Amankah Memandikan Bayi Dengan Air Dingin?

Bolehkah bayi mandi air dingin?









Sebenarnya aman ga sih memandikan bayi dengan air dingin?
Dulu waktu anak pertama agak khawatir kalau memandikannya pake air dingin. Tetapi kemudian setelah membaca buku dan liat pengalaman. Bayi mandi air dingin itu aman kok.

Setelah mencoba sendiri baru tahu ternyata aman-aman aja. Bayi lebih sehat sih menurut saya. Ga mudah batuk pilek. Apalagi kalau liat bayi-bayi di pedalaman Kalimantan sana. Masih merah subuh buta sudah dicelupin ke sungai. Hahaha. Sehat semua. MasyaAllah.


Berdasarkan yang saya baca sih menurut penelitian para ahli, bayi yang mandi dengan air dingin mempunyai daya tahan tubuh yang lebih baik dari yang mandi dengan air hangat. Intinya sih mandi dengan air dingin meningkatkan sel darah putih yang berguna banget buat menghadapi penyakit. Gituuu


Nah akhirnya saya lebih prefer memandikan bayi dengan air dingin. Menurut banyak sumber yang saya baca bayi bisa dimandikan dengan air dingin sejak usia 4-5 bulan.


Sejak anak pertama saya juga sudah membiasakan bayi saya mandi air dingin. Kapan sih bayi boleh mandi air dingin? Kalau saya mulai membiasakan bayi mandi air dingin sejak umur 5 bulanan.

Bayi saya sendiri si Miqdad sekarang sudah 12 bulan sudah saya mandikan air dingin sejak usia 5 bulan. Jadi biasanya mandinya juga tidak berendam gitu tapi di guyurkan perlahan. Awalnya juga tidak langsung mandi air dingin. Hari pertama sih suhu air di turunin. Jadi lebih banyak air dinginnya daripada air panasnya. Lalu hari berikutnya kurangin lagi campuran air panasnya di air mandinya. Terus sampai hari ketiga airnya bener-bener air dingin biasa.

Awalnyanya sih Miqdad kaget terus teriak-teriak ga terima, hehehe. Bahkan sempat juga nangis kejer. Tetapi lama kelamaan dia pasrah aja. Hari-hari berikutnya sudah biasa bahkan sudah sibuk lagi sama mainannya. Bahkan kalau perlu semua mainannya di ajak mandi.

Ohya tetapi kalau mandiin bayi pake air dingin perhatikan juga kondisinya. Ini parameter sederhana buat kita kalau mau mandiin bayi

1.     Setiap tempat kan beda temperatur udaranya. Kalau tinggal di daerah dingin sebaiknya jangan buru-buru mau ngajak bayi mandi air dingin.
2.     Si kecil harus sehat. Bahkan sekarang aja kalau anak-anak sakit saya mandiin pakainya air hangat. Eh emaknya juga ding. Bapaknya juga. hahaha
3.     Ga berlaku untuk bayi baru lahir lo ya
4.     Ga berlaku juga untuk bayi lahir prematur atau ada kelainan khusus.
5.     Gunakan sabun dan shampoo khusus bayi jadi aman.


Menurut pengalaman sih bayi itu paling tiga hari adaptasinya sampai dia bisa mandi air dingin. Jadi ga usah khawatir berlebihan. Kelebihannya sih daya tahan tubuh bayi meningkat. Keuntungan lainnya emaknya ga perlu ribet juga nyediain air anget. -____-


Nah kalau mandi itu biasanya momen yang paling seru buat anak-anak. Bisa di bikin video tuh. Apalagi sekarang Cussons ngadain lomba foto dan video Cussons Bintang Kecil Session 4. Total hadiah 1 milyar. Uwow banget.

Infonya bisa dilihat di bawah ini ya.
-          FB:  https://www.facebook.com/CussonsMumMe.Id/
-         TW: https://twitter.com/cussonsmumme_id
-         Web : http://cbk.cussonsbaby.co.id/

Jadi sekarang ga usah khawatir lagi kalau mau memandikan bayi dengan air dingin. 


13 komentar

  1. waktu anak pertama aku biasa mandi air dingin, nah Alvin agak susah dia nangis. Tapi akhirnya aku berhasil sih nemuin caranya suapay mau mandi air dingin

    BalasHapus
  2. aku slalu biasain anakku mandi air dingin mba... lebih hemat ke listrik jga kan soalnya ;p... dan untungnya, anakku juga tipe yg ga kuat panas... tidur dgn AC aja ga mw selimutan... jd aku ga susah juga sih pas ngajarin dia mandi air dingin...

    BalasHapus
  3. Anakku biar udara dingin, kubuatin air anget buat mandi malah ngga mau. Padahal mandi air hangat kan enak yaaa.

    BalasHapus
  4. Kalo di Garut, ga mungkin mandiin pake air dingin. Airnya sedingin air kulkas :D

    BalasHapus
  5. Lucunya Miqdad *salah fokus :D

    BalasHapus
  6. tergoda juga pengen mandiin pake air dingin.. tapi secara tinggal di bawah gunung, kalo pagi airnya sedingin air es... gak tega.. lah emaknya aja mandi air anget :P

    BalasHapus
  7. aku masih mandiin pake air anget untuk Ranu. tp hr minggu kemaren aku ajak renang, asik2 aja dia berendem di air kolam yg gk anget. :D

    BalasHapus
  8. Ah cobaaa ah, bentar lagi Aiden 4 bulan. Makasih infonyaaa Mamak Miqdad ^^

    BalasHapus
  9. Anakku dulu kayaknya mulai umur 1 tahun mandi pake air hangat. Ternyata umur 5 bulan pun fine aja ya.

    BalasHapus
  10. hematt... abin juga ah kayak kakak miqdad, 5 bulan nanti pake air dingin hehe

    BalasHapus
  11. Ya ampun, Miqdad lucu banget sih.. :)
    Kalo aku dulu anak-anak mandi air biasa sih. Tergantung kondisi. Tapi juga gak hangat-hangat banget, gak dingin dan gak hangat juga. sedanglah.. :)

    BalasHapus
  12. Miqdad montloook. . . :D
    Dapat pelajaran baru, nih. Pakai air dingin supaya baby tambah sehat, bergas!

    BalasHapus
  13. Beneran itu mba yang dipedalaman kalimantan bayi masih merah gitu dimandiin di sungai??

    BalasHapus