4 Perpustakaan Jogja Asyik Buat Ngeblog




Sebagai blogger rumahan, halagh. Saya ga ngantor sih. Setiap bikin artikel saya mengandalkan meja pribadi di kamar dan meja makan. Huahahaha. Ya namanya ga punya ruang kerja dan kagak ngantor sodara-sodara. Alhamdulillah sih meskipun nulisnya di meja kerja buatan sendiri. Iya beneran. Itu meja kayu usang yang dicuci bersih dan dicat ulang dan dijadiin khusus meja kerja saya. Tetapi meja kerja ini ngerejekeni kata orang Jawa. Biar meja kerja jadoel tapi duitnya kota. Berapa duit jaa tuh yang didapat dari hasil ngetik di situ. Alhamdulillah. Allah Maha Kaya. Meskipun nulis artikelnya sambil ngangkat kaki seenaknya tapi rejeki tetap ngalir. Masya Allah. Matur nuwun Gusti Allah. 



Etapi biar ga ngantor sesekali saya ngetik di luar. Kadang numpang ke kantor si bapak pas lagi pada libur dan si bapak kudu sidak ke kantor saya ngintil dong di belakangnya. Lumayan numpang ngetik di meja kerjanya yang lapang. Tapi kalo ga saya suka mampir ke perpustakaan buat nulis. 


Ada empat perpustakaan yang bisa dikunjungi buat mampir ngetik. Keuntungan nulis di perpustakaan itu banyak. Pertama:  wifi kenceng paripurna, Kedua:  ganti suasana, ketiga: bisa jajan dengan harga murah dibandingkan dengan jajan di kafe. 

Nah berikut empat perpustakaan favorit saat saya butuh ngantor,meskipun cuman blogger rumahan kayak saya ini. Tapi dedikasi dalam menulis itu harus loh ya. 

1. Grahatama Pustaka Yogyakarta


Ini pernah saya ulas lo. Terletak tepat di samping Jogja Expo Center Yogyakarta. Berada di pinggir jalan raya. Dan diklaim sebagai perpustakaan terbesar se-Asia Tenggara. Ini perpustakaan yang kece banget di Jogja. 
Ada kantin dan ada kafenya juga. Tapi saya tetap dong kalo jajan di kantin nya aja. Favorit saya es teh tarik sachetan.

Perpustakaan ini lengkap lo dengan 4 lantai dan menara menjulang. Bahkan sekarang liftnya udah beroperasi. 



2. Perpus Kota Jogja



Terletak di Jl.Suroto No 9 Kota Baru Yogyakarta.tepat di pinggir jalan. Dan berdekatan dengan Gramedia Sudirman. Perpustakaan ini terhitung ramai. Dan disediakan gazebo juga untuk pengunjung di bagian luar. Lumayan nyaman untuk ngetik dengan wifi kenceng. Ada kantin juga di sebelah gazebo dengan harga murah meriah. Es teh tarik sachetan cuman 4 ribu rupiah.

Dan senengnya di perpus kota ini banyak banget kegiatan. Ada event liburan yang rutin setahun sekali. Ada pelatihan kepenulisan. Ada event bedah buku dan jumpa penulis juga. Kalo ngaku orang Jogja kudu daftar jadi member perpus kota.


3. Perpustakaan Rumah Belajar Modern
Ini ga begitu jauh dari rumah kami. Kebetulan anak saya ikut belajar di SKB yang bersebelahan dengan perpustakaan ini. Terletak di  Jl. Imogiri Barat Km.6 Semail, Bangunharjo, Sewon, Bantul. Utara pasar Ngoto.  Tapi sekarang agak jarang kami mampir di sana. Soalnya kalau mau jajan harus keluar area perpustakaan. Dan wifinya pun agak tersendat-sendat. Tapi di sini sering mengadakan pelatihan untuk ibu dan remaja. Kayak membatik, membuat tote bag, dll. Meskipun saya belum pernah ikutan sih. 

4. Perpustakaan Pevita

Ini perpustakaan terhitung baru di Jogja. Buku-buku nya baru-baru. Termasuk novel-novel best seller lo. Syaa beberapa kali mampir ke sini karena mengantarkan Salma ikut event khusus anak di sana. 
Terletak di pinggir jalan MT Haryono tepat berseberangan dengan plekung Gading Yogyakarta. Kalau ke Jogja bisa lo mampir ke sini buat numpang ngetik dan nyari konten. 


Nah, itu empat perpustakaan tempat saya nongkrong buat nulis artikel. Maklum anak desa. Mau nongkrong di kafe buat numpang nulis postingan itu kok rasanya ga cocok. Hahahaha. Kalau nongkrong di perpustakaan bisa sekalian bawa anak-anak. Mereka baca buku,  emaknya bisa nulis-nulis cantik (pengganti ngopi cantik). Jangan lupa mampir ke perpustakaan ya kalo main ke Jogja. 

2 komentar

  1. Saya belum pernah ke Yogyakarta dan sangat ingin ke Yogyakarta. Ini bisa jadi referensi bila saya ke Yogyakarta. Wisata pustaka, mungkin suatu saat bisa populer juga....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo ke Jogja mas Yudi, banyak insight kalo main ke Jogja hahahaha.

      Hapus

Terima kasih untuk kunjungannya. Semoga bermanfaat. Harap meninggalkan komentar yang positif ya. Kata-kata yang baik menjadi ladang sedekah untuk kita semua.