5 Lowongan Kerja Bandung untuk Jurusan Pertanian





Sebagai salah satu kota yang maju dan memiliki banyak kawasan industri, Bandung termasuk yang menjadi rujukan untuk mencari pekerjaan. Di tiap tahunnya, pasti banyak mahasiswa fresh graduate yang berbondong-bondong mencari lowongan pekerjaan. Tidak terkecuali untuk para mahasiswa yang telah lulus dari jurusan Ilmu Pertanian.


Apalagi, di Jawa Barat sendiri juga banyak universitas yang menghasilkan lulusan dengan gelar Sarjana Pertanian. Walaupun begitu, masih banyak orang yang kerap kali memandang jurusan ini dengan sebelah mata.

Bahkan lulusan dari jurusan pertanian juga dianggap tidak bisa memiliki posisi pekerjaan yang layak. Padahal, Ilmu Pertanian merupakan ilmu yang sangat penting karena berkaitan langsung dengan kehidupan makhluk hidup baik itu biotik (tanaman dan hewan) maupun abiotik (pemenuhan kebutuhan hidup).

Ditambah lagi, jurusan pertanian juga memiliki banyak program studi sehingga bisa memungkinkan kamu untuk mencari peluang kerja yang menjanjikan.

Lalu apa saja peluang kerja untuk jurusan pertanian? Berikut ulasannya :

Konsultan Pertanian                                                      

Kamu bisa menjadi konsultan pertanian dengan tugas mengurus dan memberikan konsultasi yang berhubungan dengan pembudidayaan tanaman. Tidak hanya pada bidang pertanian, kamu juga bisa menjadi konsultan di bidang perkebunan.

Selain itu, biasanya konsultasi pertanian juga dibutuhkan pada bidang analisa, yang menentukan harga jual dan beli kebutuhan pangan beserta laba dan ruginya. Untuk gaji, seorang konsultan pertanian biasa digaji sekitar 5-10 juta.

Pegawai Pemerintahan

Pegawai pemerintahan adalah salah satu pekerjaan yang diidam-idamkan banyak orang. Kabar gembira nih untuk jurusan pertanian, karena kamu bisa mencoba pekerjaan ini.

Nantinya, kamu bisa bekerja di dinas pertanian dan pangan, lembaga survei, LSM, dan lain sebagainya.

Jika kamu menjadi pegawai pemerintahan atau PNS, kamu bisa menjadi penyuluh pertanian dan memperoleh gaji sekitar 2-8 juta tergantung pada golongan yang kamu tempuh.

Pegawai Industri Pangan

Jika kamu bercita-cita sebagai pegawai, kamu bisa mendaftarkan diri sebagai pegawai di industri pangan. Nantinya, kamu bertugas untuk mengecek kesiapan dari bahan pangan dan memastikan bahwa bahan tersebut siap untuk dipasarkan.

Atau jika pada posisi tertinggi, kamu bisa menjadi pengawas dari sistem produksi tersebut. Untuk gaji pada pekerjaan ini, kamu bisa mendapatkan sekitar 2-10 juta.

Peneliti

Sebagai mahasiswa di jurusan pertanian, kamu juga bisa nih berkesempatan menjadi peniliti dan masuk ke dalam lembaga penelitian.

Di sini nantinya, kamu bisa melakukan berbagai riset serta penelitian yang berhubungan dengan pemenuhan kebutuhan pangan.

Pekerjaan ini menjadi salah satu peluang yang sangat diminati nih, karena banyak dicari dan dibutuhkan. Apalagi, di Indonesia sendiri masih banyak komoditi tanaman yang harus diteliti lebih lanjut. Jika kamu bekerja sebagai peneliti, kamu bisa mendapat gaji sekitar 5-10 juta.

Wirausaha atau Pebisnis

Untuk kamu yang suka berbisnis dan melakukan  hubungan jual beli, bisa banget nih kamu menjadi wirausaha yang bergerak di bidang pertanian.

Kamu dapat menjual berbagai produk dari mulai alat dan bahan pertanian. Keuntungan menjadi pebisnis bidang pertanian ini sangat beragam loh.

Selain memiliki omset penghasilan  yang tidak terbatas, kamu juga bisa memiliki banyak relasi dari para pembeli. Kamu juga bisa membantu para petani kecil dengan memberikan ilmu-ilmu yang bermanfaat.

Itu dia, 5 lowongan pekerjaan Bandung untuk jurusan pertanian yang bisa kamu coba. Jadi, kamu tidak perlu risau lagi dalam mencari pekerjaan yang tepat.

Tidak ada komentar

Terima kasih untuk kunjungannya. Semoga bermanfaat. Harap meninggalkan komentar yang positif ya. Kata-kata yang baik menjadi ladang sedekah untuk kita semua.