Merawat Kulit Bayi Bersama Lactacyd Baby

Merawat Kulit Bayi Bersama
 Lactacyd Baby


Siapa yang bayinya pernah terkena flu Singapura ngacung? Sayaaaa. Beberapa waktu lalu Miqdad pernah terkena flu yang lagi populer banget di kalangan mamah muda. Apalagi kalau bukan flu singapura. Bintik-bintik merah di beberapa bagian tubuh merupakan tanda yang paling umum. Biasanya tanda awalnya sih anak demam, suhu tubuh meningkat, kemarin Miqdad sampai 38,50C, rewel ga mau makan dan menyusu sedikit karena ternyata sariawan di mulut.
Penyebab Flu singapura adalah virus RNA famili Picornaviridae, Genus Enterovirus terdiri dari virus Coxsackie A, virus Coxsackie B, Echovirus dan Enterovirus. Virus Penyebab Flu singapura tersering namun ringan adalah Coxsackie A16, sedangkan penyebab yang menimbulkan kasus berat atau berpotensi menimbulkan komplikasi hingga kematian adalah Enterovirus 71.

Karena penyebabnya virus maka flu singapura ini mudah menular. Penularannya seperti penyakit flu yaitu melalui droplet saat bersin, air liur, tinja, dan cairan dari vesikel atau ekskreta. Penularan kontak tidak langsung bisa melalui barang-barang yang terkontaminasi oleh cairan tersebut. Penyakit ini umumnya menyerang balita usia 2 minggu sampai 5 tahun, namun ada kasus yang terjadi pada anak hingga usia 10 tahun. Sedangkan Orang dewasa umumnya kebal terhadap enterovirus ini, namun bisa saja terjadi. (sumber dari: Flu Singapura – Gejala, Ciri-ciri dan Pengobatannya | Mediskus.com)

Miqdad saat terkena flu singapura pada fase awal

Setelah demam 3-4 hari kemudian muncul bintik-bintik yang akhirnya melepuh. Pertama sih saya khawatir banget. Apalagi bentuknya horor banget euuyy. Sampai ga tega melihatnya. Setelah konsultasi dengan dokter ternyata itu masih aman. Yang penting sih cukup cairan dan perawatan lepuhan sebaik mungkin jadi ga bikin bayi tambah rewel. Dokter juga tidak memberi obat tambahan selain paracetamol cair untuk menurunkan demam dan mengatasi nyeri. Bahkan tidak diberi antibiotik karena penyebab flu ini adalah virus BUKAN bakteri. Daaaan dokter memberi resep Lactacyd Baby sebagai perawatan untuk bintik-bintik di tubuh. Kaget juga sih tadinya saya mikir Lactacyd Baby ini kayak sabun mandi biasa. Ya hanya sekedar kosmetik bayi ternyata engga ibuk-ibuk. Terus kalau gitu apa dong?


Mengapa Lactacyd Baby?
Lactacyd Baby ini bukan sekedar kosmetik buat bayi lo. Lactacyd Baby adalah skin care. Dan sudah lumrah diresepkan oleh banyak dokter. Bahkan dokter yang biasa tempat saya memeriksa anak-anak juga menyarankan Lactacyd Baby untuk merawat ruam popok pada bayi.  Wah baru tahu.






Kandungan lactacyd Baby


Lactacyd Baby mengandung Lactoserum, lactid acid, natural orange flavour, ammonium dan triethanolaminealkyl sulfat, kolesterol, etilhidroksietilselulosa, etilenglikolstearat, dietilenglikol stearat, hidrogen peanut oil, sodium metilhidroksibenzoat, sodium hidroksida, phosporic acid,dan  RO water. Yang bahan-bahan ini diformulasikan untuk merawat dan melindungi kulit bayi dari masalah-masalah kulit yang biasanya terjadi pada kulit bayi.

Dan kandungan yang terdapat dalam Lactacyd Baby terbukti secara klinis aman digunakan pada kulit bayi dan anak-anak. Bahkan Lactacyd juga tidak menggunakan parfum sebagai pewangi tetapi menggunakan natural orange flavour dan peanut oil yang sekaligus berfungsi melembutkan kulit.

Makanya tidak heran banyak dokter yang meresepkan Lactacyd Baby pada pasien-pasien anak yang mengalami beberapa masalah kulit untuk perawatan harian kulit mereka.


Tadinya saya juga sempat protes sama dokternya (maklum emak-emak zaman sekarang, sebelum ke dokter kan kita sudah gugling duluan jadi ga mau diam saja kalau asal diberi obat, hatsyim). Saya minta obat beneran untuk kulit Miqdad waktu dia terkena flu singapura. Karena saya pikir Lactacyd Baby itu kosmetik bayi bukan skin care. Setelah di jelaskan sama pak dokter bahwa Lactacyd Baby berfungsi sebagai antiseptik akhirnya saya manggut-manggut. Oh gitu.


Dan alhamdulillah sekitar semingguan kulit Miqdad paska di mandikan dengan Lactacyd Baby lepuhannya mengering. Setelah dua mingguan bisa dibilang bekas lepuhan dan bintiknya hilang sempurna.






           Nah sekarang saya nyimpen Lactacyd Baby buat persediaan mandinya Miqdad. Apalagi Miqdad anaknya lasak banget. Segala macam benda dipegang. Segala kolong di telusuri. Hahaha. Belum lagi sekarang musim pancaroba yang menyebabkan pergantian suhu yang tidak tetap yang menyebabkan mudahnya mikroorganisme berkembang biak. Yang menyebabkan banyak penyakit anak subur.








            Itu belum ditambah ruam popok. Meskipun sekarang Miqdad sudah mulai belajar tidak memakai popok sekali pakai lagi. Usianya sudah jalan 17 bulan. Hanya saat bepergiaan dan kadang malam hari saat hujan ia saya pakaikan popok. Saat siang hari ia lebih banyak menggunakan celana kain dan cloth diaper atau clodi.

Waspada Biang Keringat

Tetapi musim pancaroba kayak sekarang memang ga bisa diprediksi. Buktinya Miqdad tetap kena biang keringat. Kalau siang saat bermain dan berkeringat rewel banget menggaruk-menggaruk kulitnya. Terutama bagian punggung, lengan dan paha.

Banyak ibu yang menganggap biang keringat bisa sembuh dengan sendirinya. Padahal biang keringat yang tidak dirawat bisa menyebabkan radang kulit yang ekstrim. Nah lo. Dan yang mengkhawatirkan adanya biang keringat mengganggu aktivitas bayi dan balita dan mengurangi kualitas tidur mereka. Padahal aktivitas yang bagus pada bayi sangat bermanfaat sebagai stimulasi bagi tumbuh kembang mereka. Dan jumlah tidur yang berkualitas juga membantu optimalisasi tumbuh kembang mereka. wow banget kan. Jadi jangan sepelekan biang keringat.























Biang Keringat sendiri ada beberapa macam lo ibu-ibu. Ada tiga jenis biang keringat yang umum terjadi pada anak-anak maupun pada orang dewasa. Ada Miliaria Kristalina, Miliaria Rubra dan Miliaria Profunda. Cirinya bisa di lihat di infografis di bawah ini.


sumber: FB Lactacyd Baby




            Nah kemarin Miqdad kena biang keringat jenis Miliaria Rubra. Ditandai dengan bintik kemerahan dan sangat gatal. Untungnya saya punya persediaan Lactacyd baby. Malah saya sempat buat foto-foto perawatan biang keringat Miqdad dari hari pertama sampai hari ke-7. Iya beneran seminggu memakai lactacyd baby secara rutin biang keringatnya benar-benar berkurang drastis. Sebenanrnya mulai hari ke-5 sudah bisa dibilang sembuh. Hari ke-6 dan hari ke-7 adalah pemulihan kulit saja.



hari ke-1, ke-2 dan ke-3









Merawat biang keringat
1.     Mandikan bayi secara rutin dengan air dingin atau air hangat tergantung cuaca.
2.     Gunakan sabun yang terbukti secara klinis digunakan untuk merawat peradangan pada kulit seperti Lactacyd Baby.
3.     Bilas sampai bersih. Kemudian keringkan dengan sempurna.
4.     Usahakan bayi tidak memakai pakaian berlapis, pilih kain yang menyerap keringat
5.     Jika memungkinkan kurangi penggunaan popok sekali pakai. Pilih celana kain biasa.







Alhamdulillah hari ke-4 dan ke-5 mulai bersih




           Bisa dibilang perawatan kulit bayi itu sebaiknya dengan sesuatu yang sudah terbukti secara klinis. Jangan coba-coba memakai asal sabun bayi. Karena kulit anak-anakkan masih sensitif dan daya tahannya belum sekuat orang dewasa. Bahkan pernah beberapa kali Miqdad mengalami alergi kulit dengan ditandai bengkak dan bentol kemerahan karena alergi dingin atau alergi panas. Dan perawatannya saya tetap pakai Lactacyd Baby.


Cara Pemakaian Lactacyd Baby


Lactacyd Baby sangat nyaman digunakan dikulit bayi maupun orang dewasa.





Penggunaan lactacyd baby sangat mudah.
1.     Bisa digunakan sebagai air mandi bayi atau anak-anak cukup dengan menambahkan 3-4 sendok penuh dalam bak mandi bayi kemudian gosok dengan lembut badan bayi dan bilas dengan sempurna sampai bersih.
2.     Dapat digunakan sebagai pembersih wajah dan perawatan kulit harian. Gunakan seperti memakai sabun cair.
3.     Dapat digunakan sebagai pengganti samphoo. Terutama setelah membersihkan kerak kepala bayi atau anak-anak. Usapkan pada kulit kepala kemudian bilas sampai bersih.

Oia kemarin saya membeli Lactacyd Baby di Apotek seharga 23 ribu untuk ukuran 60 ml. Dan untuk ukuran 150 ml seharga 52 ribu. Terdapat perbedaan harga sih di beberapa store. Jangan lupa perhatikan tanggal kadaluarsanya ya ibu-ibu. Setelah digunakan tutup rapat botol Lactacyd Baby kemudian simpan ditempat kering dan terhindar dari sinar matahari secara langsung.

Selamat merawat kulit bayi!. Nikmati hari-hari indah kita bersama si kecil. Temani mereka tumbuh berkembang dengan bahagia. Semoga anak-anak kita kelak menjadi anak yang berilmu dan memberi manfaat bagi kehidupan manusia. Aamiin.

34 komentar

  1. aku juga pake Lactacyd Baby untuk ruam popok :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya aku juga kalau Miqdad kena ruam popok membasuhnya pake ini

      Hapus
  2. Kemaren herpes intan kering aq pakein lactacyd baby

    BalasHapus
  3. Kemaren herpes intan kering aq pakein lactacyd baby

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh bisa juga ya untuk itu

      Hapus
  4. sejak punya Faiz tahun 2009 aku pakai Mbak, karena air di rumah saya jeleeknya minta diampuni. Lactacyd menjawab pertanyaan saya, pakai apa ya, biar bayiku memiliki kulit yang mulus tanpa adanya iritasi dan biang keringat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aq juga mau pake Lactacyd baby terus deh jadinya

      Hapus
  5. Liat Miqdad jongkok di depan tanaman jadi inget anaknya Noe si Ranu yg lagi suka jongkok juga. Xixixixi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eh...ini aku Mak Irul.. Kenapa jadi unknown ya..hahhaha

      Hapus
    2. Hahaha, iya kenapa jd unknown ya.

      Hapus
  6. Liat Miqdad jongkok di depan tanaman jadi inget anaknya Noe si Ranu yg lagi suka jongkok juga. Xixixixi...

    BalasHapus
  7. Aku belum pernah pake lactacyd di Ranu, kalo Daffa Abyan dulu ini jd andalan banget. Jadi inget, mau beli ah buat persediaan

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku baru kenal ya untuk Miqdad ini aja sih, dulu belum kenal

      Hapus
  8. Mantap berarti ya mak.. Memang produk andalan nih, pernah pakai pasca cacar. It really helps :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya Mama Bo, Lactacyd Baby ini bersifat antiseptik jadi bisa digunakan untuk perawatan beberapa masalah kulit

      Hapus
  9. Aku belum pake :) Bagus ini buat persediaan di rumah. Sadayka baru sering.biang keringat. Makasih Mak Irul infonya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sebaiknya sih punya persediaan mb Liya

      Hapus
  10. Tifa juga pake lactacyd baby tiap hari mak. Kulitnya jd makin mulus dan putih bersih ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mak ari kulitnya jadi bersih ga mruntus2 :)

      Hapus
  11. aku bw ke artikel2 lactacyd baby..banyak nih yg crt lactacyd baby manjur buat flu singapore. tahu gitu wkt ada anak tetangga yg kena aku infoka ya, meski makai lactacyd dr tahun 2005 blm tahu klo tokcer untuk flu singapore
    alhamdullilah si kecil sehat ya mak

    BalasHapus
    Balasan
    1. buat perawatan flu singapore dan cacar juga mak eni

      Hapus
  12. Haaaai si Ganteng yg katanya Lasak. :D

    Ada sepupuku yg pernah kena flu singapur juga. Tau gitu, aku beliin Lactacyd yoo.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hi tante idah, iya nih si ganteng Miqdad tambah lasak aja fufufufu emaknya ngejar kesana kemari

      Hapus
  13. Dulu jaman Faris kena flu singapur blm ada Lactacyd baby ini hihihii.. lah iya kenanya udah berabad2 yg lalu :)) Sip dong ya klo gitu Lactacyd Baby untuk perawatan biang keringat dan ruam.

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh flu singapura sudah lama ya ada kirain baru ngetrend sekarang aja hahaha

      Hapus
  14. Iya nih kan sifatnya antiseptik cocok buat flu Singapura

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mak dian, bersifat sebagai antiseptik jadi bagus buat merawat beberapa masalah kulit kayak flu singapura, biang keringat dan cacar air

      Hapus
  15. Semoga cepat sembuh biang keringat nya.Musim panca roba memang harus waspada

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah sekarang kulitnya sudah bersih mak, Mudah2an sehat terus deh anak-anak

      Hapus
  16. Wah mau coba ah buat Salfa juga...

    BalasHapus
  17. Saya kira bentuknya bukan cairan mbak, kalau cairan takutnya buat sibayi jadi tidak nyaman mbak, solusi gimana ya mbak ?

    BalasHapus
  18. Aku selama ini kalau anak ruam tak biarin aja, padahal ternyata ruam pun bermacam2 ya?

    BalasHapus
  19. sekarang sudah hilang ya bekas flu singapurnya,mulus lagi deh kulitnya miqda

    BalasHapus
  20. hmmm ... mantab dan , bisa jadi rekomendasi buat ponakan di rumah

    NLP Surabaya

    BalasHapus