Danone Open Doors 2019





Kami di rumah punya peraturan tidak tertulis. Yakni: menghabiskan makanan yang diambil. Bahkan untuk air putih aja saya termasuk rebut ngingetin anak-anak. Bukannya pelit atau apa cuman mubazir atuhlah. Dan mubazir itu dholim dan disukai syetan. Makanya kemarin saat mengikuti kunjungan ke pabrik Sari Husada di Klaten saya takjub. Saat pak Haris dari Sai Husada bilang di pabrik Sari Husada setiap karyawan menyisakan makanan di nampan mereka mereka bisa kena kartu kunging loh. Wah kok keren banget ini lingkungan kerjanya.



Danone Open Doors 2019
Dalam rangka Danone Open Doors untuk memperingati 100 tahun Danone. Danone mengajak para pihak yang terkait dengan kebijakan dan kemajuan Danone untuk melihat langsung proses produksinya di pabrik-pabrik mereka yang tersebar di berbagai negara.Open Doors Danone ini dilakukan di 120 negara lo. Nah, pabrik sari Husada salah satu tempat dilakukannya Open Doors Danone. Sari Husada sendiri adalah bagian divisi dari Danone khusus specialized nutrition. Yakni terutama pada produk nutrisi sehat untuk awal kehidupan dan nutrisi khusus. Pabrik Danone yang khusus Specialized Nutrition ada empat di Indonesia. Yakni di Sentul, Ciracas, Jogja dan Kemudo (Klaten). Nah kemarin tanggal 28 Oktober teman-teman media dan blogger diundang hadir di pabrik Sari Husada di Kemudo, Klaten. Danone ingin masyarakat bisa mengikuti perkembangan inovasi lingkungan dan social perusahaan melalui tulisan teman-teman media

One Planet One Health




Danone sendiri mempunyai visi ‘One Plane One Health” yang meyakini bahwa kesehatan manusia dan kesehatan bumi saling terkait. Bumi yang sehat juga akan berimbas pada kesehatan manusia secara keseluruhan. Setiap kita makan dan minum , kita ikut menentukan dunia yang kita tinggali. “Itulah kenapa danone sangat ketat dalam menerapkan prinsip jaminan kualitas produk serta aspek kesehatan dan lingkungan yang berkelanjutan” kata mbak Vera Galuh Sugijanto, Vice President General Security Danone Indonesia.


Paparan dari pak Delta Deritawan sebagai Manufacturing Director danone Specialized Nutrition Indonesia sangat bagus. Dimana pabrik memilikimisi ‘1000Dream’. Yang menunjukkan komitmen perusahaan sebagai satu tim yang solid dan terpercaya dalam mengembangkan produk dengan kualitas tinggi serta menerapkan zero accident, zero defect dan zero waste.

Piring Bersih

Ga heran pabrik Sari Husada menerapkan ‘Piring Bersih’yakni para karyawan diajak untuk tidak menyisakan makanan yang mereka ambil saat makan siang. Harapannya mereka mengambil jatah makanan secukupnya saja jangan sampai ada yang disisakan. Karena saat ini saja Indonesia diketahuisebagai penyampah makanan sisa terbesar dunia dengan menempati urutan ke-3 lo. Duuh bikin sedih ini.

Tak lupa kami tim media dan blogger diajak keliling pabrik. Harus diakui pabrik Sari Husada Klaten ini sangat bersih dan rapi. Disediakan jalur khusus dengan garis berwarna kuning untuk para pejalan kaki. Sekitar pabrik banyak pepohonan rindang.

Pertama-tama kami diajak melihat pabrik pencampuran dan pengepakan susu SGM. Meskipun hanya melihat dari kaca saya takjub nih dengan pabrik ini. Ini kunjungan ke-2 saya di pabrik SGM ini. Dulu saya mengunjungi pabrik bersama teman-teman rombongan Mombassador SGM. Kami juga diajak melihat gudang penyimpanan susu SGM. Keteraturan kinerja di dalam pabrik terlihat menyenangkan. Jujur saya beberapa kali mengunjungi pabrik-pabrik lain. Nah, pabrik Sari Husada ini memang yang terlihat rapi dan asri.

Kami juga diajak mengunjungi laboratorium pabrik Sari Husada. Lab Sari Husada sendiri ada empat di Indonesia, yakni: di Ciracas, sentul, Jogja dan di Klaten ini. Saat memasuki laboratoriun kami diminta menggunakan jas lab sekali pakai termasuk shoe cover sekali pakai. Dan senangnya bisa melihat-lihat tempat kerja para nutritionist Danone Indonesia ini.

Tak hanya kinerja karyawan yang diacungi jempol. Sari Husada juga menginisiasi dan mengajak masyarakat untuk turut serta menjaga lingkungan. Para keluarga karyawan juga disejahterakan dan diayomi dengan sangat baik. Antara lain ada ‘Keluarga 1000 pelangi” dan ini saya pernah ngisi nih acaranya saat di taman Pintar Yogyakarta di awal tahun 2019 lalu.


Bahkan dalam upaya zero waste pabrik juga mengelola sampah dengan sangat teliti. Antara lain memanfaatkan kertas-kertas dokumen yang tidak terpakai untuk dijadikan box tisu. Pemberdayaan masyarakat sekitar untuk sejahtera bersama. Tak heran sari Husada diganjar penghargaan PROPER dengan kategori Hijau dari Kementrian Lingkungan Hidup Dan keanekaragaman hayati. Dimana pabrik menerapkan metode Reuse Effluent yang hasilnya digunakan kembali untuk menyirami area hijau tanaman pabrik. Inisiatif ini dilakukan sejak 2009.


Senang sekali bisa diajak dalam Open Doors Danone 2019 lalu. Bisa mendapat insight yang luar biasa dalam produksi yang sustainable environment. Semoga Sari Husada dan Danone istiqomah dalam menjalankan misi dan visi pabrik yang turut serta menjaga kesehatan bumi. 


19 komentar

  1. Mechta4/11/19

    Salut nih dg sistem yg diterapkan di pabrik ini. Piring Bersih bisa juga diterapkan di lingk kita masing2 y mba..

    BalasHapus
  2. Wah baca ini seneng banget ada pabrik yg bs menerapkan ini. Mdh2 an jd kebiasaan yg menular di bawa ke rumah ke keluarga tes ke tetangga sekitar deh hehe..

    BalasHapus
  3. Kayak di Jerman, ya. Makan di resto malah kena denda. Bagus banget nih, sistem pabriknya

    BalasHapus
  4. Suka deh lihat pabriknya. Kelihatan banget bersih dan terawat. Jadi semakin percaya kalau produk yang dihasilkan memang dijaga higienisnya

    BalasHapus
  5. baru tahu Indonesia termasuk ke 3 dengan sampah makanannya duh ya ampun jangan sampe mubazir ya mba bagus deh program piring bersih ini

    BalasHapus
  6. Jadi inget waktu kesini aku malah tumbang karena lagi hamil muda padahal seru banget tapi memang gak boleh bawa kamera kedalam kan ya

    BalasHapus
  7. Wah aku belum pernah berkunjung ke sini mba. Jadi pengen dan kliatan nyaman dan bersih ya mba. Sukses untuk Danoned juga

    BalasHapus
  8. Waawww 100 tahun. Luar biasa ya si danone ini. Tapi emang sih dari kecil aku juga akrab dan udah di cekoki produk2 dajone kayak biskuat dll.

    BalasHapus
  9. Kalau aku dateng jangan diclosed ya tetap diopen hihihi. Ini tempatnay sam agak sih Mak Irul yang waktu itu aku berkunjung? Pabrik tapi hijau dimana-mana ya jadi fresh lihatnya

    BalasHapus
  10. Senangnya Mbak bisa menghadiri acara Danone Open Doors. Jadi bisa terjun langsung dan liat suasana atau kegiatan yang adi di Pabrik danone. Btw jeren nih programnnya menerapkan piring bersih. Memang seharusnya dan yang disunnahkan Rasul kalau makan jangan sampai ada sisa. Program yang patut ditiru. Ok, sukses selalu buat Danone.

    BalasHapus
  11. Seru bangeeet mba bisa mampir ke sini dan ikutan open day yang seruuu ya

    BalasHapus
  12. Danone ini perusahaan yang inovasinya paling keren menurutku, banyak kebijakan yang rasanya perlu dicontoh sama perusahaab lain ya kak

    BalasHapus
  13. wah seru banget acaranya, danone adalah salah satu produsen makanan yang familiar banget di keluargaku beruntung bisa main ke pabriknya

    BalasHapus
  14. Aku jua pernah ke pabrik ini, suka sama suasana pabriknya adem, bersih dan rapih gitu bikin betah.

    BalasHapus
  15. Pabrik Danone juga ada di kampungku mbak untuk air minum. Pernah masuk ke dalam dan bersih banget. Btw acara ini pasti keren banget mbak, ada open juga enggak di Medan?

    BalasHapus
  16. Wuaaah Mak, salut banget ih buat Danone selalu membuka diri kepada masyarakat luas yang hendak berkunjung ke pabriknya.

    BalasHapus
  17. Salut sama lingkungan pabrik Danone yang bisa menerapkan semua kebaikan untuk produknya.
    Jadi makin percaya dengan mengunjungi pabrik Danone langsung yaa, kak...

    BalasHapus
  18. Kebiasaan baik banget nih untuk tidak menyisakan makanan. Aku kesel banget deh kalau ada orang yang ambil makanan seenaknya saja di menu buffet, terus enggak dimakan, ditinggal gitu aja di piring, hanya dimakan sesuap. Aslik ngeselin nih model begini. Padahal kan ya bisa diicip dulu dikit, kalau suka baru disendokkan secukupnya ya ke piring.

    BalasHapus
  19. Danone bikin mupeng banget ya penjagaan lingkungannya
    produknya jadi terjaga kebaikannya. Alhamdulillah ya Mak udah sampe sana
    mupeng pengne juga bisa menyaksikan langsung.

    BalasHapus

Terima kasih untuk kunjungannya. Semoga bermanfaat. Harap meninggalkan komentar yang positif ya. Kata-kata yang baik menjadi ladang sedekah untuk kita semua.