Selasa, Maret 01, 2016

Keceriaan Omah Parenting Jogja Bersama Chil-Go!




Tanggal 8 Februari 2016 kemarin akhirnya saya dan Salma berangkat ke Gunung Kidul. Saya termasuk rombongan yang berangkata hari H. Ada sekitar 4 rombongan mobil yang memilih berangkat hari H. Hujan berangin menemani perjalanan kami. Dari Jogja sendiri dibutuhkan waktu sekitar dua jam untuk sampai ke Pule Kulon Tepus Gunung Kidul. Jalan berbatu dan naik turun kami temui di jalan. Tetapi anak-anak tetap riang. Untungnya pemandangan sepanjang perjalanan tetap indah luar biasa. Menikmati Jogja dari atas memang beda sensasinya.


Sampai di Pule Kulon kami langsung disambut warga dan sebagian teman-teman Omah Parenting yang sudah tiba lebih dulu. Kami juga disambut anak-anak peserta lomba menggambar dan mewarnai yang ternyata sudah hadir dari pagi. Duuh jadi terharu.
Langsung deh kami berbagi tugas. Yang kebagian membuka acara langsung ambil barisan didepan. Acara di buka dengan perkenalan kami Omah Parenting. Kemudian penjelasan kegiatan yang akan kami laksanakan hari itu.

Lomba Menggambar dan Mewarnai Bersama Chil-Go!


Acara pertama tentu saja adalah lomba mewarnai "Aktivitas Sehat" dan menggambar ‘Makanan Sehat’. Dikuti oleh kurang lebih 70 anak dari dusun Pule Kulon dan beberapa dari dusun sebelahnya. Panitia membagikan kertas gambar untuk para peserta. Seperti biasa anak-anak langsung berebut antusias. Para peserta terbagi dalam dua kelompok, yakni kelompok mewarnai dan kelompok menggambar. Peserta diberi waktu satu jam untuk menyelesaikan karya mereka. 


bingkisan snack sehat berisi Chil-Go!


Selain mendapat kertas gambar mereka juga mendapat bingkisan berisi susu Chil-Go! Lo. Anak-anak nampak senang mendapat susu Morinaga Chil-Go!. Saya sempat berkeliling melihat beberapa anak yang serius menggambar dan mewarnai. Sempat juga bertanya pada beberapa anak tentang sekolah mereka dan keseharian mereka. Meskipun dipelosok desa mereka anak-anak yang sehat dan kuat lo. Rata-rata berangkat kesekolah yang berjarak sekitar 1 km dari rumah mereka. Dan dengan berjalan kaki lo. Hebat ya.


 Waktu yang kami berikan selesai. Anak-anak diminta mengumpulkan karyanya. Dan panitia langsung menilai karya peserta. Teman saya bunda Saka yang menjadi juri lomba kali ini dibantu oleh bunda Uli dan bunda Siti. Kemudian dipilih tiga karya terbaik untuk lomba menggambar dan tiga karya untuk lomba mewarnai. Dan ternyata pilihan juri ga salah lo. Saya sempat bertanya pada bunda Saka kenapa karya itu dipilih jadi juara.

 Kata bunda Saka “makanannya lengkap mulai dari nasi, sayur mayur, lauk pauk, buah dan susu. Para pemenang menggambar berlatar belakang didalam rumah atau meja makan. Karena makanan yang sehat memang sebaiknya dibiasakan dari rumah dan diatas meja bersama-sama anggota keluarga” begitu kata bunda Saka.



 Wow setuju dengan pendapat bunda Saka. Semua pemenang mendapat bingkisan dari Omah Parenting. Panitia juga sempat memberi beberapa kuis kecil untuk para peserta yang tidak kebagian hadiah. Dan tak lupa pembagian susu Morinaga Chil-Go! Untuk semua peserta sebagai snack sehatnya. Anak-anak menikmati banget susu Chil –Go!nya. Wherever You Go, Chil-Go!















Penyuluhan Kesehatan Gratis Tentang Jajanan Sehat




       Sambil menunggu anak-anak menggambar dan mewarnai para orangtua diminta duduk untuk mendengarkan penyuluhan kesehatan gratis dari teman kami Bunda Sulis seorang tenaga medis dan relawan dari Palang Merah Indonesia. Masyarakat diminta untuk menjalani hidup sehat dan seimbang. Membiasakan anak-anak untuk mengkonsumsi makanan sehat salah satunya. Ada juga tentang tips memilih jajanan sehat, yakni lebih memilih buah dan susu sebagai snack harian anak-anak. Orangtua juga diminta menyediakan snack sendiri dirumah karena bisa menjamin sendiri kehigenisan makanan dan mengatur jumlah gula yang dikonsumsi anak-anak. Selain itu untuk memilih susu cair pertumbuhan yang benar-benar sudah teruji higenis dan manfaatnya. Salah satunya Susu cair Morinaga Chil-Go! dari Kalbe Nutritional. 

     Oia sebelum dimulai penyuluhan teman-teman sudah membuka konsultasi dan periksa kesehatan gratis di teras masjid. Ada tenaga medis dari RSA UGM Yogyakarta yang menjadi relawan kami hari itu. Berbondong-bondonglah para ibu dan bapak meminta di ukur tekanan darahnya. Di periksa kadar darah dan asam uratnya. Sekaligus mendapat saran medis untuk penangan selanjutnya. Senangnya masyarakat Pule Kulon hari itu.


Pelatihan Pembuatan Aksesoris Untuk Remaja












Sambil berjalan untuk para remaja putrinya kami memberikan pelatihan pembuatan aksesoris secara gratis. Bahan dan alatpun kami sediakan. Keren kan. Para remaja putri langsung duduk manis mendengarkan petunjuk dalam membuat bros dari kain perca yang hari itu dipandu oleh Bunda Metha pemilik usaha perhiasan dari Yogyakarta. Hari itu para remaja itu belajar langsung dari ahlinya.

Pembagian Sembako Gratis Dan Bazar Murah 







Rombongan Omah Parenting masih ada kegiatan lain. Yakni pembagian sembako gratis dan bazar murah. Sembako gratis donasi para dermawan dari kota Yogyakarta kami salurkan untuk masyarakat yang membutuhkan. Dan bazar murah disediakan untuk masyarakat dengan harga yang sangat terjangkau. Baju-baju layak pakai dijual hanya seharga 1.000 -2.000 rupiah saja. Begitu juga dengan mainan anak. Terharu banget melihat antusias warga saat bazar. Barang-barang layak pakai itu ternyata bermanfaat banget untuk warga. Meskipun disebut sebagai bazar barang layak pakai rata-rata barang yang dijual adalah baru dan bagus lo. Uang yang terkumpul dari bazar kami berikan kepada kepala kampung yang rencananya akan digunakan untuk pembuatan Perpustakaan Desa. Kebetulan kami juga sudah membawa buku-buku untuk bahan bacaan di Perpustakaan Desa kelak.


         Lengkap kegiatan kami hari itu. Harapannya kelak anak-anak di dusun Pule Kulon tumbuh sehat dan cerdas dan bisa menjadi Generasi Platinum di masa datang. aamiin. Sehingga Indonesia mempunyai banyak Generasi Platinum yang berakhlak mulia, cerdas dan bermanfaat. Aamiin. 
Yang penasaran dengan Generasi Platinum bisa buka Facebook-nya Morinaga Platinum dan twitter-nya di:
FB : Morinaga Platinum
Twitter: @MorinagaID


Siangnya kami dijamu oleh warga dengan kuliner khas Gunung Kidul. Nasi tiwul, sayur lombok ijo, tempe bacem dan mendoan. Bahagia rasanya hari itu kami benar-benar bersyukur bisa berbagi dengan banyak keluarga baru. Anak-anak kami juga gembira bertemu banyak teman baru dan belajar berbagi dengan banyak orang. Pengalaman yang mengesankan buat kami semua.

       Terimakasih untuk semua pihak yang turut ambil bagian dalam kegiatan kami. Terimakasih untuk Morinaga Chil-Go! untuk susu sehat dan bergizinya. Sampai Jumpa di kegiatan Omah Parenting berikutnya ya. Salam Generasi Platinum



25 komentar:

  1. aduh ada nasi tiwul aku mauuuu. kegiatan berbagi yg keren

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya itu nasi tiwul asli buatan penduduk.

      Hapus
  2. Bahagianya bisa berbagi ya, Mbak. Dan sambutan warga juga bagus, jadi tambah semangat berbaginya :)
    Btw ada nasi tiwul, sayur lombok ijo, plus tempe. Uwahhh... Nikmat banget pastinya. Masya Allah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. masyarakat antusias banget mbak sampai terharu

      Hapus
  3. Asik nih acaranya ada lombanya ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. anak-anak sudah nunggu dilokasi dari pagi lo :D

      Hapus
  4. pasti rame banget acaranya

    BalasHapus
  5. Acaranya keren sekali, anak-anak lomba menggambar makanan sehat dan ibunya mendengakan penyuluhan dan cek kesehatan gratis pula.

    Morinaga Chil-Go memang banyak nutrisinya ya, Mbak

    BalasHapus
  6. Acaranya seru banget ya mbak. jadi lebih kenal Omah Parenting. Namanya unik.
    Saya belum selesai menulisnya. DL besok ya.

    BalasHapus
  7. Waaah... kemasan acaranya super sekali mbak.

    BalasHapus
  8. whuee aku ga diajak kenapa? ayo sini bagiin Chil-Go!nya

    BalasHapus
  9. keren acaranya, bikin acara lagi dong biar aku ikut

    BalasHapus
  10. wah seru sekali acaranya, ada penyuluhan nya juga

    BalasHapus
  11. bahagia itu sederhana...melihat senyum tulus dari banyak orang adalah salah satunya

    BalasHapus
  12. Waah, seru ya acaranya. Ini sih ortunya nambah ilmu, anak2nya juga nambah pinter n sehat jadinya. Bagi2 ilmu & susu sih

    BalasHapus
  13. Seneng ya mak bisa berbagi apalagi kalo bagi2nya chil go. Anak2 pasti happy

    BalasHapus
  14. Seneng ya bisa berbagai kebahagiaan dengan anak-anak di daerah. Apalagi kalo masyarakatnya juga antusias.

    BalasHapus
  15. Warbiyasaaaaaak!

    Chil-Go! memang asyik buat semua bocil yak

    bukanbocahbiasa(dot)com

    BalasHapus
  16. Kegiatannya ngingetin saya saat KKN, bagi2 susu dan bazar hehe
    Sukses buat Omah Parenting dan kegiatannya :)

    BalasHapus
  17. Wah, asik banget. Nggak cuma bagi2 susu tapi bagi2 ilmu dan pastinya semangat ya makkk :D

    BalasHapus
  18. ini salah satu CSR Chilgo ya mb

    BalasHapus
  19. wuihhh seru ada lomba mewarnai juga, anak2 jadi senang dan bahagia

    BalasHapus
  20. Seru-seruan, biar makin asik jadi ibu, hehehe

    Salam,
    Roza.

    BalasHapus
  21. anak senang ibu riang, yipiii

    salam
    riby

    BalasHapus
  22. Terus berbahagia mbak, karena baca tulisanmu aku pun senyum, terima kasih.

    Salam,
    Rava.

    BalasHapus