Kamis, September 08, 2016

3 Tips Agar Dapat BerQurban Setiap Tahun



Tips Agar Bisa BerQurban Setiap Tahun






Ibadah Qurban sebenarnya diwajibkan hanya bagi yang mampu saja. Setiap muslim yang mampu dikenai kewajiban untuk menyembelih seekor kambing atau sapi atau onta. Dimana satu ekor kambing berlaku untuk satu keluarga dan satu ekor sapi/onta berlaku untuk 7 keluarga. 

Benar-benar ibadah Qurban ini ringan sekali bagi orang-orang yang mampu. Sayang sekali jika kita melewatkannya. Toh hanya setahun sekali. Lalu yang sering menjadi pertanyaan adalah apakah kita termasuk golongan yang mampu atau yang bukan?. Sebenarnya yang mengerti bahwa kita mampu atau tidak ya diri kita senndiri. Kalau sekiranya kita bisa membeli smartphone yang berharga jutaan maka kita termasuk golongan mampu ibu-ibu. Kalau kita punya televisi layar datar dengan inch besar maka kita bisa dikatakan golongan mampu. Itu patokan sederhananya sih. 


Bayangkan pahalanya yang berlipat ganda. Dari Zaid ibn Arqam, ia berkata atau mereka berkata: “Wahai Rasulullah SAW, apakah Qurban itu?” Rasulullah menjawab: “Qurban adalah sunnahnya bapak kalian, Nabi Ibrahim.” Mereka menjawab: “Apa keutamaan yang kami akan peroleh dengan qurban itu?” Rasulullah menjawab: “Setiap satu helai rambutnya adalah satu kebaikan.”Mereka menjawab: “Kalau bulu-bulunya?”Rasulullah menjawab: “Setiap satu helai bulunya juga satu kebaikan.” [HR. Ahmad dan ibn Majah]



Nah saya punya tips agar kita bisa menjalani ibadah Qurban ini dengan lebih mudah. 

1.     Rutin menabung setiap bulan. Taruhlah harga kambing paling murah 2 juta rupiah. Maka menabung sebesar 200 ribu setiap bulan itu sudah cukup. Bahkan biasanya lebih. Yang bisa digunakan untuk kebutuhan lain. Jika tidak mampu maka sekitar 100-150 ribu sebulan juga memadai. Dengan syarat kita mencari cara agar kita bisa menggenapkannya saat hari raya Qurban tiba.  Beruntungnya saya tinggal di Jogja. Yang masih banyak Baitul Mal wa Tamwil alias BMT yang bersedia mengambil tabungan itu ke rumah setiap bulan. Jadi kita tidak perlu repot untuk menyetor ke bank.
2.     Membeli emas sebagai tabungan Qurban. Harga emas bisa dibilang sangat menguntungkan. Jadi saat punya uang sebaiknya segera simpan dalma bentuk emas.
3.     Menggaduh kambing. Ada kebiasaan di desa kami yakni meggaduh hewan ternak. Biasanya kambing. Dimana kita bisa menitipkan kambing untuk dipelihara oleh para peternak. Dengan syarat bagi hasil sesuai kesepakatan antara peternak dan pemilik kambing. Misalnya saya menitipkan seekor kambing betina satu ekor. Beberapa waktu kemudian si kambing beranak 2 ekor. Maka anaknya akan dibagi satu ekor untuk saya dan satu ekor untuk peternak. Itu juga biasanya ditambah biaya pakan sesuai kesepakatan. 

Nah, tiga cara diatas sangat memudahkan kita untuk ikut serta dalam ibadah Qurban. Percaya deh rasanya lebih bahagia luar biasa saat kita bisa ikut serta berbagi daging Qurban. Dan ada rasa sedih luar biasa saat tidak bisa ikut Qurban. Padahal ibadah ini hanya setahun sekali.
Semoga kita semua dimudahkan dalam menjalani ibadah Qurban tahun ini dan tahun-tahun mendatang. Aamiin.

17 komentar:

  1. Uaaa... semoga tahun depan aku bisa qurban sendiri. Dulu pernah pas SMP hahaha, pas udah gede malah belum pernah @.@

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayooo Unaaa kita berQurban jangan qurban perasaan doang whuahahhaha

      Hapus
  2. Terimakasih Mak, infonya. Semoga bisa saya terapkan, aamiin.. ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin semoga dimudahkan ya

      Hapus
  3. alhamdulillah mak bisa kurban :") walau nabungnya icrit2 xD

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah semoga tahun2 selanjutnya bisa rutin ya mak echa

      Hapus
  4. Kalo nabung gitu gak kerasa ya Mak, tau-tau udah dapet banyak :)
    Makasih Mak sharingnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak harapannya kita lebih ringan kalau dicicil :)

      Hapus
  5. Setujuu banget sama tipsna mak.klo boleh nambahi, sebelum qurban refleksi dlu pengeluaran terbesar tapi bukan urgent apa yg terakhir dikeluarkan. Misal baru beli hape terbaru, nah inget2 tuh,masa bli hape canggih bisa beli kambing yg lebih murah engga sanggup. Hehe

    BalasHapus
  6. Insya Allah, tahun depan bisa berbagi.
    Insya Allah.
    Terima kasih telah menginspirasi :)

    BalasHapus
  7. Mbaaaa kadang sudah diniatin Qurban, siapa tau ada musibah di tengah jalan eh kepake deh, gagaaaal maning qurban huhuhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. bismillah aja mbak, insyaAllah ada jalan :)

      Hapus
  8. Cara ke tiga bisa dicoba kayaknya.. aku ikutnya yg tabungan cicilan kurban

    BalasHapus
  9. Saya lebih cocok ke no 1 & 2 he he, soalnya no 3 di sini sudah nggak ada yang ternak kambing. Tapi intinya sih niat dan nabung ya, ntah uang atau emas.

    BalasHapus