Mengenal 3 Desa Wisata Jawa Tengah Terbaik Untuk Dikunjungi


Mengenal 3 Desa Wisata Jawa Tengah Terbaik 
Untuk Dikunjungi


Meta deskripsi: Wisata Jawa Tengah memiliki banyak desa wisaya yang bisa dikunjungi dan belajar budaya langsung di tempatnya.
Desa wisata adalah konsep pengembangan pariwisata yang dicetuskan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Indonesia sejak tahun 2009. Di Jawa Tengah sendiri, terdapat sekitar 35 desa wisata yang terus berkembang.



Setiap tahunnya, diadakan Festival Desa Wisata Jawa Tengah untuk menunjukkan potensi dari masing-masing desa. Tujuan dari desa wisata ini adalah untuk memberikan pendapatan bagi masing-masing daerah. Pendapatan ini nantinya akan digunakan untuk pengembangan kemajuan desa itu sendiri.

Kriteria Desa Wisata yang Baik

Dari sekian banyak desa wisata tersebut, ada beberapa yang menonjol dan benar-benar menerapkan konsep community-based tourism. Kriterianya, sebuah desa wisata harus bisa menjadi tujuan wisata yang nyaman, aman, serta menarik bagi para turis. Selain itu, inovasi dan pengelolaan obyek wisata harus selalu dilakukan agar desa wisata tetap terjaga dengan baik.
Nah, kalau Anda ingin tahu seperti apa desa wisata terbaik yang ada di Jawa Tengah, simak informasi berikut, ya.

1.     Desa Wisata Candirejo

pict by: borobudurpark

Desa ini terletak hanya 3 kilometer dari tempat wisata Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Di sini, penduduk menyediakan penginapan tradisional yang masih terasa kental dengan kearifan lokal.
Desa Candirejo memiliki konsep agrowisata yang masih asri dan menjunjung tinggi budaya asli. Pemandangan yang ditawarkan termasuk persawahan yang masih dikelola secara konservatif.
Sudah banyak wisatawan domestik dan mancanegara yang datang untuk melihat langsung kegiatan yang ada di desa ini. Memancing, berkeliling ke Bukit Menoreh, dan belajar kesenian adalah beberapa hal yang bisa dilakukan.
Selain itu, masyarakat setempat juga memproduksi kerajinan seperti tikar, hiasan meja dan dinding, tas, dan lukisan. Hasil kerajinan tersebut bisa Anda beli dan bawa pulang sebagai oleh-oleh.

2.     Desa Wisata Dieng Kulon

pict by: diengkulon-banjarnegara

Sekitar 55 kilometer dari Banjarnegara, terdapat sebuah desa wisata Jawa Tengah yang disebut dengan desa wisata Dieng Kulon. Desa ini berada di ketinggian 2.093 meter di atas permukaan laut sehingga udara hariannya cenderung sejuk.
Wisata utama yang ada di desa ini adalah Dataran Tinggi Dieng. Selain itu, terdapat wisata alam dan sejarah yang bisa dikunjungi seperti Kawah Sikidang, kompleks candi, Sendang Sedayu, dan Telaga Bale Kambang.
Desa wisata Dieng Kulon termasuk desa yang cukup berkembang. Para pengunjung bisa menginap di homestay yang disediakan oleh para penduduk desa. Setiap tahunnya, diadakan Dieng Culture Festival yang bertepatan dengan prosesi ruwatan rambut gembel.

3.     Desa Wisata Kandri

pict by: traveldetik

Desa wisata Kandri adalah pemenang Festival Desa Wisata Jawa Tengah 2018. Letaknya berada di Gunungpati, Semarang. Potensi yang dimiliki ole desa wisata ini didukung juga oleh objek wisata yang ada di sekitarnya seperti Goa Kreo dan Waduk Jatibarang.
Para penduduk setempat juga rajin berinovasi sehingga memiliki daya tarik yang tinggi. Misalnya saja dengan secara rutin mengadakan pentas kesenian tradisional Jawa dari mulai wayang, ketoprak, hingga kesenian lesung.
Selain itu, mereka juga sudah mengembangkan UKM yang memiliki produk unik yaitu keripik pisang dan nasi kera. Bagi Anda yang ingin menjelajah kawasan agrowisatanya, desa ini adalah penghasil pisang, jambu kristal, singkong, dan pare.
Sebagai fasilitas untuk pengunjung, desa wisata Kandri sudah memiliki ragam pilihan homestay yang memadai serta aula pertemuan untuk melakukan berbagai acara.
Ketiga desa wisata tersebut selain merupakan andalan dari wisata Jawa Tengah, juga berprestasi dalam memajukan daerahnya. Para penduduknya sudah terbiasa ramah dengan adanya pengunjung, sehingga memberikan kenyamanan tersendiri. Dengan begitu,  desa wisata bisa menerima modernisasi tanpa harus kehilangan jati diri.

42 komentar

  1. jawa tengah ini banyak tempat wisata dan kuliner yang oke oke

    BalasHapus
  2. Harusnya Kudus ataupun kota kecil lainnya bisa mencontoh desa wisata yang dikelola super okay ini šŸ˜‰

    BalasHapus
  3. Wah, semakin banyak tempat wisata yang bagus dan wajib di kunjungi kalau lagi di Jawa Tengah.

    BalasHapus
  4. Aduuuh asri banget ya, mbak. Sayang Ujame baru ketemu blog ini padahal beberapa hari yang lalu ke Jogja. Kalo engga kan bisa mampir ya :(
    Next semoga, In syaa Allah

    BalasHapus
  5. banyak yang bagus ya mba penasaran sama 3 Desanya apalagi Desa Kandri pengen cicip nasi kera unik pisan ini mah ya :)

    BalasHapus
  6. Aku penasaran yang desa wisata kandri penghasil nasi kera, nah nasi kera itu yg kayak gimana ya mba

    BalasHapus
  7. Desa wisata ini dapat membuat warganya jadi lebih bersemangat membangun ya mak... banyak potensi yang dulunya terpendam jadi tergali...

    BalasHapus
  8. Wisata di Jawa Tengah tuh bagus bagus ya. Aku malah baru tahu ada desa wisata yang teryata aksesnya juga dekat dengan tempat wisata yang udah terkenal. Moga kapan kapan aku bisa ke sana :)

    BalasHapus
  9. Nasi kera? Pernah denger, jadi penasaran penampakannya. Dari ketiga diatas pingin banget ke dieng kulon^^

    BalasHapus
  10. wah tertatrik banget terutama nomor 2, kebetulan lagi di daerah sini...makasih mbakk tulisannya :)

    BalasHapus
  11. Waaooo pengen ke Dieng Kulon, deket Banjarnegara ya, saya punya sodara jauh di Banjarnegara, tapi lumayan jauh ya dari Surabaya.
    Kakak ipar saya ke sana makan waktu berjam-jam dari Surabaya, tapi emang beneran keren-keren desa di sana :)

    BalasHapus
  12. Menginap di desa sangat lah menyenangkan dan bisa mencari suasana baru ala pedesaan di Jawa tengah

    BalasHapus
  13. Pengen banget bisa berkunjung ke desa wisata Kandri. Tapi apa daya aku belum bisa ke sana. Aku cuma pernah ke desa wisata Lerep Ungaran.

    BalasHapus
  14. Pingin ke desa wisata dieng kulon, trus nginep situ, ngebayangin menikmati suasana paginya pasti asik banget

    BalasHapus
  15. Waah, dekat semua tuh sama kampung halaman aku mba, aku belum pernah ke yang Gunung Pati itu, mudik besok ke sana ah

    BalasHapus
  16. Jawa tengah emang banyak wisatanya. dari ketiga rekomendasi diatas aku pernah ke dieng 3 kali. kenapa sampe 3 kali, karena disana emang ngangeni. apalagi sama kacang babinya. anak2 gimbalnya, 3 danaunya, candi2nya, kawahnya bisa masak telor rebus. banyak bgt yg bikin seru disana.

    BalasHapus
  17. Aku belum ke 3 tempat itu. Sekarang memang lagi musim bikin desa wisata. Semacam kembali ke alam gitu ya

    BalasHapus
  18. Belum pernah ke semuanya. Eh, pernahnya ke Kandri aja, tapi nggak ke Goa Krea atau Waduk Jatibarangnya melainkan buat main river tubing. Padahal Desa wisata Kandri paling dekat dr rumah. Kalau ada waktu pengin nyempetin main ke Kandri nih ngajakin keluarga.

    BalasHapus
  19. Desa wisata juga bisa menjadi percontohan bagi desa-desa lainnya, ya. Biasanya kan desa wisata lebih tertata rapi

    BalasHapus
  20. Jadi ingat Desa wisata Banyumulek di Lombok Barat.
    Di mana semua warganya pengrajin keramik.

    Baidewei, nama nasinya unik ya, nasi kera.
    Maksudnya kera, monyet gitu, mba?

    BalasHapus
  21. Aku malah baru ke Desa Wisata Dieng Kulon pertengahan Nopember kemarin. Kalo Kandri cuma singgah dan nggak eksplor semua

    BalasHapus
  22. saya 13 tahun tinggal di semarang kok ya belum pernah ke tempat wisata itu :( nanti kalo pulang kampung kudu diagendakan ini. Padahal enakan dulu ya pasti belum terlalu ramai dan heboh dan macet kayak sekarang. Etapi macet ndak bu ke tempat-tempat itu? Efek sekarang beraktivitas di jabode jadi pikirannya macet terus haha

    BalasHapus
  23. Wah mantaps nih informasinya...pengen jg main ke sana suka bingung mau kemana kemana nya nemang..klo ada info kyk gini jd tau tujuan..

    BalasHapus
  24. Belum pernah ke3nymba... Mudah2an dalam watu dekat deh kpingin explore lbh lnjut

    BalasHapus
  25. Liburan ketiganya emang seru banget ya Mbk, aku ama keluarga belum pernah ke sana jadi penasaran

    BalasHapus
  26. Wah, aku baru tahu dengan Desa Wisata ini. Memang disiapkan buat wisata, ya? Pastinya bagus2 dan indah2. Kayak Wisata Dieng itu. Duh... jadi kepengen main deh ke sana

    BalasHapus
  27. Dari ketiga desa wisata di atas aku baru berkunjung ke satu tempat aja di Dieng

    BalasHapus
  28. Belum pernah jalan-jalan ke desa wisata, artikel ini bisa jadi referensi nih kalau saya mau ajak anak-anak traveling ke desa wisata

    BalasHapus
  29. Cantiknyaa~
    Back to village yaa...judulnya.

    Kalau berkunjung ke desa begini, jadi ingat jaman kecil.
    Aku pernah dititip di rumah nenek di desa selama 4 bulanan.

    Ya Allah~
    Sederhana banget.

    BalasHapus
  30. Masya Allah,, Indahnya wisata dieng kulon, masih asri banget ya kak dan kayaknya juga sejuk. Semiga aja bisa kesana secepatnya.

    BalasHapus
  31. Yang belum pernah malah ke Kandri. Padahal aku sering banget me Semarng. Dan gunung pati ada kampus almamaterku heheh

    BalasHapus
  32. Saya baru pernah ke dieng aja mba, sekalian sambang mertua di banjarnegara hehe

    BalasHapus
  33. Belum pernah nihbke Dieng Mba, liat potonya aja udah bikin mupeng lg inih

    BalasHapus
  34. Wah ini jadi 3 desa yang ada di wishlist aku buat dikunjungi. Dieng yang paling aku ingin datangi.

    BalasHapus
  35. Aku pengen deeh mak ke sini.. punya rencana ama Udi mau road trip, apalagi jalan tol udah ok

    BalasHapus
  36. Desa wisatanya keren keren ya kak. Malah nggak gitu keliatan itu desa. Salut deh

    BalasHapus
  37. Aku loh yang dekat dengan Kandri malah belum pernah ke sana hihihii... Yang Candirejo malah udah pernah, cuma sambil lalu aja sih ga begitu lama di sana.

    BalasHapus
  38. Belum pernah sekalipun ke tempat2 itu hehe. Penunjukan suatu lokasi jd desa wisata sangat positif ya mbak, bisa utk membangun perekonomian desa jg. Moga kelak bisa ke sana :D

    BalasHapus
  39. Aku salfok. Foto terakhir duduk di atas apa sih mak irul? Putih2 berbusa

    BalasHapus
  40. Bagus bagus desa wisatanya..jadi pingin ke sana

    BalasHapus
  41. Yg Desa Wisata Kandri itu berasa fresh banget ya Mbak, tempatnya. Jadi pengen main kesana deh. Tentunya ke dua lokasi lainnya juga pengen, apalagi yg dekat dengan Candi Borobudur dan Dieng itu :)

    BalasHapus
  42. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus