Rabu, Februari 10, 2016

Solusi Agar Anak Makan Lahap




 Tips Saat Anak Mogok Makan




           Saya pastilah bahagia kalau liat anak saya makannya lahap. Kayak Miqdad tuh apa-apa mau. Bangun tidur sudah cari-cari makanan. Hahahaha.  Alasannya sih sederhana, banyak makan sehat pastinya. Ini alasan yang sangat dipaksa. Tetapi menurut hemat saya sih kalau anak mau makan makanan yang sehat otomatis asupan gizinya dan nutrisinya terjamin. Jadi tubuhnya dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Gitukan ibu-ibuuuuu?.
              Jangan panik dulu kalau buah hati sedang mengalami penurunan selera makan. Sebab kita bisa mengatasinya dengan beberapa cara sederhana ini :

Sajikan Makanan dengan Porsi Kecil
             Porsi makan yang terlalu besar dengan waktu makan berdekatan akan membuat si kecil tidak pernah merasa benar-benar lapar. Oleh sebab itu, atasi hal ini dengan menyajikan makanan dalam porsi kecil. Jadwalkan kegiatan makan si kecil pada waktu yang sama supaya perut si kecil terbiasa dengan kondisi lapar yang sama setiap saat.
Menyiapkan Camilan Sehat
                  Aneka camilan sehat berupa buah, roti isi, biskuit oatmeal, dan es krim buatan sendiri bisa menjadi alternatif hidangan selingan untuk si kecil. Tak perlu khawatir saat si kecil menolak hidangan utama. Sebab hidangan camilan yang sehat akan membantu memenuhi kebutuhan nutrisinya.
Menyajikan Makanan Secara Menarik
Makanan yang disajikan secara menarik dengan bentuk yang lucu atau piring makan favorit akan membuat si kecil lebih bersemangat untuk makan. Kita bisa memperoleh pernak-pernik makan anak yang istimewa di tempat belanja online terlengkap, tentu saja di MatahariMall. Semua perlengkapan makan yang lucu dan terbuat dari material food grade akan membuat anak-anak jadi lebih penasaran dengan makanannya.
Jadi, tidak hanya butuh makanan yang lezat dan bergizi saja, perlengkapan makan anak pun harus memiliki tampilan yang menarik dan senantiasa bersih, ya.

Jangan Menjanjikan Sesuatu untuk Anak
Menjanjikan puding atau camilan manis sebagai hadiah bila anak menghabiskan hidangan utama justru akan membuat tujuan dari kegiatan makan jadi keliru. Si kecil akan menghabiskan makanannya hanya untuk mengincar hidangan penutup yang dianggap paling lezat. Sebenarnya hidangan penutup tidak harus selalu diberikan pada anak. Cukup 1 hingga 2 kali seminggu sebagai kejutan yang istimewa bagi buah hati.
Keempat cara sederhana ini tentu akan membangkitkan semangat kita untuk menyiapkan hidangan bergizi nan menarik untuk si kecil. Ini saatnya untuk mendukung tumbuh kembang si kecil dengan meningkatkan nafsu makannya.

7 komentar:

  1. Anakku pada doyan makan, banget ngettt.. bangkrut emaknya >.<

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya,, kalau takut bangkrut masukin lagi aja anaknya mba,,, Hehe

      Hapus
  2. Kalau anak saya suka nasi goreng min, lalu saya bentuk sedemikian rupa nasi itu seperti bentuk wajah lucu misalnya trus di kasih warna warni dari sayur,,, wah suka sekali yang seperti itu. Makasih tipsnya min

    BalasHapus
  3. terimakasih tipsnya

    BalasHapus
  4. bebrapa hari yang lalu, Fira sedang emoh nasi. AKu coba lauknya saja, dia mau makan. Aku coba diumpetin nasinya...kadang sukses, kadang enggak...eh Alhamdulillah hari ini, FIra mau makan nasi doang...

    BalasHapus
  5. kalau bikin camilan dalam porsi lecil memang cepet habis beda kalau porsi gede gak habis2

    BalasHapus
  6. Alhamdulillah, akhirnya nemu juga artikel yang saya cari-cari. Kebetulan adik saya sangat sulit kalo disuruh maem, maunya ngemil terus. Terimakasih, sangat membantu :)

    BalasHapus