17 Ramadhan 2020, Ramadhan Dalam Hening



Hari ini Ahad, 9 Mei 2020 sudah memasuki hari ke-17 Ramadhan tahun ini. Gimana rasanya Ramadhan dalam hening? Bisa dibilang inilah Ramadhan terhening yang pernah saya lalui. Tanpa ada aktivitas di masjid. Meskipun bertahun-tahun tidak pernah salat tarawih di masjid karena memiliki anak kecil. Tetapi setiap tahun saya selalui me
njadi penyemangat anak-anak untuk ke masjid saat ramadhan tiba. Tetapi kali ini masjid menutup segala aktivitas kecuali adzan dan pembagian bantuan sembako dan pembagian ifthar. Pagar masjid ditutup rapat agar tidak ada yang salat di masjid.


Para ulama seluruh dunia sepakat untuk hal ini, yakni meniadakan salat jamaah selama masa pandemi. Karena tuntutnan dari ajaran islam. Kalau dipikir-pikir harusnya yang ditutup itu bukan masjid. Tetapi pasar-pasar dan mal. Tetapi masjid menjadi pendahulu untuk menjadi penyelamat jiwa kaum muslimin. Masjid bersabar untuk sementara ini menutup aktivitasnya. Semoga ini menjadi peringatan bagi kaum muslimin yang dulunya lalai ke masjid.
Duhai anak manusia. Bisa kalian bayangkan? Hari ini masjid menolak orang yang hendak salat. Sungguh ini sebuah peringatan keras dari Allah. Padahal selama ini masjid selalu terbuka untuk siapapun yang ingin salat dan beribadah. Tetapi kali ini masjid yang menutup dirinya. Semoga Allah mengampuni dosa-dosa kita atas kesabaran kita terhadap ujian ini.

Tidak ada komentar

Terima kasih untuk kunjungannya. Semoga bermanfaat. Harap meninggalkan komentar yang positif ya. Kata-kata yang baik menjadi ladang sedekah untuk kita semua.