Irit dengan teh herbal buatan sendiri

Teh herbal mahal? bikin sendiri aja

Ada yang suka teh herbal ga? Saya termasuk suka teh herbal. Biasanya beli di supermarket. Ada macam-macam teh herbal. Biasanya sih teh yang di tambah dengan tanaman-tanaman lain yang berkhasiat. Ada teh bunga chamomile yang rasanya enak bingit. Hahahaha...tapi sayang mehong...#langsungkekepdompet. Dan harga teh herbal itu mahalnya bikin sesak nafas. Kayak harga sebutir berlian (lebay. oke, abaikan ini >.<)...

Kalau jadwal ngetehnya tiap hari bisa-bisa eike langsung koma. Gara-gara jatah bulanan dari bapak habis untuk teh herbal. Langsung pijit2 kening. 

Nah saya sering dikasih tahu sama bakul bumbu pawon di pasar. Seorang simbah-simbah yang meskipun sudah berumur tapi badannya masih sehat dan ehm, awet muda ^_^. Kata beliau bumbu pawon itu bisa loh di jadikan teh. Ya istilahnya sih wedang githu kali ya. Ada banyak yang beliau tawarkan. Dan langsung saya respon. Ini solusi yang irit dan hemat bukan. Ga perlu rogoh kocek dalem-dalem. Beli aja bumbu pawon terus direndam pake air mendidih. 

Teh daun jeruk purut
Bahan
Daun jeruk purut  secukupnya
Gula batu sesuai selera
boleh tambahkan seiris jeruk nipis jika suka
Air mendidih

Cara membuat:
Cuci bersih daun jeruk purut. Oia pilih yang masih segar dan hijau ya. Kemudian direndam menggunakan air mendidih di gelas. Ditutup rapat lebih enak. Tambahkan gula. Saya pakai gula batu. Dan entah mengapa kalau beli gula batu di supermarket warnanya bisa putih bening. Tapi kalau beli dipasar atau di penjual bumbu pawon warnanya agak kuning. Mungkin karena ga pakai pemutih kali ya #analisaasal. jika suka boleh ditambahkan irisan jeruk nipis. sebaiknya sih pakai jeruk nipis asli bukan jeruk lemon. Saya ngerasa koq beda ya #lagaknya.




 Teh atau wedang daun salam

Bahan:
 Daun salam segar secukupnya
 Gula batu sesuai selera
 Air mendidih

Cara membuat:

Seperti wedang daun jeruk. Cuci bersih daun salam segar dan hijau. Rendam dalam gelas yang diberi air mendidih. Tutup rapat. Kemudian tambahkan gula batu sesuai selera.

Oia selain dua bahan diatas saya juga pernah membuat teh dari daun jambu biji segar. Dan ternyata vitaminnya malah lebih banyak dari buah jambunya lo. Kata literatur yang saya baca begitu. 

Nah itu teh herbal ala emak. Rasanya segar dan hangat. Apalagi diminum pas musim hujan kayak sekarang. Sambil baca atau ngeblog pas banget. Jadi daripada mikir lama karena harga teh herbal mahal mending bikin sendiri. Sehat dan hemat. 
Ayooo...pada buat teh herbal sendiri ya di rumah. 


13 komentar

  1. Wah...tambah jqhe kyknya mkn angetttt segerrrrr hehe....mksh mbk resepnya ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mak bisa ditambah jahe yg di bakar..tapi kalau wedang daun jeruk enak kan yg original deh -/

      Hapus
  2. waaah,, dapet tips baru ni.. kalo saya mak minuman herbal paling bangter, jahe merah bakar direbus pakai gula aren mak.. hehe

    BalasHapus
  3. oh.. teh herbal itu dari daun2an apa saja ya? *salah gak sih? :)*
    Yg warna kuning itu apa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang kuning itu gula batu mak Rina..ga ngerti juga kenapa klo beli bakul bumbu pawon warnanya kuning gitu. hehehe

      Hapus
  4. teh dauun jeruk itu kayaknya seger mak. Cobain ah. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener mak...seger banget harum lagi..denger2 sih katanya untuk membuat bau badan lebih harum (baru denger2) ..perlu dibuktikan kayaknya :)

      Hapus
  5. Wah bisa dicoba ini. Tapi disini tu yang susah gula batunya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. pakai gula pasir juga bisa koq mak lusi..tapi memang enak gula batu

      Hapus
  6. wah wah... unik banget nih. Jadi penasaran gimana rasa teh daun jeruk dan teh daun salam itu :)

    Terima kasih sudah ikutan GA Irit tapi Bukan Pelit. Sudah tercatat sebagai peserta :)

    BalasHapus
  7. Terima kasih sudah berbagi di giveaway irit tapi bukan pelit :)

    Salam,
    @apikecil

    BalasHapus