Tanya Dokter THT Tentang Cara Mengatasi Telinga yang Berdenging



Dulu saya pernah cerita kan ya tentang si Zoebair yang sakit telinga dan dibawa ke dokter THT. Sejak saat itu saya aware banget dengan telinga anak-anak. Telinga pada manusia terdiri atas telinga bagian dalam, tengah dan luar. Telinga bagian luar memiliki daun telinga dan liang telinga. Liang telinga terbuat dari tulang rawan yang lebih elastis dan bagian liang memiliki cekungan dan bagian pinggiran. Daun telinga terdiri dari spiral, antiheliks, heliks, fosa skafoid, fosa segitiga, antitragus, lobule, tragus dan crura antiheliks. Telinga tengah memiliki fungsi untuk mampu mengantarkan suara yang telah terkumpul pada liang telinga menuju telinga dalam. Bagian telinga berbentuk memanjang hingga menuju membran timpani. Telinga dalam dengan fungsi untuk keseimbangan serta membantu penyaluran suara menuju sistem saraf pusat dan jika memiliki masalah pada telinga maka dapat tanya dokter THT


Berikut adalah ciri adanya masalah pada telinga:

  • Adanya suara yang berdenging atau berdesis merupakan tanda adanya tinitus, kejadikan ini akibat dari rusaknya organ sensorik pada bagian telinga dalam, kerusakan ini bisa disebabkan oleh sumbatan kotoran telinga, infeksi dan paparan dari suara keras, dapat juga disebabkan oleh adanya efek samping obatan.
  • Keluarnya cairan telinga warna kuningan karena infeksi atau gendang telinga pecah, apabila cairan yang keluar adalah darah maka menjadi penyebab penyakit serius seperti adanya pembuluh darah yang pecah pada telinga dan cedera kepala.
  • Pendengaran menjadi berkurang, gangguan ini memiliki sifat sensorineural dan konduktif, gangguan ini karena hantaran udara yang berasal dari telinga bagian luar menuju telinga tengah disebabkan oleh adanya gendang telinga pecah, infeksi dan kotoran telinga, penybabnya dapat disebabkan oleh stroke, kelainan bawaan dan presbiakusis.

Selain itu, merasakan nyeri tiada henti hingga ke bagian kepala penyebabnya oleh infeksi pada liang telinga dan telinga tengah. Penyakit ini biasanya disebabkan oleh benda asing yang masuk dalam telinga dan infeksi pada tulang mastoid. Pusing merupakan gangguan yang menyebabkan tingkat keseimbangan pada telinga menimbulkan gejala, sensasi melayang, merasakan berputar dan hilang keseimbangan, kondisi ini kerap disebut sebagai vertiga perifer.



Otitis media merupakan masalah pada bagian telinga tengah yang menyerang orang dewasa maupun anak-anak. Masalah telinga terjadi karena pembengkakan karena pilek, alergi dan pernapasan dan jika tidak ditangani akan menjadi masalah serius. Tinnitus merupakan penyakit telinga berdengin dan akan merusak ujung mikroskopik pada telinga bagian dalam dan biasanya terjadi seiring bertambahnya usia. Telinga perenang yang terjadi pada bagian telinga luar karena air masuk dalam telinga sehingga telinga menjadi lembab atau terjadi ketika sedang mandi.

Berikut adalah cara menangani masalah telinga berdenging:

  • Mengulum permen ketika pesawat akan mendarat sehingga akan membuat udara masuk hingga bagian tabung eustachian.
  • Mengatur pernapasan dengan mulut dan sembari memencet bagian hidung, cara ini akan membuat udara masuk dengan lembut menuju tabung eustachian.
  • Jika di pesawat usahakan tidak sedang tidur dan pastikan dibangunkan oleh pramugari atau kunyah dan hisap permen sehingga tetap menjaga masuknya oksigen dalam telinga.
  • Menguap akan membantu valsava manufer yang mendorong masuk udara dalam tabung sehingga tidak terasa sakit.

Berdasarkan tanya dokter THT untuk menjaga telinga sebaiknya menghindari suara bising sehingga akan mampu mencegahnya presbikusis. Jika berada dekat suara keras selama beberapa menit sebaiknya gunakan perlindungan, resiko ini biasanya terjadi jika bekerja pada industri berat, pekerja konstruksi, petugas pemadam kebakaran dan lainnya. Sebaiknya rajin untuk memeriksakan telinga dan jika terjadi sumbatan kotoran maka segera dapat perawatan yang dapat diketahui melalui Halodoc.

19 komentar

  1. Mak, ini maksudnya gimana
    "Jika pesawat tidur usahakan tidak sedang tidur dan pastikan dibangunkan oleh pramugari atau kunyah dan hisap permen sehingga tetap menjaga masuknya oksigen dalam telinga."

    Pesawatnya tidur? Atau bagaimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Idem, sama pertanyaan Mak Oktii, aku mencernanya agak kurang paham

      Hapus
  2. teman saya begini mbak,, setiap naik pesawat pasti telinganya berdenging sampai sakit sekali, trus periksa ke dokter disarankan mengulum permen karet selama penerbangan

    BalasHapus
  3. Bahas masalah telinga berdenging, aku pernah tuh jadi korbannya. 2 hari aku kira semuanya akan segera lewat bertahan nggak kedokter eh ternya nggak sanggup aku keganggu terusm kedokter dan ternyata hiks kotorannya lumayan kak. jdi malu

    BalasHapus
  4. Aku udah periksa 2x, telinga dengung sebelah kiri. Sampai tes di ruang kedap jih, katanya baik2 aja. Tapi sekarang enggak dulu deh ke rs. Ntar datang sehat, pulang malah bawa virus corona. Mending konsul online dulu kalau ada apa2.

    BalasHapus
  5. Anak saya pernah main cotton bud, luka.

    Saya bawa ke dokter tht. Ternyata ga apa-apa, cuma ada kotoran putih-putih gt

    Tapi kyknya ada lukanya krn kapan hr dia pilek, telinganya sakit lg sampe nangis di sekolah

    BalasHapus
  6. Hadudu permasalahan telinga ini paling aku khawatirkan, iya bener terutama dalam perjalanan, baik itu di darat, laut maupun udara. Suka nelen ludah ato nguap emang bikin nyamaan..

    BalasHapus
  7. Sekarang kondisinya sudah membaik, kan? Saya tuh suka agak ngilu ya kalau telinga bermasalah. Termasuk alat vital juga sih ini

    BalasHapus
  8. Kalau ada masalah di telinga tuh nggak enak banget. Suara kadang kayak tersumbat dan jadi aneh. Belum lagi, kalau sampai ada gangguan keseimbangan. Begitu ada masalah, perlu langsung konsul ke dokter.

    BalasHapus
  9. Alhamdulillah dapat tambahan pengetahuan lagi soal telinga, selama ini kurang aware sih karena yakin kalau telinga berdengung pasti akan sembuh sendiri ternyata kudu diperhatikan yah

    BalasHapus
  10. Untuk mengatasi telinga berdenging saat dalam perjalanan, saya biasanya dengan cara menguap, memang terasa lebih enak kupingnya

    BalasHapus
  11. Waktu itu pas mandiin nak anak, aku disiram air sama si bungsu telinganya lgsg berdengung budek duh sampe nangis aku soale ga bisa denger terus aku lompat2 sambil miring baru keluar airnya hehehhe

    BalasHapus
  12. Kalau suamiku tuh punya masalah di telinga terkait kotoran telinga yang lambat laun keras gitu mak. Ndak tau tuh, selalu jadi kayak butiran pasir kecil-kecil gitu, jadinya kan sakit ya kalau numpuk di dekat gendang telinga. Dia rutin ke dokter beberapa bulan sekali untuk mengeluarkannya. Kalau bersihin kuping sendiri takutnya malah bikin infeksi.

    BalasHapus
  13. Aku pribadi pernah mbak bangun tidur gtu kok telingaku ada yang aneh, ternyata ada kotoran, tapi bisa dibersihkan sendiri untungnya. Pdhl udah stress aja awalnya knp ini telingaku heuheu.
    Aku tu sampai skrng kepoh kotoran telinga tu asalnya drmn ya, hehe, bentar ah gugling dulu.

    BalasHapus
  14. Wong kadang denger apa gitu ya mba, aku telinganya nyilu berarti sensitif ya
    disarankan menggunakan perlindungan, siap mba. Terimakasih ya mba sudah sharing soal THT

    BalasHapus
  15. Anak-anak itu kadang Mak tanpa kita tahu suka ngorek-ngorek kuping sendiri sehingga tanpa dia sadari melukai bagian sensitifnya. Jadi mungkin ada kotoran yang bikin geli lalu dikorek-korek sendiri.

    BalasHapus
  16. wah pas banget nih mba, kmaren aku baru aja merasa kupingku sebelah kanan berdengung dan ga enak banget, takutnya sih karena semut. tapi alhamdulillah sekrang sudah mereda.

    BalasHapus
  17. Waktu hamil si kakak, saya sering mengalami telinga berdengung mbak, akhirnya ke THT dan jauh banget dari rumah kliniknya.Sekarang sudah aman mbak karena langsung bisa mengobati sendiri.

    BalasHapus
  18. Pernah banget alami hal kaya gini dan aku ke dokter THT, sendiri.
    Salahnya ininiih...harusnya ke dokter THT itu ada yang nemenin. Soalnya kalau abis dibersihkan telinga itu rasanya mau pingsan.
    Karena si telinga mulai mengatur ulang keseimbangan tubuh.

    BalasHapus

Terima kasih untuk kunjungannya. Semoga bermanfaat. Harap meninggalkan komentar yang positif ya. Kata-kata yang baik menjadi ladang sedekah untuk kita semua.