Suka Duka Kuliah Online Selama Corona




Kampus saya, Ma’had Ali Bin Abi Thalib Yogyakarta mulai resmi kuliah online sejak 16 Maret 2020. Sejak saat itu semua kuliah berlangsung online termasuk Ujian Tengah Semester. Dan denger-denger kuliah online ini akan berlangsung sampai akhir tahun. Ya Salam. Kalau saya ditanya gimana rasanya kuliah online. Sampai saat ini saya belum menemukan ritme yang pas buat belajar atau kuliah secara online. Terutama untuk mata kuliah yang saya harus faham karena diajarin semisal penyusunan striktur kalimat yang benar.


Untuk mata kuliah semisal tafsir qur’an, aswat, khat saya masih bisa sih mengikuti dengan baik. Karena saya bisa belajar sendiri dengan nyari sumber lain. Tetapi untuk tadribat, ta’bir Qiroah dan Ta’bir Tahriri, Ya Lord, jujur saya jumpalitan belajar dan itupun susah juga memahaminya. Terutama sih untuk penyusunan dan struktur kalimat yang baik dan benar dalam bahasa Arab. Ya Allah bantu hamba –Mu yang lemah ini. Saya kalau sudah ketemu struktur kata, enggggg, mau ngacak-ngacak dada-nya Thor aja bawaannya, eeehh. Ini kenapa sih susah bener saya memahaminya.

Plan A


Saya sendiri susah juga untuk menjelaskan kenapa saya susah memahami untuk 3 mata kuliah tersebut. Sebenarnya saya sempat diskusi dengan seorang dosen dan beliau membantu sekali. Tetapi saya tahu diri kalau saya tanya terus nanti khawatirnya mengganggu kegiatan beliau. Karena selama work from home and school from home ini saya sendiri jumpalitan ngatur kegiatan di rumah dengan kuliah online. Apalagi para dosen yang harus ngajar banyak kelas. Sebenarnya saya ingin sekali minta tolong kepada para dosen itu untuk mengajari saya secara privat tetapi saya tahu diri betul betapa waktu mereka terbatas. Jadi sementara ini saya tahan dulu. Alhamdulillahnya ada dosen yang menggunakan google classroom dan beliau bikin video untuk menjelaskan materinya. Ya Allah saya sangat terbantu sekali. Karena kalau dalam bentuk rekaman audio saya keteteran. Matur nuwun njih bu dosen untuk videonya.

Plan B


Plan B saya adalah privat kepada ustadzah bahasa Arab saya yang dulu ngajarin bahasa Arab di masjid Syuhada. Rencananya saya mau privat sama beliau terutama untuk penyusunan struktur kalimat yang baik dan benar dalam bahasa Arab. Semoga dimudahkan ya Allah. Teman-teman blogger semua saya tolong dibantu doa juga ya. Biar kuliah saya ini lancar jaya. Aamiin ya Allah. Memang sih saya ambil resiko besar juga kuliah lagi dari awal di usia segini. Tetapi bukankah menuntut ilmu itu sepanjang hayat ya. Bismillah.

Tidak ada komentar

Terima kasih untuk kunjungannya. Semoga bermanfaat. Harap meninggalkan komentar yang positif ya. Kata-kata yang baik menjadi ladang sedekah untuk kita semua.