Jawa Barat Peraih Medali Terbanyak Di OSN SMP 2019


Jawa Barat Peraih Medali Terbanyak Di OSN SMP 2019

Entah kenapa saya ikutan terharu waktu pengumuman peserta peraih medali saat OSN 2019. Rasanya ikut bahagia. Meskipun ga ngerti banget tapi bisalah sedikit merasakan bagaimana perjuangan seleksi di daerah. Pasti berat banget. Makanya ikutan bangga saat peserta naik ke panggung untuk menerima medali dan piagam penghargaan. Dan juara OSN SMP 2019 ini adalah provinsi Jawa Barat. Dan Yogyakarta beruntung karena menjadi tuan rumah Olimpiade Sains Nasional 2019.
Olimpiade Sains Nasional 2019


Uji praktek


OSN SMP dan SD 2019 diadakan di Jogjakarta. Berbeda dengan OSN SMA 2019 yang berlangsung di manado Sulawesi Utara. Dari tanggal 31 Juni sampai 6 Juli 2019 anak-anak pintar dari seluruh Indonesia adu kecerdasan mereka dalam dunia sains.


Pembukaan dan penutupan OSN SMP 2019 bertempat di hotel Alana Yogyakarta. Dan para peserta adu kecerdasan mengerjakan soal dan uji praktek di SMP 8 dan Kampus FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta.


OSN 2019 ini diikuti oleh peserta dari tingkat SD, SMP dan SMA. Peserta SD/Mia da 272 siswa, SMP/MTs 396 siswa dan SMA/MA 685 orang. Dan ditambah oleh guru pendamping menjadi total 2.064 orang. Dari 34 provinsi di Indonesia. Yang memperebutkan 400 medali.

Beasiswa Pendidikan Untuk Seluruh Peserta


Nadhif asal Lampung

Selain mendapat medali para peserta juga mendapat uang pembinaan. Semua peserta mendapat uang beasiswa senilai 3 juta rupiah. Dan para pemenang medali perunggu mendapat tambahan 3 juta rupiah, medali perak mendapat tambahan 4 juta rupiah dan peraih emas mendapat tambahan 5 juta rupiah. Dan masing-masing pemenang juga mendapat piagam dan sertifikat.


Penandatanganan buku tabungan

Pada pembukaan OSN yang dipusatkan di Grand Kawanua International City, kota Manado, Sekjen Kemdikbud, Didik Suhardi berharap bahwa  peserta OSN tidak menjadikan OSN sebagai ajang lomba saja. Tetapi juga ajang silaturahmi nasional antar anak bangsa. Sehingga bisa terjalin komunikasi yang baik antar peserta. Berbagi ide dan informasi yang dapat menguntungkan satu sama lainnya. Dimana pada dasarnya ilmu pengetahuan semakin banyak disebarkan akan semakin bertambah.



Beliau juga berharap peraih prestasi jangan hanya berpusat di pulau Jawa saja tetapi prestasi harus diraih oleh seluruh daerah di Indonesia. Pemerataan pendidikan di Indonesia harus sama.

Mencintai Sains, Mengukir Masa Depan



Olimpiade Sains Nasional 2019 ini mengangkat tema “ Mencintai Sains, Mengukir Masa Depan”. Harapannya ilmu pengetahuan menjadi dekat dengan kawula muda Indonesia. Bahkan ajang OSN SMP tahun ini juga sedikit berbeda. Dimana para peserta diminta menuliskan pengalaman mereka mengikuti ajang nasional ini. Sebagai upaya mendukung budaya literasi di kalangan remaja. Dan kerennya lagi karya mereka akan dibukukan. Whoaaa, mau dong jadi peserta OSN.


Peserta asal Jawa Tengah

Ada tiga pelajaran yang dilombakan di OSN SMP tahun 2019 ini. Yakni Ilmu Pengetahuan Alam, Ilmu Pengetahuan Sosial dan Matematika. Rasanya bangga dengan pencapaian anak-anak hebat Indonesia. Karena sais memang menjadi pembuka ilmu pengetahuan.



Saya sendiri menyempatkan hadir di opening, test tertulis dan test prakteknya serta penutupan juga. Dan sempat berbincang-bincang dengan beberapa peserta dari beberapa daerah. Saat test praktek saja saya takjub dengan cara mereka mengerjakan ujian praktek. Terutama ujia praktek Ilmu Pengetahuan alam. Keren banget deh.

Oia beasiswa pendidikan yang mereka terima disalurkan melalui Bank BNI yang berasal dari daerah masing-masing anak. Jadi anak-anak ini juga mendapat pendidikan literasi keuangan dimana mereka diminta mengelola uang yang mereka miliki untuk hal-hal yang penting. Termasuk untuk pendidikan mereka. Jadi ga Cuma habis buat jajan gitu.


Selain mengikuti test para peserta OSN 2019 juga diajak piknik. Para peserta OSN SMP 2019 diajak piknik ke Candi Prambanan. Mereka diajak melihat kemegahan candi Prambanan. Peninggalan luar biasa bangsa Indonesia di masa lampau.


Perolehan medali OSN SMP 2019


Dan saat penutupan OSN SMP 2019 bertempat di Hoel Alana saya ikutan terharu. Sebelum acara dimulai wajah-wajah para peserta sudah kelihatan harap-harap cemas. Saya sempat mengobrol dengan seorang peserta asal Pontianak yang menjadi peserta untuk mata pelajaran Matematika. Namanya Daffa Rayhan. Dan saat pengumuman Daffa meraih perunggu lo. Bahagia banget wajahnya. Wah ga sia-sia nih Daffa dating jauh-jauh dari Kalimanta Barat. Congratulation Daffa. Semangat ya.



Dan peraih medali terbanyak diraih oleh provinsi Jawa Barat sebanyak 16 medali. Masing-masing 2 Emas, 8 perak dan 6 perunggu. Peraih medali emas terbanyak diraih oleh provinsi Banten dengan perolehan medali total adalah 4 emas dan 2 perunggu. Selamat untuk semua pemenang. Dan selamat juga untuk seluruh peserta. Kalian semua adalah pemenang. Tetap semangat belajar dan berkarya. Di masa depan kalian harus berkarya untuk Indonesia.

16 komentar

  1. Seneng ya mbak lihat acara olimpiade gini sesaat bangga dan tenang bahwa ternyata masih banyak anak-anak berprestasi di bidang sains

    BalasHapus
  2. Perjuangan di daérah memang sangat luar biasa itu Mbak. Suami saya sendiri sebagai pembimbing matematika SMP sampai keteteran. Maklum di kampung sarana dan prasarana terbatas tetapi tuntutan dari dinas maunya anak sederajat sama anak kota.
    Giliran anak ada yg muncul, sedikitpun tdk pernah melihat ke bawah. Maaf, bukan ingin dihargai atau merasa punya jasa. Tapi mereka hanya ingin sempurna tanpa memberikan fasilitas.
    Ini di daérah daerah saya, ya. Pasti tiap daerah berbeda.

    BalasHapus
  3. Seneng liatnya ternyata anak2 yang berprestasi di Indonesia itu luar biasa banyaknya ya , semoga anak2 kita termasuk anak-anak yang mengukir prestasi dan menjadi kebanggaan orang tua.

    BalasHapus
  4. Masih didominasi sama peserta dari pulau Jawa, ya. Kalau kayak gini bisa jadi indikator juga kualitas pendidikan setiap daerah kali, ya?

    BalasHapus
  5. Selamat ya atas prestasinya Jawa Barat mendapat mendali paling banyak semoga prestasi ini dapat dipertahankan atau bahkan lebih ditingkatkan

    BalasHapus
  6. Baca postingan ini jadi ingat masa-masa ikut olimpiade sain dulu, termasuk masa-masa saat mendampingi anak didik saya ikut OS. Yap, perjuangan ikut OS di daerah saja persaingannya udah ketat banget apalagi yang sampai di tingkat nasional.

    BalasHapus
  7. Selalu senang lihat anak-anak berprestasi gini. Kalo urusan ikut-ikut olimpiade gini, adik-adik saya sering, Mba waktu masih sekolah dulu, tapi biasanya gak sampe tingkat nasional :)

    BalasHapus
  8. Wah senangnya bisa ikut meliput acara OSN ini. Bisa bertemu anak2 yg otak kiri nya kuat banget nih hehe..

    BalasHapus
  9. Keren banget prov Jawa Barat yang bisa meraih medali terbanyak,. aku juga seneng bisa ngeliput langsung acara OSN di mana aku bisa merasakan aura semangat anak anak Indonesia ber[prestasi ini

    BalasHapus
  10. Ya Allah, ikut terharu dan bangga dengan para peserta OSN, kebayang perjuangan mereka saat mengikuti kompetisi di daerah hingga bisa sampai ke Jogja

    BalasHapus
  11. Sebagai warga Jawa Barat saya turut bangga.. MashaAllah peringkatnya bisa diatas DKI Jakarta dan Jawa Timur, semoga tahun tahun berikutnya anak anak terus berprestasi ya mbak, tak hanya untuk diri sendiri, keluarga, sekolah tapi juga untuk provinsi dimana anak anak tinggal dan bersekolah

    BalasHapus
  12. Ikutan bangga sebagai warga Jawa Barat dan berplat D.
    Eh, Bandung ini mah yaa...

    Kagum sama anak-anak yang didukung oenuh kedua orangtuanya untuk menekuni sains.
    Semoga penelitian di Indonesia lebih maju dan didukung Pemerintah.

    BalasHapus
  13. Selamat untuk para pemenang. Ikut senang lihat prestasi anak-anak yang berusaha memberikan yang terbaik. Biar di daerah mereka keren-keren ya

    BalasHapus
  14. Wah, masa? Keren banget. Sebagai orang Jawa Barat, aku merasa bangga. Tapi aku percaya, pada dasarnya semua anak Indonesia pinter-pinter, hanya belom nemu cara memaksimalkannya. Semoga tahun depan semakin banyak muncul anak-anak muda yang berprestasi.

    BalasHapus
  15. Wah selamat buat para peraih medali dan para juara. Yang gak menang pun sebenarnya semua juga pemenang kan yang terpilih ikut olimpiade ini adalah para jagoan semua iya kan hehe

    BalasHapus
  16. masyaAllah keren banget prestasi nya,bini nih calon generasi pemimpin bangsa

    BalasHapus

Terima kasih untuk kunjungannya. Semoga bermanfaat. Harap meninggalkan komentar yang positif ya. Kata-kata yang baik menjadi ladang sedekah untuk kita semua.