Senin, Juni 13, 2016

HokBen Restoran Halal Milik Semua



 HokBen Restoran Halal Milik Semua





Di rumah kami ada peraturan tidak tertulis. Sudah berlaku turun-temurun. Maksudnya dari anak pertama sampai anak ke-6 hahaha. Kalau beli makanan atau jajanan pilih yang ada logo halal MUI nya. Dulu sih bingung gimana ngajari Osama kecil waktu itu biar dia ngerti kalau nyari jajanan yang halal. Akhirnya ketemu trik sederhana. Hafalin logo halal MUI. Ga nyampai seminggu dia ngerti kalau beli jajanan cari yang ada halalnya. 

Alhamdulillah sih cara sederhanan itu lumayan berhasil. Kalau si adik lupa abangnya maju ngingetin. Kalau abangnya lupa adik-adiknya yang maju ngingetin. Apalagi anak-anak kan paling gampang ketika belajar memakai metode visual. Apalagi ketika anak-anak melihat bapak dan ibunya yang strick banget kalau urusan halal pada makanan. Bahkan si bapak aja kalau bepergian mengusahakan banget cari hotel yang menyediakan makanan halal. 


Nah kemarin Sabtu, 4 Juni 2016 saya dapat kesempatan mampir bincang-bincang tentang sertifikasi halal bersama MUI pusat di Restoran Hokben jl. Kaliurang, Yogyakarta. Sempat mikir juga kenapa memilih Hokben sebagai lokasinya. 


       Setelah acara dimulai baru ngeh ternyata itu to alasanya. Pembicara pertama ada bu Katrina dari pihak HokBen yang menjelaskan tentang HokBen. Dan pembicara kedua ada bu Osmena Gunawan dari LPOM MUI Pusat yang berbagi cerita tentang perjalanan panjang untuk mendapat sertifikasi Halal dari MUI. 

Kenapa HokBen?
HokBen mendapat sertifikasi Halal grade A dari MUI. Apa itu grade A. Ternyata grade pada sertifikasi halal ada beberapa tingkat. Ada 11 kriteria yang diterapkan oleh MUI untuk mencapai Sertfikat Jaminan Halal. Nah sebelum sampai pada tahap mendapat sertifikat Halal. Ada jalan panjang yang dilalui oleh HokBen.
HokBen mendapat sertifikasi Halal pertamanya tahun 2008. Jujur saya respek banget dengan restoran atau gerai makanan yang mau bersusah payah mengurus sertifikasi halal dari MUI. Selain komitmen HokBen untuk selalu menyajikan makanan halal dan berkualitas menu HokBen juga bisa delivery lo. Sehingga makin banyak konsumen yang bisa dijangkau. Apalagi gerai HokBen Jl. Kaliurang ini buka 24 jam. Buat yang kelaparan tengah malam bisa mampir di HokBen Kaliurang.
Nah bu Osmena dari MUI memaparkan bahwa staf ahli pangan yang dimiliki oleh MUI mempunyai kapabilitas dan indtregitas tinggi dalam kinerja mereka untuk sampai pada pemberian sertifikasi halal pada sebuah produk. Karena sertifikasi halal yang dikeluarkan oleh MUI sendiri sudah diakui oleh banyak otorita penjamin halal di luar negeri. Saya sendiri sih merasa kepercayaan pada MUI itu salah satu bentuk ikhtiar untuk mendapat jaminan halal pada makanan.
Yang mengagumkan adalah bahwa MUI melacak semua sumber, alat dan bahan yang digunakan oleh sebuah produk sebelum mengeluarkan sertifikat halal. Jadi MUI mencatat sumber distributor bahan-bahan mentah HokBen. Dan jika berganti suplier maka Hokben wajib mendaftar ulang lagi. Whuaaaa, ini benar-benar integritas tingkat tinggi saudara-saudara.
Lalau bagaimana sih kita yakin bahwa logo halal yang digunakan Hokben itu asli. Logo Halal dari MUI ada QC alias code registernya. Tinggal dipindai saja dengan smartphone kita. Jadi pakailah smartphone yang kita miliki dengan benar ga cuman buat narsis doang, eh.
Selain itu kita bisa mengecek melalui SMS. Ketik saja Halal HokBen kirim ke 98555 untuk mengecek kehalalan HokBen. 






Anak-anak saya sendiri sangat menyukai bermacam nuget dan tempura dibandingkan jenis makanan lain. Jadi saya kehati-hatian saya dengan HokBen beralasan. Alhamdulillah lega rasanya setelah tahu HokBen memiliki sertifikat Halal grade A dari MUI.
Nah Ramadhan tahun ini Hokben mengeluarkan paket Omiyage lo. Apa itu Omiyage? Omiyage artinya buah tangan. Seperti kebiasaan orang Indonesia kalau berkunjungkan bawa oleh-oleh. Nah Omiyage ini ada paket untuk ber-4 seharga 150 ribu dan ada paket untuk ber-6 seharga 240 ribu yang masing-masing dapat gratis teh botol 1 liter. Puas deh pokoknya.
Oia ada satu lagi nih. HokBen ada program Share To Love. Dimana kita cukup memposting menu  favorit kita di HokBen lalu mention twitter @HokBen nah jika postingan kita menang kita berkesempatan mengirimkan menu HokBen itu untuk orang-orang terkasih. Aku mauuuuuu.
Oke. Sampai jumpa di HokBen ya.

7 komentar:

  1. Kl udah ada logo halal itu rasanya jauh dari was2...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bener mak Hana rasanya tenang

      Hapus
  2. Selain halal, saya juga sangat suka sekali dengan salad dan chicken roll di Hokben, ga tergantikan di tempat lainnya :).

    Apalagi kalau ada hadiah mainan kalau pesan kidzubento hududududududu makin-makin lengket sama hokben

    BalasHapus
    Balasan
    1. kidzubento itu hadiahnya bukukan ya

      Hapus
  3. Pengin makan hokben tapi di kotaku nggak ada hiks. Biasanya kalo ke Surabaya nih anak-anak ngajak makan Hokben :)

    BalasHapus
  4. aku bekum pernah nyibain paket yg ini. Biasanay beli value set irit 100rb ber4 udah dapet sup plus ocha yang boleh nambah gratis:)

    BalasHapus