Belajar Photo Fashion Bersama FAB Dan Ika Haryanto



teman-teman FAB dan mbak Ika Haryanto
pict by @dysavitri

Kemarin Ahad, saya ikutan buka bersama bareng teman-teman Fabulous Photography Jogja. Padahal saya terhitung jarang ikutan bukber sejak 3 tahun lalu kecuali bersifat personal. Entah mengapa pengen aja ga ambil kerjaan blogger selama bulan puasa. Saya datang acara bukber kalau ga ada urusannya sama kerjaan. Jadi selama ramadhan off aja kerjaan offline.



Nah, kemarin saya bela-belain dateng ke Gaia Cosmo Hotel karena pengen ketemu teman-teman FAB dan juga pembicaranya mbak Ika Haryanto. Saya pernah ketemu sekali sama mb Ika dan temenan juga di IG. Dan suka banget sama foto-fotonya mbak Ika. Berasa soulnya. Kalo foto bagus banyak ya di Ig. Tapi yang ‘berjiwa’ ga banyak. Halagh, apaan sih. Foto pake berjiwa segala. Bisa diintip di galerynya di @darihati.photography.
pict by Yu-Sur @suryaardalisa

Kemarin mbak Ika sharing tentang photo Fashion. Terutama yang editorial. Meskipun jujur saya buta banget nih masalah photo fashion tapi pengen belajar aja. Saya kemarin pengen banget nanyain tentang tips-tips foto khusus parenting pada mbak Ika. Dan Alhamdulillah dapat kesempatan juga bertanya. Event kali ini disponsori oleh Gudang Kopi Jogja. Dan saya udah ikut eventnya Gudang Kopi udah beberapa kali. Dan suka dengan semua eventnya. Makanya kemarin dibela-belain hadir.

Oia, kemarin kami ada sesi praktek foto langsung. Kebetulan disediakan 3 model dari teman-teman FAB dan juga busana dari koleksinya Ria Miranda. Whuaaa mupeng banget. Jadi deh sore saya kemarin berfaedah banget.
Berikut saya menangkap beberapa hal penting dalam sharing photo fashion bersama mbak Ika Haryanto kemarin. Oia mampir ya di instagramnya mbak Ika di @ikisf dan juga @darihariphotography
    1.     Perbanyak praktek langsung. Dimana-mana yang namanya jam terbang itu salah satu kunci sukses untuk mencapai expert. Megang kamera tapi ga mau sering-sering praktek, ya agak repot juga.
   2.     Buat konsep yang jelas. Konsep yang jelas membantu kinerja kita lebih focus. Lebih detail juga. Lebih berasa juga soulnya.
    3.     Selalu survey tempat. Survey lokasi membuat kita selalu siap menghadapi kondisi yang berbeda di lapangan. Jangan terbiasa dadakan ke suatu lokasi untuk pemotretan tanpa survey.
   4.     Komunikasi dengan klien. Kita bis ananyain maunya klien kayak apa. Mereka suka difoto dengan pose apa, tone editing kayak apa, dsb.
   5.     Perbanyak sumber inspirasi. Bisa dari bacaan (buku, majalah, dll) dan juga tontonan.
Saya sendiri mengakui bahwa apa yang dibilang mbak Ika itu banyak benernya. Saya akui mood juga berpengaruh sih, huahahaha, kalo itu saya.
Dan kemarin kami diajak praktek langsung. Dibagi 3 kelompok dan dirolling buat bergantian mengambil foto si 3 dara tersebut, eh. Hahahaha. Tapi si mamak-mamak model itu kemarin cantik membahana semua. Ada mak Cicil, mbak Ratih dan  mbak saiaphima.
Dan saya juga ambil kesempatan minta difotoin sama para fotografer kecenya Jogja. Apalagi Gaia Cosmo Hotel memang cantik. Bangunannya desainnya agak futuristic gitu deh. Cocok buat anak-anak milenial kayak kami,eh.
Nah, berikut beberapa hasil praktek langsung milik saya. Please jangan diketawain yak....
















7 komentar

  1. Jadi ngabuburit bermanfaat ya, dapat ilmu fotografi untuk fashion plus silaturahmi.

    Ramadhan kali ini aku ikut berbuka untuk kerjaan malah cuma 2 kali. JuatrJ dengan teman-teman alumni sampai 2 kali, dengan keluarga ada 5 kali. Karena sering buka sendirian di rumah, jadinya dimanfaatkan kalo ada yang ngajak bukber

    BalasHapus
  2. SERU BANGET ADA KOMUNITAS FOTOGRAFI :3 Jadi bisa belajar, makin kaya ilmu, dan ketemu dengan banyak temen temen baru. Salute deh kak! Makin lancar jaya ya kak hobi fotografinya :3

    BalasHapus
  3. Wah ikut menyerap ilmunya ya. Belajar fotografi itu memang harus banyak praktek. Sama kaya berenang hehehe
    Teori saya dapat malah saat edit foto saja hihihi.
    Beneran bermanfaat ini acara.

    BalasHapus
  4. Fotonya cakep-cakep ya memang, dan berasa soul-nya. Pengen juga bisa menghasilkan foto-foto secakep itu euy. Tapi memang, belajar fotografi mesti diikuti juga dengan rajin praktik ya, kalau nggak ya tetap belum sesuai keinginan hasilnya. Ini acaranya jadi bermanfaat banget ya, Mbak

    BalasHapus
  5. waaahhh seru banget, bisa belajar dan praktek langsung :)
    Aku pengen banget blajar foto fashion dan produk :)

    BalasHapus
  6. Ya ampun ini mah ga diketawain mbak, lha wong bagus kok motonya :) dari dulu aku pengen belajar foto loh sebenernya cuman blm dapet aja yang klik waktu tempat dan penyelenggaranya huhuhu

    BalasHapus
  7. Jam terbang emang salah satu kunci ya Mbak.
    Semakin banyak praktek makin keren pasti hasilnya yaah. Duuh, senangnya bisa belajar langsung dari ahlinya, bonus praktek langsung pula ya :)
    Hasil fotonya cakep2 Mbak ;)

    BalasHapus

Terima kasih untuk kunjungannya. Semoga bermanfaat. Harap meninggalkan komentar yang positif ya. Kata-kata yang baik menjadi ladang sedekah untuk kita semua.