Manusia AKhir Zaman Itu Antik





Kapan itu pas ngobrol di grup Whatsapp kami pada rame ketawa saat ada seorang kawan yang ngasih link video dari instagram. Isinya konyol banget. Dan saya nyeletuk “ manusia akhir zaman ini antik-antik ya”. Dan ketawa lagi pas ngeliat video seorang pemuda unboxing scoopy pacarnya plus nge-vlog bakar STNK. Huahahahaha. Gemes-gemes kesel liatnya. Ada gitu ya manusia antik macam itu.



Tapi sebenarnya yang lebih ajaib itu bukan si laki-lakinya tapi si perempuan yang bilang akan tetap setia sama si laki-lakinya. Langsung keselek saya. Untung saya ga liat video klarifikasi si cewek. Kalau saya liat mungkin sudah ta sumpahi tujuh turunan itu si perempuan. Hahahahaha. Saking mangkelnya soalnya.
Makanya bener kalau ada pepatah orang Bantul Timur bilang “ The Brain is the most outstanding organ. It works for 24 hours, 365 days, right from you birth until you fall in love”. Bedebah bener lah ini pepatah. Wkwkwkwkwkw. Mau dinasehatin kayak gimana tetep aja orang yang lagi jatuh cinta itu otaknya lagi ga ‘lurus’. Ga bakalan masuk nasehat sebaik apapun. Trust me.
Duuh Dek, saya cuman mau bilang " kalau bukan diri kita yang menghargai terus siapa yang mau menghargai kita". Tetap bertahan dengan relationshit macam begitu mah, ah sudahlah...... Wkwkwkwkwk.

Tapi kalau saya bilang sih itu bukan jatuh cinta. Tapi bego alias nafsu. La wong para ulama selalu bilang “ Cinta itu merangkul ketaatan dan menentang kedurhakaan” ( Sahal bin Abdullah). Dan banyak ulama bersepakat bahwa hawa nafsu itu bukan cinta. Makanya tidak ada cinta dalam kedurhakaan kepada Allah. Makanya kalau orang berbuat zina itu kategorinya bukan jatuh cinta. Karena ulama sepakat bahwa cinta akan terhapus dari orang yang berbuat zina.
Kembali ke orang-orang antik akhir zaman ini. Makanya ga heran tuh ya kita akan geleng-geleng sama kelakuan manusia di penghujung  zaman ini. Ada aja perbuatannya yang ga masuk akal. Makanya ga heran kalau liat pelakor malah’ ngegas’ saat ditegur. Lalu koar-koar terdzalimi. Ini nih pengen nampol aja bawaannya.
Makanya saya selalu bilang sama anak-anak “ jangan sampai lupa itu dzikir pagi dan petangnya dibaca. Jangan sampai ketinggalan. Karena ada satu doa yang bagus banget di salah satu dzikir yang dianjurkan di situ. Yakni “ Yaa hayyu yaa qoyyum birahmatika astaghitsu ashli lii sya’ni kullahu wa laa taqilnii ila nafsi thorfata ‘ayni”
Ya Allah Yang Maha Hidup dan Berdiri sendiri lagi terus menerus mengatur mahkluk-Nya, dengan rahmat-Mu aku memohon pertolongan, baguskanlah semua urusanku dan janganlah Engkau serahkan aku kepada diriku sendiri walau hanya sekejap mata”


Meminta banget sama Allah agar selalu dibimbing. Jangan sampai Allah menyerahkan urusan diri kita kepada diri  kita sendiri. Ga akan sanggup kita mandiri dari Allah. Beneran. Yang ada malah nyangkut ke sana-kemari.


Saya bilang sama diri sendiri. Duuh jangan sampai saya ketlingsut ‘jalan’. Bukan karena takut diviralin. Tapi lebih takut jauh dari jalan Allah. Takut bikin malu muslim yang lain. Takut bikin malu anak-anak sendiri. Takut doa saya untuk anak-anak jadi ga makbul. Padahal dunia begitu keras. Anak-anak saya butuh bimbingan. Kalau emaknya ga taqwa siapa yang mau bawa mereka ke jalan yang bener?.

13 komentar

  1. Bener kalau emaknya ga taqwa siapa yang mau arahin dan ajarin anak pada kebenaran ya mbak, suka banget

    BalasHapus
  2. Bener banget. Semoga ya kita selalu bisa memberikan yang terbaik untuk anak2..

    BalasHapus
  3. Bener banget mba. Zaman sekarang ngeri2 asoy aa yantangan buat anak2 kita. Penting sekali orabg tua yang taqwa ubtuk anak2 yang takqwa kelak

    BalasHapus
  4. Aku juga kesel loh lihat yang unboxing scoopy itu. Cowok ga modal banget sih beraninya ngerusak barang yang bukan miliknya sendiri. Misalpun punya sendiri juga ga punya pikiran banget lah. Apa untungnya coba. Konyol banget ya.

    Semoga doa kita sebagai orang tua yang ingin anak-anak kita melangkah dalam naungan Ilahi terus terjaga ya mak. Semoga kita dikuatkan untuk mengawal anak-anak hingga menjadi manusia yang berguna.

    BalasHapus
  5. PR buat ako sebagai ortu Mak, ya mendidik dan mengarahkan anak menjadi lebih baik di jalanNya.
    MKasih remindernyaa..

    BalasHapus
  6. Setuju aku mba, manusia manusia di jaman sekarang nyeremin, berani komen bahkan sampai ngelakuin hal yang di luar akal sehat

    BalasHapus
  7. Apa cm ak mba yg ga tau ad apa gerangan sm video unboxing scoopy. Jujur ga pernah liat n ga tau beritanya sebelum baca ini. Smg kita dan keluarga dijauhkan y mb dr pengaruh jelek diluar sana.

    BalasHapus
  8. Setuju, Mbak. Zaman sekarang kok menurutku uantik-uantik. Apa-apa kok menurutku kayak sengaja dibuat berlebihan. Etapi gak tau juga sih, mgkn berlebihan versiku aja.Tapi intinya memang semua kembali pada tameng diri. Iya,kita harus ounya tameng yang kuat untuk menghadapi yang aneh-aneh di akhir zaman ini

    BalasHapus
  9. Duh aku baru tahu malah kalau si cewek masih setia menunggu si cowok keluar dari sel. Hastagah rasanya gemes pisaaann.
    Itu cowok dengan santai unboxing motor si cewek depan orang banyak, lha kalau pas gak ada orang banyak itu nanti emosinya piyeeee sama ceweknya :(

    Akhirnya memilih tutup mata dari yg viral2 sih aku, demi kewarasan.

    BalasHapus
  10. Mba aku pun lihat unboxing itu, ya Allah elus dada kenapa begini generasi sekarang ini.
    Makasih juga dzikirnya mba, heheheh aku saved ini buat dibaca. Semoga kita terlindungi dari hal-hal yang tidak baik aamiin

    BalasHapus
  11. Betul, Mak
    Aku pun jadi sering membayangkan kekhawatiran kelak anakku jadi apa kalau aku ga berubah lebih baik.

    BalasHapus
  12. Ikutan kzl juga liatnya, udah salah malah bertingkah. Aku sering banget wanti-wanti sama anakku yg sdh remaja utk selalu ingat Allah tiap kali akan melakukan sesuatu

    BalasHapus
  13. Makin hari emang makin aneh, kalo gak kuat iman bisa ikutan terjerumus..latah.

    Doa perlindungan kepada Allah itu wajib banget..jangan sampai kita dibiarkan ikut masuk..ke dalam keanehan tsb..

    BalasHapus