Pekerjaan Rumah Tangga Yang Bisa Dikerjakan Remaja Laki-Laki


remaja ini tenaganya masya Allah, sayang kalo ga dimanfaatin :D


Saya dan keluarga sudah lama banget tidak menggunakan jasa ART. Awalnya dulu pernah pakai ART lalu kemudian berhenti, pakai lagi kemudian memutuskan ga pakai sama sekali sampai hari ini. Alasan paling utama sih merasa ga nyaman aja kalau ada orang lain di dalam rumah padahal anak-anak saya sudah beranjak besar. Khawatirnya anak-anak susah menjaga aib orang lain dan aib sendiri.



Saat ini kami bagi-bagi tugas di rumah untuk pekerjaan rumah tangga. Jadi kalau ditanya apa pekerjaan rumah tangga yang saya sukai jawabannya relative. Tergantung pekerjaan mana yang ga bisa diselesaikan anak-anak. Anak-anak sendiri diajarkan untuk mandiri dari kecil.
Nah, saya mau sharing sedikit nih tentang apa sih pekerjaan yang bisa dikerjakan anak remaja laki-laki di rumah. Karena melihat tenaga anak laki-laki yang begitu besar sayang kalau tidak manfaatkan. Hahahahaha. Enggak ding, alasan utama sih mulai mempersiapkan si anak remaja ini menjadi qowwam. Paling gampang dengan memberi dia kewajiban pekerjaan rumah di rumah dulu.

1.     Menyapu halaman
Kami tinggal di desa dengan halaman rumah yang lumayan luas. Banyak phon buah di sekitar rumah kami. Bahkan kami memiliki sebatang pohon Johar yang daunnya kecil-kecil dan berbunga kuning. Yang kalau musim kemarau bunganya banyak banget dan daunnya itu bikin capek yang nyapu halaman. Ga habis-habis. Nah ini cocok banget diserahkan ke sulung kami si Osama.
selain menyapu halaman dia juga yang bagian memeriksa keadaan sekitar rumah. Apakah sauran air mampet, ada tanaman yang harus ditebang karena membahayakan, dll. Bersyukur punya remaja laki-laki di rumah.

2.     Menyapu dan mengepel rumah
Entah kenapa di rumah kami anak yang ppaling bersih nyapu dan mengepel itu ya si sulung. Kalau nyapu bawah-bawah kursi itu bersih. Meskipun harus diingatkan juga sih wkwkwkwkwk. Kalau ngepel sabun pelnya pas ga kebanyakan busanya. Dan lantainya ga basah banget karena biasanya kainnya di peras dengan baik sama anak ini.

3.     Menyiram tanaman di halaman
Kalau musim kemarau anak sulung kami ini punya jatah menyiram kembang dan halaman rumah yang berdebu. Intinya sih ngajarin dia memudahkan orang yang lewat depan rumah. Setiap kemudahan yang orang lain dapat dia akan dapat pahala gitu sih yang selalu saya bilang.

4.     Membersihkan langit-langit rumah
Beberapa bulan sekali Osama punya jatah membersihkan langit-langit rumah dengan sapu panjang. Bagian-bagian yang tinggi harus dibersihkan. Agar sarang laba-labanya ga menumpuk. Dan bikin jelek pemandangan.

5.     Membersihkan kaca dan jendela
Ini bagiannya Osama juga sih. Membersihkan debu di kaca-kaca jendela. Mengelap kacanya. Menyisiri pinggiran jendela dari debu pakai kain. Dan juga membenahi kunci-kunci jendela yang macet.

6.     Menguras bak mandi
Ini jatah Osama juga sih. Menyikat dinding dan lantai kamar mandi. Membenahi saluran kamar mandi. Itu jatahnya si anak remaja.

7.     Mengecat Rumah
Setahun sekali rumah kami dicat. Nah tentu saja bagian anak remaja mengecat dinding. Memilih warna cat. Menyiapkan dinding agar bisa dicat. Bahkan bagian merapikan hasil cat di jendela-jendela juga jatahnya anak remaja.


Nah itu pekerjaan rumah tangga yang bisa dtugaskan kepada anak remaja laki-laki di rumah. Intinya mereka harus tahu bahwa mereka sudah dipersiapkan untuk menjadi qowwam atau pemimpin. Jadi jangan dicel hasil kerjanya ya bu. Cukup diingatkan kalau ada yang ga pas. Ga usah cerewet juga membandingkan dengan hasil kerja tukang. Ntar dia malah kagok da gam au mengerjakan lagi kan repot kita juga, eh.

6 komentar

  1. Yes, kerjaan Osama mirip-mirip nih sama Naufal. Untungnya kalo udah biasa kerja gini, kita jadi enak ya.. hahaha. Aku malah di rumah Kakaknya yang jarang kerja. Soalnya di sekolah udah praktek masak juga. Katanya capek banget kalo abis bersih-bersih dapur sama cuci piring. Belum lagi jualan produknya. Ya, aku ngertiin aja. Yang penting semua bisa kerja :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyezzz, tenaganya besar soalnya hahahahaha

      Hapus
  2. Anak laki-laki saya juga saya biasakan bantu bantu kerjaan di rmh mbak😀 mmg masih yg ringan2 dulu saja sih, blm tega kalau yg berat berat hehe...

    BalasHapus
  3. Belum rutin, tapi sudah mau nyoba beberapa di atas. Malah si kakak laki ini kerjanya lebih beres daripada adik perempuannya. Thx idenya.

    BalasHapus
  4. aank lelakiku dari kecils udah dibiasakan membantu pekerjaan rumah tangga, agar eklak annti bisa membantu istrinya di rumah

    BalasHapus
  5. Anakku paling suka siram kembang dan sapu lantai hehehe

    BalasHapus