Latihan Kelenturan Tubuh Untuk Para Ibu

 


Beberapa bulan terakhir ini saya lagi rajin banget yoga ala-ala gitu. Sebenarnya bukan pure yoga sih. Kalau Miqdad bilangnya “ senam umi”. Hihihi. Iya, soalnya gerakannya suka-suka uminya. Tapi sebenarnya ga suka-suka uminya juga sih. Ini adalah kompilasi gerakan yang saya ambil dari gerakan yoga dan juga senam lantai. Dan ternyata gerakan ini pas buat saya. Terutama sih buat melenturkan otot-otot tubuh. Maklum ya ini ‘balung tuwo’ halagh. Hahaha. Tapi sejak latihan ini secara rutin kalau bangun tidur badannya lebih fresh. Dan lututnya juga enak kalau saat salat.




Nah, berikut beberapa gerakan yang bisa dicoba para emak-emak di rumah. Hayuklah Mak, jangan dibiasakan mager doang. Latihan ringan ini beneran bikin enak di badan. Apalagi buat emak-emak. Banyak yang ga nyangka kan bahwa banyak lo pekerjaan rumah itu yang butuh kelenturan tubuh. Yang kalau dipaksakan bisa bikin cedera. Bahkan saya pernah membaca kultwit seorang dokter spesialis bedah di twitter beberapa cedera yang bisa menghinggapi para ibu rumah tangga lo. Nah, cekidot. Berikut gerakan latihan ringan yang bisa dicoba di rumah:

1.     The butterfly strech

2.     The cat-cow

3.     Sujud memeluk lutut

4.     Uttanpadasana

5.     Bhujangsana

6.     Pavanamuktasana

7.     Padahastana

8.     Dhanurasana

9.     Plank

10.   Dan jangan lupa pemanasan dan pendinginan



 

Latihan ini saya lakukan setiap hari setelah selesai dzikir pagi atau setelah salat ashar. Dan biasanya saya lakukan sekitar 30-60 menit dalam sehari. Masing-masing gerakan biasanya sekitar 5 menitan. Untuk awal-awal mungkin memang agak terasa kaku. Terutama di bagian perut dan punggung. Bahkan setelah hari pertama latihan perut saya berasa kram setelah melakukan plank. Ya ampun, gerakan itu cocok banget buat orang yang bilang ‘kok waktu cepet banget sekarang?” coba suruh dia plank selama tiga menit aja. Hahaha.

Nah, setelah latihan ini biasanya saya bikin segelas teh serai anget atau teh jahe anget. Badan rasanya enakeun. Jangan lupa berjemur di pagi hari untuk meningkatkan serapan vitamin D dan memperbanyak asupan buah dan sayur serta air putih. Dan bisa juga dengan tambahan suplemen multivitamin. Yuuk tetap sehat. Biar nanti setelah pandemi kita bisa berangkat haji dan umroh dengan badan fit.

Tidak ada komentar

Terima kasih untuk kunjungannya. Semoga bermanfaat. Harap meninggalkan komentar yang positif ya. Kata-kata yang baik menjadi ladang sedekah untuk kita semua.