Minggu, Mei 14, 2017

Terbaik Untuk Yang Teristimewa di Prenagen Pregnancy Educational Journey Yogyakarta (part.2)


B.     Seminar Terbaik Untuk Yang Teristimewa.

kesehatan ibu termasuk penentu sehatnya sebuah negara. itulah kenapa banyak negara yang peduli dengan kesehatan ibu apalagi ibu hamil. dan 1000 hari pertama kehidupan menjadi penentu kehidupan seorang anak selanjutnya. jangan disia-siakan.

Kehamilan adalah tanggung jawab suami dan istri
Seminar PPEJ2017 Jogjakarta kemarin dimoderatori oleh mommy cantik Mona Ratuliu. Betah banget ya Mona Ratuliu menemani para bunda Bersama Prenagen. Perasaan Mona Ratuliu sudah jadi moderator eventnya Prenagen dari zaman dulu kala. Hahahaha. Dan tetep cantik. Hiks, bikin baper. Bincang-bincang PPEJ 2017 ini ditemani langsung oleh Mombassadornya Prenagen lo, penyanyi cantik Andhien yang hadir Bersama suaminya. Andhien dan suaminya sharing tentang kehamilan dan kelahiran buah hatinya. Berbagi kisah tentang serunya menikmati masa kehamilan dan melahirkan.


Jujur suka banget dengan pasangan Andhien dan suaminya. Suaminya bilang “ Kehamilan Andhien juga kehamilan saya” jadi suaminya ikut terlibat juga dalam masa kehamilan dan saat Andhien melahirkan. Bahkan suaminya mengambil cuti saat Andhien melahirkan. Karena tidak ingin kehilangan momen-momen luar biasa merawat bayi mereka. Bahkan suami Andhien juga ikut minum susu hamil juga lo. Untuk membuktikan bahwa susu Prenagen Mommy itu benar-benar enak untuk dikonsumsi.

"Kelahiran bayi bukan hanya kelahiran untuk sang anak tapi juga adalah kelahiran kami sebagai orang tua"


duuh kalimat ini asli benernya. Saya sendiri merasakan itu. Saat bayi kami lahir saya merasa dilahirkan sebagai orang tua dengan segala keterbatasan yang kami punya.
Terharu saat lihat suaminya Andhien selalu mengelus-elus punggung istrinya. Kelihatan banget mereka berdua menerapkan prisnsip bahwa kehamilan itu tanggung jawab berdua antara suami dan istri. Dan mereka berdua mengerti banget bahwa parenting itu dimulai dari sebelum bayi mereka lahir. Bahkan kalau mau bepergian suaminya Andhien izin juga lo ke janin di perut istrinya. Asyik ya.

Barisan para suami siaga dan ayah juara ^_^

Dan saya pikir Prenagen sukses loh membawa kampanye kehamilan itu tanggung jawab ayah dan ibu karena di seminar PPEJ2017 kemarin banyak banget dihadiri oleh pasangan suami-istri. Bahkan para bapak tidak merasa malu membawakan tas milik istrinya.

Dr. dr. Martina Hutabarat, SpOG Sharing mengenai Dampak Penting Kesehatan Plasenta Untuk Perjalanan Kehidupan Si Kecil



  Dr. Martina Hutabarat membawakan materi tentang KEHARUSAN Sehatnya Plasenta. Selama ini kan kita hanya mikirnya sehatnya ibu dan janin. Padahal kata Dr. Martina plasenta yang sehat menjadi penentu kehamilan yang sehat. Karena plasenta itu selain menjadi semacam bantalan untuk janin dia juga menjadi penyuplai nutrisi makanan dari ibu untuk janin.


dr. Martina juga menambahkan pentingnya peran plasenta dalam kehamilan yang sehat diantaranya :
•          Membawa zat nutrisi dan oksigen kepada janin
•          menjadi saluran pembuangan sisa metabolism tubuh janin
•          Mekanisme imunologi ( kekebalan tubuh )
•          Produksi hormon untuk perkembangan janin

Nah banyak yang pertanyaan yang muncul apakah plasenta yang sehat itu bisa diukur? Kata Dr. Martina kesehatan plasenta bisa diukur secara indirect alias secara tidak langsung melalui asupan nutrisi yang dikonsumsi ibu hamil. Jadi sebenarnya mudah bagi kita untuk menemukan apa saja yang harus dikonsumsi, berapa jumlahnya dan apa saja yang tidak dianjurkan untuk dikonsumsi. Karena informasi itu bisa kita dapatkan dari tenaga medis atau brosur kesehatan. Jadi sebenarnya tidak tepat juga saat ibu hamil kemudian makan dua kali lipat lebih banyak dibanding orang normal. Karena sebenarnya yang dimaksud dua kali lipat itu adalah kandungan nutrisinya. Perhatikan juga prinsip gizi seimbang. Dan konsumsi susu saat hamil itu membantu pemenuhan gizi seimbang tadi. Apalagi menurut penelitian bahwa ibu hamil yang rutin meminum susu saat hamil mengurangi kasus stunting pada bayi mereka.

Masalah terkait plasenta dengan komplikasi serius dapat terjadi  preeclampsia, diabetes mellitus gestasional, prematuritas, kematian janin . Plasenta juga sangat berperan terhadap pembentukan sistim saraf, mekanisme transpor DHA. Kecerdasan/ kognitif adalah salah satu komponen dari sistem saraf.

Yang paling sering yang berkaitan dengan kasus plasenta previa. Jujur saya merinding dengan nama ini karena ada beberapa kasus orang yang saya kenal meninggal karena plasenta previa ini. Tanda paling sering muncul adalah tingginya tekanan darah si ibu saat hamil. Dan sayangnya banyak ibu hamil yang ga aware lalu mengabaikan nasihat tenaga medis. Duuuh please ya para bapak perhatikan kondisi kesehatan si ibu hamil. Berdasarkan data kemenkes ada 305 kematian ibu hamil dari 100.000 kehamilan. Dan umumnya karena plasenta previa.

dr. Soeroyo Machfudz, MPH , SpA (K) Berbagi Mengenai Pengaruh Nutrisi Terhadap Pembentukan Sistem Saraf & Redflag Si Kecil


Dr, Soeroyo seorang dokter spesialis anak membagikan prinsip-prinsip dasar tentang pertumbuhan dan perkembangan bayi.
Definisi tumbuh menyangkut bertambahnya ukuran fisik, kuantitatif, ukuran berat badan, tinggi badan, lingkar kepala sementara defines kembang menyangkut bertambahnya struktur & fungsi tubuh , kualitatif, motorik kasar, motorik halus, bahasa dan persona – social.
Karena kata dr. Soeroyo nutrisi saat kehamilan juga harus diikuti nutrisi pada periode emasnya. Terutama pada 1000 hari pertama kelahiran. Berikan nutrisi seimbang agar anak tumbuh optimal bukan under atau over.

Tumbuh kembang seorang  anak dipengaruhi faktor internal yakni: genetik, ras, usia, dan jenis kelamin. Dan IQ anak mengikuti IQ ibunya. Tetapi bukan berarti kita harus pasrah bongkokan. Saat kondisi internal tidak bisa diubah maka kita bisa mensiasatinya dengan memperbaiki faktor eksternalnya yakni: nutrisi, stimulasi dan lingkungan.

Nutrisi penting utama: Karbohidrat, Lemak, Protein, Mineral dan vitamin dalam jumlah seimbang. Yang setelah bayi lahir maka nutrisi itu diberikan dalam bentuk ASI selama 6 bulan. ASI adalah nutrisi terbaik bagi bayi 0-6 bulan. ASI sangat berperan penting dalam pembentukan system saraf pusat. Kolostrum pada ASI mengandung tinggi kolesterol penunjang pembentukan mielin ( selubung penghantar impuls ).

Bagaimana kita tahu nutrisi bayi kita terpenuhi.
Paramaternya adalah:
1.    Fisik normal, tidak ada kecacatan fisik.
2.    Berat lahir optimal. Karena kekurangan nutrisi saat hamil menyebabkan berat bayi lahir rendah yang nantinya bisa berdampak pada pertumbuhan dan perkembangan selanjutnya.
3.  Gerak tubuh normal. Apakah menangis saat lahir? Apakah gerak refleknya berfungsi, dsb.
4.    Perhatikan berat badan dan lingkar kepala. Kedua parameter ini harus dicek secara berkala. Untuk memastikan bayi tumbuh sehat dan optimal.

Stimulasi
Stimulasi pada bayi diberikan sesuai tahapan usianya. Pertumbuhan dan perkembangan bayi ini bisa kita temukan di buku KIA yang dibagikan gratis oleh pemerintah. Dan juga disertai dengan stimulasi apa saja yang bisa kita berikan pada bayi yang disesuaikan dengan usia bayi.
Tidak perlu mainan mahal untuk menstimulasi bayi. Stimulasi terbaik adalah yang diberikan oleh ayah dan ibunya dan orang terdekat bayi. Dan jangan pernah memberikan bayi gadget. Karena gadget adalah stimulator terburuk. Sangat berbahaya memberikan gadget pada bayi.
Perhatikan selalu perkembangan bayi setiap waktunya. Dan waspada regresi atau penurunan kemampuan. Segera konsultasikan ke tenaga medis.
Whoaaaa puas banget dengan penjelasan tenaga ahli di PPEJ 2017 Yogyakarta kali ini. Eh tapi acaranya belum selesai lo. Ada sesi tanya jawab juga langsung ke tenaga ahlinya. Dan sayangnya saya ga kebagian kesempatan untuk bertanya. Yang nanya bukan hanya para bunda tapi juga para ayah. Wah ayah juara nih.

C.     Kenapa Harus Minum Susu Ibu Hamil Sih?


Sesi berikutnya adalah berbagi pengetahuan tentang manfaat susu bersama dr. Mulyatman yang mewakili Prenagen. Asal tahu saja ya, Prenagen sudah hadir di Indonesia sejak 30 tahun lalu. Rangkaian produk PRENAGEN dengan formula PRENAPRO dirancang khusus sesuai dengan Standard Nasional Indonesia ( SNI ) dengan varian terlengkap untuk minuman khusus ibu hamil & menyusui sebagai solusi nutrisi Ibu & Janin diawal 1000 Hari Pertama Kehidupan. Jadi susu ibu hamil lebih kaya gizi dibandingkan susu biasa.
Sebagai informasi , menurut penelitian ibu hamil yang rutin mengkonsumsi susu saat hamil memiliki anak dengan tinggi badan optimal. Apalagi informasi di awal yang dibawakan oleh dr. Dian saat memberi sambutan bahwa konsumsi susu masyarakat Indonesia terhitung rendah hanya 11 L/kapita/tahun. Dan diketahui pula bahwa 9 dari 10 ibu hamil mengalami mual-mual di awal masa kehamilannya. Itulah yang memacu Prenagen untuk terus melakukan inovasi terbaik demi menghasilkan susu ibu hamil dan ibu menyusui yang sehat dan juga enak.


Prenagen menyediakan susu ibu hamil, susu ibu menyusui
dan jus buah plus ekstrak daun katuk

Prenagen memiliki varian lengkap. Prenagen esensi untuk persiapan kehamilan, Prenagen Emesis untuk kehamilan dengan mual dan muntah, Prenagen Mommy untuk ibu hamil, Prenagen Lactamom untuk ibu menyusui dan jus dari sari buah Promagante dan grape dan varian baru dengan ekstra daun katuk.
Dan sekarang Prenagen juga menyediakan jus dari sari buah dan sayur juga lo. Saya suka banget dengan jus buah dan susu Prenagen rasa kacang hijaunya. Meskipun agak sedih karena kalau bepergian agak repot karena setahu saya susu Prenagen rasa kacang hijau ini tidak ada kemasan 200 gram hanya ada dalam kemasan 400 gram.

D.     Cooking Demo  Smoothies Oleh Chef Eddrian Tjhia


Setelah sesi penjelasan oleh para ahli lalu ada sesi bersama chef Eddrian. Buah adalah salah satu sumber nutrisi terbaik lo buat para ibu hamil. Apalagi jika dipadukan dengan susu. Nah chef Eddrian berbagi resep sehat membuat smoothies yang dipadukan dengan susu Prenagen. Oia saya pas di luar nyempetin nyicipin smoothiesnya lo.
Bahkan Andhien turun langsung membagikan smoothies karya chef Edrian ke para peserta seminar.

E.     Senam Prenafit


Nah sesi yang ditunggu-tunggu adalah sesi senam bersama. Ada mbak Anti yang membagikan gerakan senam yang diberi nama senam Prenafit. Prenafit adalah senam khusus yang dibuat oleh mbak Anti dan team Prenagen lo.

Prenagen tahu betul bahwa berolah raga dimasa kehamilan adalah salah satu kunci utama untuk menjaga kesehatan janin dan memperoleh persalinan yang lancar. Kehamilan adalah proses kerja keras bagi fisik seorang ibu. Tidak hanya persalinan merupakan usaha yang sangat membutuhkan kemampuan fisik yang sangat hebat, tetapi masa pemulihan pada paska kelahiran berjalan bersama dengan tuntutan seorang Ibu untuk mengurus bayinya

para peserta diajak senam bareng

Sebelum melakukan gerakan senam perhatikan hal-hal berikut:
1.   Pastikan kondisi ibu hamil dalam keadaan sehat. Konsultasikan ke tenaga medis apakah boleh melakukan gerakan senam
2.   Ajak serta pasangan melakukan gerakan senam
3.     Mulai dengan pemanasan
4.     Mulai dengan gerakan sederhana
5.     Berhenti melakukan senam jika mulai terasa ngos-ngosan.
Saran mbak Anti sih jangan memaksakan diri melakukan senam jika badan kita tidak nyaman dan kaki bengkak. Senam bisa dilakukan rutin 3 kali seminggu dan bisa dilakukan paska lahiran saat bayi sudah berusia 4 bulan.
Dan senangnya setiap peserta mendapat cd video senam Prenafit lo untuk dibawa pulang. Horeeee.

F.     Komitmen Bersama Untuk Ibu Sehat Indonesia Sehat.


Para peserta diajak untuk berikrar untuk membiasakan hidup sehat dan  peduli dengan kesehatan ibu. Terus bareng-bareng berikrar " Ibu sehat Indonesia Sehat" lalu ditutup dengan sesi minum jus Prenagen Pomegranate dan Grape bersama-sama.

Bertabur Hadiah Keren
Dan di akhir acara dibagikan doorprice keren untuk para peserta. Ada yang membawa pulang bottle sanitizer, clean sanitizer, dan banyak lagi hadiah keren lainnya. Pokoknya puas kalau ikutan Prenagen Pregnancy Education Journey.
Untuk informasi PPEJ berikutnya bisa dilihat di
Website   : www.prenagen.com,
Facebook: Prenagenworld,
Twitter     : @Prenagenworld,
Instagram: @prenagenworld



Sampai jumpa di Prenagen Pregnancy Educational Journey berikutnya. Berikan yang Terbaik Untuk Yang Teristimewa.

9 komentar:

  1. Prenagen yang rasa cokelat minumanku saat hamil dulu ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. sekarang yang menjadi favoritku rasa kacang hijau mbLi :)

      Hapus
  2. Asiiik ya mak...banyak banget ilmunya. Semoga next event bisa ikutan juga niih

    BalasHapus
  3. Asiiik ya mak...banyak banget ilmunya. Semoga next event bisa ikutan juga niih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mudah2an tahun depan mampir di Jogja lagi

      Hapus
  4. Sukaa juga sama pernyataan suami andien <3.
    Btw, makin ke sini ngerasa andien tuh makin glowing aura artisnya yaaa *oot*. Suka banget liat gayanya sekarang...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Andhien sejak hamil jadi cantiknya keluar. Suka liatnya

      Hapus
  5. Itu mbak antinya yg instruktur senam lg hamil beneran gak si?aku pas acara ini nggak nyimak soale angon bocah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak Anti nya ga hamil Mak Arifah hahahaha

      Hapus