Kamis, Oktober 23, 2014

Cara Mendapatkan Ijazah Kejar Paket Bagi Keluarga Homeschooling #1



Cara Mendapatkan Ijazah Kejar Paket 


Bagi Keluarga Homeschooling Mandiri


Pendidikan bukan persiapan untuk hidup; pendidikan adalah kehidupan itu sendiri
 (John Dewey)




Beberapa waktu lalu saya ikut sarasehan tentang Homeschooling bersama beberapa teman keluarga pembelajar mandiri alias Homeschooling di Dinas Pendidikan Non Formal Yogyakarta. Ada beberapa informasi yang akan saya bagi terkait dengan pengadaan ijazah kejar paket bagi anak-anak Homeschooling mandiri. Homeschooling mandiri artinya adalah pembelajaran yang diadakan berbasis keluarga alias tidak melalui jalur bimbingan belajar atau lembaga kursus yang hari ini banyak bermunculan. Karena banyaknya informasi yang berseliweran kadang membuat banyak orang salah kaprah dengan Homeschooling mandiri. 



Bukan apa-apa saya agak sedih dengan sebuah tulisan seorang teman yang mendeskreditkan anak-anak HS. Padahal hampir bisa dipastikan teman-teman pelaku HS mandiri saja tidak pernah menyudutkan sekolah formal. Dan banyak dari keluarga HS mandiri yang sebelumnya anak-anak mereka bersekolah formal tetapi kemudian memilih jalur sekolah informal. Sedangkan beberapa orang yang mendeskreditkan anak-anak HS belum mencoba sekolah-sekolah nonformal dan informal. Tentu saja informasi yang diberikan orang-orang semacam ini jelas subyektif. La wong belum pernah mencoba HS koq sudah bilang HS itu buruk. Ayolah bersikap adil. Bukankah adil itu lebih dekat kepada TAQWA. 
Haiyah bawa-bawa ayat ^_^.
 La yang sono juga bawa-bawa ayat je -___-…..

foto: dokumen pribadi

Seperti yang tercantum dalam undang-undang SISDIKNAS n0 20 tahun 2003 bab VI pasal 27 ayat (1 s/d 3):
Tentang Jalur Pendidikan Informal
1). Kegiatan pendidikan informal yang dilakukan oleh keluarga dan lingkungan berbentuk kegiatan belajar secara mandiri
2). Hasil pendidikan sebagimana dimaksud dalam ayat (1) di akui sama dengan pendidikan formal dan nonformal setelah peserta didik lulus ujian sesuai dengan stabdar nasional pendidikan.
3). Ketentuan mengenai pengakuan hasil pendidikan informal sebagaimana dimaksud dalam ayat (2) diatur lebih lanjut dengan Peraturan Pemerintah.

Tentang Pendidikan Jarak Jauh

UU SISDIKNAS no 20 th 2003 bab VI pasal 31 ayat (1) “ Pendidikan jarak jauh dapat diselenggarakan pada semua jalur , jenjang dan jenis pendidikan”

Tentang Pendidikan Khusus dan Pendidikan Layanan Khusus

UU SISDIKNAS no 20 th 2003 bab VI pasal 32 ayat (1) “ (1) pendidikan khusus merupakan pendidikan bagi peserta didik yang memiliki tingkat kesulitan dalam mengikuti proses pembelajaran karena kelainan fisik, emosional, mental, social dan atau memiliki potensi kecerdasan dan bakat istimewa”

Nah, saya rasa cukuplah dulu saya membawa tiga UU SISDIKNAS diatas sebagai acuan tulisan saya kali ini. Itu artinya pendidikan berbasis keluarga berhak mengadakan pembelajaran mandiri dan mereka diakui oleh pemerintah. Saya sendiri bersyukur HS mandiri di perbolehkan oleh pemerintah Indonesia. Karena ada beberapa negara luar yang menolak HS seperti di Cina.
Lalu bagaimana cara kita agar mendapatkan ijazah pendidikan. Karena HS adalah jalur informal maka ijazahnya adalah ijazaha kesetaraan alias melalui Ujian Kejar paket berupa A, B, C. daaaan ijazah kejar paket itu diterima disemua lembaga pendidikan baik didalam maupun di luar negeri. Jadi tidak perlu khawatir ijazah kita tidak diakui.

Bagi keluarga HS bisa mendapatkan ijazah melalui ujian-ujian yang diadakan oleh Dinas Pendidikan Luar sekolah atau Dinas Pendidikan Non Formal. Nah gampangnya begini. Kita bisa lewat jalur swasta ata jalur negeri (kayak sekolah formal begitu). Jalur negeri artinya ujian nya melalui Sanggar Kegiatan Belajar atau SKB. Dan jalur swastanya adalah melalui Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat atau PKBM. Nah dengan regulasi baru jalur swasta sekarang bertambah dengan diperbolehkannya lembaga kursus dan bimbingan belajar untuk mengadakan ujian kejar paket.

Harusnya SKB sendiri ada disetiap kabupaten di seluruh Indonesia. Kalau di Yogyakarta anda bisa mengunjungi Sanggar Kegiatan Belajar ( SKB) kota Yogyakarta bisa cek disini. Sayangnya tahun ini dan tahun depan karena keterbatasan biaya (begitu kata petugasnya ^^) SKB Yogyakarta tidak mengadakan ujian kejar paket A dan B. Jadi bagi keluarga HS di kota Yogyakarta bisa melalui jalur PKBM yang banyak tersebar di seluruh Kota Yogyakarta. Dan menurut saya, ini pendapat saya lo ya, mengurus ujian kejar paket itu kayaknya lebih mudah melalui jalur PKBM. Oia jangan lupa cari lembaga PKBM yang accountable alias yang benar-benar bisa dipercaya dan terdaftar di dinas. Karena di Yogyakarta sendiri ada ribuan lembaga PKBM. Wuih banyak juga ternyata. Mudah-mudahan sih dengan banyaknya PKBM ini memudahkan masyarakat Indonesia untuk mendapat pendidikan ya. Aamiin.


Nah, apa saja syarat agar bisa mengikuti ujian kejar paket di PKBM atau SKB.

1.Mengisi formulir pendaftaran
2.Membayar uang pendaftaran 20.000 (masing-masing PKBM ada kebijakan sendiri)
3.Membayar uang pengembangan 80.000 (tergantung kebijakan masing-masing PKBM)
4.Foto kopi AKTA kelahiran
5.Foto kopi raport terakhir
6.Fas foto berwarna(backgroun:merah)
Ukuran 3x4=8 lembar

Ohya tentang raport terakhir kita dapatkan dari SKB atau PKBM dengan rutin mengikuti pendidikan disana. Biasanya ada pertemuan rutin untuk belajar dan kemudian ada ujiannya juga sama seperti sekolah formal. Baru kemudian nilai hasil tes itu dikonversikan menjadi nilai raport oleh para tenaga pengajar. Jangan khawatir dipersulit atau sebagainya ya. InsyaAllah kalau lembaganya accountable sih pasti nilai yang kita peroleh murni hasil belajar. Dan satu hal berdasarkan pengalaman sendiri melihat anak-anak saya sendiri bahwa belajar pelajaran sekolah itu sebenarnya lebih mudah yang sulit itu belajar tentang pendidikan karakter. Nah yang ini saya akui SUUUUULIT ne POOOOOOl. Bertahap, butuh waktu dan harus sabar ya bapak-bapak dan ibu-ibu.



Nah, demikian uraian singkat saya tentang proses untuk mendapatkan ijazah kejar paket bagi anak-anak HS. Semoga ini bermanfaat dan saya berharap sebagai orang tua kita bisa mengurangi sikap nyinyir terhadap cara pendidikan keluarga lain. Lah, kalau kita sendiri sebagai orang tua suka nyinyir terhadap orang lain bagaimana mungkin anak-anak kita tidak menirunya kelak. Naudzubillah. Ayolah kita sama-sama mencari jalan agar pendidikan di Indonesia semakin baik dan berkualitas tianpa perlu melihat jalur formal atau non formal yang anak-anak kita tempuh. Toh, saya yakin semua orang tua percaya bahwa setiap anak mempunyai potensi mereka masing-masing.

Berkaitan dengan tuduhan kurangnya sosialisasi anak-anak HS saya rasa itu sangat subyektif sekali. Karena banyak juga anak-anak sekolah formal yang sosialisasinya kurang bahkan cenderung buruk. Apalagi ditambah sikap bullying anak-anak kita hari ini terhadap sesama teman yang tersisihkan secara fisik ataupun status. Karena alasan membully itukan bisa banyak faktor. Dan jangan lupa banyak orang-orang hebat hari ini yang masa kecil mereka dituduh kurang sisoalisasi tetapi kemudian menjadi tokoh-tokoh yang memberi manfaat bagi banyak orang. Thomas Alfa Edison ataupun Einstein misalnya. Haduh kenapa saya bawa-bawa Einstein sih hehehe. Sudahlah saya tidak ingin membela diri dengan mulut berbusa. Saya piker lebih baik saya focus dengan pendidikan anak-anak saya saja. saya tidak perlu khawatir dengan pendapat orang lain tentang jalur pendidikan yang kami pilih. Okey. Salam sayang dari keluarga pembelajar mandiri kami. Jika mau bertanya monggo kita ngobrol-ngobrol di rumah saya sambil minum kopi dan makan ubi rebus. Caiobella (lambaykan tangan ala Syahrini) ^_^.



32 komentar:

  1. wah hebat ya mak :D keren kereeeeeen ....

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe mak icha ini sebuah pembelaan diri sebenarnya :)

      Hapus
  2. Disiapkan kopi dan ubi rebusnya, saya mau... hehehe

    BalasHapus
  3. iya betul harus fokus ya mak, kalo dengerin apa kata orang capek sendiri. Kan anak kita sendiri, kita yang paling tau. caaioobellaaa ajaa makkk qiqiqi

    BalasHapus
  4. Kerennn mak, tulisannya ...... Saya dan beberapa teman memulai HS mandiri juga dengan kesadaran bahwa masa depan anak kami sangat berharga dan kami tidak mau abai dengan secara gampang menyerahkan urusan pendidikan ke pihak lain dalam hal ini sekolah. Oya mak, awalnya saya kesel karena laporan anak saya bahwa gurunya cuma kasih tugas terus tanpa pernah menjelaskan. Sementara sang guru cuma sibik dengan HP di depan kelas. Tidak mau ribut akhirnya saya memilih menarik anak saya dari pendidikan formal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mak Ferdi, kadang kita malah abai dng pendidikan anak sendiri tapi malah sibuk dg urusan meributkan pilihan klg lain :) salam u teman2 HS Bali

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    3. Dua anak saya HS semua, saya ajarin sendiri, hasilnya, mereka enjoy, ortunya bahagia.. Koq yg lain ngliatnya malah aneh, dan nyinyir gitu.. Gini deh, nasibnya jadi perintis HS di lingkungan. Ah, saya sih cuek aja..

      Hapus
  5. Info yang sangat bagus bagi anak-anak yang belajar di rumah
    Salam hangat dari Surabaya

    BalasHapus
  6. bagi saya pun, masalah ujian paket itu menjadi masalah pertimbangan yang berat buat saya.
    secara jamak kita temui lembaga2 yang kurang kredibel dan accountable, maaf...
    bahkan fakta di lapangan ijzah ujian paket itu malah bisa di beli, itulah kenapa orang2 meremehkannya
    padahal saya juga pengen banget lo HS itu buat anak2 saya, hanya saja saya khawatir kelak mereka akan menyesali saya secara bakatnya masih kurang tajam terlihat,
    jadi menurut saya sih ya, ijazah pendidikan dasar dan menengah (terutama dasar ya) masih sangat penting, karena sering kali anak2 akan berubah haluan dan keinginan, pengen jadi pengacara misalnya, pengen jadi guru di sekolahan formal misalnya atau pengen jadi dokter, arsitek, akuntan dll
    saya pikir itu salah satu sebab yang membuat orang tua takut,
    secara negara kita masih memakai pola lama dalam dunia pendidikan ya, keberhasilan belajar itu masih dipengaruhi angka2

    tapi pada dasarnya saya setuju lo dan salut bahkan kadang ngiri, uh...betapa beraninya orang2 ini
    sukses selalu

    BalasHapus
  7. Allhamdulillah postingannya bermanfaat mak, jadi HS pun bisa dapat ijazah ya

    BalasHapus
  8. Dirimu sabar luar biasa Mak Irul. Ya sabar ngadepin anak2, ya sabar ngadepin yg nyinyir itu :) Semangat terus emak school ;)

    BalasHapus
  9. Ayo kita lanjutkan planning kemarin Mak Irul... ^^

    BalasHapus
  10. Salute pd ibu2 yg memilig home schooling apalagi kalo sama ibunya sendiri...menurut saya itu luar biasa :)

    BalasHapus
  11. Saya ingiiin sekali meng HS kan duo krucil saya... namun saya masih terus belajar untuk meyakinkan diri sendiri bahwa saya bisa menuntun mereka...

    Salut & bangga dgn emak-emak ini. Smoga sukses & terus menginspirasi :)

    BalasHapus
  12. Jasa Pembuatan Ijazah
    • Bagi yang ingin selesai cepat tapi mengalami masalah dengan nilai yang bobrok !
    • Ingin mencari kerja tapi terkendala dengan ijazah !
    • Bagi para pejabat yang ingin memiliki kedudukan di legislatif tapi terkendala dengan ijazah !
    Kami PT. Marta Dinata hadir di hadapan anda untuk mengulurkan tangan kepada sodar(i) ku agar cita-cita dan harapan bisa terwujud secepatnya, kami siap membantu anda semaksimal mungkin untuk mendapatkan ijazah dari Universitas dan Perguruan Tinggi yang anda inginkan.
    Ijazah yang kami buat adalah ijzah asli dari Kampus yang sudah Terakreditasi dan diakui oleh DIKTI (Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi). Oleh karena itu bagi yang berminat, khususnya yang ingin cepat-cepat mendapatkan pekerjaan silahkan langsung hubungi kami di no : 021-5035 7999 / 0822 9194 0095 atau kunjungi website resmi kami www.ptmartadinata.com

    BalasHapus
  13. Jasa Pembuatan Ijazah
    • Bagi yang ingin selesai cepat tapi mengalami masalah dengan nilai yang bobrok !
    • Ingin mencari kerja tapi terkendala dengan ijazah !
    • Bagi para pejabat yang ingin memiliki kedudukan di legislatif tapi terkendala dengan ijazah !
    Kami PT. Marta Dinata hadir di hadapan anda untuk mengulurkan tangan kepada sodar(i) ku agar cita-cita dan harapan bisa terwujud secepatnya, kami siap membantu anda semaksimal mungkin untuk mendapatkan ijazah dari Universitas dan Perguruan Tinggi yang anda inginkan.
    Ijazah yang kami buat adalah ijzah asli dari Kampus yang sudah Terakreditasi dan diakui oleh DIKTI (Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi). Oleh karena itu bagi yang berminat, khususnya yang ingin cepat-cepat mendapatkan pekerjaan silahkan langsung hubungi kami di no : 021-5035 7999 / 0822 9194 0095 atau kunjungi website resmi kami www.ptmartadinata.com

    BalasHapus
  14. Jasa Pembuatan Ijazah
    • Bagi yang ingin selesai cepat tapi mengalami masalah dengan nilai yang bobrok !
    • Ingin mencari kerja tapi terkendala dengan ijazah !
    • Bagi para pejabat yang ingin memiliki kedudukan di legislatif tapi terkendala dengan ijazah !
    Kami PT. Marta Dinata hadir di hadapan anda untuk mengulurkan tangan kepada sodar(i) ku agar cita-cita dan harapan bisa terwujud secepatnya, kami siap membantu anda semaksimal mungkin untuk mendapatkan ijazah dari Universitas dan Perguruan Tinggi yang anda inginkan.
    Ijazah yang kami buat adalah ijzah asli dari Kampus yang sudah Terakreditasi dan diakui oleh DIKTI (Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi). Oleh karena itu bagi yang berminat, khususnya yang ingin cepat-cepat mendapatkan pekerjaan silahkan langsung hubungi kami di no : 021-5035 7999 / 0822 9194 0095 atau kunjungi website resmi kami www.ptmartadinata.com

    BalasHapus
  15. assw, syukran bunda tulisannya bermanfaat sekali, saya baru menjalani homeschooling, anak pertama sayabkelas sd, sebulan sekolah, mogok sekolah lantaran kena jewer sama bu guru karena nggak buat pe er bahsa indonesia, sejak itu dia ketakutan dengan ibu guru tsb, akhirya dari pada trauma berlarut saya putuskan untuk belajar d rumah saja, nah masalahnya adalah anggapan kelaurga dan orang lain, menggaangp kao hs ntar anaknya kurang bergaul, minder karena nggak sekolah, jujur saya ,masih banyak belajar, khususna melatih kesabaran yang ektra

    BalasHapus
  16. Makasih mbak infonya, bermanfaat sekali. Salam kenal. Saya juga pelaku HS tunggal.

    BalasHapus
  17. Mbk blh saya minta email atau contact yg bs sy hubungi untuk bertanya tanya alias nimba ilmu nya mbk? Karena saya baru saja memutuskan anan saya untuk HS, trmksh bnyk mbk

    BalasHapus
  18. Bun, mau nanya kalo homeschoolingnya mandiri dg kata lain diajarin sama org tua sendiri buat raporynya bagaimana ya???

    BalasHapus
  19. Bun, mau nanya kalo homeschoolingnya mandiri dg kata lain diajarin sama org tua sendiri buat raporynya bagaimana ya???

    BalasHapus
  20. Bun boleh minta No WA... sy ingin tanya Bun. Terima kasih banyak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa kontak saya via WA di 083867158973 ya mbak, semoga kita bisa saling membantu

      Hapus
  21. Consultants Ijazah25/4/17

    Consultan ijazah sarjana Melayani Jasa Kepengurusan Ijazah SMU, S1 dan S2
    (melayani pembuatan ijazah resmi )

    Kejujuran dan kepercayan adalah modal utama kami. Masa depan tergantung apa yang anda lakukan hari ini. Dan kesuksesan menunggu bagi anda yang berjiwa optimis. Anda yakin silahkan transaksi, tidak yakin jangan transaksi.
    ( SIMPLE ) . Kami tidak menyediakan ijazah aspal atau palsu. Ketentuan kami mengikuti ketentuan dan hukum di Universitas masing-masing yang berlaku. bagi anda yang ingin mendapatkan ijazah untuk mendapat pekerjaan yang layak, kami dari
    consultan Ijazah sarjana, Siap membantu anda yang ingin mengubah masa depan menjadi lebih baik .!!

    Persyaratan :
    1. Nama :
    2. Tempat & tgl lahir
    3. foto ukuran 4 x 6 (bebas, rapi, dan usahakan berjas),semua data discan dan di email ke email kami.
    4. IPK yang di inginkan
    5. universitas yang di inginkan
    6. Jurusan yang di inginkan
    7. Tahun kelulusan yang di inginkan
    8. Nama dan alamat lengkap, serta no. telphone
    9. Semua data di email ke: consultanijazah@gmail.com

    contact : 0853 9824 5012
    email : consultanijazah@gmail.com

    BalasHapus
  22. Sippp. Artikelnya saya suka

    BalasHapus
  23. Saya sendiri tertarik anak saya belajar di rumah saja

    BalasHapus
  24. Saya sdg mencari tau apa dan bagaimana seluk belum homeschooling

    BalasHapus