Pola Asuh Ibu Membentuk Anak Generasi Maju



Ibu saya terhitung pintar memasak. Apalagi mama punya usaha warung makan dan usaha katering. Alhamdulillah di rumah kami cukup makanan karena usaha tersebut. Saya sejak kecil diajak terlibat dalam meracik masakan untuk warung makan dan katering. Biasanya mama yang memilih bahan masakan, menentukan menu, dan meminta pegawai dan anak-anaknya untuk membantu meracik masakan. Sedangkan mama yang bagian memasaknya. Dan sekarang sejak saya tergabung dengan Mombassador SGM  Eksplor  saya jadi banyak punya inspirasi menu sehat.


Dan mama juga peduli banget dengan masakan sehat dan halal. Mama tidak membolehkan kami jajan sembarangan di luar. Saya terbiasa bawa bekal dari rumah. Karena sekolah saya dekat dengan rumah kalau waktu istirahat saya biasanya pulang ke rumah untuk makan. Mama selalu berusaha menyediakan makanan sehat di rumah. Ada lauk dan juga sayurannya. Dan meminta kami untuk rutin minum susu. Dulunya saya susah minum susu. Tetapi mama sering membuat cemilan yang dicampur susu. Mama sering membuat sari kacang hijau yang dicampur susu. Rasanya enak banget lo. Bahkan sampai sekarang saya suka banget makan kacang hijau dan susu.


Dulu di tempat kami agak susah dapat susu SGM. Tetapi beberapa kali mama menyediakan susu SGM di rumah. Seingat saya dulu dalam kemasan kaleng 1 kg. Kalau melihat kemasan susu SGM di lemari dapur wah senang banget. Mama bakalan sering bikin cemilan dengan bahan susu juga. Ga hanya segelas susu hangat di pagi hari. Tapi di sore hari ada kacang hijau dengan susu dan juga puding susu.
Dari kecil sudah terbangun dalam pikiran saya bahwa saya harus makan makanan sehat. Bahkan saat dewasa dan memiliki keluarga saya terinspirasi dengan kebiasaan mama menyediakan menu sehat di rumah. Alhamdulillah anak-anak terbiasa makan apapun yang saya sediakan di atas meja makan.
Jadi ibu memang memegang peranan penting nih untuk selalu menyediakan makanan sehat di rumah. Para ibu punya kontrol penuh terhadap apa yang disediakan di atas meja makan. Dan saya mulai menyadari bahwa apa yang saya lakukan hari ini kepada anak-anak adalah pola asuh yang dibangun ibu saya dulu saat saya kecil. Ayo bunda-bunda kita selalu sediakan makanan sehat dan segelas susu kaya nutrisi komplinutri di atas meja makan. Agar anak-anak tumbuh menjadi generasi maju.
Oia untuk informasi seputar nutrisi dan tumbuh kembang anak jangan lupa mampir ya ke fanspage Aku Anak SGM

1 komentar

  1. Ibu memang memegang peranan penting sesuai dengan Abu Hurairah radhiyallaahu ‘anhu, belia berkata, “Seseorang datang kepada Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam dan berkata, ‘Wahai Rasulullah, kepada siapakah aku harus berbakti pertama kali?’ Nabi shalallaahu ‘alaihi wasallam menjawab, ‘Ibumu!’ Dan orang tersebut kembali bertanya, ‘Kemudian siapa lagi?’ Nabi shalallaahu ‘alaihi wasallam menjawab, ‘Ibumu!’ Orang tersebut bertanya kembali, ‘Kemudian siapa lagi?’ Beliau menjawab, ‘Ibumu.’ Orang tersebut bertanya kembali, ‘Kemudian siapa lagi,’ Nabi shalallahu ‘alaihi wasallam menjawab, ‘Kemudian ayahmu.'” (HR. Bukhari no. 5971 dan Muslim no. 2548)

    Semoga anak2 generasi masa depan, bisa menjadi generasi terbaik. Aamiin.

    BalasHapus

Terima kasih untuk kunjungannya. Semoga bermanfaat. Harap meninggalkan komentar yang positif ya. Kata-kata yang baik menjadi ladang sedekah untuk kita semua.