Yuk Ngemil Bijak Bersama Keluarga

 





Selama pandemi ini bisa dibilang kami se-rumah ‘Menggembul bersama”. Ya mau gimana lagi. Kerjaannya di depan hape dan ngemil aja. Buahahaha. Anak-anak sekarang lebih banyak belajar online. Bahkan kemarin mereka ujiannya versi online. Beberapa kegiatan ekstrakurikuler juga diliburkan entah sampai kapan. Huft. Mau ga mau emaknya menyiapkan lebih banyak cemilan di rumah. Dan ternyata yang menjadi hobby ngemil bukan hanya anak-anak tetapi juga saya dan pak suami. Sepertinya selepas pandemi kami akan menjadi keluarga dengan ukuran XL size. Hahaha.




Sebenarnya saya ga keberatan memberi anak-anak lebih banyak makanan. Tetapi harapannya makanan yang ‘menjadi daging’. Bukan sekedar ‘lewat’ saja. Nah kemarin saya ikut ngobrol nih tentang “ Ngemil Bijak” bersama IIDN dan Mondelez. Bayangan saya nih bakalan keras banget larang untuk ngemil. Lah ternyata. Ngemil itu ga salah sebenarnya. Karena ia juga bagian penting dalam menjaga kebugaran tubuh. Tetapi memang harus dilakukan dengan bijak.



Virtual sharing session dengan tema Tips & Trik #NgemilBijak Dalam keluarga bersama  Komunitas Ibu-Ibu Doyan Nulis dan Mondelez Indonesia berlangsung seru. Menghadirkan seorang psikolog klinis, mbak Tara de Thours, BA, M.Psi, Psi dan juga mbak Khrisma Fitriasari, Head of Corporate Communication Mondelez Indonesia.

Ada beberapa data penting yang bikin saya kaget nih. Antara lain

Dibandingkan rata-rata global, orang Indonesia lebih banyak mengkonsumsi camilan dibandingkan makanan berat

Dan 3 dari 4 orang Indonesia (77%) mengatakan bahwa cemilan yang praktis jauh lebih cocok dengan gaya hidup dibandingkan makanan berat. 

Sebagian yang lain (53%) mengatakan bahwa mereka tidak mempunyai waktu mengkonsumsi makanan berat.

4. Dan ternyata 80% dari para respondens adalah milenial lo. Wah, ternyata

 


Dari infografis di atas saya tambahi beberapa alasan ngemil untuk saya

1.     Kalau saya sendiri ngemil karena butuh energi di sela-sela jadwal makan berat. Meskipun saya jarang ngemil sebenarnya. Tetapi biasanya saya ngemil buah atau cemilan buatan sendiri.

2. Butuh untuk memperbaiki mood. Biasanya saya menyediakan beberapa batang Cadbury untuk menemani menulis saat malam atau dini hari.



Dan di rumah kami berusaha membangun kebiasaan ngemil sehat. Karena anak saya banyak biasanya kami memilih membuat cemilan sendiri. Kecuali beberapa cemilan seperti coklat atau biskuit yang memang menjadi favorti anak-anak yang tidak bisa saya buat sendiri.

Nah, kemarin dapat ilmu bagus dari mbak Tara tentang #Ngemilbijak ini.

Menurut mbak Tara #ngemilbijak itu harus dilakukan secara sadar bukan sambil disambi melakukan pekerjaan lain. Karena hasilnya nanti akan berbeda. Selain itu kesadaran bahwa kita ngemil karena butuh atau ngemil karena kasihan akan membawa dampak yang berbeda. Dimana ngemil karena kasihan itu lebih membawa efek negatif ke tubuh kita. Kita menjadi ngemil tanpa kontrol.

Nah berikut beberapa tips #ngemilbijak yang bisa kita, para ibu, lakukan di rumah untuk membangun kebiasaan ngemil yang baik.

1. Benahi perilaku makan kita. Membiasakan mindful eating

2. Atasi rasa cemas dan rasa bersalah karena merasa tidak bisa memberikan yang terbaik untuk anak. Bangun kebiasaan memberi cemilan karena love bukan pity.

3. Memberikan yang terbaik untuk anak bukan hanya berdasarkan apa yang diinginkan anak. Tetapi karena memang anak benar-benar membutuhkan cemilan tersebut.

   Selain tips di atas ada beberapa langkah ngemil bijak yang diajarkan mbak Tara nih. Sebagai seorang psikolog klinis beliau membantu banget dalam hal memperbaiki kebiasaan ngemil para peserta nih.



1.     Yuk cek sinyal tubuh. Ini penting banget. Kita bisa mengecek saya ngemil karena lapar atau karena pengen aja.

2.     Relaksasi. Turunkan emosi, naikkan logika. Biasanya saat rileks kita lebih logis dalam berpikir. Kita jadi lebih punya waktu buat mikir “ini beneran ga ya aku butuh ngemil” . kita juga bisa berpikir secara rasional tentang seberapa banyak makanan yang kita butuhkan

3.     Mindful eating & snacking. Kita memberikan pada ke-5 indera kita untuk memberikan sinyal yang tepat akan seberapa butuh kita terhadap makanan.

4.     Tunggu sebentar dulu. Kalau kata mbak Tara sih tunggu sekitar 15-20 menitan (duuh lama ternyata, hahaha). Ini sebenarnya untuk menunggu sinyal perut sampai ke otak, apakah kita perlu nambah snack lagi atau stop.

5. Perbanyak rasa syukur. Syukuri apapun yang masuk kita makan. Apapun yang tersedia di rumah. Syukuri apapun yang terhidang di meja makan. Syukuri apapun yang tersisa di kulkas. Biasanya rasa syukur ini membuat kita lebih bisa menahan diri untuk ga berlebih-lebihan dalam makan atau apapun yang ga penting.

 


Oia saya kemudian menyadari kenapa sesaat setelah memasak begitu banyak makanan enak saya jadi ga begitu berminat lagi untuk makan banyak. Paling ya cuma nyicip sedikit dan seperlunya aja. Ternyata karena Mindful eating dan snacking. Dimana langkah ini ternyata sangat berpengaruh lo terhadap kebiasaan kita saat mengemil. Kata mbak Tara saat mindful dan snacking ini yang membantu kita bisa menentukan bahwa ternyata kita menyadari bahwa kita ngemil karena butuh atau Cuma karena pengen aja.

Berikut langkah mindful eating dan snacking ya.

  •  Gunakan mata kita untuk mengamati makanan dengan seksama. Perhatikan bentuk, warna, penataan, dsb. Ajak indera penglihatan kita menikmati keindahan bentuk makanan yang terhidang.
  • Cium dan baui aroma yang keluar dari makanan. Nikmati sensasi aroma lezat makanan.
  • Biarkan tangan kita menyentuh makanan. Ajak indera penyentuh kita menikmati tekstur dari makanan.
  • Ajak lidah kita menikmati makanan yang masuk ke mulut. Rasakan sensasi nikmat makanan di lidah, di langit-langit mulut, di antara gigi, dll. Kan beda hasilnya saat kita makan langsung ‘telap-telep’ kayak orang kelaparan. Hahahaha.
  • Dan langkah terakhir ajak indera pendengaran kita yakni telinga untuk menikmati suara yang muncul dari makanan. Seperti: suara kunyahan, suara patahan biskuit yang kita makan, suara remasan kulit kuaci misalnya. Akan terasa sekali nikmatnya jika indera pendengaran kita ikut ‘makan’ juga.

 


Nah dari langkah mindful dan snacking di atas kemudian kita bisa mengajak seluruh indera tubuh untuk menikmati makanan. Sehingga saat indera tubuh kita sudah terpenuhi kita tidak akan segera terburu-buru menambah cemilan lagi. Kebiasaan ini bisa kita bangun di keluarga. Sehingga kita bisa menghidupkan kebiasaan ngemil bijak di keluarga. Anak-anakpun akan bisa lebih bijak saat mengemil. Mereka juga lebih mudah diatur untuk mematuhi aturan jadwal makan berat. Sehingga asupan nutrisi seimbang mereka ter[enuhi. Dan insya allah tumbuh kembang mereka juga lebih baik. 

Nah kalau begitu kita ngemil Oreo dulu ya. Diingat ya mindful snacking-nya. 




Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba Ngemil Bijak yang diadakan oleh Ibu-Ibu Doyan Nulis” cek linknya di sini ya https://bit.ly/lombablogngemilbijak da

23 komentar

  1. HARUS BANGET coba mempraktikkan tips ngemil bijak ala Mondelez ini.
    Mungkin awalnya tidak mudah ya. Tapi Bismillah, semoga kita bisaaa!

    BalasHapus
  2. Kudu mulai atur camilan yang sehat nih. Pandemi gak tau sampai kapan dan kitanya jadi suka ngunyah banget

    BalasHapus
  3. Ya ampun ini pengingat bagiku banget " #ngemilbijak itu harus dilakukan secara sadar bukan sambil disambi melakukan pekerjaan lain. Karena hasilnya nanti akan berbeda." Karena sering cemai-cemil sambil ngerjain apa gitu dan akhirnya bablas...Beneran buka mata nih info ngemil bijaknya!

    BalasHapus
  4. Nah lho, iya juga yah sebaiknya jangan ngemil disambi gitu biar gak kebablasan. Kayak aku yang sering ngemil sambil nonton drama korea huhuhu

    Harus berusaha untuk lebih bijak lagi dalam ngemil nih, pengen mulai mindful eating deh

    BalasHapus
  5. hehehe, saya sama anak juga suka ngemil, tapi saya yang gembul dia yang segitu-segitu aja...heran sih...jadi ngemil tuh harus lebih bijak dan jangan cuma nafsu yaa.

    BalasHapus
  6. Mindfull dan makan itu memang menolong banget. Lebih bersyukur, lebih menikmati. Saya sudah praktik mindfull dalam makan (berat). tapi ternyata perlu juga ya mindfull saat ngemil....selama ini karena mikirnya camilan itu makan ringan jd nggak perlu "kesadaran" selevel dg meal (makan berat). Ternyata saya tidak adil dalam hal ini. Btw, apakah ngemil berasal dari kata nge-meal?

    BalasHapus
  7. Ngemil tuh adalah hal yang menyenangkan buatku apalagi kalau pas bikin tulisan biasanya selain kopi suka ditemenin sama cemilan juga.

    BalasHapus
  8. Naaah, biasanya nih, saya kalau ngemil pasti buru-buru. Lah boro-boro seluruh indra merasakan ikut makan. Mulut aja langsung lep lep, ludes.

    Perlu banget nih aku praktekkan ngemil bijak, biar kalori yang masuk ke tubuh juga pas.

    BalasHapus
  9. Baca-baca tulisan temen-temen tentang ngemil bijak jadi reminder deh buat aku. Aku yang masih sembarangan ngemil kudu mulai ngemil dengan bijak. Biar badan bisa tetep sehat ya. Dan gak nambah berat badan terus. Terusnya bikin keluarga jadi punya kebiasaan ngemil yang baik juga.

    BalasHapus
  10. Saya tuh hobi banget ngemil, tapi ngemilnya suka-suka... Harus praktikin mindful snacking nih...

    BalasHapus
  11. kita udah kudu jadi orang yg bijak dalam ngemil ya, kalo engga BB jadi ga kontrol dan timbangan jadi nganan haha

    BalasHapus
  12. "#ngemilbijak itu harus dilakukan secara sadar bukan sambil disambi melakukan pekerjaan lain". Berasa kena tabok pas baca bagian ini, karena jujur selama ini tuh aku ngemilnya suka disambi-sambi. Sambil nulis, sambil nonton. Akhirnya menggendat seperti sekarang.

    BalasHapus
  13. Ikut webinar ini bener bener membuka mata. Apalagi aku, suka banget ngemil hahaha. Mraktekin 5 langkahnya lumayan bikin melek, bener beber disadarkan. Selama ini makannya ya makan biasa, kadang sambil nonyon, heuheu

    BalasHapus
  14. *Nyodorin susu buat Miqdaaad
    Jangan lupa ngemil oreonya sambil mindful snacking mya, di putaar, dijilat trus dicelupin ke susu yaaa.
    nyam2..yummy..

    BalasHapus
  15. Bersyukur memang perlu dimasukkan dalam ngemil bijak ya, Mbak. Supaya kita ngga sekadar nyam2 ajah tanpa memahami prosesnya

    BalasHapus
  16. Oke, mari kita terapkan mindful eating/snacking agar enggak kalap lagi ya saat sedang ngemil. Tetap sediakan camilan di rumah, tapi kendalikan jumlah kalori yang masuk ke tubuh.

    BalasHapus
  17. Mantep banget tips ngemil bijaknya. Mindfull eating n snacking ini udah sering dipraktekin tyt selama ini. Cm ada bbrp yg belum. Makasih sharingnya mba

    BalasHapus
  18. hihi ngemil karena pengen ajah nih gawat. saya tiba2 kebayang mangga muda, langsung beli. kebayang es lrim, jg beli. kebanyang biskuit oreo, uu suami diminta beli yg banyak pulang kerja. wkwkwk. boros dan itu gak baik jg untuk tubuh

    BalasHapus
  19. Ngemil itu udah jadi kebiasaan bagi masyarakat kita, ya, Mbak. Mesti ada edukasi dulu agar ngemilnya tidak mengganggu kesehatan ya...

    BalasHapus
  20. Wkwkwk idem mbak, aku melihat anak2ku pipinya tambah bulet, cuma aku gak berani liat cermin ntr kelkiatan pipiku bulet wkwkwk:D
    Namun emang kerasa banget nih perutku engap, beneran kudu praktik soal ngemil bijak ini agar tetep bisa ngemil tp jg bisa kontrol kondisi kesehatan ya

    BalasHapus
  21. Suka banget dengan campaing ngemil bijak ini mba, jadi ngemil nggak kalap tapi perlahan dan ada seninya. Baru tahu lho aku mba adanya tips ngemil itu ehehhe keren asli

    BalasHapus
  22. Memberikan pengalaman yang baik untuk indera perasa agar bisa merasakan nikmatnya makanan yang sedang dikecap...
    Ini siih..yang belum pernah aku lakukan. Sejak punya anak, semua dilakukan bak flash.

    BalasHapus
  23. akk, informatif tulisannya. cocok banget nih sama kondisi ku saat ini, haha. semenjak di rumah aja tuh bawaannya pengen ngemil teruuss. terimakasih sharingnya ya..

    BalasHapus

Terima kasih untuk kunjungannya. Semoga bermanfaat. Harap meninggalkan komentar yang positif ya. Kata-kata yang baik menjadi ladang sedekah untuk kita semua.