Tips Mengajak Si Kecil Salat Tarawih




Jujur saya lama banget ga pergi ke masjid buat salat tarawih berjamaah. Sejak punya bayi akhirnya saya memutuskan ga pergi ke masjid. Pengalaman dulu bawa bayi atau balita ke masjid yang ada sayanya baper dang a khusyuk buat salat. Hahahaha. Nah, sekarang Miqdad udah berusia 4 tahun. Dan nangis-nangis minta diajak salat tarawih.


Biasanya sih Miqdad sesekali ikutan salat berjamaah ke masjid bareng ayahnya dan abang-abangnya. Tapi ramadhan ini kami putuskan mengajak Miqdad salat tarawih ke masjid beberapa kali. Dan Alhamdulillahnya dia kooperatif. Dengan beberapa syarat tentunya. Salat tarawih berjamaah di masjid banyak manfaatnya buat sikecil lo. Anak belajar ibadah dengan tertib, bisa silaturahmi juga dengan teman sebaya yang lain, belajar mentaati peraturan, belajar bersikap di tempat ibadah dan ruang public. Dan banyak lagi manfaatnya.


Nah, berikut saya kasih tips saat mengajak si kecil pergi salat tarawih berjamaah ke masjid.
1.     Siapkan mental si kecil
Bisa dimulai dengan bercerita tentang asyiknya berangkat ke masjid. Tentang hal-hal menyenangkan saat salat berjamaah. Ceritakan padanya bahwa salat berjamaah itu menyenangkan. Bisa juga dengan membacakan buku bergambar tentang salat tarawih berjamaah.
2.     Ajari ia beberapa peraturan saat salat di masjid
Si kecil diajari untuk tertib di tempat umum. APa saja yang boleh dilakukan dan tidak boleh dilakukan saat di masjid. Ingatkan ia bahwa masjid adalah tempat ibadah. Orang butuh suasana tenang dan khusyuk agar ibadahnya bisa nyaman.
3.     Persiapkan perlengkapan salatnya
Siapkan peralatan salat si kecil dengan baik. Ajak ia mencuci sarung atau mukenanya. Ia juga harus diajarkan bahwa peralatan ibadah harus dalam keadaan bersih dan suci. Sehingga ia tidak boleh mengotori alat ibadahnya.
4.     Bawa makanan dan mainan favoritnya
Bawa makanan-minuman dan mainan favortinya. Dengan syarat bukanan makanan yang sulit dibersihkan jika tumpah. Bukan mainan yang membuat keributan semisal robot-robotan yang mengeluarkan suara.
5.     Ajak ke masjid dekat rumah dulu
Pilih masjid dekat rumah terlebih dahulu. Agar anak familiar dengan suasananya. Jika anak sudah terbiasa bisa diajak ke masjid-masjid jami di daerah kita. Dimana orang yang berkumpul lebih banyak. Sehingga anak-anak bisa melihat suasana baru.
Nah, itu beberapa tips salat tarawih berjamaah untuk si kecil. Itu yang saya terapkan selama beberapa waktu terakhir ini sih. Sehingga bisa membawa Miqdad berangkat salat tarawih. Beberapa kali kami salat tarawih di masjid Balaikota Jogja, masjid Kampus UGM. Yang terhitung sebagai masjid besar di Jogja. Dan Alhamdulillah Miqdad seneng banget dan cukup tertib.




Tidak ada komentar

Terima kasih untuk kunjungannya. Semoga bermanfaat. Harap meninggalkan komentar yang positif ya. Kata-kata yang baik menjadi ladang sedekah untuk kita semua.