Berkunjung Ke Masjid Selat Melaka




Masjid Selat Melaka adalah salah satu list tempat yang wajib dikunjungi saat ke Melaka. Meskipun masjidnya bukan masjid jadoel tapi masjid ini setiap hari ramai dikunjungi turis. Kayak hari itu saat kami ke sana pagi-pagi banget. Eh terang dikit langsung full manusia. Turis-turis dari Cina datang pakai bus besar.  Untungnya kami sempat salat dhuha di sini. Masjid cantik banget. Bahkan saya bisq melihat kubahnya yang berwarna emas dari bukit Bukit Benteng Portugis. 


Masjid Selat Malaka terletak di Melaka di kawasan pinggir laut. Bahkan masjidnya itu di bangun di pinggir laut. Bawahnya air laut. Dan terbuka untuk umum. Paling bagus buat foto-foto itu waktu pagi hari atau sore hari. Apalagi kalau langitnya bersih dan biru. masyaAllah cantik nian. Dan masjid ini terbuka untuk umum. Bagi pengunjung non muslim diminta memakai semacam gamis bertudung. Dan diperbolehkan mengelilingi masjid tetapi tidak boleh memasuki kawasan untuk tempat salat.


Semua masjid di Malaysia memang terbuka untuk umum bahkan kalangan non muslim. Tetapi dengan syarat mereka wajib mengenakan baju yang disediakan oleh masjid. Di bagian depan disediakan counter peminjaman gamis bertudung. Dan gamis ini dipinjamkan secara gratis. Biasanya warnanya ungu,cantiklah. Beberapa kali saya mengunjungi masjid di Malaysia seperti, Masjid Negara Kuala Lumpur, Masjid Jamek, Masjid Putra Jaya dan Masjid Selat Melaka ini.



Disediakan juga guide yang akan menjelaskan tentang masjid dan juga ajaran islam. Selain itu di bagian halaman masjid ada semacam restoran kecil yang menyediakan makanan halal. Dan di selasar masjid ada mesin penjual minuman dan juga kursi pijat berbayar. Saya juga menyempatkan membeli souvenir berupa medali dengan logo masjid khas Masjid Selat Melaka.



Menuju ke masjid ini juga mudah banget. Dari pusat kota bisa naik Grab dengan bayar sekitar RM4. Oia di Melaka ini naik Grab murah. Ada juga sih bis kota. Tapi saya sih kasih saran mending naik Grab. Dan pilih hotel di kawasan Laksamana. Itu dekat kalau mau ke pusat wisata di Melaka.






Pusat wisata Melaka itu berada dalam satu circle. Ada Benteng Potugis, Dataran Merdeka, Melaka River, Jonker Street dan Gereja  Merah. Jadi kalau mau nyari penginapan carilah di sekitar wilayah itu.



Berkunjung ke masjid adalah agenda yang selalu kami masukkan dalam list. Tak lupa menyempatkan ikut salat wajib atau sekedar salat sunnah di dalamnya. Saya dan suami juga membiasakan berwudhu, dan salat di masjid-masjid yang kami kunjungi. Salah satu masjid di Malaysia yang ingin kami kunjungi setelah dari sini adalah masjid di Kuala Terengganu, Insya Allah.

Gimana, kapan mau jalan-jalan ke Melaka?
Mampir juga di postingan ini ya 
https://www.catatansiemak.com/2019/10/Menginap-Di-Straits-Hotel-And-Suite-Melaka.html




22 komentar

  1. Pengen ke Melaka tapi bagaimana caranya ya? 😁😂😁
    Ini maksudnya bagaimana caranya ada yang bayarin hihi.

    Kalau di Makassar ada masjid terapung, Mak. Kapan² ke Makassar 😘

    BalasHapus
  2. Mechta24/11/19

    Beberapa kali membaca ttg masjid cantik ini..dan ingin berkunjung pula ke sana. Semoga..

    BalasHapus
  3. Bertambah nih destinasi wisata religi yang harus dikunjungi. Saat ini sih cukup dikoleksi saja dulu. Blm ada budgetnya juga hehehe

    BalasHapus
  4. Cantik banget masha allah mesjidnya. Netah banget lihatnya.

    BalasHapus
  5. Masya Allah indahnya bangunan ini , fasilitas lengkap dan kalau cape keliling tinggal bayar kursi pijat

    BalasHapus
  6. Aaak, pengin deh, cuss ke Melaka, ke Ipoh jugaaakk
    Banyak destinasi menarik yaaa
    plus kulinernya ga boleh ketinggalan :D

    BalasHapus
  7. Subhanallah beruntung banget mba bisa ke sana, semoga aku bisa nyusul

    BalasHapus
  8. Alhamdulillah kesempatan ya mba untuk berkunjung ke Masjid Selat Melaka. Aku belum pernah mba walaupun baru sekali saja ke Melaka :)

    BalasHapus
  9. Saya belum kesampaian juga jalan-jalan ke Melaka. Tahun lalu, akhirnya gagal padahal udah direncanakan

    BalasHapus
  10. Masjid ini terkenal banget ya mba, dan beberapa kali sering dibuat lokasi syuting, semoga bisa berkunjung kesana

    BalasHapus
  11. Cantik banget ya mba masjidnya, pasti so happy bisa berkunjung ke sini. Udah gitu sekalian jalan-jalan mengeksplor Melaka ��

    BalasHapus
  12. MasyaaAllah, bayangin bawahnya air laut dan konsep one stop edukasi sekaligus wisata religi ibaratnya ya mbak. Bismillah, mupeng bgt ke Melaka dr kapan baca2 pengalaman temen2, terlebih tulisan mbak yg ini mb. TFS

    BalasHapus
  13. Kece idenya mbk, setiap traveling selalu berkunjung ke masjid lalu menyempatkan salat di masjid2 tersebut. Inspiratif. Izin nyontek idenya ya, mbk btw cakep bgd masjidnya, unik.

    BalasHapus
  14. Subhanallah masjidnya besar banget ya mbak. Rapi dan bersih lagi pasti menambah kekhusukan para pengunjung yang ingin beribadah di masjid ini. Jadi pengen ke Malaysia dan mengunjungi masjid-masjid disana. Terimakasih informasinya mbak....

    BalasHapus
  15. MashaAllah~
    Keindahan sebuah masjid selain dilihat dari arsitekturnya dan view tempat ia dibangun, juga seberapa besar orang yang memakmurkannya.
    Terbukti syiar Islam melalui masjid Melaka.

    BalasHapus
  16. Supaya span ya disediakan pakaian muslin kalau mau berkunjung ke sana. DUh aku belum pernah ke Melaka nih. Allhamdulillah kalau banyak yg berkunjung ke Masjid ini ya

    BalasHapus
  17. Semoga ada kesempatan jalan-jalan ke Melaka dan bisa mengunjungi serta shalay di masjidnya yang indah ini. Btw jadi penasaran dengan pemandangannya di kala senja dan petang hari apalagi letak masjidnya di pinggir lalu. Pasti indah banget menatap senja di masjid Melaka

    BalasHapus
  18. Bagus ya masjidnya. Putih, bersih. Adem pula. Noted deh sebagai tempat yang wajib dikunjungi saat ke Selat Malaka. Aamiin :D

    BalasHapus
  19. Masya Allah, bagian dalamnya megah banget ya Mbak. Keren ih bisa menarik turis ubtung berkunjung. Semoga membawa hidayah bagi banyak orang.

    Pengen kesana juga jadinya. Masak iya kalah sama yang non muslim? Hahhaah

    BalasHapus
  20. Masjidnya bagus ya, tahun depan ada rencana ke KL semoga sempet mampir ke Malaka deh

    BalasHapus
  21. Aih senengnya, kmrn gak sempet ke sana krn malam. Tapi dari kamar hotelku terlihat Selat Melaka, trus mbayangin kalau berenang katanya nyampek Sumatera hahaha.
    Moga bisa balik Melaka lagi soon dan bisa mampir ke masjidnya aamiin :D

    BalasHapus
  22. Saya belum pernah ke Malaysia Mba huhuhu. Kalau saya ke Malayasia khususnya Melaka, Masjid Melaka bakal masuk list destinasi saya nih hehehe

    BalasHapus

Terima kasih untuk kunjungannya. Semoga bermanfaat. Harap meninggalkan komentar yang positif ya. Kata-kata yang baik menjadi ladang sedekah untuk kita semua.