Tanaman Herbs Asli Indonesia Yang Cantik Untuk Dipajang

 

Tanaman adas yang berbunga putih
bahkan cantik dijadikan 
buket bunga

Meskipun bukan maniak tanaman hias tetapi saya punya beberapa tanaman yang saya pajang di rumah dan dirawat dengan baik. Meskipun bukan masuk tanaman hias tetapi layak pajang. Saya menanam aneka herbs di rumah dan saya jadikan pajangan juga. Harus diakui Indonesia termasuk kaya akan tanaman herbs. Herbs sendiri kalau menurut kamus adalah tanaman rempah. Ada ribuan tanaman rempah asal Indonesia yang tercatat Balai Penelitian Tanaman Rempat dan Obat (Balittro) Indonesia.


Bumbu atau “Herbs” adalah tanaman aromatik yang ditambahkan pada makanan sebagai penyedap dan pembangkit selera makan. Herbs sebagian besar terdiri dari tumbuh-tumbuhan yang berasal dari daerah dingin, dan biasanya digunakan dalam keadaan masih segar. Rempah atau “Spices” adalah tanaman atau bagian dari tanaman yang ditambahkan pada makanan untuk menambah atau membangkitkan selera makan. Spices sebagian besar tumbuh di daerah tropis dan banyak dimanfaatkan dalam pengolahan makanan untuk memberi rasa pada makanan. Rempah dapat juga dikatakan sebagai bumbu kering. Pada hakikatnya bumbu dan rempah keduanya memberi dan meningkatkan rasa dan aroma pada makanan ( sumber: coolkitchen)

Di Indonesia sendiri masyarakat kita terbiasa dengan berbagai herbs untuk menyedapkan masakan. Sudah sekitar lima tahunan ini saya mengumpulkan beberapa tanaman herbs untuk di tanam di rumah. Dan mulai beberapa bulan terakhir tanaman tersebut saya pajang sebagai tanaman penghias rumah. Harus diakui beberapa tanaman herbs itu perawatannya agak sulit. Tetapi mengingat manfaatnya yang begitu besar saya ga pernah kapok memelihara herbs di rumah.



Sebagai emak-emak yang suka banget masakan Indonesia mau ga mau tanaman herbs ini sangat berguna untuk saya. Dan saya baru menyadari bahwa keterlibatan kita dalam menanam tanaman bumbu ini menjadi bagian dari konservasi keragaman hayati Indonesia. Menanam tanaman rempah asli Indonesia ini merupakan bagian dari ‘Menjaga dan Melindungi Flora Indonesia”. Di tengah gempuran aneka tanaman rempah impor hobby para mamak yang menanam rempah Indonesia patut diapresiasi.

Jika dulu saya menanam herbs hanya sekedarnya saja sekarang saya menjadikan tanaman bumbu sebagai tanaman hias yang layak pajang. Mulai dari ruang makan dan dapur bahkan saya pajang di ruang tamu.

Berikut beberapa tanaman herbs asli Indonesia yang sangat cantik untuk dijadikan tanaman hias.

1.Kucai (Allium tuberosum Rottler ex Spreng. dan A. Ramosus) . Tanaman kucai sering dicampurkan pada tumisan atau sambal khas Indonesia. Karena menambah aroma sedap pada masakan. Bunganya cantik dan bisa diletakkan di ruang tamu.


 

2.Daun bawang (Allium porrum Linn). Daun bawang atau bawang prei sangat familiar di keluarga Indonesia sebagai bumbu masakan. Terutama untuk tumisan, sup, dan aneka masakan berkuah.


 

3.Seledri (Apium graveolens L.). ada dua jenis seledri yang biasanya di jual di pasar tradisional. Seledri berbatang kecil dan berbatang besar. Dua-duanya cantik dijadikan tanaman penghias rumah. Seledri memiliki wangi khas dan dicampurkan pada aneka masakan berkuah seperti sup dan soto.


 

4.Daun kari (Murraya koenigii syn. Chalcas koenigi). Tanaman daun kari sebenarnya adalah tanaman berbatang keras. Tetapi bisa ditanam di pot tanah liat dan cantik untuk dijadikan pajangan. Daun kari atau salam koja biasanya digunakan untuk masakan dengan bahan dasar daging sapi ataupun kambing.


 

5.     Daun salam (Syzygium polyanthum). Daun salam termasuk tanaman rempah populer yang digunakan pada masakan Indonesia. Biasanya digunakan pada tanaman berkuah dan daging-dagingan.


 

6.Torbangun (Coleus amboinicuslour). Tanaman torbangun diakui bisa meningkatkan produksi ASI. Yang paling populer digunakan untuk sup sayuran dengan wangi khas. Daunnya juga unik dan cantik diletakkan di pot tanah liat.


 


 

 

7.Pegagan (Centella Asiatica). Saat ini tanaman ini sangat populer di dunia per-skinkeran Indonesia bahkan dunia. Sebenarnya tanaman ini dulunya lebih populer sebagai tanaman untuk dimakan. Digunakan sebagai lalapan. Dan harus diakui tanaman pegagan cantik digunakan sebagai tanaman hias.


 

8.Kemangi (Ocimum basilicum). Jika masyarakat barat mengenal basil maka kemangi lebih populer di Indonesia. Tanaman dengan daun wangi khas ini sering digunakan sebagai campuran untuk masakan ikan dan daging. Bahkan bisa dijadikan lalapan. Kemangi memiliki bunga putih dan cantik untuk tanaman hias.


 

9.Adas (foeniculun vulgare miller, suku adas-adasan atau Apiaceae). Kebetulan yang saya tanam di rumah adalah adas berbatang keras yang bisa distek. Sering saya stek dan direndam air di botol. Bunganya putih dan wanginya khas banget. Sering digunakan untuk’gudangan’ di masyarakat yang tinggal di desa-desa. Saya sendiri menggunakan daun adas untuk memanggang ayam atau daging.


 

10.Daun pandan (Pandanus amaryllifolius). Daun pandan sangat populer di masyarakat kita. Dan sangat mudah tumbuh dan beranak banyak. Saya biasanya memindah anakan pandan ke dalam pot tanah liat kecil dan saya letakkan di jendela dapur. Jika hendak membuat kolak, bubur kacang hijau atau menanak nasi tinggal say petik 2-3 helai daun saja.


 

Sepuluh tanaman rempah ini sangat cantik lo dipajang sebagai tanaman hias. Buat emak-emak yang tinggal di kawasan Jogja jika butuh bibit tanaman herbs yang saya sebutkan di atas bisa main ke rumah. Dengan senang hati saya akn berbagi bibitnya secara gratis. Kebetulan masih ada banyak lagi tanaman rempah yang saya miliki di rumah, seperti: daun jeruk purut, kecombrang, katut, kelor, dan juga beberapa tanaman herbs asal barat seperti: taragon, aneka basil, oregano, thyme, dan aneka daun mint.

NB: seluruh foto adalah dokumentasi pribadi catatansiemak.com


25 komentar

  1. Mak.. Kalo aku mudik jogja mau mampir ah. Hehe. Njaluk bibit. Yang paling mudah ngerawatnya

    BalasHapus
  2. Wah banyak ya mak tanaman herbanya, kalau aku kayaknya hanya ada sereh..

    BalasHapus
  3. banyak sekali tanaman herbs di Indonesia yang gak hanya cantik tapi juga manfaatnya bagus trus juga bisa dijadikan rempah dan bumbu

    BalasHapus
  4. Mbaaak, kebayang betapa aromanya enakkk nih rumah mak Iruuul.
    Duh, aku pengin main ke Jogja nih, mampir ke rumah dikau.
    berguru tentang gimana mengatur tanaman herbs ini.
    di rumahku adanya pandan doang.

    BalasHapus
  5. Oh tanaman herb itu tanaman yang bisa dipakai bumbu masakan itu ya. Aku baru tahu. Kalau aku, kurang seneng nanam. Capek aja gitu ngurusnya. Tapi seneng tanaman tapi ga bisa ngurusnya hihihi 😂. Gimana itu coba 😂

    BalasHapus
  6. eh.. lucu juga ya kalau daun salam dijadiin tanaman hias. Kalau habis di dapur juga tinggal metik ya.. xixixi... tapi yang keliatan menarik dijadikan tanaman hias yang kemangi sama pegagan tuh. Coba sereh ya.. jadi wangi ga ya ruangannya.

    BalasHapus
  7. Mak irul kepikiran aja sih jadiin herbs itu jadi tanaman hias.. Ide bagus juga nih. Jadi multifungsi ya buat hiasan sekalian bisa buat masak jg. Btw kalau aku ke JOgja mau dong mak, bagi bibit kecombrang-nya.

    BalasHapus
  8. Inspiratif! Saya belum kepikiran buat jadiin herb jadi tanaman hias. Padahal bagus asal tahu cara memajannya ya, seperti pilihan pot, peletakan dalam ruang, dan pemilihan tanaman itu sendiri. Kalau dilihat2 saya tertarik pingin tanam seledri, pegagan, dan kemangi buat jadi penghias dalam ruangan. Apa perlu cahaya berlebih untuk 3 tanaman itu? Saya pernah coba menanam seledri sisa dari belanja. Sempat tumbuh batang muda baru ketika digeletakan begitu saja dekat bak cuci piring. Pas dipindah dalam pot malah mati haha. Itu cangkir seledrinya bawahnya dibolongin nggak?

    BalasHapus
  9. Maak Irul kenapa aku nggak kepikiran ya tanaman bumbu itu jadi tanaman hias.. Jadinya beneran cantik loh.

    BalasHapus
  10. Salut Mak, telaten banget dirimu merawat tanaman. Aku sih ga akan setabah itu merawatnya hahahaha... Btw soal pegagan ini aku malah taunya tanaman obat. Dulu aku pernah minum teh herbalnya buat menjaga kesehatan. Kalau dijadiin lalapan sih belum pernah. Ternyata bisa jadi bahan skincare juga, ya. Luar biasa

    BalasHapus
  11. Di rumah ada beberapa tanaman dan memang sering dipakai kaya salam, seledri, daun bawang, pandan, terus kemangi tapi seringnya tumbuh pas musim hujan. Yang lain belum punya dan emang jarang Makai buat masak

    BalasHapus
  12. Saya cuman punyanya daun pandan nih Mak. Ada daun bawang tapi dimakan kelinci duh sebel banget sampe akarnya kecabut. Keren deh Mak taneman herbsnya. Saya juga mau nanem2 lagi deh

    BalasHapus
  13. Mak, aku seneng pegagan sama adas cakep banget. Aku udah nanem daun bawang dan seledri tapi mati. Kalau Pandan masih ada.

    BalasHapus
  14. Wah, jadi kesepuluh tanaman hias herb ini punya mbak semua? Keprok2 yuk! hahaha...kok jadi cakep2 ya kalau ditaruh di pot cantik dan semakin menarik aja rumah kita kalau ada tanaman hiasnya. Perawatannya juga tergolong mudah. Jadi kepengen juga dibagi eh, beli wkwkwkwk :D

    BalasHapus
  15. Cucok banget ini. Tanaman cantik dan khasiatnya luar biasa. Selain itu bisa bikin masakan tambah sedep dengan aroma harumnya yang khas. Contohnya kemangi tuh. Enak banget

    BalasHapus
  16. Pegagan, seledri dan daun pandan ini yang sudah ada di halaman rumah. Saya coba ah lumayan ya Mak jadi kece ternyata kalau dipajang begini.

    BalasHapus
  17. Mbak.. Aku gagal fokus sama vas-vasnya yang lucu-lucu itu lho. Dan jadinya, lucu manis banget dipajang di ruangan yg tidak terlalu besar

    BalasHapus
  18. pegagan ini sudah dikembangkan menjadi bahan kosmetik loh mak, banyak tanaman herbal di sekitar kita sebenarnya, cuma kadang gak tahu namanya apalagi manfaatnya ya

    BalasHapus
  19. MAsya Allah mbakkkk....kok gemes ya ahaha. Mbak, mau tanya, itu nanemnya dari bibit ya?aku jadi kepikiran mau nanem daun salam, pegagan, adas dll... aku sekarnag punyanya cuma 2, daun kemangi sama daun pandan

    BalasHapus
  20. Jadi ingat ibuku senag banget menanam daun bawang dan seledri pastinya bikin happy karena kalau lagi dibutuhkan tinggal petik aja.

    BalasHapus
  21. aku baru tahu tentang tanaman herbs yang banyak jenisnya ini mbak
    daun kari itu klo ditempatku disebut karabelek, buat masak kari gitu

    BalasHapus
  22. YA Allah...Ayu-ayunee..
    Aku suka banget, kak. Kalau jadi tanaman hias di dalam rumah begini, berarti secara bergilir keluar masuk rumah buat dapetin cahaya matahari yaa, kak Irul?

    BalasHapus
  23. Aku tu sering kepikiran menanam herbs juga di dapur gtu mak, soalnya kebanyakan nonton acara tipi masak memasak yang dipandu chef dr LN tu mereka main potak potek aja herbsnya dari pot hehe
    Weh bisa dikirim gak nih bibitnya? haha mantul koleksinya :D

    BalasHapus
  24. MasyaAllah cantik-cantik banget ya hasil potretnya dan tanamannya ini kan sering ada di sekitar kita ya Mak.

    BalasHapus
  25. Woww..ternyata meski taneman ini statusnya bukan tanaman hias..cakep juga ya kalo dipajang..boleh nih dicoba...

    BalasHapus

Terima kasih untuk kunjungannya. Semoga bermanfaat. Harap meninggalkan komentar yang positif ya. Kata-kata yang baik menjadi ladang sedekah untuk kita semua.