Mencicipi Sup Ikan di Piayu Laut, Batam


Mencicipi Sup Ikan di Piayu Laut, Batam



Sebelum ke Batam saya sudah gugling apa aja kuliner khas Batam yang bisa dicicipin. Sampai saya menemukan postingan mas Aji dari @BatamDine. Doi memposting sup ikan. Rencananya saya mau gosend tapi kok lokasinya jauh dari hotel tempat saya menginap. 


Dan alhamdulillah menjelang pulang ke Yogyakarta kami dimampirkan restoran terapung di pinggir laut yang menyediakan menu seafood. Dan taraaa salah satu menunya adalah sup ikan. 

Restoran ini memberikan kesempatan untuk para pengunjung memilih sendiri ikan yang akan diolah. 

Kami mampir di Kelong mak uteh di Kampung  tua Piayu Laut, Batam. Mereka menjamin menu seafood mereka halal insya Allah. 

Kami memilih menu Sup Ikan Kakap, Udang saus lada hitam dan tak lupa rebus Gonggong. 

Sup Ikan Kakap


Sup ikannya masya Allah luar biasa nikmat. Mungkin karena ikannya adalah ikan segar yang masih hidup saat akan diolah jadi cukup dengan bumbu minimalis pun sudah lezat tiada tara. Duuh ini bener-bener nikmat. Daging kakapnya juga lembut dan terasa juicy. Kayak ga perlu dikunyah langsung lumer aja di mulut. Semacam dimasak ga pake lama gitu. 

Udang Saus Lada Hitam


Menu kedua adalah udang bumbu lada hitam. Lada hitamnya ga tanggung-tanggung.berlimpah. Bumbu rempahnya juga kerasa, saya menemukan kembang lawang didalam masakan ini. Bisa dibayangkan kan gimana spicynya menu ini. 
kami pesan 1/2 kg udang dan ternyata masih ada yang dibungkus. Karena kami ga bisa ngabisin.

Rebus Gonggong


Menu terakhir yang saya coba adalah Gonggong. Jadi gonggong ini adalah kerang laut berbentuk siput.  Dimasak dengan cara direbus dengan bumbu minimalis. Memakannya mudah banget. Pegang gonggong dengan tangan kiri kemudian tusukkan tusuk gigi sampai mentok ke bagian dalam gonggong. Putar tusuk gigi sambil mengambil daging gonggong di bagian dalam. Tarik keluar. Taraaa kita bisa menikmati gonggong laut yang syegar. Ya ampun, ini kerang paling nikmat yang pernah saya nikmati. 

Harganya terjangkaulah untuk menu seafood selezat itu. Worth it lah untuk kesempatan mencicipi menu seafood khas Batam. Nikmatnya malan di warung makan ini adalah karena kita disuguhi pemandangan laut langsung. Konsep rumah makannya terapung. Angin laut menyapa dengan ramah dan kita seperti diayun-ayun. Matur nuwun sanget buat teman-teman untuk jamuannya selama kami di Batam. Tabik J

Saya jadi pengen masak sup ikan khas Batam ini. Mudah-mudahan ada yang berbagi resepnya di internet. 

6 komentar

  1. Aku ngebayangin enaknya makan gonggong sambil diseruput dari cangkangnya itu. Pasti kenyang dan fresh lihat pemandangan lautnya.

    BalasHapus
  2. Ya allah kk aku ngilerr. Sop ikan langsung dr batamnya pasti enak bgt

    BalasHapus
  3. Wah siput gonggong aku jadi mau kangen banget makan siput gonggong

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  5. Usually, I never comment on blogs but your article is so convincing that I never stop myself to say something about it. You’re doing a great job Man. Best article I have ever read

    Keep it up!

    BalasHapus
  6. Duh, nama makanannya lucu2 banget yaah. Tapi itu bahan utamanya banyak seafood yaa..enak dan bergizi

    BalasHapus

Beautynesiablog

beautynesia blogbeautynesia