4 Tips Mengurangi Nyeri Pada Lutut



Akhir-akhir ini lutut saya sering ngilu kalau dipakai jalan terlalu lama. Apalagi kalau sepatunya ga pas. Tambah ngilu. Maknya menghindari banget pakai heels. Bahkan meskipun pas event yang dress codenya pakai kain atau jarik tetep aja saya sepatunya pakai kets. Hahahaha. Mau gimana lagi. Ga berani ambil resiko tampil gaya tapi sampai rumah ga bisa kemana-mana lagi.




Pengalaman kemarin pas traveling agak jauh dikit aja lututnya cekit-cekit. Untungnya bawa sneakers. Dihajar naik turun tangga dan jalan kaki dari satu station ke station lain di SG alhamdulillah baik-baik aja. Meskipun malamnya kalau di hotel harus pakai koyo. Hahahaha.

Saya ada beberapa tips nih buat penderita nyeri lutut seperti saya. Siapa tahu teman-teman ada yang punya pengalaman nyeri lutut juga seperti saya bisa nyoba tips saya ini.
     1.     Olahraga secara rutin
Sebenarnya ini saran yang bagus. Meskipun buat banyak perempuan agak sulit untuk konsisten berolahraga. Nah, pilihlah olahraga ringan dan tidak terlalu berat semisal jalan pagi/ jogging ringan, berenang, bersepeda santai dan pilates misalnya. Saya sendiri mencoba untuk merutinkan olahraga renang sambil menemani anak-anak. Dan jujur sih dengan rutin berenang tubuhnya rasanya lebih fit. Tidak mudah ngos-ngos an kalau jalan jauh atau naik tangga.

   2.     Gunakan sepatu berhak datar yang nyaman
Pilihlah sepatu berhak datar yang nyaman dan pas di kaki. Yang alasnya empuk tapi tidak membuat telapak kaki kita terasa ‘tenggelam’. Jadi empuknya pas buat memberi tekanan saat akan melangkahkan kaki. Saya suka banget pakai sneaker dan kets sekarang. Sudah jarang pakai heels.
     3.     Jaga berat badan
Berat badan yang berlebih membuat kerja lutut menjadi berkali lipat lebih berat lo. Asupan makanan yang seimbang memang penting banget menjaga berat badan agar tetap stabil. Bahkan makanan yang sehat juga berpengaruh sekali pada kinerja anggota tubuh. Misalnya konsumsi protein dan kalsium yang cukup membantu tulang kita lebih bertahan lama dan kuat.
   4.     Coba deh konsumsi buah kolang-kaling
Terapi buah kolang-kaling ini sebenarnya baru aja saya coba. Alasannya karena ternyata buah kolang-kaling mengandung banyak kolagen yang bagus buat persendian. Kan sendi di tubuh kita membutuhkan semacam pelumas agar pergerakannya luwes dan nyaman nah kolagen itu salah satu yang membantu menjadi pelumas pada persendian itu. Jadi masuk akal sih kalau mencoba diet kolang-kaling. Lagian buah kolang-kaling harganya ga mahal dan banyak dijual di pasar tradisional. Saya sendiri rutin membuat manisan kolang-kaling di rumah buat dikonsumsi sendiri.



Nah sekarang mau berburu sepatu lagi nih ceritanya. Mau nyari sepatu sneakers atau kets. Mau jalan lagi mak? Iya insyaAllah. Hahahaha. Iyain aja deh. Nah karena pengalaman dari tahun-tahun sebelumnya kalau belanja sepatu yang bagus dan harganya mahal mending beli pas Harbolnas. Iya. Kemarin lihat sepatu sneakers Amanda Jane’s aja harga normal 400-an eh pas Harbolnas jadi 179 ribuan. Whoaaaa. Lumayan banget turunnya.



Rencananya mau nyari sneaker Amanda Jane’s dan running shoes buat Osama nih. Karena Osama juga sudah waktunya ganti sepatu lari. Iya ih kenapa atlet boros sepatu sih? Hiks, emak langsung kekepin dompet. Untungnya Harbolnas Zalora sebentar lagi hadir. Siap-siap ya di promo 1212 nya Zalora. Promo yang berlangsung tanggal 12-13 Desember nanti bakalan heboh deh kayaknya. Jadi jangan sampai ketinggalan yak. Deg-deg an nih nunggu promonya. Hahahahaha.

1 komentar

  1. Soal kolang kaling, udh agak lama aku tau soal manfaatnya. Baca di sosmed ada yg share. Sejak saat itu aku sering beli walau bukan bulan puasa. Haha

    BalasHapus