Anyang-anyangan? Cobain Uricran deh

Kalau anyang-anyangan jangan ikat jempol pake karet gelang ya




Masih pada keliling muter silaturahmi  nggak nih? Kan masih bulan Syawal. Orang Indonesia kalau bulan Syawal nya masih sisa masih dianggap lebaran hahahaha. Sudah selesai belum puasa Syawal nya. Meskipun cuman enam hari tapi pahalanya Masya Allah luar biasa.



Jadi ingat pas puasa kemarin ngerasain yang namanya anyang-anyangan. Waktu itu hectic banget ngurusin jatah ngisi takjilan pengajian anak-anak di tempat latihan silat mereka. Nyiapin menu untuk 50-an anak. Mana jatahnya hari awal-awal puasa. Waktu itu mikirnya sih mungkin karena kurang minum jadi susah buang air kecil. Beberapa kali masuk kamar mandi. Jadi pas saat berbuka tiba langsung deh banyakin minum air putih juga cairan lain kayak makan berkuah. Pas sahur juga berusaha banget banyakin minum air putih. Pokoknya gimana caranya menggali air putih bergelas-gelas sebelum adzan subuh. Kata anak-anak ibu kayak anak kecil yang baru belajar sahur aja. Takut banget kehausan. Padahal tuh ya khawatirnya pas puasa masih anyang-anyangan. 


Alhamdulillahnya besoknya pas puasa anyang-anyangan nya ga berlanjut. Meskipun badannya masih sedikit meriang. Nah lalu deh gugling apa sih anyang-anyangan itu?. Maklum generasi digital kalau habis mengalami sesuatu yang ga enak langsung gugling. Nikmat banget kayaknya kalau sudah ngerti dan tahu sesuatu dari hasil gugling padahal kan ya belum tentu menyelesaikan masalah. Tapi paling tidak jadi ngerti penyebab anyang-anyangan itu apa. 

Menurut alodokter.com Anyang-anyangan tidak selalu menimbulkan gejala yang spesifik. Namun kondisi berikut secara umum dapat menjadi tanda-tanda Anda bisa jadi mengalami anyang-anyangan.
Hasrat berlebih untuk buang air kecil.
Buang air kecil lebih sering, tapi dengan volume sedikit-sedikit.
Nyeri pada panggul jika terjadi pada wanita.
Jika terjadi pada pria, akan menimbulkan gejala nyeri pada anus.
Rasa perih ketika buang air kecil.
Urine berbau menyengat, lebih pekat, kadang-kadang mengandung darah.
Merasa lelah dan kurang sehat.
Demam.

Nah anyang-anyangan yang tidak ditangani bisa berakibat fatal Lo. Karena bisa panjang urusannya. Karena bisa menyebabkan kerusakan ginjal, infeksi saluran kemih dan kandung kemih. Apalagi anyang-anyangan sering terjadi pada wanita karena saluran kemih yang pendek dan menyebabkan bakteri lebih mudah masuk ke saluran kemih. Kalau zaman dulu saya dikasih tahu orang tua kalau anyang-anyangan jempol kakinya diikat sama karet gelang. Duuh ga solutif banget ini mah. Hahahaha. 


Ada beberapa pencegahan sederhana yang bisa kita lakukan agak tidak mudah terkena anyang-anyangan.
1. Biasakan membasuh kemaluan dari arah depan. Ini untuk menghindari bakteri dari anus masuk ke saluran kemih.
2. Jangan terbiasa menggunakan produk kosmetik apapun untuk membersihkan area kemaluan.
3. Rutin mengganti pakaian dalam.
4. Dan banyak minum air putih untuk membantu membilas bakteri dari saluran kemih. 
Nah kemarin setelah baca beberapa rekomendasi teman blogger ketemu yang namanya Prive Uricran. Uricran mengandung ekstrak buah cranberry yang sudah terkenal banget di dunia medis bermanfaat mengatasi anyang-anyangan. Kandungan Proantocyanidin yang berfungsi untuk mencegah dan menangkap bakteri yang menempel pada saluran kemih. 


Cranberry (Vaccinium oxycoccos) adalah tanaman jenis berry yang termasuk tanaman semak atau tanaman yang biasanya tumbuh liar. Tanaman cranberry memiliki banyak kesamaan dengan blueberry, hanya saja cranberry mempunyai warna merah tua. Buah cranberry yang tergolong ke dalam tumbuhan semak-semakan pendek ini banyak ditemukan di bagian utara Amerika dan Kanada. Konon, buah ini sudah diketahui khasiatnya sejak zaman nenek moyang suku Indian kuno, yakni sebagai obat luka akibat terkena panah. Beberapa tahun terakhir ini, cranberry populer digunakan sebagai sumber vitamin untuk meningkatkan kekebalan tubuh, mencegah seriawan, dan sebagai antioksidan.

Oia Uricran ini juga termasuk enak diminum. Jadi ga berasa minum obat gitu. Jadi ga usah khawatir bakalan kayak minum jamu kalau minum Uricran ini. 

Jadi sekarang saya ngerti nih kenapa anyang-anyangan bisa terjadi. Alhamdulillah saya termasuk cerewet kalau urusan menjaga kebersihan sehabis BAB dan BAK karena sebagai muslim harus aware banget dengan kebersihan. Apalagi kalau ga bersih menjaga kebersihan seusai ke toilet bisa panjang urusannya karena wudhu jadi ga sah. Otomatis ibadah kita kayak salat jadi ga sah juga. 

3 komentar

  1. Senangnya ada cara ampuh mengatasi anyang2an, makasih mak infonya

    BalasHapus
  2. Aku dong, dulu suka ngiket kaki kl anyang2an..kemakan mitos bener dah..

    BalasHapus
  3. Iya bener kalo anyang2an itu ga enak banget dan jadi was2 soal kebersihan

    BalasHapus