Biskuit dan Puding Milna sebagai cemilan untuk bayi dan balita



 Nyari Cemilan Bayi, Milna dong

https://www.facebook.com/MilnaID

Punya anak yang sehat itu tentu harapan terbesar para orang tua. Segala upaya dikerahkan agar buah hati kita sehat, cerdas dan berbudi pekerti yang baik. Asupan terbaik pasti menjadi pilihan. Alhamdulillah anak-anak saya mendapat asupan ASI lengkap selama dua atahun. Bahkan saya pernah menjalani Nursing Tandem disini. Selama enam bulan full ASI dan selepas itu mulai mengenalkan mereka dengan makanan padat. 


Kalau mengikuti aturan World Health Organization (WHO), pemberian makanan bayi harus mencakup 3 hal: inisiasi menyusu dini, ASI eksklusif minimal selama 6 bulan pertama dan pemberian Makanan Pendamping ASI (MPASI) pada usia 6 bulan sambil melanjutkan pemberian ASI. Memasuki usia 6 bulan, kebutuhan zat gizi bayi meningkat pesat. Berdasarkan Acuan Label Gizi Produk Pangan yang dirilis oleh BPOM (2007), kebutuhan energi bayi usia 6 bulan meningkat hingga 1.5 kali, kebutuhan proterinnya meningkat 2 kali lipat, kebutuhan karbohidratnya meningkat 2.4 kali dan kebutuhannya akan zat besi meningkat 26 kali lipat. Namun, menilik tabel nutrisi, kebutuhan gizi harian bayi usia 6 bulan terlalu besar untuk kapasitas perutnya. Misalnya saja, bayi usia 6 bulan membutuhkan zat besi sebesar 8 mg, yang bisa didapatkan dari 3 potong daging (150 gr) yang terlalu berat untuk dikonsumsi si kecil. Belum lagi kebutuhannya akan zat gizi lainnya. 

Nah, itulah kenapa MPASI itu menjadi penting untuk bayi selepas usia 6 bulan. Awal-awal sih biasanya saya memperkenalkan pure buah. Terus ganti bubur saring, bubur kasar, biskuit, puding, dan finger food. Pastinya sih meminimalkan penggunaan gula dan garam. 

Saat ini sih si Mush’ab sudah memasuki usia 2,5 tahun (toddler). Sudah makan makanan padat sebagaimana makanan untuk orang dewasa. Hanya porsi dan bahan makanan tertentu dikurangi jumlahnya. Nah, balita kami ini sangat suka ngemil. Cemilan favoritnya biasanya buah, biskuit, puding dan kue-kue manis Sebenarnya banyak sih biskuit, puding dan kue yang beredar di pasaran. Tetapi ya itu tadi kandungan bahannya terutama gula garamnya kadang diluar kontrol. Kalau ga manis banget ya asin banget.
Sudah pada tahukan ya para ibu kalau Kalbe Nutritional lewat brand Milna menyediakan cemilan buat bayi dan balita. Ada dua jenis cemilan yang disediakan oleh Milna untuk toddler yakni Milna Toddler Biskuit dan Milna Toddler Pudding. 

Biskuit Milna untuk Toddler
Biskuit dari Milna sudah saya kenal sejak anak pertama dulu. Bahkan sampai sekarang tetap menjadi pilihan meskipun sudah banyak bermunculan biskuit bayi berbagai merk. Ada beberapa alasan sih. Paling utama sih semua produk Milna itu mendapat sertifikasi Halal dari MUI pusat. Saya paling lega kalau menemukan logo halal pada produk makanan terutama logo halalnya MUI itu.
 Selain itu Sesuai dengan Regulasi SNI yang berlaku, biskuit Milna bebas bahan pengawet.Kombinasi antara proses dan pemilihan bahan baku serta bahan kemas, merupakan faktor utama yang menentukan umur simpan produk Milna. Bahan baku yang digunakan adalah bahan baku yang memiliki kadar air rendah dan aktifitas air (nilai aw) yang juga rendah untuk mencegah berkembangnya bakteri pathogen. Lalu kemasan yang dipilih adalah alumunium foil yang memiliki kekedapan udara yang secara signifikan mampu menjaga produk agar tidak mengalami kondisi “banyak udara” untuk mencegah berkembangnya bakteri pathogen.Hal penting lainnya adalah proses pengolahan di pabrik harus dalam kondisi steril dengan kelembaban udara yang rendah dan terkontrol, serta pencegahan kontaminasi yang maksimal sehingga produk yang dihasilkanpun memiliki kadar air rendah dan bebas dari cemaran bakteri pathogen. Secara keseluruhan, kualitas produksi ini bisa menjaga umur simpan produk hingga 18 bulan.

Dan jangan salah ya, semua produk Milna melewati riset mendalam sampai akhirnya bisa dihidangkan untuk bayi. 
 


Milna Toddler Biskuit
Milna memiliki dua varian biskuit. Biskuit Milna favorit si Aab yang rasa keju. Kejunya benar-benar kerasa jadi bukan sekedar ‘rasa keju’. Kalau yang coklat si emaknya juga doyan ^_^. Biskuit Milna itu teksturnya pas untuk pendamping ASI mulai 9 bulan ke atas. Bisa sebagai finger food juga. Melatih bayi menggenggam. Ada gambar timbul juga pada biskuitnya. Melatih motorik sekaligus kognitif buat anak. 


Milna Toddler Pudding





Selain biskuit cemilan favorit yang lain adalah Milna Todler Pudding. Ada tiga varian rasa: vanila, coklat dan strobery. Tekstur pudingnya sangat lembut jadi tidak membuat anak tersedak. Saya sangat berhati-hati dengan puding yang kenyal karena pernah dulu kejadian abangnya tersedak dengan puding kenyal yang banyak dijual di supermarket itu. Oia, puding dari Milna ini sangat praktis bikinnya. Tidak perlu dimasak. Cukup di tambahkan air panas saja kemudian dituang di wadah dan ga perlu waktu lama untuk menjadikannya padat. Praktis banget bikinnya. Jadi ga perlu pakai drama kalau mau bikin puding. Biasanya kan kalau mau bikin puding itu yang bete nunggu pudingnya mengeras. Bolak-balik buka kulkas. Hahahaha. 

 
saran penyajian






Dan, kotak kemasan Milna dapat dijadikan alat permainan edukatif lo ibu-ibu. Di kardus nya ada gambar-gambar hewan yang bisa digunting dan bisa dijadikan alat permainan si kecil. Kebetulan anak-anak saya bersekolah di rumah jadi kotak-kotak bekas kemasan Milna ini di buat menjadi rumah-rumahan dan mereka bermain menjadi pemilik peternakan deh. Seru pokoknya.

Si Aab bermain dengan bekas kemasan Milna ^_^

Jadi sekarang tidak perlu khawatir mencari cemilan yang aman buat bayi dan balita. Oia ibu-ibu yang punya bayi usia 6 bulan- 3 tahun bisa juga lo ikutan Kompetisi Bayi Hebat Milna 2015. Sebagai ibu-ibu pasti dong sering mengabadikan tingkah lucu anak-anak kita. Nah, jangan Cuma disimpan hasilnya ikutkan saja ke kompetisi diatas. Saat ini kompetisi sudah memasuki periode tiga lo. Ayo segera kirimkan foto terbaik si kecil. Jangan sampai menyesal gara-gara ga ikutan daripada jadi jerawat, hehehe. Hitung-hitung melatih rasa percaya diri anak dan juga orangtua. Untuk info lebih lanjut tentang Kompetisi Bayi Hebat Milna 2015 bisa dibuka disini.



36 komentar

  1. wah,aku baru tahu kalau mila ada puddingnya,taunya cuma biskuit hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada mb hana, enak pudingnya. bikinnya itu lo gamping banget hahahaha

      Hapus
  2. pudingnya enak kayak dihotel2 xD

    aku aja suka ngemil biskuit raffi kalo lagi males bikin kue xD

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku juga doyan makcuth :P

      Hapus
  3. Wah ada pudingnya jg ya mak..disini yg seribg nongol biskuitnya doank..pgn yg puding

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang puding sudah banyak kok di pasaran

      Hapus
  4. biskuit milnanya ponakanku tak cemilin diam2 hahaha enak siih, terutama yang keju

    BalasHapus
  5. mak irul aku mau dong pudingnya hehehe boleh kan ya aku cicpi walupun itu buat todler

    BalasHapus
    Balasan
    1. emaknya doyan banget mblid

      Hapus
  6. Waaah itu biskuit utk todlernya menginin. Milna yak...lengkap yo saiki

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya skrg Milna lengkap, biskuitnya ada yg varian u bayi 6bl juga yg 9bl keatas

      Hapus
  7. Anak-anakku waktu kecil dulu cemilannya juga biskuit milna. Enak, mamanya juga suka. Klo puding belom pernah nyoba, dulu mungkin blom ada puding milna ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Milna Toddler Pudding itu memang inovasi baru dari Milna Mb Li

      Hapus
  8. Okee noted, nanti baby ku kukasih milna lagii... Dulu kakak kakaknya jg milna sih soale. Habis baca ini jd makin gk mau pindah ke lain hati aah

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama ya, aku anak2ku juga Milna dari abang2nya dulu.

      Hapus
  9. emak, salam kenal yaa..
    hehehe...

    BalasHapus
  10. salam kenal juga mak :)

    BalasHapus
  11. Mau juga donk pudingnya dek Aab ;) Dulu pas jaman mb Vivi blm ada kayaknya nih pudingnya... penyesalan bgt ih :D

    BalasHapus
  12. Yaaahh, aku ketinggalan. Belum pernah coba pudding nya. Ubii dibagi doonnggg tante Irul :((

    BalasHapus
  13. Iyaaaa biskuit milna emang enyaaak (buat emaknya juga) bangeeet hahahahaha *tukang ngabisin*

    BalasHapus
  14. Wah ternyata komentatornya buanyak,

    BalasHapus
  15. Sayang sekali saya belum dapat pudingnya :-)

    BalasHapus
  16. Dulu anak sulungku mak yang suka ma milna. Bubur bayi sesekali, ma biskuit. Kayaknya jd pengen nyoba yang puding...kali aja alya suka. Blm pernah nyoba soalnya

    BalasHapus
  17. Keknya enak banget ya itu pudingnya? Ntar pas pulang aku mau coba ah beli. Jadi ngiler nih malem2 buka blogmu, Mak.

    BalasHapus
  18. Mau juga dong pudingnya... lembut banget pastinya yaa....

    BalasHapus
  19. anakku juga doyan ^^

    BalasHapus
  20. Pasti enak banged ini mba, jadi kepengen juga :3

    BalasHapus
  21. Saya sering belikan untuk anak saya mba biasanya..

    BalasHapus
  22. Tak coba nanti saya belikan untuk anak saya ya mba, makasih informasinya...

    BalasHapus
  23. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  24. Wah kalo pudingnya sih kayanya aku bakal demen juga tuh. Eh biskuitnya juga deh.. Aahahahah :D

    BalasHapus
  25. puding nya apa boleh untuk usia 8 bulan

    BalasHapus
  26. puding nya apa boleh untuk usia 8 bulan

    BalasHapus
  27. kelihatan enak bgt noh puding nya

    BalasHapus
  28. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus