF, PDF, BMP dan PNG. Ini memadai banget lo untuk printer rumahan. Selain itu bisa mengeprint  ukuran A4; B5; A6; DL  dan amplop. Ini sangat memudahkan sekali jika kita ingin memberi anak-anak membuat kartu ucapan dan puzzle. Selain itu bisa digunakan untk mengeprint foto sampai ukuran 10 x 15 cm photo paper. Seru banget kalau ngajak anak-anak mengerpint foto-foto kegiatan mereka untuk jurnal dan portofolio homeschooling mereka. Baik berupa foto glossy maupun matte. Oia untuk mengeprint kertas  sudah sangat memadai banget dimana print Hitam 19 ppm dan print Warna 15 ppm. Printer ini sudah memadai sekali digunakan untuk di rumah.

HP 678 Original Ink Advantage Cartridge SET



Untuk tintanya teman-teman bisa menggunakan HP 678 Original Ink Advantage Cartridge SET.  Terdiri atas HP 678 Black Original Ink Advantage Cartridge dan HP 678 Tri-color Original Ink Advantage Cartridge. Pemasangannya mudah dan mudah juga dibersihkan. Selain itu tintanya lebih halus dan tidak mudah ‘mleber-bleber’ alias cepat kering sehingga hasil worksheet jadi lebih rapi dan cantik.

Nah sedikit sharing saya sebagai keluarga homeschooling mandiri dalam pengadaan lembar kerja atau worksheet untuk anak di rumah. Selamat bersenang-senang. Jangan lupa cek printer dan tintanya di Meora Prima Solusindo ya. 

26 komentar

  1. Apalagi pas pandemik blm resmi berakhir gini ya Mak.
    Pastinya ortu kudu kreatif memberikan pembelajaran utk buah hati.
    kalo ada produk2 kece dari HP, ortu terbantu bangeettt ini mah.

    BalasHapus
  2. ini mah printer aku di rumah mba, sama banget, bisa buat scanning dan fotokopi juga, aku malah bantu mamah yang guru paud buat persiapan ngajar semua materi di print di printer HP

    BalasHapus
    Balasan
    1. Printer sekarang jadi kebutuhan juga di rumah

      Hapus
  3. kebetulan pas cari printer juga nih..tugas sekolah anak-anak banyak yang harus ngeprint..kalo musim hujan gini kan males banget kalo harus keluar rumah cuma buat ngeprint di tukang print hehe..Pake printer HP emang cucok ya..

    BalasHapus
  4. Masukin list! Aku dari kapan hari kepikiran buat beli printer juga. Ini Keponakan juga ada beberapa tugas yang butuh corat-coret gitu. Kan enak kalau udah ada gambarnya

    BalasHapus
  5. Meski anak-anak bukan homeschooling aku juga terbiasa ngeprint worksheet sendiri di rumah buat nambah materi belajar mereka di sekolah. Jauuuh lebih hemat memang daripada beli jadi. Dan pakai printer HP emmang enggak ada tanding.

    BalasHapus
  6. Wah makasih info soal twinkle mak..ntar aku ceki2 aah.
    Btw, aku mupeng banget sama printer wireless. Jadi ga musti colok kabel ke gawai tempat kita nyimpen bahan yg mau dicetak. Lebih hemat lagi kalau bisa pakai tinta refill ya mak (hwaaaa...banyak maunya :D)

    BalasHapus
  7. paling males kalo di rumah ga ada printer!

    Coba deh mak Irul, anakku tengah malam itu yaaa..... minta ngeprint! aKU sampe gelagepan cari fotokopi yang buka tengah malam!

    Kualitas HP mah ga diragukan!

    BalasHapus
  8. Lah, barusan banget suamiku pasang tinta HP warna hitam ori di printer HP aku :D Memaang harga ga bohong, sesuai dengan kualitas dan puas pastinya. Apalagi anak2 banyak tugas sering mencetak berlembar2 kan. Udah jadi andalan keluarga deh printer dan tinta HP ini.

    BalasHapus
  9. aku punya printer tapi entah kenapa kok hasil printnya ga bagus lagi sejak ganti tinta. padalah ori n baru. mau bawa lagi ke servis kok males. heuu gini deh kalo ga pake printer HP, gampang ngadat

    BalasHapus
  10. Awal aku kira punya printer ya hanya buat urusan kerjaan aja. tapi teryata emang untuk buat worksheet ini baiknya punya printer sendiri. Aku juga pakai mba dan tintanya juga sama. Selama ini jadi andalan

    BalasHapus
  11. Punya printer ini sekarang udah jadi kebutuhan ya, jadi nggak perlu bolak-balik ke rental buat ngeprint. Printer HP Ink Tank 415 Wireless ini bisa dioperasikan dari hp juga? Menarik nih, jadi nggak perlu pindah-pindah file ke laptop ya, langsung cetak aja dari hp

    BalasHapus
  12. Wah iya, KLO anak homeschooling emang paling sering ngeprint worksheet ya mbak
    Jadi emang harus sedia printer dan tinta yg mumpuni

    BalasHapus
  13. Worksheet yang bagus memang dengan pembelajaran yang terencana yaa..
    Aku suka juga mencari bahan di twinkle untuk anak-anak ketika mengurangi screen time. Dan kudu banget memiliki printer canggih agar lebih produktif menghasilkan worksheet untuk aktivitas anak-anak.

    BalasHapus
  14. Waah hasil karyanya adik oke👍
    Musim pandemi ini memang kita harus pintar2 membagi waktu buat anak2 karena jakarta PJJ lagi.

    Pagi tugas sapu pell

    BalasHapus
  15. Baca worksheet kok auto inget Ms.Excel yaa haha. Tapi bener lho punya printer wajib buat di rumah, apalagi masih ada adik yang sekolah butuh buat kerjain tugas-tugasnya.

    BalasHapus
  16. Baca postingan ini jadi ingat niat mau beliin anak pintar, hehehe. Belum di ok in padahal udah dilohat-lihat. Kuylah ku beli juga deh

    BalasHapus
  17. Wah akhirnya nemu bisa ngeprint worksheet gratis. Mau coba ah bsk print buat anakku yang TK udah ga skul selama 2 tahun nih. Ya sempat skul 6 bulan yg online tapi ternyata dia walk out mulu. Hiks. Akhirnya ya belajar mandiri di rumah. Memang bener sih ngeprint lebih hemat daripada beli yg sdh jadi

    BalasHapus
  18. Printer hari gini udah kayak jadi salah satu kebutuhan dasar ya mak. Banyak banget tugas yang terbantu oleh printer. Makanya kalau printernya sering ngadat kayak punyaku jadi emosi juga. hahaha.Hasil printnya jadi kayak peotong gitu. Entah dimana masalahnya. Udah waktunya beli printer baru kali ya

    BalasHapus
  19. Tahun ini aku mulai homeschoolingin adik twins mbaa, biar langsung TK aja. Bissmillah..-
    Aku juga suka ngeprint dari web gratisan, lumayan bisa buat latihan di rumah. Tintanya kudu bewarna biar anak-anak makin tertarik ngerjainnya.

    BalasHapus
  20. Idem nih mak, di rumah juga yang namanya printer penting banget utamanya buat print2 worksheet jg gtu buat anak2 di rumah.
    Makanya yang namanya printer tu salah satu kebutuhan penting yang harus ada hehe
    Asyik banget ya Printer HP Ink Tank415 Wireless ini, gak ribet colok2 :D

    BalasHapus
  21. Modalku homeschooling juga beli printer sama tinta tiap bulan. Patungan sama kerjaan suami karena dia kerja dari rumah juga.

    Senangnya buanyaaak free resources untuk anak usia dini jadi tinggal unduh Dan cetak. Yang kudu telaten itu Cari worksheet yg tepat sesuai minat dan kebutuhan anak. Kadang udah cetak eh dia ga mau. Yaudah simpen dulu

    BalasHapus
  22. Wah samaan printer kita HP,,, laptopku 2 juga HP semua, wkwkwkw emang ya kalau udah punya anak tuh biar ga bingung mau ngajak main apa ya paling gambang prinin gambar nanti suruh mewarnai biar kelar urusan wkwkwk, aku ngampil yang praktisnya aja makanya butuh printer

    BalasHapus
  23. Untuk yang anaknya homeschooling, punya printer bagus memang sebuah keharusan ya. Biar gampang dan praktis ngasih aktiivtas. Aku aja yang anak-anak sekolah konvensional, sering ngeprint sendiri biar anak bisa lebih maksimal belajarnya. Bagus-bagus nih printer dari HP ini.

    BalasHapus

Terima kasih untuk kunjungannya. Semoga bermanfaat. Harap meninggalkan komentar yang positif ya. Kata-kata yang baik menjadi ladang sedekah untuk kita semua.