Tips Saat Akan Menyewa Perlengkapan Bayi



Buat emak-emak yang pernah enam kali hamil dan enam kali melahirkan, Saya pernah menikmati satu masa yang bikin bahagia itu adalah saat berburu perlengkapan bayi. Ya Allah itu candu banget. Padahal sudahlah bikin list tetapi pas masuk toko serasa satu toko mau dibeli semua. Dari printilan kecil semacam sarung tangan bayi sampai ranjang, stroller, dan lemari baju bayi mau ta beli. Hahahaha. Waktu kehamilan pertama dan kedua saya sangat antusias pas kelahiran anak berikutnya mulai sadar diri. Ternyata banyak benda-benda tidak penting yang kebeli. Bahkan ada beberapa barang yang tadinya saya pikir bisa membantu saya buat merawat bayi tetapi kenyataannya nganggur di pojokan.



Nah, saat saya ‘thilik’ bayinya adek ipar saya kagum lihat kamar bayinya. Lengkap itu barang-barangnya. Tadinya hampir aja keceplosan ‘ Ih boros banget’ untungnya sebagai ibu yang pernah merasakan stressnya pasca melahirkan saya bisa tahan lisan untuk ga berkomentar negatif. Please ya para ibu. Hati-hati dengan komentarmu. Nah, setelah saya diem aja si ibu bayi inipun cerita kalau ranjang bayi yang lucu itu ternyata dia sewa di sebuah toko persewaan peralatan bayi. Ya ampun keren banget kan idenya. Kenapa saya sampai takjub, karena saya tahu betul ranjang bayi itu kepakenya cuman sebentar. Bahkan saya punya stroller bayi yang jarang banget kepake. Tadinya saya pikir bisa nih buat naruh bayi saat sedang sibuk mengerjakan pekerjaan domestik. Halagh, ternyata ora. Yang ada bayi kalau tidur saya geletakan di kasur di bawah bukan di ranjang biar aman. Bahkan stroller bayi itu dipakai oleh anak yang lebih tua buat mainan. Bahkan tidak aman sama sama sekali meninggalkan bayi usia 6 bulan ke atas di atas stroller. Jadi opsi untuk menyewa perlengkapan bayi adalah pilihan yang paling menguntungkan. Dan senangnya sekarang sewa stroller itu asyik banget. Banyak pilihan dan barangnya bagus-bagus. Kita bisa menghemat lebih banyak uang. Dan tak perlu repot harus menyimpan barang yang tidak terpakai lagi.
Ada banyak keuntungan nih dengan menyewa peralatan bayi yang terhitung besar seperti ranjang bayi, stroller, bahkan mainan anak. Tetapi ada sedikit tips nih dari saya saat teman-teman berminat untuk menyewa perlengkapan bayi
1.                 Pilih perlengkapan bayi yang biasanya hanya digunakan sebentar saja. Semisal stroller, ranjang bayi, mainan anak, dan sejenisnya
2.                 Jangan menyewa perlengkapan bayi yang sehari-hari dipakai bayi kayak baju, sepatu dan gendongan. Kecuali gendongan khusus naik gunung atau traveling jauh. Kan kita jarang ya naik gunung atau traveling jauh, kalau yang seperti itu mending nyewa aja.
3.                 Pilih toko yang kredibel. Baca juga review-review pelanggan lain. Jangan remehkan satu komplainpun.
4.                 Perhatikan betul barang yang akan disewa. Bahkan saya menyarankan difoto terlebih dahulu. Jika nanti tokonya complain ada barang yang rusak kita bisa membuktikan bahwa barang tersebut rusak dari bawaannya terahulu.
5.                 Pilih barang yang sudah dibersihkan atau disteril oleh pihak toko. Kemudian bersihkan lagi di rumah. Saya bahkan menyarankan teman-teman untuk menjemur terlebih dahulu seperti stroller dan ranjang bayi.
6.                 Jaga barang sewaan seperti kita menjaga barang milik kita sendiri. Jika kotor dicuci (kalau bisa dicuci manual).
7.                 Pilih yang masa pinjamnya tidak terlalu lama. Misalnya: hanya untuk 1 atau 2 bulan saja. Jika kita masih butuh kita bisa menyewa lagi yang lain. Yang malahan bisa disesuaikan dengan perkembangan bayi kita.




nah itu saran dari saya. semoga buat para ibu-ibu yang sedang mmpersiapkan kelahiran buah hatinya diberi kelancaran. Ibu dan bayinya sehat, selamat, segera pulih kembali buat si ibu. Selamat menikmati masa-masa menjadi ibu. Masa emas yang tidak akan terulang kembali.

24 komentar

  1. Ini sangat membantu para ibu rumahtangga dan ibu yang pertama kali mempunyai anak.

    Inilah yang akan membuat kita semakin bisa berhemat. Maklum kebutuhan pasca melahirkan banyak apalagi nanti ada hakekahan.

    BalasHapus
  2. Hahahaha, iyaaa benerrr mbaaa
    Rasanya pengin ngeborong semuaaa dah kalo ke baby shop.
    Nanti sampe rumah (kadang) nyesel, ngapaiiin beli barang2 ini yak? Qiqiqiqiqi

    BalasHapus
  3. Nah iya, memilih pernak-pernik dan perlengkapan bayi itu bikin candu ya hihihi. Makanya perlu ada tips macam ini biar mamah muda tidak terjebak ke dalam jebakan betmen itu :D

    BalasHapus
  4. aku beli box bayi ga kepake dong, ketiga anakku ga ada yang mau tidur d box bayi, beli stroler juga ga kepake lama, anaknya ga mau d stroler, begitupun baby walker, haaaa tau gtu mending sewa aja ga usah beli

    BalasHapus
  5. Jaman now tuh makin dipermudah dengan penyewan perlengkapan bayik, karena tau dipakenya bentar sayang kalo beli kepake cuma satu dua bulan yak.

    BalasHapus
  6. Aku juga tim.sewa mba kebetulan juga sempat nulis pengalaman sewa perlengkapan bayi hehehe alhamdulilah menghemat sekali

    BalasHapus
  7. Emang ide bisnis yang brilian. Setiap permasalahan para ibu dengan pelengkapan bayi, ternyata ada yang sampai kesitu pemikirannya salut. Jadi gk akan khawatir lagi nih.

    BalasHapus
  8. Wow!
    Lengkap sekali.

    Enak banget ya ada sewaan bayi.
    Irit dan bisa gonta ganti sesuai kebutuhan

    BalasHapus
  9. Aku juga mikir kalau punya bayi nanti beberapa barang baiknya sewa aja karena pakainya juga gak lama. Baju bayi, beli beberapa karena biasanya ada lungsuran dari Mbak

    BalasHapus
  10. Wwkwkkw samaaa! Berburu perlengkapan bayi tuh rasanya bikin bahagia. Tetapi, memang sebaiknya untuk beberapa barang nyewa aja, deh. Sayang banget kalau kepakenya cuma sebentar

    BalasHapus
  11. IYa nih enakan sewa aja apalagi kalau gak lama pakainya ya. Aku punya stroller dari jamana anak pertama kebapeknay bentar, anak kedua gak mau pakai dia gak betah.
    Wah Mak Irul mau sewa perlenkapan bayi lagi tojh buat adiknya Miqdad :-D kabuuuuuuur

    BalasHapus
  12. Aku juga dulu lebih kepikiran untuk sewa perlengkapan aja, mbak. Karena lebih murah dan sayang kalau dipakenya hanya sekali aja :)

    BalasHapus
  13. saya sampai saat ini masih suka sewa mainan, terutama yang besar besar, sewa paling 2 minggu karena anak saya cepet bosen

    BalasHapus
  14. Masya Allah, idenya menginspirasi sekai Mbak. Saya lagi galau, antara beli sroller dan tidak. Soalnya kepikiran anak pertama aja gak dibeliin karena kemana mana klo dia capek berjalan ayahnya bisa gendong, anak kedua, butuh stroller, karena saya gak.mungkin kuat gendong gendong dia yang lumayan endut, sementara ayahnya dah gendong kakaknya (jarak deket). Tapi ya stroller kan gak murah, dan makenya bentaram doank, niat gak mau nambah anak lagi sayah. Kenapa gak kepikiran sewaaa. Hahahah. Makasih idenya Mbak.

    BalasHapus
  15. Penting banget ini mbak, kalau saya juga beberapa kali menyewa mainan karena memang lebih bermanfaat dan hemat. Nah, kalau stroller dapat lungsuran dari kakak hehe.

    BalasHapus
  16. Wah memang asyik ya hunting perlengkapan bayi itu..saya jg dulu gitu mba..hehe

    BalasHapus
  17. Sekarang enak ya, perlengkapan bayi bisa sewa-sewa. Jadi ngga perlu beli haha. Soalnya bayi itu kan cepet banget gedenya, dan yang pasti masa pakainya juga gak lama. Jadi dengan adanya persewaan semacam ini bantu banget. Dana yang awalnya buat beli perlengkapan, bisa dialihkan ke yang lain.

    BalasHapus
  18. Aku dulu juga apa-apa sewa, cuma baju, alat makan dan alat pumping yang beli hahaa.. kalau kayak bouncer highchair, jumperoo, semua sewa, lebih murah dan ga mubazir setelahnya

    BalasHapus
  19. aku belum pernah nyewa perlengkpan bayi sih,, kalo stroller juga aku ga beli,, sayang kepakenya sebentar doang hehe

    BalasHapus
  20. Iya, kayak stroller tuh palingan hanya bisa maksimal sampai bocah setengah tahun. Habis itu pasti dia berontak ga mau lagi duduk di situ hehehe... Bener, mendingan sewa aja kayak stroller ataupun box bayi. Tapi kalau niatnya ntar untuk baby berikutnya lagi ya beda perkara ya mak hehehe...

    BalasHapus
  21. Meskipun sewa tetep dong ya, kita harus pilih yang benar-benar terpercaya
    ntar kalo punya anak saya coba mba hehehe sementara rekomin ke temen-temen dulu ah

    BalasHapus
  22. Belum punya anak tapi aku paking suka klo lagi belanja kebutuhan bayi buat thilik atau muyi anak temen mbak..

    Lucu2 soalmyaa..

    Mksih tipsnya mbakk

    BalasHapus
  23. Wah tipsnya bermanfaat sekali nih buat ibu muda kayak saya. Untuk lebih hemat memang bagusnya sewa peralatan bayi saja ya seperti beberapa peralatan yang Mbak sebutkan di atas yang memang pakenya sebentar doang.

    BalasHapus
  24. Dengan adanya tempat penyewaan perlengkapan bayi ini memudahkan banget ya buat orang tua untuk hemat budget dan tempat. Jadi yg disewa benar2 yg diperlukan aja.

    BalasHapus

Terima kasih untuk kunjungannya. Semoga bermanfaat. Harap meninggalkan komentar yang positif ya. Kata-kata yang baik menjadi ladang sedekah untuk kita semua.