Minggu, April 23, 2017

Si Doel Anak Sekolahan, Inspirasi Si Anak Kampung

Si Doel Anak Sekolahan, Menginspirasi Bagi Anak Negeri


salah satu sinetron tahun 90-an yang banyak memberi inspirasi buat saya. keputusan untuk berani melanjutkan sekolah sampai ke pulau Jawa di inspirasi dari sinetron ini.
pict by: ayosebarkan.com

Seingat saya hanya ada beberapa sinetron yang saya tonton semasa saya kecil. Tidak banyak tontonan di tahun 90-an. Selain waktu itu listrik baru mulai ada di kampung saya diakhir masa Sekolah Dasar. Sebelum itu kami hanya mengandalkan genset yang dimiliki oleh segelintir orang kaya di kampung. Sisanya ya hanya menumpang menonton.




Jika saya ditanya apa sinetron favorit saya dan masih saya ingat sampai sekarang. Jawabannya adalah Si Doel Anak Sekolahan dan Keluarga Cemara. Sebenarnya ada beberapa cerita berseri yang pernah saya tonton di televise di tahun 90-an tetapi ya itu tadi semasa itu kami belum memiliki televise sendiri. Jadi antara ingat dan tidak ingat.
Buat saya Si Doel Anak Sekolahan itu sentimental banget. Karena sinetron itu saya jadi punya cita-cita kuat untuk melanjutkan sekolah setinggi mungkin. Harap maklum. Saya seorang anak kampung di pedalaman Kalimantan Tengah sana yang saat itu untuk menuju ke ibokota provinsi saja butuh waktu satu hari penuh dengan menggunakan kapal bermotor. Rasanya mimpi untuk melanjutkan sekolah sampai perguruan tinggi apalagi PTN di Jawa itu jauuuuuh banget. Bener-bener jauh dari bayangan.


Tetapi sinetron itu membantu saya untuk selalu memegang mimpi saya. Dan saat SMA akhirnya saya meninggalkan kampung halaman, meninggalkan ibu dan keluarga saya di kampung menuju kota Gudeg Yogyakarta. Ketika hari pertama masuk sekolah di SMA saya sampai terharu sendiri. Saya bisa duduk di sebuah sekolah negeri di pulau Jawa. Inget ya itu tahun 90-an (jadi ketaun umurnya). Bahkan tak hanya sampai SMA akhirnya saya juga bisa berkuliah di UGM (Universitas Gadjah Mada). Tapi bangganya luar biasa. Hahahaha.


Dan sekitar tahun 2014 saya bertemu langsung dengan Maudi Koesnadi si pemeran Zaynab di sinetron Si Doel Anak Sekolahan. Whuaaaa, lah kok wajahnya masih seperti yang dulu. Lah saya nonton dia main sinetron saat saya SD eh ketemu lagi pas saya sudah punya anak kok malah dianya masih tetap kinyis-kinyis (langsung borong anti aging). Hahahaha. Tapi ga papa sih yang penting sinetron dia dan Rano Karno sudah memberi saya inspirasi luar biasa.

Terimakasih saya untuk pembuat sinetron ini dan juga para pemainnya. Dan saya yakin ada banyak anak kampung yang terinspirasi dari sinetron ini dan berani mengambil keputusan untuk melanjutkan sekolah setinggi mungkin.
 Dan tentu saja motivasi luar biasa dari para guru semasa saya sekolah yang mendorong kami para muridnya untuk tak pernah takut meraih mimpi-mimpi kami.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar