Berkunjung Sehari Ke Melaka, Bisa Kemana Saja?

Dengan banyaknya tiket murah yang ditawarkan oleh banyak maskapai, berkunjung ke Malaysia dan Singapura jadi ga mahal lagi. Buat yang sering berkunjung ke Malaysia pasti bosen ya kalau tujuannya cuman KL alias Kuala Lumpur. Beberapa kali melihat Petronas mungkin bisa bikin bosen. Ibaratnya orang Jakarta yang mengunjungi Monas setiap pekan. Hehehehe. Nah, biar ga bosen kalau ke Malaysia bisa nih mampir ke Melaka. Tapi gimana dong, jatah cuti cuman sebentar. Padahal mau main juga ke KL atau Spore. Nih, saya kasih panduan berkunjung sehari ke Melaka. Saran saya datanglah saat weekend yakni hari Jum’at atau Sabtu. Karena di malam Jumat dan Sabtu ada Jonker Night Street di sepanjang Jonker Street.

Akhir tahun lalu saya dan suami mememutuskan berkunjung ke Spore dan Melaka. Tetapi di Melaka cuman 24 jam. Dan itu sudah bisa berkunjung ke beberapa tempat wisata populer lo di Melaka. Sebagai informasi nih. Tempat wisata di Melaka itu jaraknya dekat-dekat. Bisa sekali jalan untuk muter-muter ke beberapa tempat. Jika lelah bisa kok naik Grab. Dan bayarnya murah meriah lagi. Jadi jika punya waktu sehari di Melaka, bisa berkunjung kemana aja nih?

Di dalam benteng Famosa

Taruhlah kita tiba jam 4 sore sesuai jadwal bis kami yang tiba dari Spore. Kami langsung check in di hotel lalu mulai berkeliling kota sekitar jam 6 sore. Dan balik ke hotel jam 10 malam. Dan besok paginya mulai keluar dari hotel jam 7 pagi selepas sarapan di hotel. Jam 12 siang kami check out dari hotel. Inilah tempat yang kami kunjungi. Ini artikel tempat kami menginap di Melaka https://www.catatansiemak.com/2019/10/Menginap-Di-Straits-Hotel-And-Suite-Melaka.html

1.     A Famosa.

Bekas benteng zaman pendudukan Portugis ini layak dikunjungi. Tempatnya di daerah perbukitan. kita harus naik tangga batu lumayan nih buat sampai di puncak. Tetapi jangan khawatir, pemdangan di puncaknya Masya Allah, indah banget. Kita bisa melihat selat Melaka dari sana. Disebut sebagai bangunan tertua di Asia Tenggara, makanya ga heran bangunannya sudah tidak utuh lagi. Tetapi tetap cantik dan eksotis kok.

2.     Red Square

Ini sebuah kawasan yang dikelilingi oleh bangunan-bangunan heritage berwarna merah bata. Kawasan ini cantik banget lo. Apalagi ada bangunan Stadthuys. Jadi dulunya, kawasan ini merupakan kawasan pusat administrasi Gubernur Belanda. Dan di sekitaran ini banyak toko souvenir yang menjual barang-barang khas Melaka. Kayak gantungan kunci, tempelan kulkas, celengan berbentuk kotak merah khas Melaka. Di kawasan ini juga ada Christ Church Melaka. Gereja tua yang juga berwarna merah bata.

3.     Melaka River

Kalau ke Melaka bisa nih memilih tempat menginap yang berlokasi di pinggiran sungai Melaka. Sungainya bersih lo. Semacam kanal kali ya kalau di Eropa. Kalau malam hari bagus banget soalnya dihiasi lampu yang menyala sepanjang sungai.

4.     Jonker Street

Ke Melaka tidak berkunjung ke Jonker Street itu semacam makan tanpa bumbu. Ga berasa. Kare a salah satu trade marknya Melaka ya Jonker Night Street. Pasar malam di sepanjang jalan Jonker Street ini hanya buka di malam Jumat dan Malam Sabtu. Sepanjang jalan kita bisa menikmati aneka jajanan khas peranakan. Tetapi ada juga orang Melayu yang berjualan makanan di sana.

5.     Masjid Selat Melaka

Masjid Melaka Strigth berada di kawasan tepi laut. Dari tempat kami menginap di Dataran Pahlawan kami naik Grab ke masjid ini dan membayar RM 4 saja. Masjidnya cantik banget. Datanglah saat pagi hari atau menjelang senja. Buat pengunjung non muslim diminta menggunakan baju tertutup atau dipinjamkan semacam baju bertudung di area front office. Mampir ya di postingan saya tentang masjid Selat Melaka https://www.catatansiemak.com/2019/11/berkunjung-ke-masjid-selat-melaka.html

6.     Dataran Pahlawan
Ini adalah kawasan pusat perbelanjaan di Melaka. Bertebaran mall-mall besar di kawasan ini. Buat yang suka berbelanja barang branded bisa ditemukan di kawasan ini.

7.     Ee Jiban Chicken Rice Ball

Kuliner chicken rice ball memang terkenal di Melaka. Cuma tidak banyak gerai yang menyediakan Chicken rice ball halal. Nah, Ee Jiban Chicken Rice Ball ini termasuk restoran Chicken Rice Ball halal di Melaka. Mampirlah ke sini. Coba cicipi chicken rice ball khas Melaka dan juga aneka menu seafood.

Di atas bukit benteng Famosa

Nah itu tempat yang saya kunjungi saat traveling cuman 24 jam di Melaka. Dan lumayan lo bisa mendatangi beberapa tempat sekaligus. Apalagi makanan di Melaka termasuk enak di lidah. Kebetulan kami kemarin naik bis dari SPore ke Melaka. Mampir ya di postingan ini https://www.catatansiemak.com/2019/10/pengalaman-naik-bis-dari-singapura-ke-melaka.html

19 komentar

1. Duh jadi kangen Melaka habis baca postingan mba :D

Saya belum pernah coba makan Chicken Rice Ball pula, padahal sudah sering baca info kalau itu salah satu menu wajib coba di Melaka. Cuma waktu itu, yang saya lihat selalu penuh dan antri panjang. Alhasil gagal coba :))) next time, kalau saya balik Melaka, saya mau coba yang mba rekomendasikan.

Thank you for sharing mbaaa <3

Balasan
    1. Iya, antrian chicken rice ball ini panjang hahaha

Hapus
  2. Lumayan ya mbk, dalam waktu 24 jam bisa explore Melaka. Red square ini hits banget ya mbk, khas banget bangunannya

BalasHapus
  3. banyak juga ya tempat yang bisa dikunjungi, meski hanya sehari.
    Yang Red Square nya tuh kece Mba :D

Spot-spot fotonya kece-kece semua deh :)

Balasan
    1. Melaka itu enaknya tempat wisatanya ngumpul jadi satu

Hapus
  4. Tempat wisatanya berdekatan ya mbak, bisa 24 jam ngunjungin semuanya. Bisa jd salah satu trip pendek nih ke Melaka dari Pekanbaru hehehe

BalasHapus
  5. Enak ya kalo tempat wisata nya deket-deket, jadi banyak yang bisa dikunjungi.

penasaran sama A Famosa deh, kayaknya bagus tempat bersejarah gitu..

6. Penasaran nih mak dengan penampakan chicken rice ball-nya, kayak apa siiiyy...
    Lumayan juga ya kalau pas ada agenda jalan-jalan ke Malaysia bisa dialokasikan 1 hari untuk menikmati Melaka.

BalasHapus
  7. Well noted mbak, aku belum pernah ke malaka, baru sampaik KL aja nih.. tahun lalu teman ajakin ke malaka.. dan semoga tahun ini bisa ada kegiatan kesana dan mau juga berkunjung kebeberapa tempat di malaka seperti mbak deh.. aamiin semoga terwujud

8. Kece2 tempatnya Mba. Jadi pengen backpackeran sama anak ke sana. Mudah2an bisa suatu saat nanti

9. Ok mba saya akan inget-inget kalau nanti bisa ke Malaysia main ke Melaka ^^ pengen deh mampir ke Masjidnya :) mudah mudahan

BalasHapus
  10. Aduuuh postingan mbak ini bikin ngiler hati deh.
    Langsung tengok rekening, cukup nggak sih ke sini liburan nanti?

11. Banyak tempat bersejarahnya ya mba, cocok buat spot foto nih.
    Kalo tempat wisata buat anak anak banyak di daerah apa kalo di KL mba?

Keluargamulyana

12. Amaziing~
    24 jam bisa menjangkau ke beberapa tempat looh..
    Tapi kalau ngajak anak, mungkin ga sebanyak ini juga yaa...

BalasHapus
  13. Wah makasih mbak saran2nya.. Jadi klo ke melaka gak bakal bgg bgg lagi mau kemana..

Bisa dilibas dalam sehari. Hihi

14. Wah noted banget ini mbak, satu hari bisa ke beberapa tempat di Melaka semoga bisa berkunjung ke tempat ini kelak mbak.

BalasHapus
  15. Aku kebanyangin kayak apa capeknya Mak, dalam sehari bisa ngdatengin beberapa tempat. Wakakka

Ah kangen Melaka jadinya.

16. Aku paling suka ke joker street dam hunting makanan di sana. Lucu-lucu nama makanannya tapi mesti hati2 karena ada yang gak halal

BalasHapus
  17. 24 jam bisa kunjungi beberapa tempat ya Mak, senangnyaa.. Apalagi ditutup dengan makan makanan yg cocok di lidah, hmm, pasti nikmat banget tuh ya. :)

Terima kasih untuk kunjungannya. Semoga bermanfaat. Harap meninggalkan komentar yang positif ya. Kata-kata yang baik menjadi ladang sedekah untuk kita semua.