Mimpi Menyusuri Al-Quds sampai Al-Hambra

pict from pixabay


Setelah 15 tahun pernikahan saya dan suami memutuskan untuk memperbanyak kesempatan bepergian berdua. Baik dalam rangka dakwah maupun sekedar traveling biasa. Meskipun traveling biasa kami berdua selalu berusaha agar perjalanan kami bernilai dengan mengunjungi tempat-tempat yang pernah menjadi jejak peninggalan peradaban islam. Baik di dalam dan luar negeri.


Selama tahun 2018 ini Alhamdulillah ada beberapa tempat yang kami sambangi. Bahkan beberapa diantaranya sudah saya posting di blog www.catatansiemak.com maupun di www.simbokdigital.blogspot.com. Dan tempat-tempat itu memberi bekas yang luar biasa buat kami berdua. Tak hanya itu kami berdua juga selalu menyempatkan diri mampir salat jamaah di masjid-masjid di tempat yang kami lewati.
Nah, kami masih punya daftar panjang tempat-tempat yang ingin sekali kami datangi baik di dalam maupun luar negeri. Kami sampai menabung secara khusus untuk melakukan perjalanan ini. Berikut daftar tempat yang ingin kami kunjungi di segera, insya Allah.


1.     Al-Quds, Baitul Maqdis-Palestina
pict from pixabay

Inilah tanah suci kaum muslimin setelah tanah haram. Min huna Nabda’ wa fil aqsha naltaqy. Itulah kalimat yang diucapkan kaum muslimin. Karena memang nanti kaum muslimin nantinya akan berkumpul di Baitul Maqdis bergabung dengan barisan Imam Mahdi. Insya Allah, semoga kami berada dalam barisan itu.
Inilah negeri yang disebut di dalam ayat Qur'an. Inilah negeri yang disebut dalam surat at-Tiin, negeri zaytun terbaik. Inilah yang pendudukanya adalah manusia yang diberkahi Allah. Merekalah penjaga Baitul Maqdis. Orang-orang pilihan. Orang-orang tangguh akhir zaman.
Dan harapannya keluarga kami tercatat sebagai salah satu pembebas Alquds. Aamiin.

2.     Jejak Peninggalan Andalusia, Granada-Spanyol

pict by pixabay

Sudah lama banget ingin mengunjungi jejak islam di Eropa terutama Spanyol. Menyusuri jalan-jalan sempit di Granada. Mengagumi Al-Hambra. Berkeliling Toledo. Bahkan kalau ada rejeki menjejakkan kaki sampai ke Marakesh di seberangnya. Aamiin, Insya Allah.
Pengennya sih berkunjung ke sana setelah umroh di penghujung ramadhan. Makanya kami giat nabung nih buat mewujudkan mimpi ke Al-Hambra ini. Malah ga kepikiran ke Paris atau Negara Eropa yang lain. Belum kepingin sama sekali. Yang pingin banget itu malah ke Al-Hambra ini.
Saya ingat banget di tahun 1997 saya membaca sebuah tulisan tentang muslimah Spanyol zaman dulu. Yang cantik. Berwajah khas perpaduan Eropa dan Afrika-Arab. Makanya ga heran, wajah orang-orang Spanyol itu cantiknya beda. Kulitnya indah. Idak pucat seperti bangsa Eropa barat yang lebih ke pucat.

3.     Xi’an, China
pintu masjid Jami' Xi'an
from pixabay

Ingin sekali bisa salat jamaahn di masjid jami’ Xi’an. Mengambil foto detail-detail unik aksara Cina yang berisikan ayat Qur’an dan hadist. Kemarin di bulan November saya berkunjung ke sebuah masjid milik masyarakat muslim Tionghoa di kota Bandung. Namanya masjid Al-Imtizaj terletak di kota Bandung. Tidak terlalu jauh dari masjid Agung Bandung dan alun-alun kota Bandung. Dan berharap suatu saat bisa melihat masjid di Xi’an. Tempat masyarakat muslim terbesar di Cina berada.
Rencananya sih ingin berkunjung di musim dingin. Jadi sekalian bisa merasakan salju sekaligus ziarah ke masjid-masjidnya.

4.     Brunei Darussalam
pict by pixabay

Sebenarnya berkunjung ke Brunei Darussalam kami rencanakan tahun lalu. Tetapi namanay belum rejeki jadi masih tertunda. Insya Allah kami segera bisa berkunjung ke Bandar Seri Begawan. Mampir masjid-masjidnya yang megah. Dan rencananya sih main ke Brunei ini di musim lebaran haji. Jadi bisa masuk ke istana Nurul Iman. Yang dibuka untuk umum hanya di hari raya saja.

Bagaimana dengan teman-teman?. Tempat mana yang ingin kalian kunjungi?. Semoga keinginan kita bisa terwujud ya. Selalu ada jalan untuk niat baik. Sebagaimana ada saja celah untuk perbuatan jahat. Ayo berniat yang baik-baik. Semoga Allah mudahkan jalan kita. Aamiin.

30 komentar

  1. Wah Brunei ini negara yang pingin dikunjungi suamiku. Aku masih pingin ke Turki sama Yunani Mak. Sama Cordoba juga. Insyaallah ya diijabah. Aamiin

    BalasHapus
  2. Aku pingin ke Andalusia mak irul, pingin lihat peradaban Islam di sana.

    BalasHapus
  3. Inget Al-hambra aku jadi inget drakor terbaru yang dimainkan oleh Park Shinhye. Lho itu ternyata negaranya benar-benar magic to Mbak? Aku kira benar-benar murni Eropa gitu?

    BalasHapus
  4. Masjid yang di Bandung itu masjid Lautze, ya? Insya Allah, kalau mimpinya baik kayak begini akan dikabulkan ya, Mak. Aamiin

    BalasHapus
  5. semoga aku juga bisa mengunjungi tempat-tempat indah ini berdua dengan suami atau sekalian bersama anak anak...amiin

    BalasHapus
  6. MasyaAllah mba bagus sekali tempat tempat yang ingin dikunjungi ya. Aku pun ingin sekali keliling negara Islam suatu saat nanti berdua bersama suami. Amin smoga Allah mengabulkan doa kita ya mba.

    BalasHapus
  7. Kalau aku pengen banget ke Brunei Darussalam. Semoga nanti akan ada rejeki dan kesempatan untuk bisa berkunjung ke Brunei Darussalam.

    BalasHapus
  8. Aku pengen banget ke Turki Mbak dan juga kalau di artikel ini aku pengen banget deh ke menyelusuri Al Quds dan merasakan lembaran-lembaran bersama suami menjadi semakin indah

    BalasHapus
  9. Bangunan mesjidnya bagus ya mba. Kalau aku pengen banget jalan-jalan ke Korea mba. Pengen liat tempat syuting drama Korea hehehe

    BalasHapus
  10. MasyaAllah mba, AL-QUDS juga jadi destinasi impian saya di 2019, semoga kita semua berkesempatan sholat di masjid Al-Aqso ya

    BalasHapus
  11. aku merinding bacanya.. ada haru yang luar biasa ketika ngombongin negara penuh sejarah itu.. semoga kita semua mendapatkan kesempatan utk ke sana ya mba..

    BalasHapus
  12. Aku juga pengennya bwanget kunjungi alQuds dan alHambra mba, seharusnya ini menjadi tempat wisatawan religi seyiap mjslim tanpa harus jadi pertikaian bagi org2 Israel di sana

    BalasHapus
  13. Aku sama suami juga baru merencanakan jalan-jalan berdua, semenjak anak-anak udah dewasa. Nabung dulu nih, semoga tahun depan bisa kesampaian ke beberapa negara terdekat dari Indonesia

    BalasHapus
  14. Maa syaa Allah mbaa semoga dimudahkan y mb
    Saya juga pengin bgt menjejakkan kaki ke situ

    BalasHapus
  15. Aamiiin YRA..aku juga pengen ke Palestina Mba..hampir mampir Gaza aja tapi belum kesampaian. plus liat peninggalan dan pengaruh Islam di China

    BalasHapus
  16. Ikut mengamini wish listnya Mbak. Moga keturutan semua ya. Gegara baca ini jadi tahu tentang istana di Brunei yang hanya dibuka setahun sekali.

    BalasHapus
  17. Mak, aku kok ya penasaran dengan Al Hambra tadi ya. Ternyata sebaran Islam udah kemana-mana ya, termasuk ke Eropa. Meskipun peninggalan peradaban Islam hanya sedikit di sana, tetap saja gaung dakwahnya telah mendunia.

    BalasHapus
  18. Amin ya Allah,, aku memang banget berkunjung kesana dan semiga aja bisa lekas kesana bersama keluarga.

    BalasHapus
  19. bagusss... aku juga pingin ke 4 tempat yang ditulis mak irul. aku bantu mengaamiinkan untukmu dan untukku juga

    BalasHapus
  20. Brunei darrusalam kok aku selalu lupa ya bahwa mereka juga punya masjid yang bagus2 disana.

    BalasHapus
  21. amiiin, semoga bisa berkunjung di tepat2 tersebut ya. aku juga pengen bangen pergi umroh ke mekah. semoga cita2 kita semua tercapai ya...

    BalasHapus
  22. Ya Allah semoga aku juga bisa mbak lerti ke tempat impian seperti ini bareng suami, semoga doa kita dikabulkan ya.

    BalasHapus
  23. Al Quds indah banget yaa, tapi kalau sekarang ya aku ga berani ke sana hehee. Nanti kalo jadi ke Granada aku ikut dalem kopermu yaa mak :))

    BalasHapus
  24. Huaaa, saya pun juga pengen doong diajakin ke tempat-tempat keren itu Mbak.

    Moga keinginannya segera terwujud ya Mbak bersama Sang Suami :)

    BalasHapus
  25. Aamiin Ya Allah. Aku ada banget Mba tempat-tempat impian yang mau dikunjungi bareng suami. Salah duanya adalah Makkah dan Turki. Semoga Allah ijabah :')

    BalasHapus
  26. Colekin Jiah...yang lagi nonton drama Korea "Memories of Alhambra" bareng Hyun Bin oppa.
    Lalu baca tulisan mba Siti.

    MashaAllah~

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku kepingin nonton iniii, apa daya, quota harus ngirit, gk ba donlot haha

      Hapus
  27. Oiya ya, dirimu kayaknya th lalubudh beli tiket ke Brunei kan?

    BalasHapus
  28. Peninggalan sejarah Islam tersebar di seluruh dunia ya maak. Cantik2 smua gitu.

    BalasHapus
  29. Saya pingin ke semua tempat itu Mbak. Ditambah lagi Qairo heehehe..

    BalasHapus