Lelah Dengan Mom War?


             Pasang tampang kalem aja 



Dulu waktu anak saya masih 1, 2 dan 3 saya masih punya waktu untuk ikutan komen saat terjadi perbedaan pendapat di kalangan para mamak. Tetapi semakin ke sini jujur saya tidak ingin terlibat sama sekali. Anak saya setengah lusin, wis ra kober le ikut perang hahahaha.




Saya ingat banget dulu di awal-awal punya sosial media saya pernah ikut aktif di sebuah komunitas pengasuhan anak terutama tentang ASI. Hampir tiap hari saya buka grupnya. Tetapi kemudian saya berteman dengan banyak anggota. Tak sengaja suatu hari saya keslumut (apa ya istilahnya dalam bahasa Indonesia, kira-kira semacam tersulut) gara-garanya seorang pengurus dengan lantang melarang minum susu sapi. Lalu saya nyahut " sampai hari kiamat susu itu halal" dan habislah saya diblokir oleh banyak anggota.


Padahal tuh ya jujur ke-6 anak saya ASI eksklusif 6 bulan, bahkan 5 anak itu full 2 tahun yang membuat saya harus tandem nursing alias menyusui dua anak sekaligus. Kura ng-ASI apa cobalah saya? Hahahaha.
Dari situ saya kemudian sadar perang para ibu ini seperti lingkaran setan. Tiada ujung tiada akhir dan lelahnya tiada terkira.
Dan jujur saya takut Allah membalikkan musibah orang lain kepada saya, nauzubillah min dzalik. Jangan sampai menyakiti hati orang lain yang hatinya bersih bisa-bisa dia mendoakan jelek pada kita dan Allah kabulkan doanya. Apalagi doa ibu itu makbul tiada hijab antara dia dan Allah. Huaaaa.


Sekarang saya lebih memilih 'pasang tampang kalem'. Selagi urusan itu tidak merusak akhirat saya, saya ga akan pasang'taring' santai aja kayak di pantai. Hahahaha.



Mau gimana lagi mau ikutan 'perang' sudah ga punya tenaga. Ngurusin anak 6 bikin aja berasa ngurusin satu negara. Halagh-halagh. Hahahaha.
Lagian dipikir-pikir ikutan 'momwar' itu bikin tensi cepat naik. Hahahaha.

17 komentar

  1. Samaa...seiring usia kita dan usia anak kayaknya sy malas ikutan komen beda pendapat yg mnjurus k mom war kalaupun kadang gatel tp inget klo dkomen bakal panjang dan ya ga ngaruh yg beda pasti keukeuh dgn pendapatnya ,

    BalasHapus
  2. Waduh masa pengurusnya melarang minum susu sapi. Alamaaaak
    Iya ya mb capek sendiri mah ngeladenin momwar yang ada aja bahannya utk dijadikan adu argumen. Ya sudahlah santai aja hahaha

    BalasHapus
  3. Benar jg mak, sejak kapan susu sapi haram :)

    BalasHapus
  4. Salut buat Mak mamak dengan pasukan enamnya semoga semua anak anak menjadi penyejuk hati ya ummi, gak usah ikutan war juga gak membuat kita ndeso kok umi, umi hebat..

    BalasHapus
  5. Anakku cuma 2 saja lebih milih diem kalau pihak lain mulai naik tensinya. Aku mikirnya gini, buat apa ngotot2 merasa benar sendiri padahal kita tidak punya kontrol terhadap takdir. Apalagi yg jadi bahan war itu anak, hati2 benar aku menjaga omongan spy Allah nggak marah yg akibatnya berbalik ke anak itu sendiri. Naudzubillahi min dzalik.

    BalasHapus
  6. Samaaaaa, mom war, woman war aku sudah malasshhh. Mening urusin anak aja di rumah :D

    BalasHapus
  7. Saya jadi inget sama mama saya yang sering terlibat mom war. Lucu juga lihat ibu-ibu berdebat. Tapi memang, kadang masalah sepele terlalu dibesar-besarkan. jadi tidak sehat lingkungannya. Memang lebih baik keluar aja mbak dari lingkaran mom war dan pasang senyum aja.

    tetap semangat ngurusin si 6 bocahnya ya mbak!

    BalasHapus
  8. Males ikut2. Tp kdg ada yg komen ga enak di status kita. Misal, upload foto anak makan fried chicken n minum teh kemasan di fast food, "ooh, anakmu udh minum teh gitu2 makan ayam gitu2 ya?" errr. Jd smcm ada yg suka mancing2 hehe

    BalasHapus
  9. Kalo aku langsung mlipir mengjindari mom war, atuuut!! *ga akan ada ujungnya juga hiiii..
    Anteng nyanyi2 aja sambil nyepam aahh

    ASiik nambah kosakata baru "kslumut"

    BalasHapus
  10. Hihihi,,aku gak pernah ikutan mak. Kadang nyimak aja ogah. Daripada nanti keslomot mending baca yang lain ajaaaa.

    BalasHapus
  11. Aku yang (lagi) punya dua anak jarak dekat (20 mos dan 6mos) aja males berdebat, mak. Kalo ada yg gitu biasanya aku diemin aja 'oh dia lagi ngalamin' ato 'hmm gitu',udah. :p

    BalasHapus
  12. emang ya emak2 itu kadang heran. di dunia nyata sering lihat emak2 debat masalah sepele,eh di sosmed pun sama. bisa gak temenan hanya gara2 debat masalah2 sepele. kalo daku males koment krna notifnya hahahaha

    BalasHapus
  13. Aku juga anti ikut beginian mba.. Ga penting, buang2 waktu dan cm utk orang yg ga ada kerjaan :p. Beda orang, beda pikiran toh.. Ya mosok bisa kita paksa utk ikut pendapat kita -_-

    BalasHapus
  14. Wiih udah 6 anak ya Mba', aku 2 aja sudah kayak perang dunia :D

    BalasHapus
  15. Daripada ikutan mom war lebih asyik liat show monolog bhahahhaaa...

    BalasHapus
  16. ra ono paedah e momwar ki. soale do merasa bener dewe2. qiqiqi

    BalasHapus
  17. Yay! Akhirnya ada juga yang bahas ini, hahahaha. Mending bacain blog-blog inspiratif si :D

    BalasHapus