Kamis, April 07, 2016

Poin-Poin Yang Harus Diajarkan Pada Anak Saat Anak Menggunakan Internet

Poin Penting Yang Harus Diajarkan Pada Anak Saat Menggunakan Internet

Point penting Yang Harus Diketahui Oleh Anak Saat Berinternet



Tahun ini sulung kami akan mengikuti UN untuk SD. Seperti janji kami jika ia masuk SMP ia diperbolehkan memiliki akun FB dan akun sosial media lain sendiri. Sebagai ibu yang katanya blogger (hatsyim) harus dong ya saya memberi ceramah lengkap dengan preambulenya untuk sulung kami ini. Dia harus tahu betapa kejamnya dunia maya, halagh. Berbekal sedikit pengalaman dan panduan internet sehat yang saya kutip mulai dari situs kemeninfo sampai blog ala-ala diluar sana. Mulailah saya menyiapkan kisi-kisi apa saja yang harus saya bahas. Jadi ga cuman soal Ujian Nasional aja yang ada kisi-kisinya. Berinternet juga ada kisinya. Efek mual setiap hari dari berbulan lalu mendampingi anak persiapan UN. Hahahaha.

Anggaplah saya kali ini menjadi markomnya Menkominfo untuk menyampaikan etiket dan kiat berinternet secara sehat. Uhuy.
Berikut dialog yang mungkin saja hadir dan jawaban yang saya persiapkan berdasarkan sekelumit pengalaman saya di dunia maya. Bah, semacam sudah expert aja si mamak-mamak ndeso ini.
Okey langsung saja

Osama: “ Bu, bener lo besok pas masuk SMP aku sudah boleh punya sosmed sendiri”
Ibu: “ Siap Bos”
Osama:” Hape baru juga lo Bu”
Ibu:” Eh, ya nggak lah”
Osama:” Huuuu Ibuuuu” sambil mecucu (memonyongkan bibir)
Ibu:” Lo hapemu yang lama sudah bisa untuk internetan lo Bang”
Osama:” Oh gitu ya?” serius bertanya.
Wah kesempatan ini buat emaknya ngasih ceramah. Ehm, benerin kebaya
Ibu:” Iya bang, hape itu hanya alat, internet juga hanya alat, sosial media juga hanya alat. Yang penting adalah kamu. Berinternet juga ada aturannya. Ga asal bikin FB terus nyetatus yang ga penting”
Osama:” Emang Ibu dulu pernah nyetatus yang ga penting”
Ibu:” eng, nganu, pernah sih tapi kan duluuuu pas ibu ga ngerti kalau attitude itu juga diperlukan di dunia maya. Ga usah ditiru bang. Dulu Ibu kan ga ada yang ngajari pas mainan internet”
Osama:” Memangnya bisa ditangkap ya Bu kalau kita nyetatus yang ga penting?”
Ibu:” Ya ga ditangkap sih. Ga papa juga sih nyetatus yang ga penting ga ada yang larang tapi Ibu kan ngasih tahu kamu kan sayang data internetnya kalau cuman curhat di internet. Kalau mau curhat ya sama Ibu aja. Kan bisa ditambah uang saku kalau curhatnya ke Ibu, eh”
Osama:” Kan kemarin ada yang ditangkap ya Bu pas nyetatus di internet? Karena apa sih Bu?”
Ibu:” oh itu dia nyetatusnya sudah melanggar kode etik dunia maya. Jadi kalau statusnya dianggap merugikan atau melakukan perbuatan tidak menyenangkan atau sudah menyinggung hal-hal yang berhubungan dengan SARA ya bisa ditangkap Bang. Ada Undang-Undangnya lo Bang. Jadi jangan asal nyetatus yang membawa-bawa nama orang lain yang ternyata bisa aja status kamu dianggap tidak menyenangkan dan merugikan”
Osama:” Terus apa yang ga boleh dong ?”
Ibu:” satu: jangan memberi data pribadi di sosial media, misalnya ngasih nomor telepon, ngasih alamat rumah, ngasih tahu nomor rekening. Pokoknya yang berbau data pribadi ga boleh dikasih lewat media sosial. Kalau ada yang minta, tanya ibu dulu ya Bang. Inget!. Dua: jangan sekali-kali menyinggung orang lain dengan menyinggung fisik, agama, ras, golongan atau apa aja yang berbau pribadi orang lain yang dia ga suka kalau itu diungkit. Kayak kamu misalnya ga mau kan dibilang bodoh. Yah sejenis itulah. Tiga: kalau ada apapun kasih tahu Ibu sama Ayah. Harus. Inget ya harus. Meskipun ga enak sekalipun. Meskipun kamu nanti ujungnya misalnya dimarahin sama Ibu sama Ayah. Kalau Ibu sama Ayah marah pasti ga mungkinlah sampai membahayakan kamukan?. Semarah-marahnya Ibu paling uang saku kamu dipotong”
Osama:” HUUUUUUUU” protes keras. Hahahaha.
Osama:” Kalau Ibu ngeblog kan itu curhat Bu?”
Ibu:” yah ga papa sih curhat di blog. Tetapi tambah poin lagi kalau kamu curhatnya berbobot. Bukan berarti agar blog kamu kelihatan hebat di mata orang. Tetapi dengan curhat yang berbobot dan memberi solusi kamu belajar banyak hal. Kamu jadi ‘terpaksa’ belajar lagi kan biar tulisanmu berbobot’. Dan otomatis kamu jadi belajar banyak hal. Dan percaya deh Bang sama ibu ga pernah rugi orang yang belajar dan menuntut ilmu”
Osama:” pantesan Ibu masih sering belajar. Ikutan workshop internet kemana-mana”
Ibu:” Kalau itu sih bukan karena biar pinter Bang. Karena pada dasarnya memang ibu aja yang ilmunya sedikit. Kalau ga belajar ga nambah-nambah ilmunya”
Osama:” Aku besok berarti sudah bisa pegang blogku sendirikan?”
Ibu:” Ya boleh. Tapi Ibu tetap mengawasi lo Bang. Kalau ada yang gangerti tetap tanya sama Ibu sama Ayah”.
Osama:” Siap Bos, etapi aku tetap dapat jatah kuota internetkan Bu?”
Ibu:” Ya tapi tetap ada batasnya lo Bang. “
Osama:” Yang kenceng lo Bu!”
Ibu:” Buat apa sih bang kok harus kenceng internetnya?”
Osama:” Ya buat belajarlah Bu. Masak mau buka Youtube kena buffering terus”
Ibu:” Ish anak kecil ngerti buffering segala ntar ga buat nonton yang aneh-aneh kan?”
Osama:” Inget Bu, kata psikolog ga boleh bilang akau anak kecil. Ibu percaya deh sama Aku ”
Ibu:” oia maaf Bang, lupe. Percaya Bang InsyaAllah” benerin jilbab
Osama:” Kan Ibu sendiri ya bilang, kalau internet kenceng manfaatnya banyak kalau kita bisa manfaatin”
Ibu:” Oia ya Bang, saking banyaknya Ibu ceramah sampai lupa babnya yang mana aja hahahaha”
Osama: pasang tampang manyun
Ibu:” Kemarin pas ikut workshop fun Blogging Ibu nyobain Freedom Combo dari IM3 Oreedo, Bang. Buka Youtube cepet banget. Seneng ga keputus-putus. Kamu pasti seneng deh bang kalau nonton tentang petualangan luar angkasa pake itu. Ga macet-macet. Eh kemarin kamu nonton perbandingan benda langit kan putus-putus pasti ga asyik”
Osama:” Tumben ibu promo. Biasanya kan ibu ga makan merk?”
Ibu:” ibu sih ga makan merk kalau harganya pas kualitas bagus pastilah Ibu pakai” ibu nyengir.
Osama:” Pokoknya jadikan Bu aku dibeliin hape baru?”
Ibu;” Eh, tetep nggak kalau it’. Pasang tampang galak
Osama:” Yah Ibu, dari tadi dirayu ga mempan juga”
Ibu:” Ya nasibmu Bang dapet ibu berhati baja bermental batu karang berprinsip sekokoh gunung Merapi, eaaaaa” hahahaha
Sudah dulu deh ceramahnya. Bhabhayyyy.



7 komentar:

  1. Nikmati masa kanan2mu, nak. Kalau pegang gadget, gak menikmati main gobak sodor.ala2 te ima ikutan ceramah. Hihihi.

    BalasHapus
  2. Nikmati masa kanan2mu, nak. Kalau pegang gadget, gak menikmati main gobak sodor.ala2 te ima ikutan ceramah. Hihihi.

    BalasHapus
  3. Nyimak obrolan mak Irul ama Abang lucu juga ya. Wah tugas ortu skrg lebih berat, dulu anak kecil paling mainan di kebon, skrg bisa berselancar kemanapun.

    BalasHapus
  4. Kalau kita menyinggung orang lain akan begitu mudahnya dishare viral dan nanti kita dibully. Harus hati2 banget

    BalasHapus
  5. Anakku punyanya instagram, itupun yg aktif si adik korea2an, kakaknya gak aktif. Nggak ada yg mau facebookan. :))

    BalasHapus
  6. hahaah sampe lupa anak. saking seriusnya ya

    BalasHapus
  7. Emang penting banget memantau anak menggunakan internet, soalnya biar gak kebablasan

    BalasHapus