Tristan The Traveler: Negeri Kincir Angin




Setiap anak pasti suka dibacain buku cerita. Apalagi sekarang Miqdad usianya lagi seneng-senengnya dibacain buku. Apa aja minta dibacain. Bahkan dia suka juga nyodorin print-print an laporan ayahnya buat dibacain. Hahahaha.


Nah, kemarin kami baru dapat buku anak baru nih. Buku anak bergambar ini karyanya mbak Susan Bachtiar. Ada yang ingat kan sama doi. Iya, dia artis Indonesia. Nah, saat ini mbak Susan nulis buku anak bergambar. Tristan The Traveler adalah karya kak Susan yang bercerita tentang perjalanan seru Tristan (putranya) saat menjelajahi banyak negara.

Nah, kali ini Tristan The Traveler bercerita tentang Negeri Kincir Angin, Belanda. Nah, buku ini bagus banget. Soalnya bercerita tentang suatu negeri yang jauh dang a pernah dilihat anak-anak saya tetapi bisa menggambarkannya dengan detail dan ditangkap oleh anak-anak.
A post shared by siti hairul /catatansiemak.com (@siti_hairul) on


Kami memiliki kebiasaan membaca nyaring. Jadi menjelang tidur malam anak-anak membawakan buku yang mereka pilih untuk saya atau ayahnya bacakan. Dibacanya dengan suara keras. Dengan intonasi dan irama yang jelas. Bahkan kalau bisa disesuaikan suaranya dengan objek yang sedang dibaca. Menurut beberapa literatur yang saya baca. Membaca nyaring ini membawa beberapa keuntungan bagi minat baca anak-anak. 

Hasil penelitian yang dilakukan oleh Rothlein dan Meinbach (1993) menunjukkan bahwa membaca nyaring dapat meningkatkan keterampilan berbahasa lainnya, membantu perkembangan anak mencintai buku, dan membaca ceritera sepanjang hidupnya. Anak-anak cenderung meniru dan mengikuti jejak orang dewasa. Pendapat yang mirip disampaikan oleh Cox (1999), membaca nyaring untuk anak-anak yang dilakukan setiap hari merupakan sesuatu yang penting untuk mengajar mereka menyimak, berbicara, atau menulis. Pembacaan ceritera yang dilakukan oleh orang tua akan membawa anak dalam perkembangan bahasa yang baik, melalui perkembangan kosa kata, semangat membaca, dan sukses dalam belajar membaca permulaan. Anak yang sering dibacakan ceritera akan menolak jika didongengi.

Membaca nyaring itu beberapa kebaikan yang bisa diperoleh kalau kita membiasakan membacakan anak-anak cerita atau buku dengan suara nyaring. Selain itu moment membacakan cerita ini merupakan bonding yang baik banget untuk keluarga. Kalau ayah dan ibu sedang sibuk atau terpaksa tidak bisa membacakan buku biasanya anak tertua akan dengan sukarela mengambil kesempatan ini. Dan mereka akan membacakan adik-adiknya cerita dengan senang hati. Karena mereka merasakan kesenangan luar biasa karena dulu mereka juga dibacakan cerita dengan suara nyaring oleh ayah dan ibu. 

Saya sendiri termasuk orang yang selektif memilih bahan bacaan anak-anak di rumah. Pilihan pertama adalah bacaan yang bersifat positif dan membangun imajinasi. Lalu buku-buku dengan gambar-gambar yang menarik dan edukatif. Nah buku cerita anak Tristan Traveler ini memenuhi semua kriteria yang saya inginkan. Berharap ada banyak seri yang akan segera diterbitkan. Sehingga menambah khasanah buku cerita anak yang sarat gizi bagi perkembangan anak-anak Indonesia. Dan mampu membangun minat baca anak-anak Indonesia. Tidak hanya untuk wilayah perkotaan tetapi juga di seluruh pelosok Indonesia. 


20 komentar

  1. Saya terkejut Susan Bachtiar bisa bikin buku cerita buat anak-anak. Memang luar biasa talenta mbak yang satu itu, bikin saya jadi terpesona..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mb Vicky Kayakny sekarang Susan Bachtiar concern kepenulisan

      Hapus
  2. Jadi pengen beli buku ini buat Tio, lagi senang baca anaknya.
    Kalau nanti aku punya buku anak mau juga direview sama mak Irul :D

    BalasHapus
  3. Semoga semua anak Indonesia bertambah minat bacanya ya..

    BalasHapus
  4. Semangat membaca untuk anak indonesia

    BalasHapus
  5. Salah satu kegiatan wajib sebelum tidur di rumah kami adalah membaca cerita
    Dulu waktu Prema belum bisa baca, ya gantian saya atau ayahnya yang bacain cerita
    Sekarang, dia udah bisa baca jadi kadang2 dia yang baca cerita dan kami yang dengerin

    Banyak manfaatnya membaca cerita ini
    Selain menambah kosakatanya juga melatih ketepatan membaca dengan tanda baca yang benar sehingga dia juga belajar kapan berhenti, kapan berseru dst

    BalasHapus
  6. Banyak keuntungan memang dengan membaca nyaring. apalagi untuk penulis, bloger, editor ,maupun siswa sekolah karena bisa mengetahui kalimat yang enak dibaca dan yang tidak

    BalasHapus
  7. Sejak Beberapa bulan lalu, setiap mau tidur, anak saya selalu minta dibacakan buku cerita. sepertinya buku ini bisa menjadikan salah satu bahan bacaan sebelum tidur untuk anak saya nih ��

    BalasHapus
  8. Buku yang bagus, kebiasaan keluarga yang bagus. Semoga anak2 makin cerdas, Mbak ^__^

    BalasHapus
  9. waktu anak-anak saya maish kecil juga saya suka bacain cerita dengan cara seperti itu. Momen membacakan buku menjadi salah satu kegiatan yang menarik

    BalasHapus
  10. Banyak ya, keuntungan membaca nyaring untuk anak. Tentunya dengan dibarengi dengan memberi bacaan yang positif dan penuh gambar menarik yang bisa memikat rasa ingin membaca anak-anak.

    BalasHapus
  11. salfok sama Susan Bahtiarnya ternyata bisa nulis buku dan buku anak lagi jd oenasaran pengen beli bwt anak2 apalagi jg anak2 seneng dengerin cerita

    BalasHapus
  12. OOo ternyata ada manfaatnya ya membaca nyaring. Terima kasih informasinya.

    BalasHapus
  13. Aku senang nih kalau ada buku yang bisa membangun imajinasi anak anak mba.

    BalasHapus
  14. Ya Allah ternyata baca nyaring itu biaa buat anak mencintai buku ya. Coba ah nanti. Saya biasanya baca santai tapi tetep pakai intonasi

    BalasHapus
  15. Membaca nyaring waktu kecil merupakan kebiasaan yang sulit dakuw tinggalkan, tp benar manfaatnya kerasa sekrang kita akan gampang memahami/menyimak bacaan orang lain. sebagai blogger membaca dan menulis merupakan satu kesatuan yg utuh yang tdk bisa dipisahkan.

    BalasHapus
  16. wah bukunya bagusss nih mengenalkan negara dan budaya lain. Makasih referensinya ya Emak.

    BalasHapus
  17. Waaahh aku mau cari buku ini ah, biar anak2 suka berpetualang gak diem di satu tempat aja xixixi :D
    Makasih referensinya ya mbak :D

    BalasHapus
  18. Aku juga suka baca nyaring melatih anak buat artikulasi dan kosakata baru

    BalasHapus