Selasa, Juli 18, 2017

Dua Menu Favorit dari So Good Ayam Potong ( Serundeng ayam dan ayam goreng lengkuas



Serundeng Ayam dan Ayam Goreng Lengkuas


Buat saya masak pake ayam itu solusi cepat buat dapet makanan bergizi tinggi dan mudah didapat. Di pasar banyak tersedia ayam potong. Meskipun berlimpah ayam potong saya selektif kalau beli ayam. Saya harus yakin bahwa yang dijual itu ayamnya halal. Dipotong sesuai syariat dan higenis. Nah, kalau beli di pasar tradisional kadang-kadang dua syarat itu jadi ngambang. Kalau beli di pasar sih saya mengandalkan kenalan. Misalnya saya sudah kenal secara personal sama yang jual dan saya yakin dia ga bakalan jualin ayam bangkai misalnya. Atau memesan pada petugas bagian potong hewan di dekat pasar yang biasanya menyetorkan ayam potong ke pasar. Meskipun ribet tapi itu lebih aman.


 
Nah lebih aman lagi sih beli ayam beku yang jelas-jelas sudah mendapat sertifikat halal dari MUI. Saya kenal produk So Good sudah lama banget biasanya saya mengandalkan nuget ayamnya. Nah sekarang saya mau ngasih resep yang saya olah dari Ayam Beku So Good. Oia saya beli di indomaret sehabis tarawih malam hari. Baru inget harus bikin lauk dan kalau beli di pasar ga mungkin karena pasar tradisional dekat rumah itu buka pagi. Nah So Good ini solutif banget kalau harus nyari ayam potong malam hari soalnya di Indomaret atau Alfamart juga menyediakan berbagai produk ayam So Good cek aja di http://dapursogood.id/ . Ga harus beli di supermarket. Berangkat belanja pake sandal jepit doang juga hayuuk aja hahahaha. Dan saya yakin halalnya kalau Ayam So Good dan yakin juga higenisnya. Kemasannya juga bagus ga mudah sobek dan disimpan beku. Perhatikan aja tanggal kadaluarsanya saat membeli dan kalau kemasannya sobek minta ganti yang lain dengan petugasnya. Beres.

Ada dua resep yang mau saya bagikan. Yang pertama ini menu buat sahur, serundeng ayamr. Karena sepuluh hari terakhir puasa itu jujur menu sahur sudah kayak antara ada dan tiada. Mau bangun untuk nyiapin sahur itu sudah males banget bawaannya. Pengennya banyakin ibadah aja ngejar keutamaan sepuluh hari terakhir. Jadi saya bikin yang gampang buat diangetin lagi dan disimpan. Menu kedua buat menu lebaran. Tahun ini saya bikin opor dan ayam goreng lengkuas. Pengen makan yang beda aja sih. Biasanya bikin gulai sekarang bikin ayam goreng lengkuas.

Serundeng Ayam So Good

A post shared by Dapur Si-Mak (@dapur_simak) on



Bahan:
Ayam Beku So Good 1 kg, direbus dalam air mendidih sampai mudah untuk disuwir-suwir.
Kelapa parut 300 gram, diambil dari kelapa setengah tua
Air 100 ml
Bumbu halus:
Bawang putih 10 siung
Ketumbar 1 sdm
Kunyit 2 cm
Serai 2 batang
Daun jeruk 4 lembar sobek-sobek
Daun salam 3 lembar
Garam 1 sdm
Lengkuas 1 ruas jari di keprek.
Minyak sayur 2 sdm untuk menumis
Gula merah 2 sdm diparut.

Cara membuat
1.     Suwir-suwir ayam yang sudah direbus. Sisihkan
2.     Haluskan bumbu halus.
3.     Tumis bumbu halus dengan minyak goreng sampai harum. Masukkan daun jeruk, daun salam, serai dan lengkuas.
4.     Masukkan ayam dan kelapa parut.
5.     Beri air. Aduk rata. Tambahakan gula merah.
6.     Aduk terus serundeng ayam sampai airnya mengering. Gunakan api kecil saja untuk membuat serundeng ayam.
7.     Koreksi rasa.
8.     Angkat serundeng dan masukkan dalam toples kedap udara. Tutup rapat setelah dingin.
Serundeng ayam siap menemani santap sahur keluarga indonesia.



Bahan:
Ayam Beku So Good 1 kg
Lengkuas 300 gram, bersihkan dan parut.
Air untuk merebus ayam 500 ml
Bumbu halus
Bawang putih 10 siung
Kunyit 2 cm
Ketumbar 1 sdm
Garam 1 sdm
Minyak goreng untuk menggoreng

Cara membuat:
1.     Haluskan bumbu halus.
2.     Rebus ayam, lengkuas parut dan bumbu halus sampai setengah matang.
3.     Goreng ayam yang sudah direbus beserta parutan lengkuasnya dalm minyak panas sedang.
4.     Hidangkan panas beserta sambal tomat.

Ayuuk yang punya resep menu Ayam bisa ikutan lomba ini di https://bloggerperempuan.co.id/sogood

9 komentar:

  1. Serundengnya enaaak, makan pake nasi anget udah nikmat bgt ini mah

    BalasHapus
  2. Waaahhh...enak semua niiihh... mau ah nyontek resepnya *iler udah banjiiiiirrr

    BalasHapus
  3. saya tuh seneng begitu tau ada ayam potong dari so good, kan pastinya lebih higienis ya, enak lagi udah di potong2 :)

    BalasHapus
  4. Dua menu ini aku suka. Ayam lengkuas dimakan sama nasi anget dan sambal terasi serta lalapan, huaaah enaaak *lap iler :D

    BalasHapus
  5. Wah ada ya di indomaret. Kirain mesti beli ke swalayan-swalayan gitu.
    Btw itu hasil eksekusinya bikin ngiler mba. Bagilah.. Hahha

    BalasHapus
  6. Mak, ayam goring lengkuasnya enakk bener.. jadi ngiler deh

    BalasHapus
  7. Wah ayame disuwir yo, mbak. Wah anyar iki. Must try ^^

    BalasHapus
  8. Serundeng ayam enak banget itu buat stok makanan. Kalau lagi gak masak, tinggal keluarin serundeng ayam :)

    BalasHapus
  9. Waaahhh serundengnya mauuu,menggoda..
    Enak banget tuh sama nasi panas

    BalasHapus