5 Tips Yang Bisa Dicoba Untuk Menaikkan Berat Badan



Beberapa bulan lalu sejak bergabung di Pembinaan Atlet DIY (Yogyakarta). Osama diminta untuk menaikkan berat badannya. Karena Osama terhitung sebagai remaja jadi kalau turnamen ototmatis berat badannya masuk kategori remaja bukan kids lagi. Karena gara-gara berat badannya kurang ada beberapa turnamen Silat yang tidak bisa diikuti oleh Osama. Duh itu bikin jam terbangnya jadi kurang banyak. Padahal mengikuti turnamen itu membantu banget buat para atlet.


Sebenarnya asupan Osama sehari-hari sih sudah sesuailah untuk anak usia dia. Saya sendiri berusaha menyajikan menu rumahan yang syarat gizi dan disukai anak-anak. Bisa dilihat sendiri di instagram saya khusus menu-menu rumahan keluarga kami di @dapur_simak. Saya sendiri membiasakan diri memasak untuk makanan sehari-hari. Tetapi melihat kegiatan Osama yang benar-benar menguras energi itulah yang mungkin menyebabkan berat badannya susah bongsor. Padahal body sih sudah baguslah anak itu. Bapaknya aja mupeng. Hahahaha.
Osama latihan selama 6 kali dalam seminggu sebanyak dua jam perhari di bawah asuhan pembina atlet DIY di pusat pembinaan atlet Universitas Negeri Yogyakarta. Gimana Osama ga seneng latihan coba, lah pelatihnya aja rata-rata atlet berprestasi. Banyak atlet PON dan atlet yang sudah tampil di ajang turnamen silat internasional yang menjadi coachnya. Makanya anak itu ga bakalan mau kalau disuruh bolos.
Padahal sih Osama ga keliahatan kurus sih. Kalau ikut aturan KONI berat remaja yang bisa ikut turnamen nasional itu minimal 39 kg. Dari awal bergabung berat Osama cuman 30 kg dan sekarang beratnya Osamah cuman kurang 2 kilo. Dudududu. Coba pakai berat emaknya atau bapaknya pasti lolos kan ya. Hahahaha.
Singkat cerita akhirnya kami ajak si Osama konsultasi ke dokter ahli gizi di Rumah Sakit. Dan saran dokter sih sama seperti saran ahli gizi para atlet di tempatnya latihan. Perbanyak asupan protein tinggi semisal ikan. Lalu konsumsi sayur dan buah. Dan untuk mendongkrak berat badan dokternya meminta untuk menambah asupan susu full cream.
Nah dari beberapa bulan sebelumnya kami sih sudah memberi Osama susu setiap hari. Nah selain itu ada beberapa hal lagi yang menurut saya bisa dicoba untuk membantu mendongkrak berat badan anak remaja.


  1. Rutin minum susu Dancow Full Cream
Ini susu yang menurut saya banyak banget membantu buat yang pengen banget naikin berat badan. Saya meminta Osama menambah jatah minum susunya menjadi 4 gelas susu setiap hari. Pagi, siang, sore dan malam hari selama 2 minggu. Rata-rata sebulan saya menyediakan susu Dancow Fortigo Full Cream ini 2400 gram. Dan untuk harga lebih murah sebenarnya bisa dengan cara beli via online. Untungnya sekarang ada Diskon Produk Groceries termasuk susu Dancow Fortigo Full Cream ini. Diskon produk groceries termasuk susu itu membantu banget buat saya. Karena produk groceries itu daftar belanja bulanan yang lumayan banyak makan budget.
  1. Makan sate kuda
Ini sih awalnya saran salah seorang temannya Osama sesama atlet remaja yang sekarang badannya udah jadi banget. Jujur kalau nganter-jemput Osama latihan itu mupeng lihat bodi para atlet remaja ini. Whoaaaaa, ini kenapa perut kotak-kotak semua ciiiiih. Langsung lirik perut sibapak. Hahahaha. Sabar ya Pak, namanya juga sudah bapak-bapak wajarlah perutnya ga kotak-kotak lagi tapi bantal-bantal hahahahaha.
Oia kapan-kapan deh saya tulis tentang review rumah makan yang menyediakan menu sate kuda di Yogyakarta. Karena kami sendiri termasuk sering mampir buat mencoba sate kuda. Meskipun saya sendiri ga makan, khawatir nanti kalau saya makan malah ga bisa tidur. Hahahaha.

  1. Makan menu dari berbagai macam ikan terutama ikan laut
Saran dari dokter yang kayaknya memang harus di jalanin karena hobby saya memang makan ikan. Ini sebenarnya semacam trigger buat emaknya gimana caranya biar bisa bikin menu ikan setiap hari tapi anaknya ga bosen. Hahahaha. Sekali lagi monggo mampir di instagram pribadi saya di @dapur_simak (iklan terselubung).

  1. Ngemil buah advokat dengan santan kental
Kalau ini sih saran orang tua dulu. Tapi ada benernya juga sih kalau melihat buah advokaat yang berkalori tinggi. Belum lagi ditambah santan kental. Kalau buat orang dewasa sebaiknya ga usah sering-sering ya. Bahaya, enak soalnya.

  1. Rutin mengkonsumsi buah pisang
Sebenarnya buah pisang tidak menaikkan berat badan secara cepat sih. Tapi buah pisang ini menurut literatur yang saya baca membantu menjaga kestabilan berat badan. Dan Osama suka ngemil buah pisang buat menjaga agar tidak mudah lelah saat latihan.



Nah mungkin itu ya saran dari saya buat para ibu yang mencoba untuk menaikkan berat badan putra-putri nya beranjak remaja. Ini semua sudah kami coba pada Osama. Dan Alhamdulillah berjalan dengan baik. Osama baru saja ikut turnamen silat Yogyakarta Championship 2 di Yogyakarta. Dan Alhamdulillah meraih Gold Medals. Bisa dilihat video pertandingan Osama kemarin di instagram dan Youtube. Harapannya sih semoga Osama terus semangat latihan dan berprestasi dan tetap rendah hati. Semoga cita-citanya untuk menjadi salah satu atlet silat terbaik dunia bisa terwujud suatu saat nanti. Aamiin ya Allah, please dekap doa kami di semesta-Mu ya Allah (menulis sambil mewek)

14 komentar

  1. Anonim27/10/17

    mau cobaaaa buat Satria dan Btariiiiii. Tuh anak pada modod panjangnya, harus eksta banget ngejar BB

    ttd. Candyselaludihati

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dancow full cream coba bund Candy. Untuk Osama aku fokusnyanya di susu itu

      Hapus
  2. Ada tips menurunkan badan buat si mamak? Hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah ini, soalnya suamiku juga nyari tips nurunin BB dg cepat hahahaha

      Hapus
  3. Anak lanangku juga nggak nambah-nambah berat badannya. Buah yang disukai cuma mangga, kemarin aku beli pisang nggak dimakan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Minum susu mau ga dianya mbLi?

      Hapus
  4. Tips nya berlaku buat emak-emak juga ga mbak? Pengen gemukin badan juga nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayaknya untuk remaja dan dewasa bisa deh trik ini

      Hapus
  5. sate kuda yaaa mba :)..akaau aku malah harus nurunin hehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eh mama Bo udah pernah nyobain sate kuda belum? Klo ke Jogja nyobain gih

      Hapus
  6. Buat dewasa cocok ga nih tips nya. Aku pengen gemukan dikit nih biar agak montok hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berlaku juga untuk dewasa ini tipsnya

      Hapus
  7. Gimana rasanya tu ya makan buah pokat bersama santan?

    BalasHapus
  8. kalau aku susah nurun berat badan hahahaha tapi ada temenku sukses agak gemuk karena minum jamu mbak

    BalasHapus