#AksiFlashBunda Lebam Tanda Pintar?

Manjat itu hobbynya Miqdad :)
(doc.pribadi)


Lebam /Memar tandanya pintar, pernah dengar istilah itu. Kalau orang tua zaman dulu tuh bilang anak-anak yang aktif dan ada bekas memar-memar di badannya tuh tandanya ‘mundak pintar’ alias pinternya nambah. Sebenarnya ga sepenuhnya salah sih istilah itu meskipun ga bener semua juga. Maksudnya sih kalau anak-anak aktif dan sehat dia akan banyak melakukan stimulasi motorik kasar maupun halus yang biasanya memerlukan ketangkasan dan kekuatan. Semisal naik sepeda, manjat-manjat, merangkak-rangkak, main sembunyi-sembunyian. Yang seringnya tuh bikin mereka kejeduk-jeduk dan bikin lebam di beberapa bagian tubuhnya.


Miqdad aktif banget
(doc.pribadi)


Pentingnya Stimulasi Motorik Kasar Untuk Tumbuh Kembang Anak
Motorik kasar adalah gerakan tubuh yang menggunakan otot-otot besar, sebagian besar atau seluruh anggota tubuh, yang dipengaruhi oleh usia, berat badan dan perkembangan anak secara fisik. Contohnya kemampuan duduk, menendang, berlari, atau naik turun tangga (Wikipedia)

Saya akui sendiri sih dengan enam anak yang 5 diantaranya tuh laki-laki. Yang namanya benjut, kejeduk, jatuh, nggeblak, kepleset, dsb. Itu jadi makanan sehari-hari mereka. Kadang bikin panik karena beberapa kali jadi memar dan lebam. Tetapi kalau anak-anak dilarang gerak kok ya rasanya seperti mematikan kreativitas mereka gitu.
Bahkan banyak penelitian yang mengatakan bahwa stimulasi motorik kasar membantu konsentrasi anak dalam belajar. Itulah kenapa misalnya anak-anak yang terkena disleksia biasanya diterapi dengan merangkak.

Melompati kertas warna-warni di rumah
(doc.pribadi)

Nah saya punya beberapa hal penting yang harus diperhatikan nih. Agar stimulasi motorik kasar anak-anak itu tidak membahayakan diri mereka sendiri. Jadi kreativitasnya dapat tapi tetap aman terkendali.
1.     Dalam pengawasan orang dewasa
Meskipun mungkin kadang anak-anak lepas dari pengawasan kita. Tetapi usahakan betul mereka bermain selalu kita temani atau kita damping. Minimal kalau anak main di samping rumah kita awasi dari kursi teras atau diawasi dari jendela kamar, misalnya.
2.    Beri pengertian pada anak-anak mana saja hal-hal yang membahayakan diri mereka.
Anak-anak diberitahu bahwa lantai kalau basah itu licin bisa menyebabkan kita kepleset, misalnya. Atau kalau manjat-manjat kalau telapak tangan kita basah bisa menyebabkan pegangan kita kurang kuat, misalnya. Dan sejenis itu. Saya juga selalu mewanti-wanti pada anak-anak untuk ga main kasar. Semisal menendang teman, mendorong, memukul, dsb.
3.   Sebisa mungkin anak mengenakan pelindung yang nyaman baik pakaian yang lebih tertutup terutama melindung bagian siku dan persendian.
Biasanya anak-anak saya biasakan pakai celana panjang berbahan kaos atau katun yang nyaman. Kalau naik sepeda pakai helm, misalnya. Meskipun anak-anak seringnya ga mau.
4.     Sedia Kotak Obat
Kotak obat di rumah itu penting. Beberapa hal yang sebaiknya ada dalam kotak obat anatara lain: Tromboflash, Pembalut luka (baik yang roll dan instant), Betadine, Minyak kayu putih, Analgesik, Obat penurun panas, Dan kapas.


Tromboflash Sahabat Keluarga

pic from: FB tromboflash

Tromboflash adalah obat yang sebaiknya ada dalam Kotak Obat di rumah. Tromboflash sendiri adalah sejenis gel yang dioleskan pada memar. Fungsinya adalah sebagai pengencer darah pada luka memar bukan luka terbuka. 
 Memar atau lebam (bahasa Inggris: bruise, contusion) adalah suatu jenis cedera pada jaringan tubuh, yang menyebabkan aliran darah dari sistem kardiovaskular mengendap pada jaringan sekitarnya, disebut hematoma, dan tidak disertai robeknya lapisan kulit (Wikipedia).
Tromboflash mengandung Heparin Sodium yang berfungsi mengencerkan darah dan mencegah terjadinya pembekuan darah. Mengurangi peradangan pada lebam. Digunakan pada luka memar/lebam dan tidak boleh digunakan pada luka terbuka. Penggunaannya juga mudah banget cukup dioleskan secara tipis pada memar. Tidak perlu dibalut atau ditutup dengan kain. Tromboflash akan meredakan lebam dengan cepat.

Tromboflash Memiliki Sertifikasi Halal MUI
Dan yang terpenting Tromboflash ini sudah mengantongi sertifikasi halal dari MUI. Karena banyak obat lebam yang beredar di pasaran belum mendapat sertifikasi halal. Jadi ibu-ibu ga perlu khawatir lagi nih kalau anak lebam gel yang digunakan sudah ada yang halal.

Jangan Takut Lebam Lagi ya Bu
(doc.pribadi)

Dengan adanya Tromboflash di rumah ibu-ibu bisa mengobati memar pada anak-anak yang biasa terjadi dalam rumah tangga. Semisal anak kejeduk pintu, atau jatuh dari sepeda, dsb. Yang perlu diperhatikan adalah jika anak melaporkan adanya keluhan yang tidak biasa semisal: sakit kepala, muntah, atau pingsan segera bawa ke pelayanan medis terdekat untuk mendapat tindak lanjut  dari dokter.

Nah gitu ibu-ibu. Anak-anak di rumah ga usah dimarahin ya kalau main. Cukup diberi tahu saja mana yang bahaya dan tidak dan tetap dalam pengawasan. Dan jangan lupa sediakan Tromboflash di kotak obat di rumah. Jadi ga perlu takut lebam lagi ya ibu-ibu. Selamat bersenang-senang anak-anak.

35 komentar

  1. Waah kebayang 5 anak cowok aktifnya kaya apa yaa. Ni anakku cewek aja yang kalem ya sering lebam juga karena kalo ngantuk terus suka kejedug lah nyenggol apa lah hahaha..

    BalasHapus
  2. lebam bagi anak2 sih sudah baisa ya dengan aktivitas ayng gak bisa diam

    BalasHapus
  3. Mbak Irul, serius anaknya juga diseleksia? Aku kok jadi penasaran, hubungannya sama merangkak apa ya Mbak?

    btw.. inget Thromboflash, aku jadi inget sama luka lebam di tubuhku sendiri. Sama dokter emang dikasih resep Thromboflash ini, dan adem bener pas dipakai.

    BalasHapus
  4. Bisa jadi memang tanda pintar karena artinya anak juga aktif. Tetapi, memang tetap harus waspada ya, Mbak. Tetap harus ada pengawasa dan tentu aja sedia P3K seperti Tromboflash

    BalasHapus
  5. wah mba mantap 5 anak lelaki jadi pemandangan benjut, memar smeuanya udah biasa ya mba untung selalu ada thormboflash y mba

    btw aku baru tahu terapi merangkak buat disleksia

    BalasHapus
  6. Wah 5 anak laki2 aktif semua,luar biasa ya mba..ibunya sabar banget. Saluuut :)

    BalasHapus
  7. Iya ya aku sering banget dengar anak aktif yang udah ngerasain lebam itu anak pintar, hihi semua anak pada dasarnya pintar sih ya yang penting kita sebagai orang tua terus mengawasi.

    BalasHapus
  8. Orang tua dulu ya mbak..aktif dan lebam diposisikan sebagai mo pintar hehe. Tapi bagus juga sih jadi afirmasi positif, walau tetep harus diawasi dan diperhatikan juga lebamnya jangan sampai jadi mengkhawatirkan.

    BalasHapus
  9. anakku juga sering bgt kejedut di rumah, atau gak sengaja jatoh trus biru2 deh kaki atau tangannya, bahkan wajahnya. Maklum di rumah adanya anak laki2 semua, jadi kudu sedia obat lebam di kotak P3K

    BalasHapus
  10. Orangtua zaman dulu selalu bilang hal-hal semacam, kalau panas tandanya mau pintar, kalau cegukan tandanya cepet besar, dll. Itu lebih kepada bentuk doa dan harapan karena mereka nggak bisa menjelaskan secara ilmiah ini anak sakit gara-gara apa.

    Lalu sakit atau luka yang penyebabnya itu sering luput karena memang minim edukasi/ilmu, akhirnyadiobati juga dengan seadanya. Misalnya lebam/memar diobati pakai rambut. Jadi rambut ibunya diusap-usapin ke bagian tubuh si anak yang memar. Atau pakai ludah diolesi. Saya nemu yang begini di keluarga besar :D Antara lucu dan kasihan dengan anaknya karena tetep aja dia butuh obat, bukan usap-usapan begitu.

    Nah, makin kemari, akhirnya orangtua makin teredukasi untuk nggak menyepelekan luka sekecil apa pun yang muncul di tubuh anak. Caranya? Betul itu yang Ibu tulis, selalu siap sedia kotak obat/P3K. Terutama obat yang kira-kira bakal rajin dipakai yaitu salep hahaha. Salep untuk obat lebam ini kan pasti cepet habis saking seringnya dipake anak-anak, sebab rutin lebam karena jtuh lah atau terbentur lah, dll.

    Saya lihatnya jadi praktis gitu. Bisa dikantongin dan dibawa ke mana-mana juga salepnya. Alhamdulillah makin memudahkan.

    BalasHapus
  11. Hati hati jatuh ya hahaha. Aku juga beli Thromboflash nih buat anakku yang aktif

    BalasHapus
  12. Idem sama mba Sekar.
    Aku juga sering direcoki hal yang sama semasa kecil.
    Terutama tentang rambut yang diusap ke bagian lebam itu, hahaha
    Jadi suka geli sendiri kalau ingat itu

    Untunglah sekarang arus informasi mudah diakses, jadi kita lebih mudah teredukasi.
    Banyak produk praktis sekarang.
    Alhamdullillah

    BalasHapus
  13. Kayanya aku juga butuh thromboflash nih, kadang ngajak anak2 tracking dan mereka lebam2 kena batuan gunung, kalau bawa thromboflash kan bisa langsung diobati yaa, praktis banget juga :)

    BalasHapus
  14. kata orang tua dulu, semakin sering jatuh semakin pintar hehe.. anak-anakku juga sering lebam mba

    BalasHapus
  15. Bener banget penting itu juga pengawasan orangtua biar anak pun bisa tetap bermain hanya saja tetap terawasi dengan dengan baik. Kalo lebam skarang udah ada cara tepat ya buat mengatasinya :)

    BalasHapus
  16. Inget jaman Bo dan Obi masih kecil-kecil.. apalagi pas pada semangat jalan dan lari-lari. Pasti sering jatuh dan banyak lebam

    BalasHapus
  17. Wooow, 5 anak laki-laki, mantaap. Kalau yang begini ini, biasanya ibunye tipt keras, agak-agak judes, ahahah, becanda lhoo.
    Pasti amazing sekali ya rasanya

    BalasHapus
  18. Ini sama banget kayak anakku, gak bisa diem lari lari kesana kemari. Kadang saking asiknya lari sampe jatoh-jatoh, tau tau ada memar aja di kakinya. Memang perlu banget ya sedia salep thromboflash ini biar bisa bantu nyembuhin lebamnya dengan cepat.

    BalasHapus
  19. Makin banyak bergerak, makin pintar ya anaknya. Kalo lebam, udah ada obatnya.

    BalasHapus
  20. Lincah itu tanda sehat ya mba...btw halal mui wajibnya utk obat yg mengandung heparin krn bs saja diambil dr hewan babi...

    BalasHapus
  21. Di rmh bunda juga ada lho Thromboflash utk jaga2 kl bunda yg ke pentok kan gak repot nyari obat lebam.

    BalasHapus
  22. Ibu yang luar biasaaaa...
    Aku juga sedia kotak obat, tapi masih banyakan manualnya .nyari daun apa itu namanya .Tahu udah ada yang praktis gini mah mendingan sedia trhomboplash ya mba

    BalasHapus
  23. Adikku seorang fisioterapis anak berkebutuhan khusus Mbak, dia juga menekankan pentingnya merangkak dan aktivitas motorik kasar lainnya. Tapi kalau aku yang lebam-lebam malah emaknya ni hihihi

    BalasHapus
  24. Salep wajib ini. Anak-anak juga pada aktif terutama yang laki-laki. Suka lari-lari trus kadang jatuh. Memar di lututnya. Olesin salep trombplash adem dan gak perih ya.

    BalasHapus
  25. Aku punya kemenakan, anaknya tuh aktiffff banget, kadang bunsanya marah2 hahaha, nanti deh aku rekomendasiin Thromblo Flash

    BalasHapus
  26. Alhamdulillah dengan adanya thromboflash ini jadi tertoling ya Mba untuk anak-anak yang kurang hatihati semisal jatuh dan lain sebagainya. Halal pula jadi kita ga khawatir lagi kalau udah ada serti MUInya

    BalasHapus
  27. Waah....selama ini kalau anak-anak lebam, palingan saya kasih minyak t*w*n.
    Sambil diusuk-usuk (dielus-elus).

    Harus selalu sedia thromboflash yaa...
    Aman.

    BalasHapus
  28. Anakku yang langganan lebam yang hobby sepakbola yakni mas pijar, ampun deh kakinya sering banget lebam. berarti harus sedia ini ya biar aman

    BalasHapus
  29. Setuju lebam tanda pintar, artinya anak2 aktif bermain ya mbak, yg artinya tumbang mereka bagus. Gpp yg penting diawasin dan kalau jatuh bisadiobati dengan obat yg aman dan tepat.

    BalasHapus
  30. Anak cowok memang jauh lebih banyak geraknya dibandingkan anak perempuan ya. Faris nih juga sering banget lebam2 gitu. Kudu sedia thromboflash juga untuk persediaan di rumah.

    BalasHapus
  31. Anakki 3 yg cowok itu jg sering bgt deh tiba2 lebam, saat main suka gk kekontrol ya. Untung skrg ada tromboflas

    BalasHapus
  32. Seneng bgt skrg ada produk halal kayak si tromboflas ini, jd tenang

    BalasHapus
  33. Klo udah ada Thromboplash di rumah gak perlu khawatir lebam lagi ya Mak.
    Wajib ada emang ini yaahh, apalagi punya anak2 yg aktif. Laah, orang tua juga klo kejeduk bisa jadi lebam. Tanteku gitu, ampe biru2 :(

    BalasHapus
  34. Biasanya aanak anak jatuh karena naik pohon , naik sepeda atau lari larina. Dan yang apling sering terluka dan lebam daerah lutut. kalau istilah orang jawa, dengkule. jadi Sebagai emak yang baik , kit aharus sediakan obat obatan. selain betadhine juga thromboplast ini ya, biar bengkak atau lebam nggak terlalu lama

    BalasHapus
  35. wah, Lincah itu tanda sehat ya mba...btw halal mui wajibnya utk obat yg mengandung heparin krn bs saja diambil dr hewan babi...

    BalasHapus