Belajar Membaca Dengan Mudah Untuk Anak-anak Bersama Buku 'Bacalah'




Belajar membaca buat anak-anak itu pengalaman yang luar biasa. Sebenarnya sudah jadi tabiat manusia sih ingin tahu banyak hal. Dan anak-anak juga sadar kalau mereka bisa membaca keingin tahuan mereka akan banyak hal bisa terobati. Soalnya banyak hal bisa didapat dari buku bacaan, gambar yang ada tulisannya, tontonan yang ada teks-nya misalnya. Banyak bangetlah yang bisa anak-anak dapat kalau dia bisa membaca.



Tetapi meskipun anak-anak tahu kalau membaca itu penting keahlian membaca tidak kemudian dikebut agar anak-anak bisa membaca sesegera mungkin. Bahkan bisa dibilang banyak anak saya yang bisa membaca dengan lancar di atas usia 7 tahunan. Mungkin hanya Shuhaib yang lancar baca di usia 5 tahun.

Ada beberapa metode yang saya pakai. Beberapa buku juga yang digunakan. Dari yang murah meriah sampai yang harganya ratusan ribu berbentuk kartu-kartu bergambar dengan kertas bagus. Nah, kemarin saya ketemu buku metode membaca yang menurut saya bagus banget. Mungkin informasi ini bisa bermanfaat buat para ibu lain yang sedang mengajari anak-anaknya membaca.


Ga sengaja nemu buku ini di sebuah toko alat-tulis di Kota Gedhe, Airlangga namanya. Masya Allah toko ini sudah banyak banget pahalanya. Hampir semua anak sekolah dari zaman dulu sampai sekarang di sekitaran Kota Gedhe Yogyakarta membeli banyak keperluan belajar dari toko ini. 

Nah, kemarin saya nemu buku ‘ Bacalah, Cara Cepat Belajar Membaca’ terbitan Yayasan Tim Tadarus AMM “As’ad Humam” Yogyakarta. Penerbit legendaris untuk buku belajar membaca qur’an ‘ Iqra’. Nah buku ‘Bacalah’ ini satu penerbit dengan buku ‘Iqra’. Makanya gaya-gaya baca-nya jadi mirip belajar IQRA.

Saya suka banget pakai buku ini buat ngajarin anak-anak ( Zubair dan Mus’ab). Bukunya tipis satu jilid paling cuman 15 halaman termasuk dengan daftar isi dan kata pengantar. Ada 4 jilid: 1A, 1B, 2 dan 3. Dari kata yang paling mudah sampai kata-kata yang sulit diucapkan. Sekarang Mush’ab (5 tahun) sudah hampir selesai jilid 1. Jadi dia sudah bisa baca kata-kata sederhana semisal: ada, dada, saya, mama, papa dan kata sejenis yang mudah dieja. Kalau Zubair (7 tahun)sih sekarang sudah bisa merangkai kata sederhana menjadi kalimat.

Sayangnya buku ini bersampul tipis. Jadi mungkin anak-anak harus diajarin lebih ekstra hati-hati untuk merawat bukunya. Oia buku ini juga ada yang khusus belajar berhitung dan menulis.

Oia yang perlu dicatat sih sebaiknya tidak terburu-buru mengajari anak membaca. Kalau buat saya sih yang penting anak-anak terbiasa dengan kegiatan membaca. Bukan hanya sekedar baca thok. Kemampuan membaca nanti akan menyusul dengan ketertarikan mereka dengan bacaan. 

Selamat belajar buat para orangtua dan anak-anak. Orangtua belajar sabar, anak-anak belajar lebih banyak ilmu pengetahuan.

14 komentar

  1. mbak berapa harganya"

    BalasHapus
    Balasan
    1. kayaknya ga nyampe 7 ribuan deh. Lupa

      Hapus
  2. Ahh..jadi kangen ngajarin anak keciil..
    Dulu aku paling rajin, sabar kalo ngajarin anak belajar ga pake cubit2an hahhaaa apalgi sapu lidi. Soalnya inget temenku kalo ngajarin anaknya suka bawa sapu ixixx

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahaha. anak2ku kalau baca buku sambil baring2, sambil nglungker2 gitu deh.
      Kalau di sekolahin mungkin gurunya yang stress

      Hapus
  3. Kalau ke Kota Gede, coba mau mampir aaah. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba online, siapa tahu ada yg jual

      Hapus
  4. Mbk, AMM Yogya ini ada pelatihan belajar iqra, tartil dll bukan??waktu SMA aku sama teman2 sekolah pernah ikut pelatihan seharinya. Ingat2 lupa,tp aku inget AMM nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, AMM buka pelatihan baca qur'an tartil, qiroah dll mbak

      Hapus
  5. Senengnya terdampar disini. Kebetulan lg nyari2 buku bwt bocah yg kata2nya sederhana. Browsing ah. Kali aja di onlen ada yg jual. Makasih sharingnya ya Mak Irul. Mamak inspirasi aku nih. 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mak, aku udah ganti berapa aja nih metode ngajarin anak baca nah buku ini yang rasanya paling gampang metodenya :)

      Hapus
  6. wah kalo tipis enak itu mbak, soalnya anak2ku suka setres kalo belajar baca tapi bukune kuandel....

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ya, buku ini tipis jadi anak2 udah seneng duluan hahahaha

      Hapus
  7. Ini emang pas momennya diminta belajar membaca mbak

    BalasHapus
  8. Buku2 kyk gtu bikin anak2 semagat belajar ngajinya ya:D
    Saya pakai iqro yg jilid satu beli di OS, warna-warni menarik gtu buat ngajar anak2 hehe

    BalasHapus