Bakmie Desa Dan Kaldu Sayur di Pesta Kuliner Rakyat Jogja



Kalau saya pergi ke pasar biasanya ada jajanan favoritnya anak-anak yang selalu saya beli. Namanya mie pentil. Duuuh nyebutnya jangan sampai salah ya. Hahahahaha. Mie ini beda dengan mie ayam atau mie instant. Karena rasanya lebih legit. Nah, ada juga bakmie enak khas Bantul yang mienya kayak mie pentil ini.


Kebetulan di Pyramide Bantul di JL. Parangtritis sedang ada pesta Kuliner Rakyat dari tanggal 22-23 Maret 2019. Senengnya banyak kuliner khas rakyat yang dijual di sana. Apalagi saya ke sana bareng si bapak yang doyan banget makanan tradisional. Akhirnya pagi-pagi kami udah nongkrong di Pyramide buat jajan. Dan sayangnya sampai jam 9 lebih belum banyak stand yang siap.
Oia Pesta Kuliner Rakyat ini diadakan oleh Dinas Koperasi UKM DI Yogyakarta dan PLUT-KUMKM DI Yogyakarta  dan diikuti oleh UMKM binaan dinas koperasi UMKM Jogja. 

1. Getuk Mawur dan Sawut Singkong


Saya memang menyiapkan diri buat jajan kuliner tradisional nih di sana. Jajanan yang kami beli adalah gethuk mawur, sawut dan tiwul. Ini favorit saya dan suami. Sebagai pecinta makanan jadoel tentu saja kami ga melewatkan jajanan ini. Saat ini penjual gethuk mawur dan sawut sudah menurun drastic. Karena kebanyakan sekarang gethuk yang dijual bukan gwthuk mawur lagi. Biasanya yang jual kebanyakan simbah-simbah. Jajanan lawas yang terbuat dari singkong ini memang menjadi favorit banyak orang zaman dulu. Dan hari ini mulai ditinggalkan oleh anak-anak zaman sekarang.


Dibuat tanpa tambahan pengawet dan pewarna buatan. Hanya ditambahi pemanis dari gula jawa murni. Menghasilkan citarasa yang khas Njawani. Kalau makan gethuk mawur ini suami jadi inget zaman dulu yang dibawain duit limang gelo (5 rupiah) buat beli gethuk mawur ini. Whoaaa kangen masa kecil.

2. Mie Desa/ MieDes Pundong


Ini bakmi khas masyarakat Pundong, Bantul. Kebetulan ada satu gerobak Bakmi Desa yang ikut Pesta Kuliner Rakyat ini di Pyramide. Dari awal saya udah pesen sama ibu penjualnya tetapi masakannya belum siap masih diracik. Jadi saya tinggal dulu keliling pameran.


Setelah si ibu penjual bilang stand mereka udah siap menerima pesanan. Saya langsung pesan mie desa yang legendaris ini.
Mienya berbahan sama dnegna mie pentil. Ditambahi bumbu khas ndeso dan telur ayam yang diorak-arik sebagai lauk. Kebetulan saya pesan yang pedas. Saat makan sambil huhah-huhah. Hahahahaha.
Sebagai pecinta bakmi  saya dan suami langsung ketagihan Mie Desa Pundong ini. Dikelola oleh Komunitas Sriloka unit usaha ini selain menjual Mie Desa yang sudah dalam bentuk jajanan matang. Mereka juga menyediakan mie desa kering yang dikemas cantik. Dan bisa dijadikan persediaan para ibu di rumah. Sehingga sewaktu-waktu mau mencoba mie desa buatan sendiri bisa membuat sendiri.
Mie desa ini sudah dikemas dengan baik dan dijual di beberapa koperasi desa dan juga beberapa toko sembako di Bantul. Sudah dilengkapi dengan PIRT sehingga siap bersaing dengan produk mie yang lain.
Harapannya sih semakin memudahkan para pembeli untuk mendapatkan mie ini. Karena saya sendiri selalu menyimpan persediaan mie kering di lemari dapur. Karena mie menjadi favorit anak-anak saya di rumah. Membuatnya mudah dan yang pasti buatan masyarakat lokal.

3. Mie Berbahan sayur dan Kaldu Sayur

Mie Sayur Dan BUah


Ini nih bahan makanan yang idenya keren banget. Mie sayuran sih memang udah banyak yang bikin. Tapi mie dengan berbahan buah naga jarang ada yang kepikiran kan. Nah, saya menyempatkan membeli mie dengan bahan dasar sayur dan buah di stand Festival Kuliner Raykat ini. Saya ambil mie buah naga dan mie bayam merah.


Mie adalah menu favorit kami di rumah. Dan jika mienya mengandung sayur dan buah itu enjadi nilai tambah buat suatu produk. Anak-anak jadi lebih mudah untuk mengkonsumsi buah dan sayur kalau dicampur dalam mie.

Kaldu Sayuran


Ini inovasi luar biasa nih, kaldu dari sayuran. Suatu hari seorang kawan di Korea Se;atan mengirimkan foto bonggol jagung yang di jual di supermarket besar di Soul. Ternyata bonggol jagung itu nantinya direbus untuk diambil kaldunya. Karena ternyata sayuran juga menghasilkan kaldu. Dan kaldu dari sayuran itu memiliki citarasa yang khas dan lebih sehat tentunya.
Saya sendiri emncoba kaldu dari Moringa atau buah pace. Di stand penjual kaldu bubuk itu mereka menyediakan kaldu jamur juga. Karena kaldu jamur saya udah sering pakai jadi saya ga beli.
Harapan saya sih kaldu sayuran ini bisa diproduksi secara besar dan serius. Diperhatikan betul system pengolahannya agar menghasilkan kaldu yang benar-benar berkualitas dan siap bersaing dengan pasar luar.
Dan saya berharap kaldu sayuran ini mudah ditemukan di pasaran. Sehingga memudahkan para ibu untuk membelinya. Dan mengganti kaldu di rumah dengan kaldu sayuran yang lebih sehat karena bebas MSG.


Itulah cerita jalan-jalan saya di Festival Kuliner Rakyat. Semoga event seperti ini bisa rutin diadakan setiap tahun. Dan dengan diikuti lebih banyak unit usaha. Sehingga lebih banyak lagi yang bisa dikenalkan ke masyarakat Jogja. Dan meningkatkan perekonomian masyarakat. Harapannya sih semakin banyak lagi inovasi yang bisa dihasilkan di bidang kuliner.

29 komentar

  1. Hiks... jadi kangen Jogja

    BalasHapus
  2. Aaaaah kangen Miedes, pas di Pundong kemarin dimasakin Miedes sama Bu'le ku. Enaaak banget.
    Dan itu getuknya Ya Allah, ngilerrr

    BalasHapus
  3. Bacanya bikin lapar da saya juga penggemar mie, sayang di rumah lagi tak ada mie. Stik habis. Pengen banget coba mie kering khas Pundong. Penasaran banget dengan citarasanya. Semoga ke depan sistem pemasarannya lebih baik. Pun mie buah dan sayur, plus kaldu sayuran. Pengen coba bentuk inovatif itu. Lebih bikin sehat.
    Eh, apa suami segenerasi dengan saya. saya juga yang kelahiran tahun 1975 kenal banget dengan uang 5 perak itu. Jadi uang jajan saya kala kecil, ha ha.
    Semoga festival rakyatnya tetap berlangsung meriah. Penting banget agar usaha kecil dan menengah bisa kian melebarkan sayap.

    BalasHapus
  4. Wah jajanan nya bikin ngiler nih... Kalau kaldu sayur saya belum pernah coba, bagaimana rasanya mba?

    BalasHapus
  5. Penasaran deh, sama mie pentil. Ini kayaknya menunya sehat ya serba sayuran. Seneng banget nih bisa bertandang ke sini.

    BalasHapus
  6. Walah malam-malam buka ini bikin ngiler mbak, getuknya ngawe-ngawe minta dicomot
    Aku punya kaldu dari jamur tapi dulu dikasih, jadi ngak tahu belinya di mana mbak

    BalasHapus
  7. Saya belum pernah coba mie pentil dan kuliner lainnya ini. Penasaran banget...

    BalasHapus
  8. Ternyata bonggol jagung bisa bermanfaat ya. Masuk akal juga sih, karena di dalam bonggolnya itu pasti tersedia beragam zat yang menopang si jagung kernel makanya bisa enak. inovasi yang cerdas

    BalasHapus
  9. Bikin pensaran sama bakmie desanya. Kok kayaknya enak ya... Btw yang tentang bonggol jagung, aku sempat lihat itu fotonya. Oh ternyata buat kaldu ya? Apa bisa pakai bonggol yang biasa aja? Misal aku beli jagung dan habis dimakan bijinya, bonggolnya bisa langsung kurebus gitu? Atau gimanya ya? Kalau jagung rebus kan berarti bonggolnya juga udah kerebus ya, kaldunya udah keluar dong?

    BalasHapus
  10. Wahhh acara yang bagus banget nih. Dengan adanya acara seperti ini, anak-anak muda bisa lebih mengenal makanan khas daerah mereka :)

    BalasHapus
  11. Mak Iroeeel aku pengeeen deh titip kaldu sayurannya! No MSG dan pastinya lebih sehaat yo! Nanti kalau ada lagi aku dikabariii yo ��

    BalasHapus
  12. saya penasaran sama kaldu sayuran :D baru dengar biasanya kan kaldu sapi, ayam dan jamur yang ada di pasaran.

    BalasHapus
  13. Asyik ya mbak bisa jalan-jalan ke Festival Kuliner Rakyat sambil mencicipi beraneka ragam menu tradisional. Liat postingan di atas saya jadi ngiler deh, berasa pengen beli juga kaldu sayurannya.

    BalasHapus
  14. Mie naganya udah diolah belum, Mak? Kayaknya warnanya cantik, ya.

    BalasHapus
  15. Kuliner begini yang enaknya sampai ke ubun-ubun. Apalagi makanannya bervariasi, harganya terjangkau dan ada kaldu sayuran (baru denger).

    BalasHapus
  16. Saya pun paling suka makanan jadul dan jajanan pasar, apalagi lihat foto getuk mawur penasaran banget pengen cobain, seneng banget deh bisa jalan-jalan di festival kuliner rakyat dan mencoba aneka kuliner rakyat yang khas dan sudah jarang ditemukan

    BalasHapus
  17. Wah ekonomi kerakyatan akan membantu kita menjadi lebih mudah dan gampang di dapat. Kalau lapar tinggal beli dan makan. Butuh kaldu, tinggal tuang. Selain membantu ekonomi usaha umkm kecil.

    BalasHapus
  18. Walah aku baru denger tentang mie pentil ini, Mbak. Unik banget namanya ya. Kalo bahas festival kuliner rakyat, pasti deh jadi kangen dengan kulineran tempo dulu, hik jadi kepengen lagi ke Jogya deh

    BalasHapus
  19. Pertama yang kepingin kutanyakan adalah, siapa yang mengambil foto? kece badai ngambil anglenya. Si ibu berbaju cokelat ini pas banget gayanya, heheheee. Ngomong-ngomong soal Jogja, makanan apa sich yang gaka bakalan dicari, pasti semua makanan khas Jogja aku cari mbak. Trus yang jajanan pasar, diirrimu tega amat ya, kasih foto getuk, aku kan lagi kangen melihat jajanan itu di pasar sini, tak ade sama sekali.

    BalasHapus
  20. Penasaran deh dengan mie berbahan sayur. Kebayang dobel sedap. Aku penggemar mie banget. Pengen dapat enaknya mie, plus sehatnya sayuran.

    BalasHapus
  21. Wah, macem2 ya makanannya. Bikin ngiler deh bakmie-nya. Aku udah lamaaaa banget gak makan bakmie desa kayak gitu. Jadi inget kampung halaman mama deh. Di sana sering makan bakmie desa kayk gitu.

    BalasHapus
  22. Gethuk, tiwul dan sawut aku pernah nakan, tapi gethuk mawur malah belum pernah nyobain sama sekali. Mungkin emang di daerahku ga ada ya hehehe

    BalasHapus
  23. Seneng dengernya kalo ada masyarakat desa setempat yang berinovasi dalam hal.kuliner. jadinkita penikmat kuliner tidam bosan

    BalasHapus
  24. Gimana rasanya mbak Kaldu dari sayuran? Saya juga baru tau, kalau kaldu jamur memang pernah nyicipin sih. Tapi kan isinya ada bumbu bumbu lain juga meski dia bilangnya ekstrak jamur.

    Berarti kalau kaldu sayuran, dari ekstrak sayur mbak?

    BalasHapus
  25. MasyaAllah seru banget
    kuliner aku paling seneng banget buat makan-makan hahahaha
    kapan kapan moga bisa main ke sini

    BalasHapus
  26. Maaakkk... aku mau dong informasi tentang penjual mie pundong itu. Kalau udah bisa dibeli online aku mau nyobain. Juga kaldunya itu. Baru tau lho bonggol jagung bisa dijadiin kaldu. Selama ini cuma nyetok kaldu jamur sih, kalau yang dari bonggol jagung itu belum pernah. Kutunggu informasinya via WA ya maaakk...thks.

    BalasHapus
  27. Nyam nyam nyam, kuliner Jogja emang ngangenin dan ragamnya banyak sekali. Sayang kmrn ga ke Pyramid karena jauhnyoo dari desaku hahahhaa

    BalasHapus
  28. Mau dong Mba aku nitip ya bakmie sayurnya supaya anak-anakku jadi suka makan sayur nih. Produsennya gak jualan online ya?

    BalasHapus
  29. Seperti apa yaa...rasa akldu bonggol jagung ini?
    Aku penasaraaan...
    Karena pernah nyobain kaldu jamur, emm...nyaris ga berasa.
    Itu mungkin yaa...yang membedakan kaldu alami dan pakai tambahan perasa?

    BalasHapus

Terima kasih untuk kunjungannya. Semoga bermanfaat. Harap meninggalkan komentar yang positif ya. Kata-kata yang baik menjadi ladang sedekah untuk kita semua.