review buku " Sukses Mendidik Anak Ala Homeschooling"

 


Dulu waktu awal-awal menjalani Homeschooling mandiri saya sangat mengandalkan sebuah buku pandual kegiatan anak terbitan dari luar negeri. Karena dulu agak susah menemukan buku panduan kegiatan anak yang jelas dan terperinci apalagi yang terbitan dalam negeri. Meskipun sayangnya buku yang saya miliki tersebut dipinjam salah seorang kawan dan sampai hari ini tidak dikembalikan huhuhu. Itulah kenapa sekarang saya agak ribet kalau ada orang mau meminjam buku bertema parenting di rumah. Karena saya pasti make juga. Nah, alhamdulillah kemarin ketemu buku yang bagus banget yang berisi tentang kegiatan anak yang bisa dilakukan di rumah. 



Buku Sukses Mendidik Anak Ala Homeschooling

Buku berjudul “ Sukses Mendidik Anak Ala Homeschooling” karyanya mbak Kusumastuti atau saya memanggil beliau dengan sebutan mbak Uti. Buku terbitan BIP ini termasuk solusi bagi banyak orangtua untuk menjawab tantangan mendidik anak di masa pandemi ini.

Ada Banyak Kegiatan Yang Ditawarkan



Buku ini berisi 185 kegiatan yang bisa dilakukan bersama anak. Setiap aktivitas dilengkapi dengan petunjuk bahan yang digunakan, cara bermain, beberapa ide yang bisa dikembangkan dan juga hal-hal penting yang bisa dipelajari anak dari kegiatan tersebut. Setiap aktivitas bisa dikerjakan oleh anak secara mandiri dengan sedikit panduan untuk orangtua. Tepat banget nih buat mendampingi anak-anak selama menjalani sekolah daring. Aktivitas yang ditawarkan di buku ini dijamin fresh dan bikin anak bahagia.

Oia panduan di buku ini cocok untuk mendampingi anak usia 1-8 tahun. Aktivitas di buku ini sangat efektif menstimulasi kecerdasan anak dari berbagai sisi. Mengasah imajinasi dan juga kreativitas anak. Anak-anak juga terpacu untuk mengerjakan kegiatan yang ada di buku sampai selesai. Kayak Miqdad nih senang banget waktu diajak “ Menyortir pakaian”(hal. 15). Setiap pakaian yang baru diangkat dari jemuran dia semangat banget mi kosah-misahinnya. Dan sampai sekarang tugas misahin pakaian ini jadi kerjaan tetapnya Miqdad. Hahahaha.



Buku ini lengkap banget aktivitas yang ditawarkannya. Sayangnya tidak ada klasifikasi kegiatan berdasarkan pembagian khusus. Misalnya: khusus kegiatan outdoor atau kegiatan indoor. Atau bisa juga dibagi berdasarkan stimulasi motorik atau kognitif. Tetapi mungkin daftar isinya dibagi seperti itu biar mudah dikerjakan saja sih tanpa harus ribet mikir ini stimulasi kognitif atau motorik. Karena yang namanya mendidik anak itu lebih enak kalau berlangsung ‘cair’ tanpa ribet dengan aturan dan standar masyarakat berpendidikan. Jujur selama ini terhitung ‘bebas’.

Saya sangat merekomendasikan buku ini buat teman-teman. Ada banyak ide bermain sambil belajar yang bisa diambil dari buku ini. Biuat teman-teman yang tertarik dengan Homeschooling juga bisa menjadikan buku ini sebagai salah satu buku pegangan. Buku ini sudah bisa ditemukan di berbagai toko buku maupun online ya. Harganya juga terjangkau banget. Oia, saya juga mau bagi-bagi buku ini secara gratis nih. Saya yakin banyak yang tertarik nih sama buku inikan?.  Caranya gampang banget.

1. Follow instagram @siti_hairul @utiauthor @bipgramedia

2.     Share artikel ini di FB atau igs stories teman-teman ya (pilih salah satu aja).

3.  Tulis kegiatan yang sering dilakukan bersama anak di rumah di kolom komentar artikel ini ya.

4. Oia khusus untuk pemenang nanti diminta untuk review bukunya di sosmed ya.

Tuh gampang bangetkan caranya buat dapetin buku ini. Yuuk ikutan ya. Oia buat yang tertarik pengen beli langsung bisa DM ke instagram mbak @utiauthor ya.

19 komentar

  1. Peeeenggen bukunyaa perlu banget nih apalagi yg dirumah terus sama si kecil full of mom yes i am

    BalasHapus
  2. Kegiatan yang sering saya lakukan bersama ananda khalid 3th 5bln... pagi biasanya nyiapin materi yg akan dipakai main dan belajar sama khalid.. misal ngeprint papercraft...atau menggunting menempel... menjelang tidur baik siang atau malam biasanya kita baca buku bareng setelah itu berdoa mau tidur bareng kemudian hafalan surat pendek dan doa doa sekalian muraja'ah.. sambil bercerita bertanya seharian ini apakah dia bahagia...dan meminta maaf apabila saya melakukan sesuatu yang dia gak suka dan menjelaskan alasannya ✨

    BalasHapus
  3. Selama pandemi ini semua kegiatan 2 anak saya terpusat di rumah padahal saya juga ibu bekerja jd harus bener2 bisa manage waktu sebaik mungkin. Kegiatan belajar yg sering kami lakukan adalah real life learning yaitu belajar sambil membantu ortu mengerjakan pekerjaan rumah, misalnya membantu menyapu, beres2 rumah sambil diberikan penjelasan mengenai kesehatan, belajar memasak sambil dijelaskan mengenai kandungan gizi makanan dan lain sebagainya

    BalasHapus
  4. Mba, aplikasikan buku ini pas untuk anak usia berapa ya mba ? Makasih infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada ummi 1-8 tahun sudah dijelaskan di atas heehee

      Hapus
  5. teman-temanku banyak niih mba yang menerapkan homeschooling gini, bukunya bagus juga nih untuk yang tertarik untuk mencoba homeshooling ya plus kalo g salah ada komunitasnya juga kan

    BalasHapus
  6. pengenn banget punya buku ini. Pasti sangat berguna banget untuk kondisi sekarang yang anak harus belajar online dari rumah. pengen coba ikutan GA nya ahhh, siapa tau beruntung :)

    BalasHapus
  7. Anonim13/2/21

    Kegiatan sehari-hari Uwais usia 8thn selain tugas dari sekolah, sholat , ngaji/baca Alquran yg hitungannya wajib. Selain itu yg paling sering dilakukan ngumpulin biji2 an trs dtanem, dah ada bbrp yg berhasil n berbuah, kebanyakan nanam2 yg ada di dapur. Dia dpt tgs nyiram tanaman, waktu sdh berbuah itu laporan nya seneng banget. Cm yg saya kuatir blm bisa memenuhi kebutuhan fisiknya, paling dia main sepeda n ngeruk2 tanah di halaman rumah hehehe.
    Pokoknya ngerasa krg banget utk menyiapkan kegiatan yg utk menggali potensi nya gt.

    Nah klo anak yg nmr 3 ini malah lbh banyak fisiknya, kerjanya lompat2, manjat2 gak karu2 an... Malah sulit utk bikin dia betah ngerjain sesuatu..

    Nah gimana gk mupeng liat buku home schooling nya...
    Krn daring yg blm tau kapan berakhirnya, dan emak yg mendadak jd guru ya sekalian aja program home schooling nya dimatengin...
    Dan harapannya buku ini bisa memberikan banyak ide utk emak2 ngajarin anaknya biar gak monoton...

    Piuuuhhh.... Panjang bener ni komentar nya. Komentar apa curhat ya xixixixi 🤭🤭😁😁😁

    BalasHapus
  8. Keluarga kami sudah menjalankan homeschooling sejak tahun 2012, saat itu buku yg membahas ttg HS bahasa Indonesia sangat sedikit sekali. Semoga buku ini membantu banyak keluarga yg memilih HS sbg alternatif pendidikan anak-anaknya

    BalasHapus
  9. MasyaAllah selalu kagum sama orang tua yang mampu menerapkan home schooling ke anak anak sedangkan PJJ aja selama ini banyak bikin ortu stres

    BalasHapus
  10. Keren nih aku jadi pengn punya juga mba karena jujur aja aku udah bingung mau kasih kegiatan apa di rumah

    BalasHapus
  11. selama pandemi ini juga anak ku homeschooling mba karena di area sini agak worry kondisinya. Pengen tau juga lebih dalam soal homeschooling ini.

    BalasHapus
  12. wah kalo aku sebagai wanita pekerja, aku belum bisa nih menerapkan homeschooling gini, tapi boleh juga sih baca-baca biar makin tau ya jelasnya

    BalasHapus
  13. Semangat terus mba. Bukunya bagus berarti ya mba. Bisa menginspirasi untuk mendampingi anak selama homeschooling

    BalasHapus
  14. Done Follow.

    Kegiatan yang sering dilakukan bersama anak di rumah :

    Melakukan kegiatan rumah tangga bersama anak-anak, seperti membersihkan rumah bersama, memasak bersama dan melipat baju bersama.
    Karena terasa sekali, ketika melibatkan anak-anak dalam kegiatan seru di rumah, pekerjaan rumah akan cepat sekali selesai.

    Dan ini juga bisa meningkatkan komunikasi dan bonding orangtua dengan anak. Tidak lupa mengajarkan 3 kata-kata dasar yaitu "Maaf, Tolong dan Terimakasih."

    BalasHapus
  15. buku ini bermanfaat sekali bagi para orang tua dalam mendampingi anak di masa pandemi.

    BalasHapus
  16. Kegiatan yg sering dilakukan dirumah, kami biasanya baca buku, bikin mainan, melukis/gambar, nyiram2 tanaman, murojaah..

    BalasHapus
  17. aku sebenarnya sudah melakukan home education mbak..
    di rumah buat agenda main dari kurikulum yg kubuat sendiri
    masih maju mundur buat HS, tapi adanya pandemi malah mantap mau HS aja

    BalasHapus
  18. wah makasih mbak rekomendasinya, iya penting banget ya memiliki buku ini, karena saat PJJ begini, sekolah rasa homeschooling hehe biar anak anak gak jenuh bisa diisi dengan kegiatan after school dengan panduan ini ya

    BalasHapus

Terima kasih untuk kunjungannya. Semoga bermanfaat. Harap meninggalkan komentar yang positif ya. Kata-kata yang baik menjadi ladang sedekah untuk kita semua.