Ashabul Kahfi, Keajaiban Allah untuk Orang-Orang Beriman




Di keluarga kami musik bukanlah suatu hal yang penting. Bahkan kami bisa dibilang tidak pernah mendengarkan musik. Bukan untuk sok-sok an sih. Kami lebih memilih mendengarkan murottal. Anak-anak juga tidak dibiasakan mendengarkan musik.



Nasyid Tanpa Musik
Meskipun tidak mendengarkan musik tapi anak-anak boleh mendengarkan nasyid. Atau nyanyian tanpa musik dengan lirik islami. Semisal nasyidnya Mishaari Rasyid.  Mampir sini ya ramadhan-with-syeikh-misyari-rashed.html   Nah, saya sendiri punya nasyid favorit jadul yang sampai sekarang masih kadang-kadang disetel sama anak-anak.

Raihan

Nasyid Raihan. Ada yang pernah dengar?. Raihan adalah grup nasyid asal Malaysia yang memulai debutnya di tahun 1997 silam. Udah lama banget ya lebih dari 20 tahun. Tetapi lagu-lagu mereka masih eksis lo sampai hari ini.
Favorit saya adalah Ashabul Kahfi. Ini nasyid favorit saya sepanjang masa. Bahkan anak-anak juga suka nasyid ini. Bahkan mereka fasih banget menyebutkan liriknya dalam bahasa Arab.

gua Ashabul Kahfi
(pict by liputanislam.com)

Tiada Yang Mustahil Jika Kamu Beriman dan Bertaqwa
Yang selalu saya ambil dari liriknya untuk menasehati anak-anak adalah “ Tiada yang mustahil di dunia ini jika kamu BERIMAN dan BERTAQWA”. Ya Allah, sungguh semua yang ada di dunia ga bernilai apa-apa tanpa keimanan dan ketaqwaan.
Apalah artinya ilmu tanpa dihiasi iman dan taqwa. Apalah artinya berjilbab dan bercadar tetapi tidak dihiasi iman dan taqwa ia hanya menjadi lembar kain yang ga bernilai apapun. Hanya kain, just it not more!
Begitu juga dengan kehidupan para pemuda. Jika tidak dengan iman dan taqwa mereka hanyalah energy yang tak bernilai apapun. Berharap suatu saat bisa menelusuri jejak-jejak Ashabul Kahfi di Yordania. 
Ashabul Kahfi
Tercatat Sudah Dalam Sejarah
Tujuh Pemuda Yang Beriman
Melarikan Diri Ke dalam Gua
Demi Menyelamatkan Iman

Disangka Tidur Hanya Sehari
Rupanya 309 Tahun
Zaman Bertukar Beberapa Kurun
Di Bumi Bersejarah Urdhu

Begitulah Kuasa Ilahi
Kepada Ashabhul Kahfi
Tiada Mustahil Di Dunia Ini
Jika Kita Beriman Dan Bertakwa

Tercatat Sudah Dalam Sejarah
Tujuh Pemuda Yang Beriman
Tulang Belulang Berserakan
Tulang Dari Binatang Tunggangan
Juga Anjing Yang Dinjanjikan Surga
Qitmir Yang Mulia




Keajaiban Orang-Orang Beriman
Banyak ha yang mustahil tetapi terjadi di muka bumi ini ditunjukkan kepada orang-orang beriman. Banyak keajaiban yang terjadi pada orang-orang shalih dari zaman dulu bahkan sampai hari ini. Jika kamu tidak bisa meminta pertolongan manusia bukankah kamu punya Allah?. Lalu apalagi. Sungguh kita tidak pernah akan pernah puas dengan pertolongan manusia. Cukuplah Allah sebagai satu-satunya penolong.
Saya ingat banget ketika tahun 1998 Raihan mengandakan konser keliling dunia dan mampir ke Jogja. Dan mereka juga syuting fil ‘ Abad 21 “ di Magelang lo. Konsernya dipenuhi oleh keluarga ikhwan-akhwat yang mengikuti nasyid mereka dari awal-awal mereka muncul.

Bahkan pengurus ROHIS SMA-SMA se-Jogja banyak yang janjian buat nonton konsernya Raihan ini. Hahahaha. Makanya ga heran banyak barisan aktivis dakwah sekolah dan kampus yang hadir di konser mereka. Duuuh. Hahahahaha.

Seingat saya hanya nonton konser nasyid Indonesia beberapa bijik. Mulai dari Izzatul Islam, Suara Persaudaraan, Snada , dan teman-teman dari SMA 2 Yogyakarta yang berhimpun di grup nasyid ‘Justice Voice’. Tetapi saya malah ga pernah nonton nasyid kekinian semisal Nisa Sabyan, Opick, atau Melly Guslaw. Udah beda genre. Kalau dulu seringnya tanpa musik kalau nasyid hari ini full musik. Nasyid yang masih saya dengar hari ini nasyidnya Syeikh Mishaari Rasyid dan Raihan. Bahkan saya ingat banget dulu saya punya albumnya Raihan dalam bentuk kaset. Hihihi jadul pisan. Sayangnya kasetnya udah pada rusak sekarang.
Duuh jadi kangen masa dulu. Saat perjuangan ikhwan-akhwat murni karena Allah. Bukan seperti hari ini yang ‘hijrah’ karena trend dan alasan dunia.


1 komentar

  1. Ya Allah jadi ingat zaman kuliah dulu, waktu di Asrama yang didenger lagu Nasyid raihan ini, mendayu, damai di hati. sekarang dah jarang dengerin. tiap kalid enger lagunya, ingatan saya langsung dibawa ke masa kuliah.

    BalasHapus

Beautynesiablog

beautynesia blogbeautynesia