Kamis, September 01, 2016

Budi Pekerti Adalah Warisan Ibu Yang Paling Berharga





 Review Film 
Mother's Day


Ada yang kepikiran ga sih kalau ditanya tentang budi pekerti makanya itu erat hubungannya sama bapak atau ibu?. Entah kenapa saya mikirnya budi pekerti itu langsung lari ke ibu. Bukan berarti karena saya sendiri diasuh oleh single parents sih. Tapi rasanya hal-hal yang berkaitan dengan budi pekerti identik aja dengan ibu. 


Ada yang sudah nonton film Mother’s Day yang diperani Julia Robert, Jennifer Aniston, Kate Hudson dkk. Saya baru aja selesai nonton. Dan baper hahahaha. Jadi film ini bercerita tentang perempuan dengan berbagai profesi dan status perkawinan. Ada yang single parent, ada yang menikah tetapi ga disetujui ibunya karena menikah dengan laki-laki keturunan India bahkan ada perempuan yang takut menikah karena ia anak yang tidak diinginkan ibunya kemudian diadopsi oleh keluarga lain.


Ada beberapa scene yang buat saya baper. Saat Sandy, si ibu single parent, yang melongo saat mantan suaminya mengenalkan istri barunya. Dan kemudian juga mengajak anak-anaknya biar dekat dengan ibu tirinya. Kebayang ga sih perasaan si Sandy ini yang diperankan dengan manis banget sama Jennifer Aniston. Apalagi saat si mantan suami sok banget ngajak anak-anaknya liburan padahal biasanya ga begitu peduli dengan pengasuhan anak-anaknya. Alasannya karena istri barunya belum pernah liburan ke Paris. Si Sandy sampai ngamuk-ngamuk sendiri, “dulu aja ya 14 tahun kita menikah, dan aku belum pernah liburan ke paris kamu biasa aja deh” gitu kira-kira. Hahaha.


Tetapi meskipun begitu kerasnya usaha si suami untuk menarik perhatian anak-anak mereka agar dekat dengan si ibu tirinya tetap saja saat anak-anak itu saat mendapat masalah mereka lari pada Sandy. Meskipun si Sandy ini asli kayak emak-emak bawel yang sering kita temui sehari-hari. Termasuk gue kaliii. Hahahaha. Bawel tapi dikangeni. Hatsyim. bahkan ada saat Sandy mangkel banget sama istri baru mantan suaminya dan anak-anaknya bilang " Apa ibu ingin kami juga marah padanya?" dan jawaban Sandy bikin terharu " Oh jangan, aku tidak ingin berbuat jelek pada orang lain". Intinya sih Sandy ngajari anak-anak untuk berbuat baik pada orang lain meskpun kadang si orang itu nyebelin banget. Karena kita ga pantas aja untuk berbuat jelek bukan karena kasihan atau apa sama orangnya. Gitu deh.

Nah sebagai ada juga si Jason Sudeikis yang berperan sebagai Bradley, sebagai ayah tunggal dengan dua anak perempuan. Saat si Bradley kebagian harus beli tampon untuk anaknya itu epic banget menurutku. Kebayang ga sih bapak-bapak ngurus dua anak perempuan sendirian?.  Mana anaknya menjelang remaja gitu. Hahaha. Tonton deh. Yah menurutku sih filmnya biasa aja, konfliknya juga so-so lah. Tapi menghibur. Dan ada beberapa bagian yang aku langsung teriak dalam hati " ya ampun itu aku banget", hahahaha.

Nah sekarangkan lagi anget-angetnya kasus narkoba si artis senior itu. Saya sampai ngobrol sama suami. Dan rasanya ngomong sambil tersedak saking nahan rasa terenyuh di tenggorokan. “ Ya Allah Yah, kasihan ya anak-anaknya si A, Ayahnya meninggal, ibu tirinya masuk penjara, eh ibu kandung terjerat kasus narkoba” sambil istighfar dalam hati sambil nyebut naudzubillah berkali-kali. Ya ampun ga kebayang perasaan anak-anaknya. 


Suami sambil ngusep-ngusep puncak kepala saya bilang. “ Iya Dek, meskipun kata orang mendidik itu kerjaan bapak sama ibu, tapi sebagai ibu kamu punya tanggung jawab pada dirimu sendiri. Kamu ga bakalan tega-kan berbuat aneh-aneh karena ada anak-anakmu yang kamu pertaruhkan masa depannya?”. Suami sih bilangnya santai aja. Tapi akunya yang langsung makjleb. Berjanji dalam hati untuk menjaga budi pekerti diri sendiri dulu sebagai ibu. Meskipun entar masa depan kita ga tahu bagaimananya, karena itu rahasia Allah, tetapi berharap suatu saat budi pekerti yang baik menghasilkan buah yang baik pula.

6 komentar:

  1. kata2nya pak irul juga makjleb buat aku :D
    gak usah sampe kena kasus narkoba kali yaa, perilaku kecil sehari-hari aja kadang bisa berdampak ke anak kita. Tentanggaku pernah, lagi gosipin tetangga yg lain didepan anaknya yg umur 5 tahun, besoknya si anak ngomong langsung ke tetangga korban gosip "tante tante, kata mamaku tante tu males bersih2, rumahnya berantakan terus" hahaaa matiik..

    BalasHapus
    Balasan
    1. kena batunya itu hahahaha

      Hapus
  2. Aduh aku emak bawel, yang meskipun anak-anak sering kuomeli, mereka nyarinya aku. Abinya lagi santai kek dipantai, aku lagi nyuci piring, lari peluk lututuku.

    Emang bener, budi pekerti kebayangnya ama emak bapak, Karena pertama kali diajarkan budi pekerti ya sama bapak emaknya ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbAstin, klo inget lagi zaman masih kecil kebayang hebohnya aku kalo dikasih tahu sok paling ngerti :D

      Hapus
  3. Karena budi pekerti itu soal keteladanan, mau punya anak sholih ya ortunya kudu berusaha sholih dulu ya :)

    BalasHapus
  4. bener banget mba..dan budi pekerti itu tidak bisa dibeli :)

    BalasHapus