Resep Keripik tempe

Resep Membuat Kripik Tempe yang Renyah dan Gurih





Salah satu makanan tradisional yang sangat disukai adalah tempe. Selain harganya murah dan mempunyai nilai gizi yang cukup tinggi, tempe juga mudah dibuat menjadi bermacam-macam makanan yang lezat. Salah satu makanan yang dibuat dari bahan tempe ini adalah dengan membuatnya menjadi berbagai jenis camilan keripik lezat.
Kripik tempe banyak disukai karena rasanya yang gurih dan renyah. Bukan saja orang dewasa, anak-anak juga banyak yang menyukainya. Makanan ini layak dikonsumsi karena memiliki kandungan gizi yang cukup, seperti protein, karbohidrat dan lemak.

Biasanya keripik ini dimakan sebagai hidangan pelengkap saat makan hidangan utama seperti nasi, ketupat sayur, lontong, dan lain-lain. Dapat juga disebut sebagai makanan ringan seperti kerupuk, tapi bisa juga dimakan langsung sebagai camilan. Makanan ini banyak dijual di pasar, super market dan toko-toko yang menyediakan makanan oleh-oleh. 

Kita juga bisa membuat sendiri keripik dari bahan tempe ini, karena cara memasaknya sangat mudah dan sederhana. Untuk membuatnya, tempe harus dibuat dalam irisan-irisan tipis yang searah sehingga tidak merusak teksturnya. Setelah itu celupkan dalam tepung berbumbu dan goreng dalam minyak panas. Minyak yang digunakan harus banyak dalam wajan ukuran sedang sehingga tempe bisa tergoreng dengan sempurna.

Berikut ini adalah resep untuk membuat kripik tempe yang lezat. Sebelum memasak, siapkan dulu alat-alat dan bahan-bahan yang diperlukan.

Bahan yang diperlukan:

  • Tempe Kedelai kotak atau bulat panjang,
  • 200 gram Tepung beras,
  • 100 gram Tepung tapioca,
  • 1 butir telur,
  • Air secukupnya,
  • 1 kg Minyak goreng.

Bumbu Tepung gurih:

  • ½ sendok teh ketumbar,
  • 6 butir kemiri,
  • ½ sendok teh garam dapur,
  • 5 siung bawang putih,
  • 5 lembar daun jeruk.

Cara membuatnya:


  1. Campurkan ketumbar, garam, kemiri, dan bawang putih, haluskan. Setelah halus, tambahkan daun jeruk dan uleg lagi sampai benar-benar halus.
  2. Kocok telur, kemudian campurkan tepung beras dan tepung tapioca dan tambah dengan air hingga adonan tercampur, jangan terlalu encer dan jangan terlalu kental.
  3. Tambahkan bumbu halus dalam adonan tepung, aduk hingga rata.
  4. Iris tempe dalam irisan-irisan tipis dengan tebal 0.5 – 1 mm.
  5. Panaskan minyak dengan api sedang.
  6. Celup irisan tempe dalam adonan sampai lembaran tertutup. Angkat dan tiriskan.
  7. Goreng dalam minyak panas kering dan berwarna kuning kecoklatan.
  8. Angkat dan tiriskan.
  9. Setelah dingin, simpan dalam toples tertutup.

                                          
Cukup mudah cara membuatnya bukan? Anda bisa mencobanya sendiri di rumah. Bahan-bahannya juga gampang didapat. Anda juga bisa membuat variasinya dengan rasa manis dan pedas. Dengan meluangkan sedikit waktu, kripik tempe yang renyah dan gurih bisa tersaji, dan segera dapat dinikmati bersama keluarga. Baca juga berbagai resep makanan indonesia lainnya di nanokarakoy.com

5 komentar

  1. aku belum pernah nyoba bikin keripik sendiri mak, sesekali pengen nyoba

    BalasHapus
  2. Duhh. Bahkan aku bikin rempeyek pun jd bakwan, klo niat bikin tempe kripik berarti jd tempe garet

    BalasHapus
  3. Ngirisnya ini yang jadi PR ya Mak. Mesti bener-bener tipis pake pisau yang tajem. Hehe. Tapi boleh dicoba sih ini resepnya, makasi sharingnya ya Maaaaak

    BalasHapus
  4. Langsung siapkan alat tempur

    BalasHapus
  5. aku mau yg udah jadi aja ada gak mak irul? :)

    BalasHapus