Ayo Dukung Gerakan Sosial #AyoTunjukTangan

 



Alhamdulillah tahun ini Miqdad sudah masuk SD. Dan belajar secara online. Di tengah kehebohan kami belajar online tetap harus bersyukur karena anak-anak tetap bisa memiliki akses pendidikan. Meskipun hebohnya jangan ditanya. Bahkan saat harus setoran hafalan Qur’an saja Miqdad bisa ngambek karena tiba-tiba sinyal hilang dan dia harus mengulang lagi dari awal. Dan anaknya ga mau setoran lagi. Huff, emaknya bisa betanduk ini. Hahaha.



Riuhnya belajar online ini tetap harus saya syukuri karena sebagai informasi nih ya ibu-ibu ada data yang disebutkan oleh UNICEF bahwa saat ini 9 dari 10 anak Indonesia masih harus berjuang untuk mendapatkan akses edukasi dan nutrisi. Jadi melihat anak-anak tetap bisa belajar meskipun secara daring tetap menjadi sebuah kebahagiaan buat saya. Meskipun harus menghemat banyak lini tetapi melihat anak-anak tetap bisa makan makanan sehat dan tetap bisa belajar itu sebuah nikmat Allah yang luar biasa.

Gerakan Sosial #AyoTunjukTangan



Nah, sebagai bentuk dukungan kita kepada anak-anak Indonesia lain kita bisa nih mensukseskan Gerakan #AyoTunjukTangan. Gerakan sosial yang digagas oleh Danone Indonesia melalui SGM Eksplor adalah sebuah gerakan sosial agar semua anak Indonesia dimanapun berada tetap memperoleh haknya untuk mendapatkan akses edukasi dan nutrisi. Karena masa depan anak-anak ini kelak menjadi masa depan bangsa. Sehingga terwujud Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh



Gerakan sosial #AyoTunjukTangan ini merupakan sebuah dukungan pemenuhan nutrisi dan edukasi untuk semua anak Indonesia yang diluncurkan pada tanggal 16 Agustus 2021 kemarin, dengan mengambil semangat Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-76. SGM Eksplor mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk mendukung pemenuhan hak anak terutama dalam hak nutrisi dan pendidikan. Astrid Prasetyo selaku Marketing Manager SGM Eksplor mengungkapkan SGM Eksplor berusaha untuk turut serta dalam pemenuhan hak anak Indonesia sehingga menggagas geraka #AyoTunjukTangan Bersama 2 juta Bunda Majukan Indonesia Indonesia, untuk terciptanya Generasi Maju Indonesia.



Dalam peluncuran yang dihadiri oleh Kak Seto selaku Ketua Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI), Reza Rahardia, sebagai artis dan aktivis sosial dan juga Allysa Soebandono selaku selebritis dan ibu dari 2 anak turut berpartisipasi dalam mensukseskan Gerakan Sosial #AyoTunjukTangan ini.

Empat Hak Dasar Anak Untuk Anak Terlindungi Indonesia Maju



Kak Seto menjelaskan bahwa ada empat hal hak dasar anak sesuai Konvensi Internasioanl Anak Dan Undang-Undang perlindungan Anak, yakni: Hak Hidup, Hak Tumbuh Kembang dimana anak berhak mendapatkan asupan gizi, pola asuh dengan kasih sayang, stimulasi dan mendapatkan pendidikan, Hak Perlindungan yakni perlindungan dari tindak kekerasan, penelantaran dan pengabaian, Hak Partisipasi atau hak untuk didengar suaranya.

Menurut kak Seto standart dari Pendidikan Nasional Indonesia yakni: etika, estetika, IPTEK, Nasionalisme dan kesehatan. Sehingga pemenuhan akan nutrisi yang baik menjadi bagian penting dari Pendidikan Nasional. Dan untuk mencapai Anak Indonesia terlindungi Indonesia Maju memang harus mendapat dukungan dari semua pihak. Sehingga target 2030 Indonesia Layak Anak dan 2045 Indonesia Emas, yakni terpenuhinya hak anak akan nutrisi dan pendidikan yang baik dan berkualitas dan mengantarkan anak Indonesia menjadi manusia bermanfaat dan mengeluarkan potensi terbaiknya serta menjadi bagian dari masyarakat maju bisa terwujud.

Butuh Dukungan Semua Pihak



Reza Rahardian yang selama ini menjadi aktivis sosial terutama dalam kemajuan anak Indonesia mengatakan bahwa butuh dukungan kolektif untuk mengentaskan permasalahan yang ada di Indonesia terutama masalah hak anak Indonesia ini. Dan dukungan kolektif itu sangat dibutuhkan pada Gerakan Sosial #AyoTunjukTangan.

Dan Alyssa Soebandono sebagai seorang ibu juga mengatakan hal yang sama. Bahwa sebuah gerakan memang ga bisa dikerjakan sendirian. Alyssa mengajak para ibu Indonesia saling suport untuk mendukung hak-hak anak Indonesia.

Dukungan SGM Eksplor Untuk Hak Anak Indonesia



Sebagai bagian dari Mombassador SGM Eksplor saya menjadi saksi nih betapa besar dukungan SGM Eksplor untuk Anak Generasi Maju Indonesia. Dukungan SGM Eksplor yang konsen pada pengembangan produk nutrisi selama lebih dari 25 tahun ini. SGM Eksplor juga meluncurkan produk untuk pemenuhan hak nutrisi pada anak dengan mengeluarkan SGM Eksplor Progres Maxx dengan kombinasi zat besi, Vitamin C, DHA dan Omega 3& 6 untuk pemenuhan nutrisi anak usia 1 tahun ke atas. Agar anak Indonesia memiliki tumbuh kembang maksimal



SGM Eksplor juga memberikan bantuan pendidikan melalui program Rumah Belajar Generasi Maju, Kelas Generasi Maju dan Edukasi Gizi seimbang Isi Piringku untuk anak usia 4-6 tahun.

Dan buat saya pribadi SGM Eksplor menjadi bagian dari tumbuh kembang anak-anak saya. Dimana saya bisa menyediakan nutrisi yang baik untuk anak dengan harga terjangkau dan berkualitas.

Ayo Dukung Gerakan #AyoTunjukTangan



Saya mengajak para ibu nih untuk turut serta mendukung dan berpartisipasi dalam gerakan #AyoTunjukTangan ini. Caranya gampang banget dan semua dukungan ini bersifat free dan akan ditanggung oleh Danone Indonesia melalui SGM Eksplor.





Dukungan kita untuk #AyoTunjukTangancukup dengan mengunjungi website dan pilih salah satu bentuk dukungan teman-teman pada form dan klik. Lalu isi form data dan submit. Taraa kita sudah menjadi bagian dari gerakan #AyoTunjukTangan.



Setiap dukungan kita akan dikonversikan menjadi bentuk dukungan yang kita pilih yakni donasi berupa paket nutrisi untuk anak usia satu tahun ke atas, paket beasiswa pendidikan online dan renovasi infrastruktur sarana pendidikan dan fasilitas pendukung pendidikan yang memadai untuk pembelajaran jarak jauh.

Ayo bergerak #AyoTunjukTangan bersama 2 juta bunda majukan Indonesia mendukung gerakan sosial AyoTunjukTangan untuk Generasi Maju bersama #SGMEksplor.

23 komentar

  1. Ayo, saya dukung gerakan tunjuk satu tangan untuk hak anak indonesia, terutama hak sehat dan bahagia. Semoga Allah selalu lindungi anak-anak indonesia ya, Mba

    BalasHapus
  2. Gerakan ayo tunjuk tangan yang digagas SGM cukup membantu dan mengedukasi Bunda dan anak dlm kekompakan utk Indonesia maju dan masa depan anak

    BalasHapus
  3. SGM ini inovatif ya mam. Selalu ada hal baru untuk digaungkan dan diedukasi untuk ibu-ibu di Indonesia. Semoga seterusnya program-progam baik ini selalu berjalan ya.

    BalasHapus
  4. Banyak cara untuk ikut andil membangun Indonesia, ya. Salah satunya dengan membangun SDM melalui gerakan ini

    BalasHapus
  5. Apa kabar mak Irul? Lama nggak menyapa.
    Pandemi saya pikir juga sudah membuat akses nutrisi dan pendidikan jadi sulit. Banyak anak tiba-tiba jadi yatim piatu. Nah, mereka ini semoga ada yg memperhatikan. Supaya akses mereka pada nutrisi dan pendidikan bisa terjaga. Emang sih, harusnya tanggung jawab pemerintah tapi kalau pihak swasta seperti SGM membuat gerakan Ayo Tunjuk Tangan bisa juga menjangkau mereka.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aduh, kok jadi sedih baca komen Mbak Ety. Semoga gerakan Ayo Tunjuk Tangan dari SGM bisa menjangkau seluruh anak Indonesia tanpa terkecuali, yaa.. Aamiin..

      Hapus
  6. Ternyata masih banyak anak-anak yang blm terpenuhi hak nya Mak Irul. Semoga makin banyak lembaga/ institusi yang peduli pada anak-anak

    BalasHapus
  7. Gerakan Tunjuk Tangan ini ternyata sebagai dukungan kita nih orang tua dan masyarakat meningkatkan hak anak2 dan tumbuh kembangnya. Ternyata SGM sudah banyak melahirkan program2 terbaiknya agar tercipta nutrisi yang baik bagi anak2. Semoga berkesinambungan ya.

    BalasHapus
  8. Gerakan Ayo Tunjuk Tangan ini bagus banget. Seandainya semakin banyak orang tua yang mulai sadar. Akan semakin banyak pula anak-anak yang bahagia karena haknya terpenuhi

    BalasHapus
  9. Bagus banget programnya ya SGM ini bisa membantu banyak anak Indonesia yang kesulitan mengakses sarana pendidikan dan kesehatan, semoga yang berdonasi juga banyak aamiin..saat ini saat yang tepat untuk saling bantu..

    BalasHapus
  10. Semoga dengan gerakan Tunjuk Tangan ini akan banyak anak-anak Indonesia terbantu. Karena pendidikan dan makanan bernutrisi adalah hak mereka :)

    BalasHapus
  11. Salut deh dengan adanya Gerakan Tunjuk Tangan, dukungan SGM Eksplor untuk Anak Generasi Maju Indonesia emang bagus sekali nih!

    BalasHapus
  12. Wah ini gerakan yang harus banget didukung nih karena ada tentang hak anak, bagaimana pun hak ini tidak boleh dilalaikan ya. Kita pun wajib mendukung agar masyarakat luas tau akan hak anak.

    BalasHapus
  13. Harus didukung nih, agar anak-anak Indonesia bisa terpenuhi hak nutrisi dan pendidikannya, semoga mereka bisa jadi Generasi maju

    BalasHapus
  14. Pandemi gini, nemenin anak daring, emak emang kudu sabar...ngerasain juga Mak,anak waktunya setor hafalan tapi malah ngambek... Oh ya, mau juga ikut berpartisipasi gerakan #AyoTunjukTangan

    BalasHapus
  15. Gerakan yang keren. Harusnya semua ibu ikutan ini. Toh gak harus beli ini itu ya. Hanya ikut pilih aja. Untuk memenuhi kebutuhan anak-anak yang punya keterbatasan akses nutrisi dan pendidikan. Toh anak-anak ini, pada akhirnya akan memajukan bangsa. Semoga deh jadi banyak yang ikutan ya. Dan semoga juga gerakan yang seperti ini bisa menstimulasi banyak pihak untuk berbuat hal sejenis. Miris deh dengan fakta 9 dari 10 anak yang masih punya keterbatasan dalam memenuhi akses nutrisi dan pendidikan.

    BalasHapus
  16. Aku sedih waktu baca info tentang 9 dari 10 anak Indonesia masih harus berjuang untuk mendapatkan akses edukasi dan nutrisi. Mingkin efek pandemi juga ya mbak. Semoga program SGM Eksplore juga sukses dengan dukungan banyak pihak

    BalasHapus
  17. Program gerakan ayo tunjuk tangan ini mulia banget ya mbak, ingin memberikan hak yang sama untuk anak-anak Indonesia agar bisa mendapatkan nutrisi yang seimbang dan akses pendidikan. Dengan terus dikampanyekan program ini semoga akan lebih banyak lagi keluarga yang bisa ikut tunjuk tangan juga agar program ini sukses.

    BalasHapus
  18. semoga gerakan tunjuk tangan yang di prakarsai sgm dapat di contoh oleh yang lainnya bagaiman kita berusaha peduli tentang nutrisi dan kecerdasan mereka

    BalasHapus
  19. Sedih ya begitu tahu 9 dari 10 anak ga dapat akses ke nutrisi dan edukasi. Berasa banget sejak pandemi makin besar gap nya. Alhamdulillah ada aksi sosial ayo tunjuk tangan ini

    BalasHapus
  20. Alhamdulillah,
    hal-hal yang perlu banyak disyukuri banget ini yaa, kak.. Anak-anak sehat, cerdas dan tiada kurang suatu apapun.

    Semoga rasa bersyukur ini bisa memudahkan kita semua untuk berbagi di program Ayo Tunjuk Tangan. Sehingga banyak anak Indonesia lain yang ikut terbantu dari segi pemenuhan nutrisi dan edukasi.

    BalasHapus
  21. Jadi malu nih ketika sadar banyak mengeluh tentang hambatan belajar online, padahal di sisi lain masih banyak anak Indonesia yang terhambat aksesnya ke pendidikan. Semoga saja dengan gerakan sosial Ayo Tunjuk Tangan ini berbagai pemenuhan fasilitas pendidikan dan kecukupan nutrisi bagi anak-anak Indonesia makin membaik di kemudian hari.

    BalasHapus
  22. Yuk ah aku ikut tunjuk tangan...Mendukung gerakan ini untuk kemajuan anak-anak Indonesia..Semangatt..Caranya juga gampang ya

    BalasHapus

Terima kasih untuk kunjungannya. Semoga bermanfaat. Harap meninggalkan komentar yang positif ya. Kata-kata yang baik menjadi ladang sedekah untuk kita semua.