Rabu, September 20, 2017

7 Keajaiban Kehangatan Transpulmin Balsam Untuk Keluarga

7 Keajaiban Kehangatan Transpulmin Balsam
Untuk Keluarga




Saya ga sengaja kenal Transpulmin Balsam saat mendampingi putra sulung saya yang diterapi karena cedera persendian kakinya. Tahun ini sulung kami itu resmi bergabung di Pembinaan Atlet Daerah Yogyakarta. Sebagai atlet cabang olah raga silat. Enam kali dalam seminggu Osama harus mengikuti latihan fisik rutin di GOR UNY Yogyakarta. Karena setiap sesi latihan ada jogging dan beberapa kali ia tidak memakai running shoes yang memadai membuat cedera ringan di pergelangan kakinya. Ia diharuskan mengikuti sesi terapi di bagian fisioterapi atlet. Dan saat itu terapisnya menawarkan Transpulmin Balsam untuk perawatan di rumah. Sejak itu saya menggunakan Transpulmin di rumah. Bukan hanya untuk perawatan cedera kaki saja tapi untuk banyak treatment di keluarga saya.


Apa Sih Transpulmin?

Transpulmin sendiri adalah balsam yang bisa dioleskan. Yang terdiri dari dua varian. Ada Transpulmin BB Balsam (kemasan putih) yang ditujukan khusus anak dan bayi di bawah usia 2 tahun. Dan Transpulmin Balsam (kemasan kuning) yang dapat digunakan oleh seluruh anggota keluarga yang berusia di atas 2 tahun. Kedua varian ini mengandung Eucalytus Oil dan Ekstrak bunga Chamomile yang bermanfaat dimana minyak atsiri dari kandungannya ini memberi efek menenangkan dan menyegarkan sekaligus menghangatkan badan. Oia untuk Transpulmin Balsam ada kandungan tambahan yakni Menthol, Champor, dan Sage Oil.


Ekstrak bunga Chamomile ini sejak jaman dahulu telah digunakan untuk pengobatan dan perawatan kesehatan. Umumnya ekstrak bunga Chamomile banyak digunakan untuk mengatasi masalah gangguan tidur, masalah pencernaan, pereda sakit dan lain-lain. Pun hingga kini, ekstrak bunga Chamomile banyak digunakan sebagai salah satu bahan produk-produk kesehatan dan kecantikan.


Uap dari ekstrak bunga Chamomile juga dapat membantu meredakan gejala pilek, lho. Caranya dengan mencampur 2 sendok makan bunga Chamomile kering dengan air mendidih di dalam wadah. Lalu tempatkan wadah tersebut di dalam kamar, sehingga si Kecil atau anggota keluarga lain yang sedang pilek dapat menghirup uapnya untuk melegakan pernafasannya. Uap bunga Chamomile ini juga memberi efek menenangkan sehingga si Kecil pun dapat tidur lebih nyenyak, sehingga membantunya memiliki kualitas tidur yang lebih baik. Dengan begitu, daya tahan tubuhnya pun menjadi lebih baik untuk membantunya lebih cepat pulih dari pilek yang sedang dideritanya. (sumber: http://transpulmin.co.id/home/)


Penggunaan juga mudah kok hanya diusapkan pada dada, punggung dan daerah yang sakit untuk memberi efek meredakan sakit sekaligus menenangkan. Saya menyimpan dua varian Transpulmin ini di rumah untuk persediaan. Transpulmin kemasan putih untuk bayi dan Transpulmin kemasan kuning untuk seluruh anggota keluarga yang sudah di atas usia 2 tahun.

Saya membiasakan diri untuk tidak tergantung dengan obat-obatan dari dokter. Sehingga selain berusaha membiasakan hidup sehat biasanya saya melakukan terapi alami dulu di rumah sebelum terpaksa harus pergi ke dokter. Alhamdulillah terapi yang saya lakukan untuk keluarga saya lumayan manjur. Mungkin karena sugesti dalam diri anak-anak bahwa kalau ibunya yang ngobatin langsung hilang sakitnya. Nah, berikut adalah 7 keajaiban Transpulmin Balsam buat keluarga saya. Sebenarnya lebih dari 7 sih tapi sementara ini saya cerita 7 keajaiban ini dulu aja.


Sejak anak pertama saya sudah membiasakan diri memijat bayi kami sendiri. Alasan pertama sih lebih hemat dan pijat bayi itu membentuk bonding ibu dan bayi dengan kuat. Apalagi jika anak sakit batuk pilek yang ga mau dipegang orang lain kecuali ibunya. Jadi saya sempat ikut pelatihan pijat bayi berbayar yang diadakan oleh sebuah Rumah Sakit besar di Jogja. Buat siapa? Buat anak sendirilah pastinya hahahaha.
Sambil memijat biasanya saya sambil berselawat atau membacakan doa-doa pendek. Jadi anak-anak lebih tenang juga. Ambil sedikit Transpulmin BB Balsam oleskan pada bagian yang akan dipijat seperti: dada, punggung, leher, tangan, perut, bokong, paha, betis dan kaki (termasuk telapak kaki). Sempatkan menepuk bagian punggung dengan tepukan ringan untuk membantu pengeluaran dahak. Setelah dipijat bayi bisa sambil di jemur di udara terbuka sekitar jam 7-8 pagi saat udara hangat. Ini membantu banget mengurangi ketidaknyamanan pada bayi karena batuk pilek. Selain itu untuk meredakan pernafasan sediakan gelas yang diisi air panas kemudian beri Transpulmin dan biarkan uapnya menyebar di dalam ruangan. Legaaa.

2.     Penghangat dan penenang Saat Menjelang Tidur.



Anak-anak biasanya menjelang tidur setelah bersih-bersih dan gosok gigi biasanya bertumpukan minta dibacain cerita. Nah sambil diceritain saya sempetin tuh menggosokkan Transpulmin ke telapak kaki, dada dan punggung mereka. Sambil baca doa-doa menjelang tidur. Insya Allah tidurnya lebih pulas dan besok pagi bangun lebih ceria. Ga pake rewel dan mewek-mewek. Dan emaknya bisa menghadapi hidup dengan bahagia kalau bangun pagi anak-anaknya manis-manis gitu. 


3.     Meredakan Bengkak/bentol Akibat  Gigitan Serangga.



Transpulmin saya jadiin andalan juga untuk meredakan bentol-bentol sehabis digigit nyamuk atau semut. Bahkan kalau sore biasanya Miqdad saya beri Transpulmin BB untuk menghindari gigitan nyamuk. Baunya yang enak dan segar membuat anak-anak juga nyaman memakainya. Oia dan menurut saya Transpulmin ini cocok banget untuk melindungi keluarga dari gigitan nyamuk karena aman buat kulit. Juga membantu bentol-bentol cepat menghilang dan tidak meninggalkan bekas di kulit.

4.     Penghangat Sehabis Berenang dan Main Hujan-Hujanan.


Anak-anak dan air itu seperti soulmate. Tidak bisa dipisahkan. Makanya ga heran yang namanya berenang itu selalu menjadi favorit anak-anak. Lebih tepatnya main air. Kalau sudah main air ga mau diajak naik. Naik sebentar nanti turun lagi ke kolam. Berulang-ulang, forever hahahahaha. Sampai saya yang kebagian nungguin di pinggir kolam aja sampai mati gaya karena sudah kehabisan gaya mau ngapain lagi saking lamanya nungguin anak-anak main air di kolam.
Baru mau naik ke atas saat bibirnya sudah pada biru itupun pakai acara dipaksa dan dirayu dulu. Alhasil naik ke tepian kolam pada menggigil kedingin. Andalan saya sih sehabis anak-anak dibilas air bersih dan dikeringkan dengan handuk langsung diberi Transpulmin Balsam atau buat yang ga mau pakai yang Transpulmin BB aja. Kayak Salma itu ga terlalu suka pakai yang terlalu hangat jadi dia memilih Transpulmin BB buat digosokkan ke badannya setiap habis berenang.

KANGEN HUJAN sebenarnya foto ini pencitraan. Karena biasanya kalau main hujan-hujanan anak-anak jarang mau dipakein jas hujan. Baru emaknya bilang iya saat mereka minta izin main hujan, mereka langsung melesat lari keluar. saya sih boleh-bolehin aja anak-anak main hujan-hujanan. Toh hujan itu rahmat untuk seluruh alam kok. Ayat tentang hujankan jelas. Lagian emaknya bisa irit kalau ada hujan anak-anak sekalian mandi ... -_______- Yang penting sih habis main hujan mandi pake air bersih terus digosok pake yang anget kayak Transpulmin sama minum yang anget-anget. Tetapi karena di sekitar rumah kami banyak pohon yang lumayan besar jadi saya kasih tahu kalau hujan disertai angin dan petir mereka ga boleh main hujan-hujanan di luar. Bahaya. Paling cuman di pinggiran pintu samping rumah sambil ngehanyutin kapal kertas.  Karena saya yakin kenangan main hujan-hujanan ini akan jadi tabungan kenangan buat anak-anak sampai mereka dewasa. Jadi pengennya sih tabungan kenangannya yang saat emaknya lagi baik gitu. Hahahaha.  Jadi kapan kita main hujan-hujanan lagi? #catatansiemak #homeschooling #childrenactivities #hujan #rain
A post shared by siti hairul /catatansiemak.com (@siti_hairul) on



Oia ini juga saya lakukan setelah anak-anak bermain hujan-hujanan lo. Iya, saya membolehkan anak-anak bermain hujan dengan beberapa syarat. Diantaranya syaratnya adalah: hujan tidak disertai angin dan petir, dan bermain hujan-hujanannya juga di dekat rumah aja biar gampang mengawasinya. Habis main hujan mandi air bersih terus pakai Transpulmin biar anget. Terus ngobrol sambil minum susu hangat dan makan cemilan. Ya ampun ini surga banget. Saya yakin kenangan ini akan diingat mereka sampai kelak dewasa.
Jadi untuk menghadapi musim hujan yang sebentar lagi datang sebaiknya ibu-ibu nyimpen Transpulmin deh di kotak obat.

5.     Obat Gosok Untuk Kerokan dan Saat Di Bekam


peralatan bekam dan kerokan kami di rumah ^_^


Saya dan suami tidak terbiasa datang ke tukang pijat buat dipijat. Biasanya kalau masuk angin atau lagi ga enak badan kami berdua gantian saling kerokan atau dibekam. Kerokan itu tradisi orang Indonesia dimana menggunakan uang logam dan obat gosok yang dikerikkan pada daerah tubuh yang sakit. Misalnya dipunggung. Nah bekam adalah tradisi yang biasa dilakukan oleh masyarakat Asia dimana menggunakan alat untuk membuang darah kotor dari tubuh. Nah, bekam sendiri ada dua cara. Ada bekam basah dimana setelah dihisap dengan alat bagian tubuh yang hendak dibekam ditusuk dengan semacam jarum untuk mengeluarkan darah kotor. Dan bekam kering dimana tidak ada proses tusuk menusuk jarum itu. Biasanya saya dan suami hanya melakukan bekam kering saja. Karena bekam basah memang harus dilakukan terapis yang sudah ahli dan bersertifikat.

Setelah dibekam kering itulah saya menggosokkan Transpulmin Balsam untuk menghangat badan. Duuh, asli ini enak banget di badan. Habis dibekam itu tidurnya pules banget lupa sama tagihan dan hutang, halagh. Hahahaha.

6.     Terapi Saat Cedera Ringan Pada Anggota Tubuh




Seperti yang saya ceritain di awal Transpulmin Balsam ini kami gunakan untuk terapi kaki sulung saya yang cedera ringan saat latihan. Jadi waktu di awal tahun putra sulung kami mendapat panggilan untuk bergabung di Pembinaan Atlet Daerah cabang olahraga Silat kami sudah mempersiapkan diri untuk menyediakan keperluannya berlatih. Termasuk di dalamnya adalah running shoes (sepatu khusus lari). Osama latihan full 7 hari dalam seminggu. Enam hari ia berlatih di bawah asuhan KONI dan hari Ahad ia berlatih bersama perguruan silatnya. Semua sesi latihan itu dimulai dengan lari atau jogging.


ini atlet pencak silat kebanggaan Indonesia ^_^ (aamiin)

Buat yang suka lari pasti ngerti betapa berharganya sepatu lari. Harganya benar-benar bikin pusing kepala ibunya. Hahahaha. Lalu setelah beberapa kali ganti sepatu terpikir untuk memakai sepatu murahan saja toh mikirnya kan cuman buat latihan aja. Apalagi sepatu lari ini boros banget 3-4 bulan sekali ganti. Tapi ternyata ini berakibat fatal. Kaki putra sulung kami mengalami cedera ringan. Alhamdulillah masih tergolong ringan. Bener-bener menyesal rasanya mengambil keputusan membeli sepatu murah KW itu untuk latihan Osama. Biaya terapinya yang jatuhnya lebih mahal dibandingkan beli sepatunya dan cedera itu juga mengurangi performanya dalam beberapa kejuaraan.
Sekarang sesi terapi Osama sih sudah selesai. Bersyukur banget ada Transpulmin yang membantu perawatan cedera kaki ini. Kata Osama hangat kalau dioleskan dikaki sebelum menggunakan pelindung kaki. Makanya sekarang Transpulmin ini juga jadi bekal di dalam tas atletnya si sulung.

7.     Persediaan Saat Traveling/ Bepergian


"Travel is the only thing you buy that makes you richer” itu kata orang bijak.
Seperti prinsip keluarga kami. Belajar yang sesungguhnya adalah membaca lebih banyak buku, bertemu lebih banyak orang dan mengunjungi lebih banyak tempat baru. Traveling menjadi agenda keluarga. Baik yang dekat maupun yang jauh.
Kenapa saya anjurkan membawa Transpulmin Balsam untuk diperjalanan. Karena kemasan Transpulmin itu mungil. Bisa diselipin dalam kantung di tas atau ransel. Transpulmin sendiri tersedia dalam kemasan 10 g dan 20 g. Tuhkan, mungil banget. Kemasannya juga aman dan ga mudah rusak atau pecah. Bisa dibawa untuk naik mobil atau melakukan perjalan udara juga. Karena ukuran 10g itu lolos di pemeriksaan bandara.
Traveling ke Hutan Pinus Mangunan Yogyakarta

Mau piknik ke pantai atau ke gunung tetap kepakai si Transpulmin ini. Buat hangatin badan di daerah dingin atau sehabis berenang di pantai tetap oke. Buat mijet kaki setelah perjalanan jauh atau keliling mall juga oke.
Itulah sebagian kejaiban Transpulmin yang saya manfaatkan untuk kesehatan keluarga saya. Ga rugilah punya persediaan Transpulmin di rumah. Harganya juga terjangkau kok.




Kemarin saya pesan via Lazada untuk yang kemasan 10 gram Transpulmin BB seharga RP.49.900 dan Transpulmin Balsam RP. 58.800. Mudah juga ditemukan di apotek dan toko obat. Harga segitu masih jauh dibandingkan kita harus ke dokter atau ke RS buat pijat bayi misalnya. 
Untuk Informasi lebih lanjut buka aja FB-nya Transpulmin Kehangatan Ibu dan Instagram @transpulmin.kehangatanibu




17 komentar:

  1. Waah bisa buat cedera ringan juga ya, kirain cuma buat flu

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ternyata membantu mengurangi rasa nyeri setelah diterapi mak :)

      Hapus
  2. Karena ada efek analgesik .cocok kalo buat pijat terjulur atau kram ya mba...

    Transpulmin emang kece deh .

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kayaknya, enak buat pijet :)

      Hapus
  3. Sallfa cocok sejak bayi pake Transpulmin. Makanya beruntung aa Transpulmin Balsan yang warna kuning. Saya jadi ga pusing lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. seneng ya ada yang bisa diandalkan saat bayi sakit :)

      Hapus
  4. Awalnya kukira Transpulmin cuma buat bayi, eh ternyata buat keluarga juga ada ya :D Baunya enak lagi dan ga bikin panas atau lengket :)

    BalasHapus
  5. Wah banyak banget manfaatnya ya, kirain buat anak bayi aja... Aku belum pernah nyobain mbak...
    Boleh nih dicoba...

    BalasHapus
  6. Bawa tube begini jg irit tempat dan bisa diselipin ya, manfaatnya banyak, aman kl tamasya bawa transpulmin. ^_^

    BalasHapus
  7. Kirain salep pegel linu aja tapi ternyata balsem ya (eh balsam ya bahasa indonesia bakunya?) dan bermanfaat untuk anak-anak yang aktif ya mba

    BalasHapus
  8. Jadi pengen coba transpulmin..kayaknya praktis bgt ya buat dibawa-bawa

    BalasHapus
  9. Wah jadi pingin nyobain, soalnya sekarang punya kebiasaan mijet2 kaki dan tangan sendiri. Asyik nampaknya pake transpulmin

    BalasHapus
  10. Balsem yang bisa buat anak? Wah..kebayang nih..aromanya pasti soft banget :)

    BalasHapus
  11. Makasih infonya mak. Kebetulan anak saya lg kurang sehat nih, demam batuk pilek. Enak ya dibalurin Transfulmin

    BalasHapus
  12. Manfaatnya banyak ya. Gak perlu diminum pula, cukup dioleskan.

    BalasHapus
  13. Bisa juga ya ternyata buat ngobatin bentol abis digigit nyamuk

    BalasHapus