10 Blog Parenting Favorit



10 blog parenting favorit catatansiemak.com



Sejak awal membangun blog saya memang mengkhususkan diri pada blog parenting. Mengingat saya ga ahli mek-ap-an kalo mau jadi beauty blogger, atau malah jarang traveling jadi ga cocok juga ngaku traveler blogger. Dan kebetulan anak saya banyak, ciyeeee. Jadi sharing tentang parenting dan pengasuhan anak di keluarga kami jadi lebih mudah soalnya saya mengalami sendiri.


Meskipun niche blognya parenting bukan berarti saya ga baca blog parenting lain. Saya malah sering mampir di blog parenting teman-teman blogger yang lain. Hampir tiap hari malah. Buat baca-baca. Buat nyari referensi. Buat baca curcol para ibu yang sama riewuhnya dengan saya ternyata. Bahkan cuman nyari inspirasi menu anak misalnya.
Berikut 10 blog parenting yang saya sering mampir buat baca.

1.     Indahjulianti.com



Saya suka tulisan makpuh (begitu saya memanggil mbak Indah) yang pas dengan selera saya yang memiliki anak remaja. Tulisan-tulisan makpuh tentang parenting ala emak-emak yang memiliki anak remaja lebih cocok buat saya.
Makpuh juga bukan barisan yang ribut ikutan momwar di sosmed tentang urusan pengasuhan anak. Toss lah sama saya yang ga pernah ribut dengan urusan orang lain mendidik anak mereka. Nambahi gawean wae. Ngurus anak dewe nganti kepontal-pontal arep nambahi ngurus anak uwong. Begh.

2.     Theprasetyos.com



Ini milik mak Yoanna Fayza. Saya suka permainan-permainan edukatif ala MakYo. DIY-an ala makyo lebih meng-Indonesia ketimbang nyari di pinterest. Huahahaha. Jujur kalau nyari ide permainan ala emak-emak barat di pinterest saya langsung minder duluan soalnya.

3.     Haya Aliya Zaki

Tulisan-tulisan mbak Haya adalah tulisan parenting versi ‘deep writing’. Yang pembahasannya tuh detail banget mulai dari refersni dan analisanya. Jadi mengambil rujukan di blog mbak Haya tuh tenang soalnya sumbernya kredibel. Hahahaha.
Meskipun ada beberapa tulisan parentingnya adalah sponsorship tulisan mbak Haya adalah tulisan yang soft selling. Jadi enak banget dibacanya. Berasa ga jualan dan iklan. Masuk akal gitu loh. Ga muji-muji juga ga menjelekkan. Apik.

4.     Helenamantra.com



Saya suka tulisan parenting mbak Helenamantra soalnya meskipun doi Mahmud tapi cocoklah untuk emak-emak jadoel kayak saya. Kekinian tapi ga semacam menjudge bahwa parenting orang dulu tuh ga masuk akal.

Harus diakui ada beberapa blog parenting yang kayaknya tuh menganggap doktrin-doktrin orangtua zaman dulu itu ga masuk akal. Dan menolak sepenuhnya. Padahal banyak lo gaya parenting zaman dulu itu yang berbasis nilai-nilai relijius yang erat banget dengan konsep fitrah manusia. Cuman memang kadang ada yang penerapannya butuh gaya halus untuk menyampaikannya. Nah, saya lihat ada beberapa blog parenting yang berani terang-terang menabrak nilai-nilai dari konsep agama ini. Itu hak mereka sih. Tapi ga usah juga kali menganggap versi dulu itu jelek.

5.     Isnuansa.com



Mbak Isnuansa sebenarnya parenting versi ibu bekerja yang menurut saya alamiah dan ga heboh banget. Mungkin karena mbak Isnuansa jarang muncul di kopdar-kopdar para blogger. Tetapi tulisannya mbak Isnuansa itu banyak yang page one lo.
Mama Diana ini sering lo berbagi foto bekalnya di instagram. Hayuuk sana. Mampirlah ke ig-nya. Lihatlah foto bekal yang masuk akal dan ga kayak hiasan etalase itu hahahaha. Soalnya jujur saya minder kalau lihat bekal yang cantik-cantik. Nah, punya mbak Isnuansa ini alamiah banget bekalnya. karena saya kalau bikin bekal ya gitu. Ga sempet dibuat aneh-aneh.

6.     mirasahid.com



makpon (panggilan sayang untuk mak Mira) banyak bercerita tentang hubungannya dengan anak-anaknya yang manis dan manusiawi. Kebahagiaannya dan keresahannya ditulis dengan cantik dan ga berlebih-lebihan.
Manusiawilah untuk ukuran sebuah blog parenting. Ga berlebihan juga ga melas-melas banget gitu. Jika merupakan tulisan protes pun kita ga ikutan geram secara berlebihan. Baik banget kan orangnya. Hahahahaha.

7.     nunungnurlaela.com



mak Nunung nih blogger parentingnya yang mirip-mirip gayanya dengan blog www.catatansiemak.com. Hehehehe. Kayak klop aja sama tulisan mak Nunung. Suka dengan tulisan parenting ala mak Nunung. Pas, ga lebay dan ga ada niatan menjelekkan parenting gaya lain.
Banyak nasihat-nasihat agama juga di dalamnya. Untuk menguatkan para emak-emak dalam mendidik anak  itu sebenarnya ga cuman piknik. Tetapi juga kedekatan dan rasa syukur pada Allah. Allah sendiri bilang “ Jika kamu bersyukur maka nikmatmu akan Kami tambah”. Tuuuh dengerin tuh Allah yang bicara loh ya, bukan saya.

8.     kartikanugmalia.com



Ini adalah salah satu blogger yang memiliki anak berkebutuhan khusus. Tetapi saya suka tulisan mak AYa begitu panggilannya karena tulisannya tuh penuh rasa syukur. Dan saya setuju. Sungguh mengeluh itu ga akan pernah menyelesaikan masalah. Dan tingkatan orang yang sabar itu salah satunya paramaternya adalah tidak mudah mengeluh. Lah kok ga boleh mengeluh. Itu ujian dari Allah. Sabar adalah amalan yang pahalanya disebutkan oleh sebagai “ Tanpa batas” dan dirahasiakan hadiahnya oleh Allah. Lah kalau sabar itu mudah hadiahnya piring kan ya. Hehehehe.

9.     Mak irits



Saya suka tulisan ma irits alias mak Rahmi Aziza. Soalnya lebih kepada tips-tips mengatur keuangan keluarga ala masyarakat Indonesia yang awam dengan system keuangan profesional.
Tips-tips nya masuk akal dan membumi. Tulisan-tulisannya adalah tulisan yang pas untuk keluarga kayak kami. Bukan tips-tips yang wah dan tak terjangkau.

10.            kekenaima.com



Ini blog milik mak Chi atau Myra Anastasia. Saya udah lama banget suka banget mampir di blognya mak Chi. Entah kenapa gayanya mak Chi itu kok ya mirip-mirip sama gaya saya di rumah. Mungkin karena kami punya anak abege juga. 

Tips-tips mak Chi menghadapi kehidupan anak remaja itu beberapa saya tiru lo. Hahahaha. Duuh kenapa sih yang nulis tentang 'Parenteen' itu dikit. padahal sekarang ini masalah yang di hadapi remaja itu buanyak banget. 

Nah itulah beberapa blog parenting yang sering saya kunjungi. Yang sering diam-diam saya ampiri jika mencari bacaan parenting . Saya kadang ga komen sama sekali di blog itu tetapi tulisan-tulisannya saya scroll sampe bawah. Hahahahaha. Ampuuuun maks.

26 komentar

  1. Semua nya emak-emak ya..ada yang bapak-bapak nggak ya? hehehe

    BalasHapus
  2. Wah bagus juga nih ada referensi blog parenting rwkomended. Jadi pingin kepoin masing-masing mak...

    BalasHapus
  3. Senang banget ada blogger parenting yang hebat-hebat di atas. Saya suka kagum dengan blogger yang membahas tentang dunia pengasuhan anak. Semoga saya bisa jadi blogger parenting ke depannya mbak.

    BalasHapus
  4. Nah dari 10 blogger parenting ini aku udah ketemu 7 orang loh, MAk Irul udah ketemu berapa? hihihi. Memang bener mereka ini fokus di nichenya ya, walaupun beberapa orang anaknya udah mulai besar. Bunda Irul juga blogger parenting panutan aku loh

    BalasHapus
  5. Ada beberapa yg udah Mbak sebut disini juga sering ku baca, tapi ada yg baru tahu juga malah, heheh.
    Ntar mampir ke blog yg udah disebutkan aahh.
    Mamak itu emang harus selalu belajar kan Mbak :)

    BalasHapus
  6. Beberapa dari mereka ada yg aku kenal ada yang engga. Tapi jadi tau semua deh sekarang, keren sih ini. Mereka goalku nanti mencari informasi tentang parenting. Thanks infonya kakkkkk

    BalasHapus
  7. Kekenaima ama Mira Syahid tu beda orang ya Mak? Kirain satu.

    Ahya Mak, minta linknya Mbak Haya Aliya Zaky dunk.

    BalasHapus
  8. Lha, ada saya. Jadi terharu hahaha. Terima kasih banyak, Mbak.

    Setuju banget lho yang tentang Parenteen. Makanya saya juga kadang-kadang merasakan jungkir baliknya dunia remaja karena lebih banyak merabanya hihihi. Pengen juga ngebanyakin konten tentang parenteen di blog :)

    BalasHapus
  9. Yang paling sering aku kunjungi itu blognya mba Myra hehehe yang lainnya aku kenal cuman jarang-jarang BW-nya hahaha soalna yang suka ikutan list mb Myra

    BalasHapus
  10. Kereeen semua itu blogger parenting hang dilist sama Mak Irul. Some of them aku kenal personally and they are nice indeed

    BalasHapus
  11. Mba, blognya Mba Hiya apa ya nama blognya? aku penasaran hehe aku suka sama blog yang deep writing gitu, jadi penasaran hehe

    BalasHapus
  12. dari 10 hanya 4 yang aku pernah kunjungi blognya.. jadi pengen baca baca juga blog yang lainnya.. suka banget sama blogger yang konsisten menulis tentang parenting.. jadi sumber bacaan yang ringan tapi pasti

    BalasHapus
  13. Hampir semuanyanaku kenal mereka dan memang bagus ya ulasannya di blog. Saat ini saya lagi sering liat2 punya kak myra soale anak beliau ga jauh umurnya sama anak saya yang lagi menuju puber.

    BalasHapus
  14. Dari 10 blog, baru 5 yang pernah saya kunjungi dan baca. Mau baca juga yang lainnya untuk cari referensi bacaan parenting. Soalnya suka adik-adikku tanya tentang anak-anak mereka. Nah mesti cariin buat mereka bacaan yang bagus.

    BalasHapus
  15. Kereen...
    Kagum sama emak-emak yang konsisten menulis parenting.
    Karena dunia pengasuhan itu gak ada nilai bakunya.
    jadi semakin banyak baca, banyak mengamalkan dan ketemu yang klik untuk anak.

    BalasHapus
  16. Enam dari sepuluh blog ngehits ini memang rajin saya kunjungi. Tulisan-tulisannya menginspirasi banget.

    BalasHapus
  17. Emak-emak keren semua yang rajin membagikan cerita pengasuhan anaknya di blog. Suka sama semua teman-teman blogger dan sering mampir juga. Iya nih Mama Diana ini sudah bekerja tapi amsih rajin juga ya menyiapkan bekal bento untuk Diana

    BalasHapus
  18. Ada beberapa blog di atas yang aku suka juga lhoo... Punya Mba Indah Juli dan Chi yang paling sering mampir. Catatan Si Emak juga sering lhooo :))

    Ho oh ya, kayaknya catatan parenteen perlu juga diperkaya dengan konten2 dari para emak yang udah punya anak akil baligh gini. Hayuklah kita perbanyak konten itu maaakk...

    BalasHapus
  19. Dari 10 blogger yang disebutkan di atas, ada yang sudah saya kenali tapi ada juga yang belum jadi pengen kepoin blognya masing2 deh soalnya makin ke sini saya juga nulis di blog dengan bahasan parenting termasuk suka juga baca2 blog bernuansa parenting

    BalasHapus
  20. Kalau zaman dulu awal2 ngeblog saya suka banget sama blog Keluarga Nugraha dan The Pradonos, sayang mereka gak aktif lagi. Bahkan salah staunya mematikan blognya dan lbh milih IG. Pernah nanya alasannya salah satunya krn anak2nya mulai remaja dan makin perlu didampingin.
    Parenteen emang msh jarang, mungkin nanti kalau anak2 yg skrng gedean, mungkin jg akan bermunculan blog parenteen yak :D

    BalasHapus
  21. waa! masyaAllah, aku juga kadang suka blog walking ke mereka mbak.. tulisannya informatif.. mereka rajin update, jadi kita juga dapet info yang update, hihi..

    BalasHapus
  22. Jiaahahahaha, ada blogku, matursuwun sanget mak Irul.
    Dirimu idolaku banget lah, dalam soal pengasuhan anak, terutama pendidikan anak-anak.
    Makasih ya, sering baca tulisanku, semoga kita tetap istiqomah menulis.

    BalasHapus
  23. Emak emak keren ....

    BalasHapus
  24. Pernah ketemu kak Mira baik orangnya ketika event MPR undang netizen seIndonesia
    Kak Juli juga ketemu di sana

    Emak Emak yang humble . .

    BalasHapus
  25. Dari semua blog yang ada saya hanya kenal isnuansa karena dulu waktu awal belajar ngeblog, blog isnuansa banyak membahas tips blogging

    BalasHapus
  26. masya Allah, ucek-ucek mata lihatnya kok ada saya, hahaha
    makasih banyak yaa Mak Irul.
    Catatansiemak juga jadi junjunganku kalau buntu soal parenting. Pas banget Miqdad seumuran sama SID jadi ku tunggu cerita-cerita kalian.

    BalasHapus

Terima kasih untuk kunjungannya. Semoga bermanfaat. Harap meninggalkan komentar yang positif ya. Kata-kata yang baik menjadi ladang sedekah untuk kita semua.